Lebih Dekat dengan Daun Bidara dan Sederet Manfaat Kesehatan yang Diberikannya

Sebagai alternatif pengobatan utama, tak sedikit orang tertarik untuk mencoba pengobatan herbal. Minat masyarakat akan pengobatan herbal kian meningkat karena dirasa lebih aman dan alami, serta efek samping yang ditimbulkan relatif lebih mudah diatasi. Salah satu contoh pengobatan alternatif ini adalah memanfaatkan daun bidara asli.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin masih asing mendengar daun bidara yang memiliki nama ilmiah Ziziphus Mauritiana ini. Daun bidara berasal dari pohon kecil atau pohon perdu yang biasanya bengkok, memiliki tinggi mencapai 15 meter, serta gemang batangnya bisa mencapai 40 cm. Ciri lainnya adalah cabang dari pohon perdu tersebut adalah cabang yang menyebar, acap menjuntai, ranting tumbuh dengan simpang siur, serta berambut pendek.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh daun bidara ini untuk kesehatan? Mulai dari meredakan diare sampai cegah kanker, inilah 10 khasiat daun bidara yang sayang jika sampai dilewatkan.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Binahong yang Menyehatkan dan Tak Boleh Dilewatkan 

10 Manfaat Daun Bidara

loader

Manfaat Daun Bidara

  1. Efek Sedatif untuk Redakan Kecemasan

    Berdasarkan sebuah jurnal yang terbit di tahun 2000, salah satu manfaat yang bisa diberikan oleh daun bidara adalah meredakan masalah kecemasan yang dialami oleh sebagian orang. Dalam jurnal tersebut, tes dilakukan pada tikus, dan penelitinya mengamati jika senyawa dari daun tersebut yang diekstraksi memiliki kemungkinan untuk memberikan efek sedatif. 

    Bagi yang belum tahu, sedatif merupakan senyawa yang menimbulkan reaksi sedasi, yaitu keadaan yang memicu penurunan kepekaan pada rangsangan dari luar akibat adanya penekanan pada sistem saraf pusat secara ringan. Akan tetapi, manfaat daun bidara sebagai pereda rasa kecemasan ini masih perlu dibuktikan lagi kebenarannya, khususnya pada subjek manusia. 

  2. Bantu Kendalikan Penyakit Diabetes

    Diabetes tidak diragukan lagi merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap mengancam nyawa penderitanya. Untuk bisa mengatasi penyakit tersebut, pasien diabetes diharapkan mampu menjalani perawatan maksimal agar tak berisiko fatal. Sebab, jika sampai menyerang manusia, penyakit diabetes bersifat menahun dan sukar untuk disembuhkan. 

    Oleh karena itu, penyembuhan tambahan melalui obat herbal tidak jarang dianjurkan untuk dilakukan. Salah satunya melalui daun bidara ini yang mengandung senyawa untuk melindungi tubuh terhadap kerusakan sistem yang mengatur kadar gula.

    Untuk bisa mendapatkan manfaat mengendalikan penyakit diabetes dari daun bidara, kamu hanya perlu meminum air rebusannya. Jika dilakukan secara rutin, kadar gula dalam tubuh akan menjadi lebih stabil, serta mampu membantu pengaturan sistem perlindungan pada optimalisasi produksi insulin. 

  3. Memiliki Potensi Menjadi Obat Anti Kanker

    Tidak hanya pada daunnya, buah bidara juga diteliti memiliki potensi terhadap aktivitas anti kanker. Khasiat tersebut terkuak dalam sebuah studi yang terbit di tahun 2015 bertajuk Pharmacognosy Review.

    Berdasarkan tulisan peneliti dalam laporan tersebut disimpulkan jika senyawa bioaktif pada buah ini, yaitu, polisakarida dan asam triterpen, mempunyai kemampuan untuk melawan kanker di sejumlah lini dari sel kanker. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan khasiat tersebut terhadap manusia. 

  4. Memberikan Proteksi Alami Terhadap Efek Negatif Sinar Matahari

    Tidak kalah menariknya, manfaat menyehatkan lain yang dimiliki oleh daun bidara adalah memberikan perlindungan alami terhadap efek buruk paparan sinar matahari. Dalam intensitas yang wajar, sinar matahari memang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Akan tetapi, jika terpapar radiasi cahaya matahari terlalu lama, kamu malah berisiko mengalami beragam masalah penyakit kulit, termasuk melanoma dan juga kanker kulit. Nah, dengan menggunakan daun bidara, dampak negatif dari paparan sinar matahari tersebut bisa diminimalkan agar tak sampai menyebabkan masalah kesehatan serius. 

  5. Menjadi Obat Alami Meredakan Demam

    Manfaat selanjutnya dari daun bidara yang juga cukup penting bagi kesehatan adalah menjadi obat alami untuk meredakan demam. Daun ini bisa dijadikan sebagai obat alternatif bagi penderita demam yang cukup tinggi guna menurunkan suhu tubuhnya secara alami. 

