Manajemen Produksi: Pengertian, Fungsi, dan Juga Ruang Lingkup Aktivitasnya

Aktivitas manajemen di dunia bisnis adalah salah satu hal yang krusial dan wajib dikuasai oleh pemiliknya. Melalui aktivitas manajemen yang unggul, operasional bisnis tentu bisa berjalan dengan lebih lancar, optimal, dan efektif. Hal tersebut secara tidak langsung mampu memberikan banyak keuntungan pada jalannya perusahaan.

Salah satu jenis manajemen yang penting untuk dipahami adalah manajemen produksi. Istilah tersebut pada dasarnya sangat akrab terdengar di dunia bisnis, dan wajib dipraktikkan oleh semua kalangan pebisnis. Tapi, bagaimana cara memahami dan mempraktikkan manajemen produksi secara tepat bagi orang yang masih awam dalam berbisnis?

Tidak usah khawatir, kamu bisa mempelajari tentang apa itu manajemen produksi, fungsi, ruang lingkup, dan sederet aspek yang ada di dalamnya di artikel berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Manajemen Operasional, Rahasia di Balik Efektivitas Bisnis Sebuah Perusahaan

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Produksi?

loader

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Produksi?

Manajemen produksi adalah suatu penataan terhadap proses perubahan pada bahan mentah yang diolah menjadi sebuah produk maupun jasa yang mempunyai nilai jual. Manajemen produksi ini juga sangat berhubungan dengan pengambilan keputusan terkait proses produksi agar tujuan perusahaan atau bisnis bisa tercapai. Tidak hanya itu, terdapat 2 faktor yang memengaruhi jenis manajemen ini.

Pertama, ada division of labour, yaitu faktor pembagian tanggung jawab dan tugas secara tepat. Hal ini berguna agar aktivitas produksi mampu menjaga kualitas dari barang atau jasa, serta memastikannya dapat diterima oleh pasar. Faktor ini juga berhubungan dengan pembagian kerja yang mampu membantu aktivitas produksi agar mampu berlangsung dengan efektif dan juga efisien. 

Faktor yang kedua adalah revolusi industri, yaitu pergantian dari penggunaan tenaga manusia ke teknologi mesin atau robot pada aktivitas produksi. Faktor revolusi industri ini juga bakal membuat target produksi mampu tercapai dengan lebih optimal. Kendati demikian, pihak karyawan perlu melakukan upaya lebih untuk meningkatkan keahliannya agar tidak kalah bersaing dengan kemajuan teknologi tersebut. 

Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli

Selain pengertiannya secara umum di atas, ada pula pengertian manajemen produksi berdasarkan penjelasan para ahli. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Sofjan Assauri

    Manajemen produksi adalah aktivitas untuk mengatur serta mengoordinasikan pemakaian sejumlah sumber daya, baik itu manusia, alat, dana, maupun bahan. Melalui manajemen produksi yang dieksekusi secara tepat, pengelolaan sumber daya tersebut bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif, sehingga mampu menciptakan serta menambah fungsi atau kegunaan dari suatu jasa maupun barang. 

  • Handoko

    Berdasarkan penjelasan dari Handoko, pengertian manajemen produksi serta operasionalnya ialah beragam upaya pengelolaan dengan optimal terkait penggunaan seluruh sumber daya. Beberapa faktor produksi tersebut meliputi, tenaga kerja, peralatan, barang mentah, mesin, dan sebagainya. Melalui seluruh faktor tersebut, bisnis mampu mentransformasi bahan mentah menjadi beragam produk maupun jasa.

  • Irham Fahmi

    Sementara itu, pengertian manajemen produksi dari Irham Fahmi adalah suatu ilmu manajemen yang secara menyeluruh membahas tentang cara manajemen produksi dari pihak perusahaan menggunakan seni dan ilmu yang dimilikinya untuk mengatur dan mengarahkan orang-orang dalam meraih hasil produksi sesuai target atau tujuan yang diinginkan.

  • Heizer & Reider

    Pengertian manajemen produksi menurut Heizer & Reider adalah rangkaian aktivitas yang menciptakan nilai dengan bentuk barang maupun jasa dengan menjadikan input sebagai output.

Baca Juga: Perbedaan Quality Control dan Quality Assurance yang Harus Kamu Ketahui

Fungsi Manajemen Produksi

loader

Fungsi Manajemen Produksi

Selesai membahas pengertiannya, kini saatnya mempelajari apa saja fungsi manajemen produksi pada pengembangan dan jalannya sebuah bisnis. Fungsi manajemen produksi secara umum berkaitan dengan pertanggungjawaban pada proses pengolahan dan mengubah input maupun masukan menjadi keluaran atau output berupa jasa dan barang. Dengan begitu, manajemen produksi mampu menghasilkan produk yang layak jual dan memberikan pemasukan bagi sebuah perusahaan.

