Belum Lama Berkarir, Aktris Kim Da Mi Sudah Kantongi Segudang Prestasi

Bagi para penggemar drama Korea, tentu sudah tak asing dengan sosok cantik yang satu ini. Dalam serial yang booming berjudul Itaewon Class, Kim Da Mi berakting sebagai tokoh yang tak biasa. Sebagaimana diketahui, Itaewon Class merupakan drama adaptasi dari versi Webtoon yang dipublikasikan tahun 2016 silam. 

Rupanya, akting Kim Da Mi yang andal bersama Park Seo Joon membuat drama tersebut meraih rating tinggi dan menjadi pusat perhatian. Walaupun masih tergolong pendatang baru, Kim Da Mi telah sukses besar dalam memerankan seorang sosiopat bernama Jo Yi Seo.

Wanita berwajah imut yang lahir di tahun 1995 ini juga langsung mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi. Salah satunya yakni pada beberapa waktu belakangan ini, ketika ia berhasil membawa pulang trofi Aktris Baru Drama Terbaik dari Baeksang Arts Awards 2020.

Pujian positif juga berdatangan dari para penggemarnya. Wajahnya yang cute bisa tiba-tiba tampak mengerikan. Alhasil banyak yang memuji kejeniusan Kim Da Mi. 

Kim Da Mi yang lulusan jurusan Seni Drama dari Universitas Nasional Incheon ini disebut sebagai aktris dengan ribuan ekspresi. Kemampuan akting dan mimic wajahnya yang luar biasa membuat plot cerita dari drama populer tersebut menjadi semakin seru untuk diikuti.

Awal Terjun di Industri Hiburan

View this post on Instagram

A post shared by KIM DA MI (@d_a___m_i) on

Kim Da Mi memang belum lama menjadi aktris. Ia diketahui baru mengawali karirnya pada tiga tahun lalu. Terhitung sejak tahun 2017, ia mulai sering menjadi model bagi sejumlah produk.

Namun, wanita dengan tinggi badan mencapai 170 cm tersebut sudah tak asing lagi dengan dunia akting. Sejak remaja, ia sudah tertarik dengan seni peran. Selain bakat alami, kemampuan aktingnya telah terasah benar sejak masih mengenyam pendidikan SMA.

Ia sudah aktif bermain theater dan seni drama serta sandiwara. Da Mi juga terus menambah pengetahuan dan bekal aktingnya dengan mengikuti sejumlah kelas informal. Hingga kemudian ia memantapkan langkahnya dengan mengambil kuliah Seni Drama.

Semasa kuliah, Da Mi terus meningkatkan pengalamannya. Ia dengan rajin sering melibatkan diri dalam sejumlah film pendek dan independen. Ia juga masih terus aktif di berbagai panggung teater. 

Menyelesaikan kuliahnya di tahun 2017, Kim Da Mi tak ambil jeda dan langsung terjun ke industri perfilman Korea Selatan secara profesional.

Baca Juga: Aslinya Pemalu, Begini Perjalanan Karir Romantic Comedy Master Park Seo Joon yang Fenomenal

Membintangi Film Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by KIM DA MI (@d_a___m_i) on

Mulai sering tampil di layar kaca, tak hanya aktingnya saja yang disukai publik. Wajah Kim Da Mi yang cantik alami tanpa operasi plastik dan bedah kosmetik itu juga menuai banyak pujian. 

Film pertama yang dibintanginya berjudul Romans 8:37 pada tahun 2017 lalu. Di film tersebut, ia memainkan peran pendukung. Masih di tahun yang sama, Da Mi juga ikut membintangi film Marionette yang bergenre thriller.

Kemampuan aktingnya kian menonjol ketika sukses bermain dalam The Witch: Part 1. The Subversion pada tahun 2018. Ia rela mengikuti proses audisi yang panjang demi melakoni film yang satu ini. Namun upayanya berbuah manis lantaran ia berhasil memerankan tokoh utamanya.

Nama Kim Da Mi makin tenar dengan banyak penggemar. Menyusul kemudian pada tahun 2020, Da Mi direncanakan akan bermain untuk Hello, My Soulmate (remake dari film Soulmate asal Tiongkok) serta The Witch: Part 2. 

Berkat kehebatan aktingnya, Kim Da Mi berhasil memenangkan dua penghargaan Best New Actress. Yang pertama didapatkan dari Daejong Film Awards 2018. Sedangkan piala lainnya ia menangkan dari Blue Dragon Film Awards di tahun yang sama.

Nama Kim Da Mi semakin tersorot. Film-film yang dibintanginya pun kerap mendapat pujian dari banyak kritikus. Dengan karirnya yang kian menanjak, kemampuan aktingnya semakin diperhitungkan di jagad sinema Negeri Ginseng.

