4 Langkah Mudah Investasi Saham secara Rutin dengan Gaji UMR

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan, salah satunya saham. Investasi saham bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk yang memiliki gaji setara dengan UMR. 

Hal ini tentu harus didukung dengan pengelolaan keuangan yang tepat sejak awal, agar investasi tidak sampai mengganggu berbagai kebutuhan lainnya di dalam keuangan. Selain itu, dibutuhkan  konsistensi dalam melakukan investasi saham ini sejak awal, agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk  berinvestasi saham secara rutin dengan penghasilan UMR:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sisihkan Gaji secara Rutin setiap Bulannya

loader

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk berinvestasi saham adalah dengan menyisihkan sejumlah penghasilan secara rutin setiap bulannya. Setidaknya, sisihkanlah 10% hingga 20% pendapatan bulanan secara konsisten untuk kebutuhan investasi. 

Lakukan hal ini sesaat setelah menerima gaji, sehingga dana tersebut tidak sampai terpakai untuk kebutuhan lainnya terlebih dahulu. Hal ini akan memungkinkan kebutuhan dana investasi tetap terpenuhi dengan baik setiap bulannya.

 Lakukan hal yang sama juga ketika mendapatkan bonus maupun THR dari perusahaan. Jangan langsung membelanjakan semua dana tersebut untuk berbagai kebutuhan lain di dalam keuangan. Alokasikan sekitar 20% hingga 30%  bonus maupun THR sebagai dana investasi. 

Jika tidak semua dana ini dialokasikan ke saham, maka setidaknya alokasikan setengah dari dana investasi tersebut untuk membeli saham. Alokasikan dana investasi ini secara konsisten dari tiap penghasilan yang didapatkan.

Baca Juga: Investasi Saham? Simak 6 Tips Ini Biar Untung

2. Pelajari dan Kenali Risiko Investasi

loader

 Tujuan setiap orang untuk melakukan investasi tentu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan.  Namun dibalik potensi keuntungan yang dimiliki oleh investasi, aktivitas keuangan ini juga memiliki sejumlah risiko  yang bisa saja menimbulkan kerugian. 

Penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola berbagai risiko dalam investasi, agar berbagai kerugian dapat dihindari. Hal ini juga sekaligus akan membuat potensi keuntungan menjadi jauh lebih besar.

 Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengenali berbagai resiko yang terdapat di dalam investasi saham terlebih dahulu.  lakukan hal ini dengan cara mempelajari investasi saham dengan serius. Pada umumnya kerugian dalam investasi saham disebabkan oleh 2 hal, yakni:

  • Capital Loss

 Ini merupakan penurunan nilai jual yang disebabkan oleh timbulnya perbedaan antara harga jual dengan harga beli saham itu sendiri, dimana harga beli lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga jualnya.

  • Likuidasi

 Ini merupakan kondisi pembubaran sebuah perusahaan yang dilakukan oleh likuidator untuk menyelesaikan  berbagai utang yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut. 

3. Lakukan Investasi secara Konsisten pada Saham yang Tepat

loader

Jika sudah memahami risiko investasi dengan baik, maka kegiatan investasi itu sudah bisa dimulai. Tidak harus selalu dalam jumlah yang besar, mulailah membeli saham rutin secara berkala. 

Saat dana yang terkumpul sudah cukup, maka segera beli saham yang tepat. Lakukan hal ini dengan hati-hati, tentunya dengan menimbang risiko yang terdapat pada setiap saham yang dibeli terlebih dahulu. 

Jika pembelian saham ini dilakukan dengan konsisten, maka jumlah saham yang dikumpulkan juga tentu akan semakin banyak. Namun jangan lupa untuk selalu jeli dalam memilih saham, terutama bagi yang masih akan menjadi investor pemula. 

Pilihlah saham-saham perbankan pada masa awal ini, sebab saham tersebut terbilang minim risiko. Selain itu, saham perbankan juga cukup aman dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Baca Juga: 5 Cara Menabung Saham dengan Gaji UMR

4. Gunakan Aplikasi

loader

Hindari untuk mengandalkan intuisi ketika berinvestasi saham, sebab ini sangat beresiko, terutama bagi pemula. Alih-alih mendapatkan keuntungan, cara seperti ini sangat berisiko dan bisa saja menimbulkan kerugian. Bijaklah dalam bermain saham dan gunakan aplikasi untuk memilih saham yang tepat.

Ada banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi online dan mudah untuk digunakan. Pada umumnya aplikasi ini menyediakan panduan berinvestasi dengan jelas, bahkan untuk pemula sekalipun. 

Pilih aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki fitur mumpuni. Manfaatkan layanan ini dengan baik dan belilah saham-saham yang tepat serta menguntungkan 

Jangan Malas Berinvestasi Saham

Bagi yang memiliki penghasilan setara UMR, jangan malas untuk berinvestasi saham. Aktivitas keuangan ini bisa dimulai dengan cara yang simpel, sebab ada banyak aplikasi yang kini bisa diakses dengan mudah. Sisihkan sebagian penghasilan secara rutin setiap bulannya dan alokasikan ke dalam investasi saham, agar bisa mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Beli Saham Sekaligus atau Sebagian, Mana yang Lebih Baik?