Kisah Sukses Si Cantik Bae Suzy, Terus Bersinar Meski Miss A Telah Bubar

Bae Suzy dikenal sebagai pentolan girl band keren Korea Selatan, Miss A. Wanita kelahiran tahun 1994 ini termasuk entertainer berbakat yang dicintai banyak penggemarnya. Selain ciamik sebagai penyanyi dan pencipta lagu, pemilik nama lengkap Bae Su-Ji ini juga mahir dalam berakting, menjadi presenter dan model.

Karier gemilangnya di dunia musik dimulai pada tahun 2010 bersama Miss A. Sedangkan di tahun 2011, Bae Suzy memulai debut aktingnya dengan bermain dalam serial drama berjudul Dream High.

Meski diakui sebagai aset utama serta anak emas agensi JYP, namun nyatanya Suzy ialah sosok rendah hati yang senang bekerja keras. Jauh dari kesan sombong, mantan kekasih aktor tampan Lee Min-ho ini sesungguhnya pemalu dan dermawan. 

Ia tercatat pernah mendonasikan Rp1 miliar untuk anak-anak penderita penyakit kronis dan kanker. Ia juga menyumbangkan Rp590 juta untuk mereka yang hidupnya terlantar.

Awal Karier

Suzy ialah sunbae alias member paling senior di Miss A. Ia juga merupakan maknae, member yang usianya paling muda di antara personel lainnya. 

Sebelum terkenal sebagai selebritas papan atas seperti sekarang, Suzy pernah menjadi model untuk sebuah online shop. Namun permulaan kariernya terjadi ketika ia mengikuti audisi Superstar K Mnet

Ia secara tak sengaja terlihat oleh seorang staff dari JYP. Suzy pun diminta untuk segera ikut serta dalam audisi. 

Yang menarik, saat itu Suzy sudah sempat tereliminasi. Namun, owner dari JYP Entertainment sudah terlanjur terkesan oleh lulusan School of Performing Arts di Seoul ini. Setelahnya, ia pun langsung dilibatkan untuk mengikuti training. 

Baca Juga: Profil Song Hye Kyo, Bintang K-Drama Endless Love yang Awet Muda dan Jago Empat Bahasa

Populer di Usia Belia

Debut Miss A yang iconic kemudian terjadi satu dekade lalu di Negeri Tiongkok. Bersama Miss A, ia berhasil menggebrak dengan lagu Bad Girl, Good Girl yang mengantongi penghargaan tertinggi dari Daesang Awards, untuk kategori Song of The Year.

Kendati masih muda belia, Suzy mempunyai kemampuan dance dan olah vokal yang mumpuni. Visualnya yang cantik dan menarik seakan menjadi poin tambahan baginya berkarier di dunia entertainment. Alhasil, ketenarannya sebagai idol baru pun langsung melejit.

Waktu itu, formasi Miss A memang terbilang unik. Miss A juga disorot setelah salah satu member bernama Hyerim memutuskan hengkang untuk berkarier bersama Wonder Girls.

Akhirnya, tersisalah gabungan dari dua member Korea Selatan dan dua personel asal China. Suzy sendiri merupakan salah satu personel yang berasal dari Negeri Ginseng. 

Album mereka, Bad But Good, telah menuai sukses dengan menjadi nomor satu di beragam chart musik. Lagu Bad Girl, Good Girl juga berhasil menyabet banyak penghargaan bergengsi. Dalam ajang MNet Asian Music Awards yang digelar tahun 2010 lalu, Miss A meraih kemenangan Best Female Dance Performance hingga Female Rookie Award melalui hits itu. 

Berprestasi di Dunia Akting

Suzy didapuk sebagai salah satu teladan banyak orang lantaran kariernya yang bersinar dalam seni peran. Terkenal rajin dan pekerja keras, tak heran jika Suzy berhasil memenangkan beraneka penghargaan untuk mengapresiasi aktingnya.

Ia dipuji karena andal memerankan beragam karakter di sejumlah film dan serial drama yang dilakoni. Selain membintangi Dream High di tahun 2011, ia juga tampil dalam drama Gu Family Book (2013) hingga While You Were Sleeping pada tahun 2017.

Kemudian di tahun 2019, ia kembali sukses membintangi serial drama berjudul Vagabond yang meledak. Sedangkan filmnya yang berjudul Architecture 101 (2012) serta The Sound of a Flower yang diluncurkan tahun 2015 juga disambut hangat oleh khalayak.

Namanya pun sempat masuk ke dalam beberapa nominasi dari berbagai ajang penghargaan dan beragam kategori. Ia tercatat berhasil memenangkan Most Popular Artist, Best Rookie Actress, Hot New Star 2011, dan menjadi Best Couple bersama aktor tampan Kim Soo Hyun.

Selalu berusaha memberikan yang terbaik, Suzy berhasil meraih penghargaan Best Newcomer dari KBS Entertainment Awards berkat aktingnya dalam drama Invincible Youth. Ia juga menyabet trofi dari Seoul International Drama Awards serta Top Excellence MBC Drama Awards.