    Tidak hanya itu, tanaman herbal ini juga bisa berkhasiat untuk mengatasi kelelahan, peradangan, asma, dan juga diare. Namun, sebelum mencoba khasiat daun bidara tersebut, pastikan dulu untuk berkonsultasi dengan dokter guna menguak potensi adanya efek samping terhadap kesehatan. 

  6. Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

    Akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak terjaga, kolesterol jahat bukan tidak mungkin akan terus menumpuk di dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, kadar kolesterol jahat yang tinggi tersebut bisa terus menumpuk hingga menyumbat aliran darah dan memicu berbagai masalah kesehatan serius.

    Untuk itu, kamu perlu mencari cara untuk mencegah risiko penyakit tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi serat dari daun bidara melalui proses perebusan. Serat dari daun tersebut memiliki sifat mengikat kolesterol yang ada pada sistem pencernaan lalu membuangnya bersamaan dengan feses maupun urine. Dengan begitu, risiko kolesterol jahat terus menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular menjadi lebih kecil. 

  7. Melancarkan Aktivitas Organ Pencernaan

    Tidak hanya menurunkan risiko penyakit akibat penumpukan kolesterol, manfaat daun bidara yang juga penting untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan. Caranya simpel, yaitu dengan meminum air rebusannya secara langsung. 

    Mengonsumsi teh daun bidara juga mampu membantu tubuh dalam mengeluarkan racun ataupun limbah yang tidak diperlukan pada organ pencernaan. Dengan begitu, kamu bisa mencegah potensi terjadinya infeksi di dalam saluran pencernaan yang bisa memicu penyakit. 

  8. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka secara Alami

    Bagi kamu yang mengalami luka akibat sayatan, tergores, atau lecet, daun bidara ini bisa menjadi alternatif untuk mempercepat proses penyembuhannya dan mencegah terjadinya infeksi. Hal ini dikarenakan daun tersebut mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu membantu luka agar sembuh lebih cepat. 

    Selain itu, daun dari pohon perdu ini juga mengandung senyawa glikosida dengan khasiat membantu penyembuhan luka bakar. Kandungan senyawa tersebut juga diketahui mampu menyamarkan bekas luka di kulit. Penyebabnya tidak lain karena daun tersebut mempunyai kemampuan untuk meningkatkan proses regenerasi pada kulit. 

  9. Meredakan Beragam Masalah Lambung

    Tidak berhenti sampai di situ, khasiat lainnya yang bisa diberikan oleh daun bidara ialah menjadi obat untuk meredakan berbagai masalah kesehatan pada organ lambung. Masyarakat yang menderita penyakit maag atau gangguan lambung lainnya sering kali disebabkan oleh pola makan buruk dan tidak teratur.

    Alhasil, hal tersebut membuat asam lambung meningkat dan berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang mengganggu. Untuk mengatasi dan meredakan gejalanya, kamu bisa mencoba untuk meminum jus yang terbuat dari daun bidara asli, maupun mengonsumsi air rebusannya. 

  10. Merupakan Penyembuh Masalah Wasir secara Alami

    Manfaat daun bidara yang terakhir adalah menyembuhkan masalah wasir secara alami. Walaupun umumnya tidak membahayakan penderitanya, penyakit ini bisa terasa sangat mengganggu dan tidak nyaman. 

    Bahkan, dalam kondisi yang cukup parah, wasir bisa membuat penderitanya tidak mampu menjalani aktivitas sehari-harinya sama sekali. Oleh karena itu, hampir semua penderita penyakit ini pasti akan melakukan segala cara agar bisa sembuh dari masalah wasir ini.

    Nah, salah satu cara untuk meredakan penyakit wasir ini adalah dengan memanfaatkan daun bidara. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara mendapatkan khasiat kesehatan lain dari daun tersebut, yakni dengan cara meminum air rebusannya secara langsung atau mengolahnya sebagai jus. 

    Agar hasilnya lebih efektif, alih-alih merebus daun bidara atau menjadikannya sebagai jus, kamu juga bisa menumbuknya hingga halus. Kemudian, balurkan daun bidara yang telah ditumbuk halus tersebut pada area yang terkena penyakit wasir untuk mengoptimalkan manfaat penyembuhannya.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Benarkah Mampu Meredakan Mimisan?

Tetap Perhatikan Pemanfaatan Daun Bidara agar Terhindar dari Potensi Efek Sampingnya

Walaupun diyakini menyimpan segudang manfaat berharga bagi kesehatan, kamu tetap perlu memerhatikan bahaya daun bidara. Pasalnya, informasi terkait keamanan penggunaan obat herbal ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut melalui penelitian, seperti efek terhadap ibu hamil atau menyusui, anak-anak, atau pasien dengan kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, ada pula kekhawatiran akan interaksi daun bidara dengan beberapa jenis obat, misalnya, obat penenang, obat diabetes, obat penurun demam dan pereda nyeri. Oleh karena itu, agar tak muncul efek samping yang tidak diinginkan, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencoba manfaat daun ini, termasuk yang telah diolah menjadi suplemen sekalipun. 

Baca Juga: Tahukah Kamu, Daun Salam Bisa Usir Ketombe sampai Cegah Kanker Payudara