Kesalahan dalam Mengatur Dana Pendidikan Anak yang Harus Dihindari Para Orang Tua

Dana pendidikan tidak bisa dianggap remeh, mengingat biaya pendidikan memang semakin meningkat setiap tahunnya. Meski saat ini anak masih kecil, mempersiapkannya sejak awal merupakan keputusan yang sangat tepat.

Sama seperti kamu, sebagian besar orang tua lainnya juga sudah memperhitungkan dana pendidikan ini sejak awal. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat dana pendidikan juga terbilang besar. 

Namun pada kenyataannya, sebagian orang tua justru melakukan kesalahan dalam mempersiapkan dana pendidikan ini. Alih-alih bisa mencukupi kebutuhan dana pendidikan anak dengan baik, kesalahan-kesalahan ini justru bisa membuatmu kewalahan di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam mengatur dana pendidikan anak yang wajib kamu hindari.

Baca Juga: Persiapkan Dana Pendidikan Anak dengan 7 Pilihan Investasi Ini

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

7 Kesalahan Orang Tua Saat Mengatur Dana Pendidikan Anak

loader

Kesalahan Orang Tua Saat Mengatur Dana Pendidikan Anak

  1. Tidak Menyusun Rencana Keuangan 

    Rencana merupakan salah satu faktor penentu untuk mencapai tujuan tertentu di dalam keuangan, termasuk saat menyiapkan dana pendidikan anak. 

    Rencana keuangan akan membantumu selalu berada pada jalur yang tepat, sehingga kamu bisa fokus untuk mengarahkan keuangan kepada pos-pos dan juga tujuan yang sudah ditetapkan. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki rencana keuangan yang jelas saat mempersiapkan dana pendidikan anak, maka kamu tidak akan fokus pada tujuan tersebut. 

    Pastikan kamu merencanakan dana pendidikan ini dengan matang dan konsisten menjalankannya.

  2. Telat Membuat Perencanaan

    Jumlah dana untuk pendidikan anak memang besar, itulah mengapa sangat penting untuk menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. 

    Perencanaan dana pendidikan yang terlambat, akan sangat berisiko membuat persiapan dana pendidikan ini gagal. Kamu tidak akan memiliki cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan. 

    Jadi, semakin cepat kamu merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan anak, maka akan semakin baik. 

  3. Tidak Memperhitungkan Kenaikan Inflasi

    Mengabaikan inflasi merupakan kesalahan lainnya yang wajib kamu hindari. Dana pendidikan akan dipengaruhi oleh inflasi, sehingga mengalami kenaikan antara 10-20 persen setiap tahunnya. Ini nilai yang besar dan jika kamu mengabaikannya, maka bisa membuat dana pendidikan yang kamu siapkan menjadi tidak mencukupi. Selalu perhitungkan kenaikan inflasi ini ketika merencanakan keuangan, termasuk perencanaan dana pendidikan. 

  4. Tidak Menyiapkan Rekening Khusus

    Menggabungkan dana pendidikan dengan dana lainnya di dalam keuangan merupakan kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan. Pencampuran dana di rekening yang sama seperti ini akan berisiko dan bisa membuatmu menggunakannya untuk kebutuhan lain. Bukannya cukup, yang ada dana pendidikan ini justru bisa saja habis tanpa kamu sadari. Pastikan kamu memisahkan dana pendidikan ini dalam rekening khusus tersendiri. 

  5. Tidak Melakukan Investasi

    Laju inflasi yang terbilang tinggi, akan berisiko membuat dana pendidikan tergerus. Hal ini tentu masuk akal, apalagi jika kamu hanya menyimpannya di dalam rekening tabungan dalam waktu yang panjang. 

    Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menginvestasikan dana pendidikan, setidaknya sebagian. Pilih instrumen yang tepat dan lakukan diversifikasi, agar kamu juga bisa membagi risiko investasi tersebut dengan baik.

  6. Tidak Memiliki Anggaran

    Saat kamu tidak memiliki anggaran di dalam keuangan untuk kebutuhan dana pendidikan ini, maka sudah jelas kamu tidak akan bisa mempersiapkannya dengan baik. Kamu tidak bisa hanya mengalokasikan uang sisa bulanan atau bahkan sejumlah kecil dari pendapatan bulananmu. Kebutuhan dana pendidikan ini terbilang besar, sehingga sangat penting bagimu untuk memiliki anggaran khusus dalam jumlah yang tepat. Pastikan kamu membuat pos dana pendidikan ini dan menganggarkan sejumlah uang dengan nilai tetap setiap bulannya. 

  7. Tidak Disiplin

    Sikap tidak disiplin dalam menabung dana pendidikan anak juga bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Ini rencana keuangan yang cukup panjang, sehingga kamu harus disiplin dan konsisten untuk terus menjalankannya. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan persiapan dana pendidikan dengan baik dan tepat sasaran.

Baca Juga: Panduan Seputar Sekolah di Luar Negeri, Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan, dan Contoh Rencana Anggarannya

Siapkan Dana Pendidikan Anak di Waktu dan dengan Cara yang Tepat

Dana pendidikan anak terbilang besar dan perlu dipenuhi dengan baik, sebab ini berkaitan dengan kelancaran pendidikan si kecil. Pastikan kamu merencanakan hal tersebut dengan baik di dalam keuangan. Siapkan dana pendidikan di waktu yang tepat dengan menggunakan cara yang juga tepat, sehingga pendidikan anak bisa lebih terjamin di masa yang akan datang.

Baca Juga: Dear Orang Tua, Ini 4 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak