Kisah Perjalanan IU, Pemeran Drama Hotel Del Luna yang Memiliki Banyak Talenta

Industri entertainment Korea Selatan memang selalu menarik untuk disimak. Selain kaya budaya, banyak selebritas dari sana yang bertalenta dan berkualitas. Salah satunya ialah IU alias Lee Ji-eun.

Wanita ini tak hanya berprofesi sebagai aktris dan dancer, tapi juga musisi yang mahir bernyanyi, mengomposisi musik dan bermain gitar. Seakan semua itu belum cukup, ia juga berporfesi sebagai presenter acara TV.

Aktif berkarier sejak tahun 2008, pesona IU yang memukau kerap menghibur para penggemarnya dengan musik K-Pop yang segar. Bahkan, bintang Hotel Del Luna yang bekerja sama dengan Loen Entertainment ini dilabeli aset nasional lantaran bakatnya yang all out di bidang musik.

Menduduki peringkat papan atas, tak heran jika wanita yang mempunyai total kekayaan 15 juta Dollar AS (sekitar Rp200 miliar) ini mendapat fee termahal dalam sekali perform. Meledaknya penjualan album digital dan fisik IU membuat namanya masuk dalam list anak muda paling kaya di Negeri Ginseng.

Hidup Susah Terlilit Utang

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Sebelum berhasil menapaki kariernya yang meroket, siapa sangka jika sosok IU menyimpan kisah pilu. Dulunya, ia berasal dari keluarga yang kekurangan. Masa kecil IU berubah setelah keluarganya terlilit banyak utang dan mengalami kesulitan finansial.

Agar utangnya lunas, orang tua IU harus rela hidup berpisah. Ia beserta adik dan neneknya pun pernah mengalami tinggal di ruangan sempit dengan kecoa. Ia juga pernah ikut menumpang di rumah kerabatnya.

Saat itu IU harus tabah menerima bully secara verbal karena kerabatnya kerap pulang dalam kondisi mabuk dan melontarkan ungkapan serapah. Meski dihadapkan dengan kegetiran yang pahit, namun wanita yang memiliki impian menjadi penyanyi ini sudah mahir menciptakan lagu sedari kecil.

Bernyanyi Solo di Usia 15 Tahun

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Perubahan nasib kemudian menghampirinya. Memasuki tahun 2007, IU resmi menjadi trainee dengan kontrak kerja bersama Loen Entertainment. Kemudian debutnya sebagai penyanyi terjadi ketika ia berusia 15 tahun. 

Single pertamanya berjudul Lost Child dirilis di tahun 2008 dan diambil dari album Lost and Found. Lagu itu mendapat sambutan hangat oleh khalayak banyak. Namun namanya belum begitu terkenal saat itu.

Barulah kemudian di tahun 2009, ia kembali meluncurkan single lainnya yang berjudul Boo. Dengan paras lucu dan imutnya, suara merdu IU semakin menarik perhatian publik. Pamornya pun kian naik, ia pun menjadi semakin populer sebagai penyanyi. 

Dalam kariernya sebagai musisi, ia berhasil menyabet Best Female Artist dari Mnet Asian Music Awards 2017, Record of the Year (Album) di Seoul Music Awards 2018, Best Pop Album di Korean Music Awards 2018, Song of the Year di ajang Golden Disc Awards 2018 hingga Lyricist of the Year serta Producer of the Year dari Gaon Chart Music Awards 2018.

Baca Juga: Profil Song Hye Kyo, Bintang K-Drama Endless Love yang Awet Muda dan Jago Empat Bahasa

Bersinar dalam Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Tak puas dengan bermusik, IU lantas menjajal dunia akting dan melakukan debutnya. Ada begitu banyak drama yang telah ia bintangi, salah satunya ialah Dream High dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang sangat terkenal.

Dengan musikalitas dan bakat akting yang mumpuni, karier IU semakin menanjak. Di usianya yang relatif muda, ia sukses menapaki seni peran dengan jam terbang yang amat tinggi. Baik drama series maupun film layar lebar telah ia bintangi.

Menariknya lagi, hampir dipastikan semua drama yang ia lakoni selalu laris manis di pasaran. Tak hanya sukses bermain sebagai pemeran utama dalam You Are The Best. IU juga melakoni banyak serial lainnya seperti Bel Ami, The Producers, Persona yang ditayangkan di Netflix, My Mister, dan tak ketinggalan Hotel Del Luna yang tersohor.