Selain itu, berdasarkan pemaparan Sofjan Assauri, ada 4 fungsi penting dari manajemen produksi. Berikut adalah penjelasannya. 

  1. Perencanaan

    Perencanaan mempunyai keterkaitan dengan aktivitas produksi yang bakal dilakukan agar sesuai dengan durasi atau waktu yang telah ditentukan. Melalui perencanaan yang tepat, biaya produksi juga bisa diminimalkan sehingga mampu memasang harga jual produk yang lebih optimal dan menguntungkan.

  2. Jasa Pendukung

    Maksud dari jasa pendukung adalah suatu sarana yang berguna untuk menetapkan cara yang sebaiknya digunakan pada proses produksi agar lebih efektif. Fungsi ini juga sering kali dibutuhkan guna membantu bisnis agar mampu bersaing dengan sehat karena mampu mengedepankan hasil produk lebih berkualitas.

  3. Proses Pengolahan

    Proses pengolahan ini bisa disebut sebagai metode yang dipakai dalam pengolahan produk. Pada pelaksanaannya, proses tersebut amat krusial, khususnya dalam pemanfaatan sumber daya dengan lebih optimal.

  4. Pengawasan atau Pengendalian

    Fungsi manajemen produksi ini berguna untuk menjamin aktivitas produksi agar berjalan sesuai rencana. Hal ini penting untuk didapatkan karena mampu menjamin proses produksi dapat berjalan dengan baik.

Ruang Lingkup pada Manajemen Produksi

Dilihat dari proses pengambilan keputusan dan kebijakannya, terdapat 3 jenis ruang lingkup pada manajemen produksi. Berikut adalah penjelasannya.

Ruang Lingkup

Penjelasan

Desain

Ruang lingkup ini bisa diartikan sebagai keputusan manajemen produksi jangka panjang. Alasannya karena pada keputusan di ruang lingkup ini mencakup beragam hal seperti penentuan desain, lokasi, desain pengadaan, metode, dan lain sebagainya. 

Transformasi

Keputusan pada ruang lingkup ini sifatnya jangka pendek dan berhubungan dengan taktis dan operasional. Pada ruang lingkup transformasi, keputusannya mencakup hal-hal seperti, giliran kerja, anggaran, jadwal produksi, penyerahan masukan, sampai keluaran konsumen. 

Perbaikan

Kebijakan pada ruang lingkup ini sifatnya berkesinambungan, sehingga perlu dilakukan secara berkala dan rutin. Beberapa aktivitas yang termasuk pada ruang lingkup ini antara lain perbaikan secara terus menerus pada mutu pengeluaran, peningkatan efektivitas dan efisiensi sistem, kapasitas, dan kompetensi para pekerja.

Aspek Utama Manajemen Produksi

Agar mampu menghasilkan produk sesuai target dan rencana, diperlukan beberapa tahapan pada manajemen produksi. Berikut adalah beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan terhadap proses manajemen ini. 

  1. Perencanaan Produksi

    Aspek ini mempunyai tujuan untuk memperlancar proses produksi dengan lebih sistematis. Sejumlah keputusan yang perlu diambil pada aspek perencanaan produksi ini, antara lain, jenis dan kualitas barang, kuantitas barang, penggunaan bahan baku, dan pengendalian produksinya sendiri. 

  2. Pengendalian Produksi

    Aspek ini berkaitan dengan tahap kontrol produksi dan dilakukan agar proses produksi dapat berjalan sesuai perencanaannya. Beberapa aktivitas yang berhubungan dengan aspek ini antara lain, membuat perencanaan, menyusun jadwal kerja, dan menentukan target produksi. Sedangkan untuk tujuannya adalah mengendalikan produksi agar mampu mencapai hasil lebih maksimal, serta mengoptimalkan penggunaan biayanya.

  3. Pengawasan Produksi

    Aspek pengawasan produksi dilakukan untuk memastikan proses produksi berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan sesuai target serta biaya operasionalnya. Pada pelaksanaannya, terdapat sejumlah aktivitas yang perlu dilakukan, antara lain, menentukan kualitas barang, menjalankan proses produksi sesuai jadwal, dan menyusun standar barang. 

Ciptakan Produk dengan Daya Saing Tinggi dengan Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah langkah yang mampu membuat perusahaan dapat menciptakan produk dengan tingkat daya saing yang tinggi di pasaran. Dengan manajemen yang tepat dan terencana, bisnis akan lebih mudah untuk terbangun dan berkembang, serta mampu bertahan di tengah persaingan yang menjadi lebih ketat. Selain itu, potensi mendapatkan keuntungan berlipat ganda juga akan menjadi lebih tinggi sehingga manajemen produksi tidak boleh dianggap sepele oleh para pebisnis atau petinggi perusahaan. 

Baca Juga: Jadi Amunisi dalam Bisnis, Ini Pengertian Inventory, Jenis, dan Juga Tips Pengelolaannya