Manfaat dan Cara Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan yang Tepat

Kesehatan merupakan aspek paling penting dalam kehidupan manusia dan wajib untuk dijaga. Karena penurunan kesehatan tidak hanya bisa mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari tapi juga bisa menambah beban pengeluaran pada keuangan kita.

Bisa dibayangkan jika suatu hari kamu sakit dan kamu atau anggota keluarga harus melakukan perawatan dirumah sakit dalam waktu yang lama, berapa beban biaya yang harus kamu keluarkan untuk pengobatan mu sampai sembuh?

Mulai dari biaya rawat inap, jalan sampai biaya konsultasi kesehatan. Kira-kira kamu bisa menghabiskan dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah tergantung dari kondisi penyakit.

Nah, karena mengalami rasa sakit adalah hal yang tidak terduga banyak kemungkinan kamu belum siap dalam urusan biaya sehingga tidak hanya bisa membuat kamu bangkrut dalam sekejap tapi juga bisa menimbulkan utang karena habisnya biaya. Sangat merugikan kan?

Asuransi kesehatan adalah solusi tepat dari segala permasalahan di atas, pentingnya memiliki produk asuransi saat ini sama pentingnya dengan menjaga kesehatan itu sendiri. Bahkan untuk bisa memenuhi kebutuhan masing-masing orang yang berbeda-beda, produk asuransi kesehatan pun juga terbagi menjadi berbagai jenis dengan manfaat dan kebijakan yang berbeda pula.

Salah satu jenis asuransi kesehatan yang memiliki manfaat khusus adalah asuransi rawat jalan. Apa itu asuransi rawat jalan?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Asuransi Rawat Jalan

loader

Asuransi rawat jalan adalah manfaat tambahan dari asuransi rawat inap yang telah kita gunakan, di mana asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap biaya dokter, biaya laboratorium dan biaya obat-obatan.

Kebijakan yang diterapkan pada asuransi ini pun berbeda dari asuransi kesehatan biasa seperti: pembatasan pelayanan sehingga tertanggung wajib mendapatkan rujukan dokter umum untuk bisa mendatangi dokter spesialis, pembatasan frekuensi kunjungan/pengobatan dalam satu tahun, pembatasan rumah sakit yang didatangi oleh tertanggung, dan berbagai kebijakan lainnya.

Baca Juga:  Beli Asuransi Kesehatan, Mending Premi Bulanan atau Tahunan?

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

loader

Manfaat asuransi rawat jalan adalah memudahkan kita sebagai pengguna untuk melakukan klaim atas berbagai tindakan pengobatan yang tidak mengharuskan pasien untuk dirawat inap. Dengan benefit ini, pasien tidak harus mengeluarkan biaya untuk:

  • Pembelian obat
  • Diagnosis
  • Rehabilitasi
  • Pelayanan kesehatan lain dan
  • Konsultasi ke dokter.

Itu sebabnya, penggunaan asuransi rawat jalan akan lebih maksimal dan bermanfaat bagi mereka yang justru memilih untuk tetap pulang dan menjalani pemulihan di rumah, hal ini mungkin lebih baik dan membuat mereka merasa nyaman.

Namun, klaim tersebut bergantung pada rumah sakit yang dipilih apakah memiliki kerjasama ataupun memenuhi syarat klaim yang ditetapkan perusahaan asuransi.

Baca Juga:  4 Alasan Kamu Harus Punya Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi

Tips Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda-beda pada produk asuransinya, termasuk produk asuransi rawat jalan. Nah, jika sudah memutuskan untuk membeli asuransi rawat jalan, perhatikan tips berikut ini untuk bisa mendapatkan produk asuransi rawat jalan terbaik:

1. Utamakan yang Menawarkan Sistem Cashless

Klaim nontunai alias cashless berarti pasien hanya perlu menunjukkan bukti keanggotaan asuransi kesehatan (umumnya kartu asuransi), kemudian pihak rumah sakit hanya perlu melakukan validasi dan secara otomatis semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Opsi klaim nontunai/cashless bisa mempermudah kamu dalam melakukan perawatan jika mengalami sakit secara mendadak dan tidak memiliki uang cash pada saat itu dengan cukup menunjukkan kartu asuransi dan seluruh biaya langsung ditanggung.

2. Pilih yang Menjalin Kemitraan dengan Banyak Rumah Sakit yang Berkualitas

Pastikan rumah sakit mana saja yang menjalin kemitraan dengan perusahaan asuransi. Terutama yang menjalin kerjasama dengan rumah sakit berkualitas tinggi yang lokasinya tidak jauh dari lokasi tempat tinggal. Dengan ini, meskipun situasinya darurat kamu tetap bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari rumah sakit yang memang berkualitas baik.

3. Cari Plafon yang Paling Tinggi dengan Biaya Premi yang sesuai Kondisi Keuangan

Besaran premi asuransi dan plafon yang kamu ambil nantinya akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan dari rumah sakit saat kamu berobat. Jadi ada baiknya jika berusaha untuk terlebih dahulu mencari tahu perusahaan asuransi mana yang memberikan plafon paling besar namun dengan premi paling murah.

4. Cari Tahu Apa Saja yang Bisa Diklaim

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing mengenai klaim dan juga aturan dalam mengajukannya, jadi cari tahu dan pahami hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan dari sebuah perusahaan asuransi.

Misalnya perawatan kesehatan non-inap apa saja yang bisa diklaim dan di rumah sakit mana saja manfaat tersebut bisa diklaim. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kita bisa mengukur seberapa besar layanan yang akan kita dapatkan di kemudian hari.

5. Pilih yang Kategori Asuransi Kesehatan Murni

Ada sebagian produk asuransi kesehatan yang menawarkan paduan investasi unit link. Dengan memastikan jenis asuransi yang kamu piih bersifat murni, maka premi yang kamu bayar memberikan pertanggungan yang maksimal dan lebih besar dibandingkan jika memilih asuransi unit link.

Ini karena asuransi unit link akan membagi pertanggungan kesehatan dengan investasi dan umumnya mewajibkan premi asuransi yang lebih mahal juga. Jadi jika ingin mencari produk asuransi kesehatan yang lebih murah dengan pertanggungan yang maksimal ada baiknya memilih asuransi kesehatan murni.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Semua produk asuransi kesehatan boleh memiliki manfaat dan benefit yang berbeda-beda. Tapi asuransi terbaik tetaplah yang bisa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jangan sampai karena mengejar benefit yang tidak terlalu penting, Anda jadi salah memilih produk asuransi kesehatan dan justru hanya menghabiskan uang saja tentu akan merusak kondisi keuangan pribadi mu dan menghilangkan manfaat dan tujuan sebenarnya dari asuransi.

Baca Juga: Asuransi Penyakit Kritis: Pengertian, Untung Rugi, Klaim, dan Cara Memilihnya