Menambah Aset di Bidang Properti

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

IU termasuk selebritas yang gemar menginvestasikan uangnya ke dalam bentuk properti. Belum lama ini, ia dikabarkan telah menambah rumah mewahnya di bilangan Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi. 

Menurut laporan Allkpop, villa megah yang difungsikan sebagai tempat berlibur itu dibelinya seharga 2,5 juta Dollar AS (kurang lebih Rp35,7 miliar). Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, total kekayaan IU telah menembus lebih dari 15 juta Dollar AS (sekitar Rp200 miliar).

Ia pun berhasil masuk ke dalam daftar entertainer papan atas dengan bayaran paling mahal di Korea Selatan. Penampilannya sebagai penyanyi maupun bintang peran selalu dinantikan sehingga tak heran jika fakta ini menambah pundi-pundi keuangannya semakin banyak.

Berbanding kontras dengan kisah pilu di masa lalunya, di usianya yang masih dua puluhan, wanita yang terkenal dermawan ini sudah menjadi salah satu idol dengan jumlah kekayaan paling besar di Korea Selatan.

Baca Juga: Aslinya Pemalu, Begini Perjalanan Karir Romantic Comedy Master Park Seo Joon yang Fenomenal

Senang Berbagi Hadiah dan Berhati Malaikat

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Tak hanya cantik dan berbakat, Lee Ji-eun juga dikenal merupakan public figure yang senang berbagi dan baik hati. Dalam salah satu interview dengan media massa, IU terang-terangan menyebut dirinya tidak menerima pemberian dari para fans.

Ia menambahkan, dirinya sudah memiliki uang yang lebih dari cukup untuk mendapatkan apapun yang diinginkannya. Ia lantas berpesan agar para fans menambah kebahagiaan mereka dengan memberi kado kepada diri sendiri.

Memasuki tahun 2019, ia menghadiahkan kurang lebih Rp210 juta (15 ribu Dollar AS) untuk para fans setianya. Ia juga terkenal kerap berbagi dan mendonasikan sejumlah kekayaannya. 

Tahun 2015, ia menyumbang Rp1,3 miliar untuk anak-anak yang terlantar. IU yang dijuluki berhati malaikat ini juga membantu anak-anak remaja di tempat kelahirannya untuk melanjutkan kuliah dengan mengucurkan beasiswa.

Alami Banyak Rintangan dan Gangguan Kesehatan

View this post on Instagram

A post shared by 이지금 (@dlwlrma) on

Akibat letih bekerja secara total dan penuh dedikasi, kesehatan IU sempat memburuk. Ia tak hanya pernah mengalami gangguan makan bulimia, tapi juga gangguan emosional yang membuatnya memandang buruk citra tubuhnya.

Kondisi tersebut membuatnya merasa terobsesi menurunkan berat badannya. Tak pelak IU kerap memuntahkan sendiri makanan yang telah ia konsumsi. Perilaku ini membuatnya semakin menderita depresi.

Beruntung sang aktris yang meraih piala Album of The Year dari Melon Music Award 2017 lalu ini dapat terlepas dari kondisi mengkhawatirkan tersebut. Ia pun dapat kembali stabil dan menjalani hidup dengan lebih sehat dan seimbang.

Kerja Keras dan Tekun Mengalahkan Segalanya

Semua kesuksesan memang butuh pengorbanan. Sebelum berhasil, IU pernah bermimpi untuk mengejar pendidikan di bangku kuliah. 

Nyatanya setelah populer, berbagai universitas terkemuka seolah berlomba memberinya kesempatan untuk kuliah. Tawaran itu terpaksa ditolaknya karena ia ingin lebih berfokus pada komitmennya sebagai aktris profesional. 

Ia juga pernah mengalami cemoohan dan olok-olok karena impiannya sebagai penyanyi dianggap terlalu muluk. Dulu, puluhan agensi pernah menolak untuk mengibarkan nama dan kariernya, termasuk JYP Entertainment

Keadaan menjadi semakin getir setelah ia ditipu agensi abal-abal. Namun kini, semua sejarah pahit itu telah berganti menjadi kesuksesan yang masif. Dari perjalanan karier IU, kita bisa belajar bahwa kerja keras, keberanian untuk terus berjuang serta komitmen dan ketekunan dapat mengalahkan hampir semua rintangan.

Baca Juga: Sukses dalam The World of the Married, Tak Disangka Han So Hee Pernah Hidup Susah di Awal Karir