Lakoni Drama Seri Perdana

View this post on Instagram

A post shared by KIM DA MI (@d_a___m_i) on

Belakangan, drama Itaewon Class menjadi debut perdana Kim Da Mi. Serial drama ini tayang di stasiun televisi JTBC dan dapat diunduh serta ditonton melalui video streaming dan berbayar Netflix. 

Serial yang sarat pesan positif bagi kehidupan sehari-hari tersebut mengangkat isu yang tak biasa seperti rasisme dan transgender sehingga lebih menarik untuk disimak. Drama ini juga menjadi serial dengan rating tertinggi kedua di JTBC.

Kendati awalnya banyak pihak yang tak yakin dengan kemampuan akting Kim Da Mi, namun nyatanya sang aktris sanggup membuktikan sebaliknya. Ia berhasil menyajikan kualitas terbaik dari performanya.

Malahan peranan Da Mi dalam serial ini terbilang sentral dan sangat signifikan karena berpengaruh besar bagi alur ceritanya. Terbukti, Da Mi mempunyai kemampuan luar biasa dalam membangun chemistry dengan para lawan mainnya sehingga penjiwaannya pun tampak semakin hidup.

Setelah menuai sukses di drama seri perdananya ini, Kim Da Mi juga akan kembali melakoni film baru yang berjudul Hi, My Soul Mate setelah Itaewon Class.

Baca Juga: Ajarkan Nilai Positif, 6 Serial Drama Korea Ini Wajib Ditonton

Main Instagram Demi Totalitas

View this post on Instagram

A post shared by KIM DA MI (@d_a___m_i) on

Kim Da Mi diketahui memerankan seorang selebgram yang memiliki kecenderungan menjadi psychopath. Namun menariknya, Da Mi tak pernah bermain social media berbagi foto tersebut.

Demi mendalami karakter yang diperankannya secara total, Da Mi pun mengaku harus mati-matian mempelajari platform tersebut. Agar lebih mudah menjiwai perannya sebagai Jo Yi Seo yang seorang influencer, Da Mi membuat akun Instagram resminya sendiri.

Ia lantas menyadari betapa pentingnya media sosial yang satu ini. Kini, meski unggahan fotonya tak begitu banyak, akun Instagram pribadi Da Mi telah diikuti oleh lebih dari sejuta followers.

Meraih Banyak Prestasi

View this post on Instagram

A post shared by KIM DA MI (@d_a___m_i) on

Kim Da Mi memang belum lama berkecimpung di industri perfilman. Namun tak bisa dipungkiri bahwa prestasinya sudah cukup membanggakan. Pasalnya, dalam waktu singkat ia sudah mampu meraih banyak prestasi bergengsi.

Menikmati profesinya sebagai aktris, Kim Da Mi telah mendapat belasan penghargaan untuk berbagai kategori. Aktris yang berada di bawah naungan AND Management ini meraih Rising Star Award dari London Asian Film Festival

Tak hanya mendapat sejumlah penghargaan untuk Best New Actress dan Popular Actress Award. Ia juga menyabet trofi Best New Actress dari KOFRA Film Awards serta piala Rookie Award dari Asia Artist Awards.

Dengan banyaknya penghargaan yang ia raih dalam karirnya yang baru lepas landas, terbukti kualitas akting sang aktris memang patut diacungi dua jempol.

Melepas Image Jo Yi Seo

Kini Kim Da Mi tengah disibukkan dengan sejumlah pemotretan untuk berbagai brand kosmetik, salah satunya Benefit. Tampil dengan warna rambut hitam yang panjang tergerai, tampaknya ia sudah melepas image Jo Yi Seo yang sebelumnya ia perankan.

Banyak fans yang lagi-lagi memuji penampilannya dan menyebut sudah tak sabar menantikan akting Da Mi yang selanjutnya. Berkat kemampuan aktingnya yang hebat serta totalitas berkualitas, kini Kim Da Mi telah mendapat tempat istimewa di hati para penggemarnya.

Ia juga telah berhasil meraup sejumlah penghargaan berkat kerja keras dan ketekunannya bertahun-tahun. Karirnya memang baru berjalan tiga tahun. Namun ia sudah berjuang memulai dari bawah dan mengupayakan impiannya ini sejak masih belasan tahun.

Waktu memang bukanlah tolak ukur seseorang bisa mencapai kesuksesan. Namun menurut penulis Malcolm Gladwell, dibutuhkan paling tidak 10.000 jam untuk menjadi mahir dan ahli dalam satu bidang.

Seperti halnya Kim Da Mi yang terus mendalami akting bertahun-tahun, cara ini pun bisa dicoba dalam dunia profesional dan pekerjaan. Terus berlatih secara akumulatif bisa membuat Anda semakin mahir dan ahli dalam bidang yang ingin dikuasai.

Baca Juga: Nonton Drama Korea Online Sepuasnya di 6 Aplikasi Ini, Dijamin Gratis!