Kisah Inspiratif Aktor Sonny Septian, Berubah Total Setelah Alami Masa Sulit

Salah satu aktor dan model tampan yang dikenal di tanah air saat ini ialah Sonny Septian. Sebelum menjadi pemandu acara Ibu Pintar dan Islam Itu Indah di Trans TV, ia sudah cukup lama malang melintang di industri hiburan Indonesia.

Adik kandung dari artis kawakan Elma Theana ini mewarisi darah seni dari sang ibu, Waty Siregar. Seperti diketahui, ibunda tercinta dari Sonny juga berprofesi sebagai artis yang berjaya pada masanya, yakni tahun 70-an.

Sonny juga merupakan suami dari artis berdarah arab, Fairuz A. Rafiq. Fairuz ialah putri salah satu pedangdut tersohor Indonesia, almarhum A. Rafiq. 

Baca Juga: Di Balik Kesuksesan Selebriti Gilang Dirga, Ternyata Ini Profesi yang Dicita-citakannya

Pernah Terjerat Kehidupan Malam

View this post on Instagram

A post shared by Sonny Septian (@sonnyseptian) on

Tak ada gading yang tak retak. Jauh sebelum sukses sebagai aktor dan dekat dengan agama seperti sekarang, Sonny yang hobi travelling ini pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya.

Pria yang kini berusia 33 tahun ini bahkan pernah terjerat dalam hingar-bingar kehidupan malam. Apalagi jika mengingat sedari kecil ia sudah kehilangan figur ayah. Sehingga bisa dibilang, tak banyak hal menyenangkan yang bisa dijadikan kenangan.

Namun mendekat kembali kepada Sang Pencipta, perlahan membantu Sonny untuk menemukan pencerahan dan kebahagiaan. Ia memilih jalan hidup yang lebih baik. Bersamaan dengan itu, karirnya di industri entertainment pun semakin berkah dan moncer.

Berjaya di Layar Kaca

View this post on Instagram

A post shared by Sonny Septian (@sonnyseptian) on

Telah banyak sinetron dan juga FTV yang Sonny bintangi. Pada tahun 2005, ia berkontribusi untuk sinetron Hidayah yang digemari pemirsa layar kaca. Selama tahun 2012 hingga 2013, ia juga membintangi Ustad Fotocopy.

Menyusul di tahun 2015, Sonny melakoni Tarzan Dan Zaenab dan menghibur para penggemarnya. Dari tahun 2015 hingga 2016, ia pun bermain dalam Pondok Pak Cus

Kemudian di tahun 2017, Sonny kembali menunjukkan kebolehan aktingnya dan terus aktif berkiprah di dunia sinetron. Ia juga turut membintangi sejumlah film televisi. Di tahun 2018, Sonny sudah melakoni beberapa judul dan beradu akting dengan para aktor dan aktris ternama Tanah Air.

Berkat totalitas dan komitmennya dalam bergelut di seni peran, akhirnya Sonny pun berhasil membawa pulang trofi dari Festival Film Bandung 2019 untuk kategori Pemeran Pria Terpuji Film Televisi. Sebelumnya, namanya sempat masuk nominasi namun tidak menang. Namun di tahun 2019, Sonny berhasil membawa pulang keberhasilan prestasinya yang tertunda tersebut.

Kisah Kasih dengan Fairuz

View this post on Instagram

A post shared by Sonny Septian (@sonnyseptian) on

Tak butuh waktu lama bagi Sonny untuk memantapkan hatinya kepada si cantik Fairuz. Kisah cinta Sonny dan Fairuz berlanjut ke pernikahan setelah keduanya berpacaran lebih dari setengah tahun.

Sebelumnya, Fairuz ialah janda dari Galih Ginanjar dengan seorang putra bernama King Faaz Arafiq. Namun hal itu tak menggoyahkan niat baik Sonny untuk meminangnya.

Pada bulan Mei 2017, Sonny dan Fairuz lantas menggelar akad pernikahan mereka di kawasan Kuningan, Jakarta. Rumah tangga Sonny dan Fairuz semakin lengkap dengan lahirnya Queen Eijaz Slofa tepat setahun kemudian.

Pernikahan mereka selalu tampak rukun dan harmonis. Jauh dari kabar miring, Sonny sudah hidup berbahagia di rumah mewah bersama keluarga kecilnya.

Serunya kehidupan sehari-sehari keluarga ini bisa diintip di channel YouTube Sonny dan Fairuz, yakni SonFai Family. Kanal yang telah diikuti oleh 157 ribu subscribers ini tak hanya menghibur para penggemar mereka, tapi juga menginspirasi masyarakat.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Buktikan Diri Sukses Berkarir Meskipun Sempat Tuai Kontroversi dan Dibully Haters

Tidak Mengambil Peran Antagonis Lagi

View this post on Instagram

A post shared by Sonny Septian (@sonnyseptian) on

Kesuksesan Sonny di dunia sinetron membuatnya sering mendapat berbagai tawaran peran. Termasuk memerankan tokoh antagonis yang tak baik.