Bubarnya Miss A Hingga Memilih Solo

Memasuki tahun 2017, Miss A menjadi salah satu girlband yang bubar selain Wonder Girls. Menapaki kesuksesan karier bersama-sama selama tujuh tahun, tentu perubahan ini memberi perasaan tak nyaman bagi Suzy.

Meski begitu, ia tak berhenti dalam berkarya. Suzy lantas bersolo karier mulai tahun 2018 dan menelurkan dua mini album yang bertajuk Yes? No? serta Faces of Love. 

Baginya, menjadi penyanyi solo memang tak mudah karena sebelumnya ia terbiasa bekerja dalam grup. Namun, ia terus berpikir positif dan menggunakan kesempatan yang ada dengan optimal. Demi masa depan kariernya, ia mengaku ingin menjadi lebih kuat dan terus berkembang sebagai solois yang punya karakternya sendiri.

Ia juga sempat memperpanjang kerja sama dengan agensinya tersebut. Namun pada tahun 2019, Suzy diketahui mengakhiri kontrak dengan JYP Entertainment, agensi yang telah bekerja sama dengannya selama ini. Kerja sama Suzy kemudian berlanjut dengan agensi acting, Management SOOP.

Baca Juga: Kisah Perjalanan IU, Pemeran Drama Hotel Del Luna yang Memiliki Banyak Talenta

Dermawan dan Senang Berbagi

Tak hanya cantik dan menawan, Suzy pun rupanya punya hati yang dermawan. Setiap tahun, ia dengan murah hati menyumbangkan uang kepada mereka yang membutuhkan.

Di tahun 2017 lalu, mantan kekasih aktor ganteng Lee Dong Wook kembali menarik perhatian. Ia mengucurkan 10 juta Won (sekitar Rp130 juta) untuk suatu komunitas di kampung halamannya, Kota Gwangju.

Dana tersebut diturunkannya dalam rangka mendukung keberlangsungan hidup warga dengan pendapatan rendah di sana. Ia juga kembali mendonasikan 100 juta Won (kurang lebih Rp1 miliar) sebagai bantuan medical di negaranya.

Sedangkan di tahun 2018, Suzy yang pernah menjadi presenter untuk acara MBC Show! Music Core ini menyumbangkan dana sebanyak 20 juta Won (kurang lebih Rp200 juta). Dana tersebut dipersembahkannya kepada para single parents, terutama kaum ibu.

Cantik Natural

Sosok Suzy kerap disebut sebagai ikon First Love masyarakat Korea Selatan. Aktingnya yang menawan tampak sangat pas dengan keluguan dan kecantikannya yang natural. Ia juga mendapat julukan Ratu Iklan lantaran menjadi endorsement model terlaris di Korsel.

Wajah cantiknya membuat Suzy sukses menjadi bintang iklan bermacam produk. Mulai dari fashion, kosmetik, hingga iklan untuk bahan pokok pun dijajalnya. Suzy sendiri memang diberkahi dengan kecantikan alami yang mempesona.

Jika para celebrity lainnya kerap melakukan operasi plastik dan kosmetik agar tampil lebih cantik, lain halnya dengan Suzy. Wanita dengan tinggi tubuh mencapai 166cm ini tak pernah sekalipun melakukan bedah kosmetik.

Untuk menjaga kecantikannya yang sering disebut level dewa itu, wanita dengan golongan darah AB ini hanya melakukan laminasi pada giginya. Selain itu, kebugaran tubuhnya ia jaga dengan cara rajin berolahraga.

Tajir Melintir Sebagai Bintang Kelas A

Kini, kariernya yang meroket membuat Suzy kaya raya. Dengan total aset dan harta mencapai 10 juta Dollar AS (kurang lebih Rp142 miliar), Suzy sering disebut sebagai bintang papan atas. 

Namanya pun senantiasa diperhitungkan sebagai penyanyi dan aktris kelas A di Negeri Tirai Bambu. Demikian juga di negara asalnya, Bae Suzy termasuk ke dalam list anak muda paling tajir di Korea Selatan.

Ia diketahui menempati tempat tinggalnya di N Apartment Complex—sebuah kawasan elit di Nonhyeon-dong, Gangnam.

Ke depannya, ia berharap agar publik dapat terus melihatnya sebagai sosok yang bersinar di kedua bidang yang tengah dijalaninya. Meski Miss A bubar, ia berhasil sukses secara mandiri berkat bakat aktingnya.

Seperti Bae Suzy, kesuksesan Anda tak akan terhentikan jika tak selalu berpegang pada kerja sama kelompok. Andalkan kemampuan sendiri agar Anda lebih mandiri tanpa bergantung kepada orang lain.

Baca Juga: Belum Lama Berkarir, Aktris Kim Da Mi Sudah Kantongi Segudang Prestasi