4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Menambah Relasi dan Meningkatkan Skill Networking Kamu

Di dalam dunia kerja, sudah bukan rahasia lagi apabila memiliki relasi yang baik dan luas bisa memperhalus perjalanan karirmu. Memiliki skill dan pengetahuan tentu saja penting, tetapi apabila tidak diimbangi dengan relasi yang baik perjalanan karirmu bisa lebih sulit. Perlu diingat, kesuksesan tidak hanya datang dari diri sendiri, tetapi juga dari orang di sekitarmu yang turut membantu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Relasi yang Luas Sebagai Penopang Perjalanan Karir

Untuk mendapatkan relasi yang baik dan luas, diperlukan networking skill yang mumpuni agar bisa dilakukan secara tepat. Nah, kemampuan ini tentu harus dilatih dan dipraktekkan sebisa mungkin agar kamu lebih terbiasa melakukannya di kehidupan sehari-hari. Kamu harus secara aktif membangun relasi dengan orang-orang yang tepat di sekitarmu.

Teknik networking ini juga hanya tidak terbatas pada event-event yang diselenggarakan perusahaan saja. Apabila kamu lebih cermat, ternyata ada berbagai kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menambah relasi. Berikut beberapa diantaranya yang mungkin bisa dicoba.

  1. Menggeluti Hobi

    loader

    Menggeluti Hobi untuk Networking

    Apabila kamu adalah seseorang yang rajin menjalankan hobi, besar kemungkinan akan mendapatkan kenalan baru dari kegiatan tersebut.

    Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Namun, perbedaan inilah yang justru membuat komunitas di tiap-tiap hobi menjadi lebih unik. Apabila kamu menggeluti hobi dengan komunitas yang besar, tentu kesempatan untuk bertemu banyak orang akan makin besar juga.

    Karena memiliki hobi yang sama, kamu akan lebih mudah membuka percakapan dan mebangun relasi baru dengan orang lain. Kamu kemudian juga bisa dengan cepat menanyakan topik-topik lain apabila sudah bisa saling membuka diri. Hal ini tentu akan jauh lebih mudah dan efektif dibandingkan mengikuti berbagai networking event yang bertemu dengan orang-orang asing.

  2. Aktif di Forum Online atau Sharing Platform

    loader

    Forum Online

    Di dalam internet sekarang sudah banyak tersedia sharing platform atau forum yang membahas berbagai topik sesuai dengan minat dan bakat kamu. Ini bisa jadi tempat baru untuk mendapatkan relasi dan melatih networking skill.

    Ada banyak forum di dunia maya yang menyediakan segudang informasi tentang berbagai hal. Tentu saja, di forum tersebut juga terdapat komunitas yang turut berkontribusi dan menyediakan informasi terkait hal yang dibahas. Komunitas inilah yang sebenarnya menjadi ladang relasi baru yang bisa dicoba dekati.

    Melalui forum online atau sharing platform, kamu bisa sama-sama belajar dengan orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang serupa. Motivasi inilah yang nantinya akan menimbulkan interaksi dan pertemanan baru. Kamu juga bisa berinteraksi dengan berbagai pegiat industri atau para pekerja di bidang lain untuk mendapatkan ilmu dan relasi tambahan.

    Melalui forum atau sharing platform ini, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan kerja. Karena ada banyak perusahaan yang melakukan proses rekrutmen dengan cara ini. Kamu bisa mulai dari berbagai forum ternama, seperti Reddit, Quora, Stack Overflow, dll. Di Indonesia sendiri, kamu juga bisa coba berbagai forum, seperti Kaskus, Kompasiana, Detik Forum, Bersosial, dll.

  3. Menjadi Pegiat Media Sosial

    loader

    Media Sosial untuk Networking

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa media sosial merupakan salah satu cara termudah mendapatkan relasi dan teman baru. Namun, terkadang banyak orang yang terkadang kurang aktif memanfaatkannya.

    Memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk berbagi foto atau cerita memang tidak salah. Tetapi, kamu juga perlu aktif memabangun relasi dengan orang lain juga. Sebisa mungkin, jangan menjadi pengguna yang pasif dan hanya menonton postingan, tweet, atau instastories orang lain.

    Kamu juga perlu membagikan hal-hal menarik seputar hobi atau keahlianmu agar bisa menemukan teman-teman baru. Hal ini penting dilakukan untuk menciptakan interaksi baru ke orang lain. Interaksi ini juga bisa berupa komentar-komentar positif atau ajakan untuk bekerjasama. Melalui media sosial, kamu yang introvert pun juga bisa dengan leluasa berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki keahlian atau ketertarikan yang sama.

  4. Bergabung di Organisasi Relawan

    loader

    Kegiatan Relawan

    Cara terakhir yang bisa dicoba adalah mengikuti organisasi relawan atau sosial yang sesuai dengan ketertarikanmu.

    Mengikuti organisasi sosial atau relawan tidak hanya bisa membantu orang lain, tetapi juga bisa memperluas relasi. Bekerja sebagai relawan memerlukan komitmen yang tinggi dan orang-orang yang tergabung di dalamnya biasanya memiliki mindset yang sama. Hal ini bisa jadi salah satu cara untuk memperluas relasi. Mungkin saja kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau kesempatan usaha baru dari teman-teman relawan, bukan?

Baca juga: 7 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Networking

Pilih Cara yang Paling Nyaman untuk Dilakukan

Membangun relasi dan melatih kemampuan berkomunikasi tentu tidak mudah. Ada baiknya kamu menemukan sendiri cara mana yang paling nyaman untuk dilakukan. Pilihlah kegiatan yang disukai agar tidak bosan saat melakukannya. Bersikaplah terbuka dan cobalah untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain. Salam sukses!