Mengenai hal ini, sang istri menyarankannya agar tidak lagi menerima tawaran untuk memerankan tokoh-tokoh jahat. Pasalnya, ia khawatir jika suaminya mendalami perangai buruk dan mempengaruhi tabiat aslinya.

Dalam salah satu wawancara di media massa, Sonny mengakui jika penjiwaan peran antagonis cukup berpengaruh terhadap pembawaannya sehari-hari. Hal ini dirasakan cukup signifikan, terutama saat amarahnya jadi lebih mudah tersulut oleh hal sepele.

Demi menjaga kedamaian dan keselarasan rumah tangganya, Sonny pun mendengarkan masukan dari sang istri dan mulai menolak peran-peran antagonis yang disodorkan kepadanya. Tanpa bermaksud untuk menolak rezeki, kini Sonny sebisa mungkin hanya menerima peran protagonis untuk ia mainkan di layar kaca.

Punya Banyak Bisnis Selain Akting

View this post on Instagram

A post shared by Sonny Septian (@sonnyseptian) on

Selain aktif berkarya di dunia entertainment, Sonny juga mempunyai sejumlah bisnis yang dijalankannya. Baik bersama istri tercinta maupun secara mandiri.

Salah satunya ialah bisnis toko pakaian yang sudah beberapa lama dibentuknya. Produk yang tersedia pun beragam. Selain busana muslim dan muslimah, Sonny dan istri juga mengikuti permintaan pasar dengan menyediakan fashion anak muda yang sedang trend.

Namun, serupa seperti banyak usaha lainnya. Saat ini toko busana milik Sonny dan Fairuz terpaksa ditutup dulu untuk sementara. 

Sonny yang khawatir terhadap kesehatan para karyawannya, tak ingin ambil risiko. Sehingga usaha tersebut akan dibuka kembali seperti biasa, segera setelah situasi lebih kondusif dan pandemi berlalu.

Sebelumnya, Sonny bersama kerabatnya juga menggerakkan usaha di ranah otomotif. Melihat peluang yang ada, Sonny membuka showroom mobil second yang berlokasi di ibukota. 

Selain itu, Sonny juga cukup tertarik untuk berbisnis di bidang kuliner dan hendak melebarkan sayapnya ke ranah yang satu ini. Baik Sonny maupun sang istri juga menerima endorsement dan job lainnya melalui media sosial mereka.

Dengan pengikut lebih dari sejuta followers di akun Instagram @sonnyseptian, Sonny kerap mempromosikan beraneka macam produk. Mulai dari obat herbal, produk makanan, dan masih banyak lagi.

Mempunyai beberapa ipar yang bekerja sebagai tenaga medis membuat Sonny juga sering menggaungkan ajakan untuk tetap di rumah saja. Seperti diketahui, Fairuz beserta keluarganya masih menjalankan usaha rumah sakit milik keluarga besarnya.

Tak lupa, Sonny juga kerap menginformasikan berbagai penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan dalam masa wabah saat ini.

Jalan Hidup Bisa Berubah

Seringkali, ketidakbahagiaan di masa lalu bisa menghambat kesuksesan di masa kini. Ada banyak orang dengan masalah hidup dan masa lalu yang berat. Dan malangnya, mereka tak bisa melanjutkan hidup dan gagal meraih sukses akibat trauma dan luka batin yang mengendap di alam bawah sadarnya.

Bagi sebagian orang, mereka akhirnya menemukan jalan keluar dan berhasil mengalami pencerahan. Namun sisanya, terus terkungkung, jalan di tempat, dan tak bisa lepas dari semua itu.

Begitu juga dengan Sonny Septian, masa kecilnya terbilang tak menyenangkan. Ia harus kehilangan sosok ayah hingga sempat terjerumus dalam gelapnya dunia malam.

Namun meski tidak mudah, ia memilih untuk melepaskan diri dari semua ketidakberuntungan itu. Kini, selain berprestasi dan jauh dari sensasi, ia tak hanya sudah berhasil menolong dirinya sendiri. Sonny juga membangun kehidupan yang lebih baik bersama Fairuz dan anak sambungnya, King, serta Queen putrinya yang terkasih.

Sama seperti kisah Sonny Septian, jalan hidup seseorang juga bisa berubah. Jangan biarkan gelapnya masa lalu menahan Anda dari meraih kebahagiaan sejati yang semesta persiapkan. Teruslah berusaha dan temukan pertolongan itu, karena kebesaran Sang Pencipta sanggup mengubah apapun, termasuk hidup dan jati diri Anda dengan segala keajaibanNya.

Baca Juga: Inspiratif! Sukses Sebagai Aktris dan Presenter, Enzy Storia Pernah Jadi Kernet