Berbagai Manfaat Membawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Saat ini banyak orang yang cenderung memilih segala sesuatu serba instan, tak terkecuali soal makanan. Contohnya saja, mereka memilih untuk membeli makanan di luar karena dianggap lebih mudah dan hemat waktu. Lantas, benarkah membeli makanan seperti itu jauh lebih hemat ketimbang membawa bekal sendiri dari rumah?

Alasan Mengapa Bawa Bekal Sendiri Lebih Hemat

loader

Seperti yang diketahui, harga kebutuhan pokok selalu mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Namun sayangnya, penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan secara signifikan. 

Ketika mulai muncul masalah yang mengganggu kondisi keuangan seperti saat ini, maka sudah seharusnya kamu melakukan penghematan. Nah, salah satu cara yang paling tepat adalah melakukan penekanan biaya dengan cara membawa bekal sendiri dari rumah. 

Sebenarnya, membawa bekal makanan dari rumah menyimpan banyak manfaat. Selain lebih higienis, kamu juga bisa meracik sendiri makanan tersebut sesuai selera dan keinginan. Dengan begitu, makanan terbilang lebih sehat dan bergizi. 

Bukan itu saja, membawa bekal makanan dari rumah turut membantu menjaga kesehatan finansial. Pasalnya, kamu bakal jadi lebih hemat sampai Rp 50 ribu di setiap harinya. Jadi, coba bayangkan berapa banyak uang yang bisa kamu kumpulkan nantinya. 

Baca Juga: Tips Praktis Siapkan Bekal Sehat untuk Anak Buat Ibu Bekerja

Manfaat Membawa Bekal Makanan dari Rumah

loader

1. Pengeluaran Lebih Hemat 

Mungkin saat ini kamu berpikir, sebenarnya bagaimana sih sistem menghitung biaya makan di setiap bulan? Anggap saja uang yang harus dikeluarkan untuk sekali makan minimal Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu. Rentang harga tersebut, tidak termasuk biaya untuk camilan dan makan malam, lho. 

Bisa jadi angka tersebut tak seberapa, tapi coba bayangkan di setiap harinya Rp 25 ribu dikalikan 5 hari kerja. Jika ditotal biaya makan selama seminggu sekitar Rp 125 ribu. Lalu dikalikan lagi selama 1 bulan atau 4 minggu, maka angkanya mencapai Rp 500 ribu. 

Belum lagi jika kamu mengeluarkan uang untuk jajan cemilan, nongkrong di cafe sepulang kantor, dan makan malam. Bisa dipastikan jumlahnya lebih dari Rp 1 juta per bulan. Ingat ya, angka tersebut hanya untuk satu orang saja. 

Jadi bisa dibayangkan, berapa banyak uang yang perlu dikeluarkan untuk sekadar makan siang dan jajan di setiap bulannya? Lalu, seperti apa sih perhitungan membawa makanan sendiri dari rumah supaya lebih hemat? 

Anggap saja, dalam periode satu bulan kamu berbelanja keperluan untuk memasak seperti tabung gas dan beras yang menghabiskan sekitar Rp 300 ribu. Kemudian, berbelanja buah, sayur, dan camilan selama seminggu sekitar Rp 125 ribu dikalikan 4 minggu jadi, Rp 500 ribu. 

Jika dijumlahkan, membawa bekal makanan sendiri dari rumah hanya membutuhkan biaya Rp 800 ribu saja. Tentu jumlah tersebut lebih hemat bila dibandingkan membeli makanan di luar, bukan? 

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

2. Membantu Menjaga dan Mengontrol Berat Badan

Manfaat lain dari membawa bekal makanan sendiri dari rumah adalah memudahkan untuk mengatur dan mengontrol berat badan agar lebih seimbang. Pasalnya, ketika makan di luar konsumsi garam yang masuk ke tubuh tidak bisa dikontrol. Perlu diketahui, bahwa mengkonsumsi terlalu banyak garam bisa menyebabkan obesitas. 

Jadi dengan membawa bekal sendiri, artinya kamu bisa lebih mudah mengontrol makanan apa saja yang masuk ke tubuh. Sehingga program diet penurunan berat badan akan lebih jadi lebih efektif dan terencana.

3. Tak Perlu Bingung saat Jam Makan Siang Tiba

Ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah, baik itu bekerja ataupun sekolah, tak sedikit orang yang merasa bingung ingin makan siang di mana. Karena tak bisa menahan lapar yang melanda, akhirnya yang dipilih cepat saji alias fast food yang gampang ditemukan. 

Dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah, kamu tak perlu bingung cari tempat makan. Mengingat, terkadang harga makanan di pinggir jalan bisa cukup bikin kaget jika baru datang pertama kali. Daripada terjebak harga makanan yang bisa bikin pusing, bukankah bawa bekal sendiri lebih aman? 

Baca Juga: 15 Jenis Makanan Superfood Indonesia

4. Ikut Berkontribusi Mengurangi Sampah

Indonesia merupakan negara kedua penghasil sampah plastik terbesar di dunia setelah China. Tak heran jika kemudian pemerintah semakin getol berupaya memangkas tingkat penggunaan plastik di kalangan masyarakat. 

Sebab, sampah plastik tak akan pernah hilang meski dikubur puluhan tahun. Jadi jangan heran jika saat ini semakin banyak gerakan zero waste demi menjaga ekosistem. 

Sebagai salah satu warga negara yang baik, kamu juga bisa lho membantu upaya tersebut dengan cara mengurangi penggunaan plastik. Salah satunya melalui kebiasaan membawa bekal makanan dari rumah. Bayangkan saja, ada berapa banyak sampah plastik yang digunakan jika kamu setiap hari membeli makanan di luar?

Tak Hanya Tubuh, Bawa Bekal dari Rumah Juga Bikin Keuangan Lebih Sehat 

Bukan hanya sehat untuk tubuh kamu, membawa bekal juga membuat kondisi keuangan dan menyimpan banyak manfaat untuk lingkungan sekitar. 

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri membawa bekal makanan dari rumah. Tubuh sehat, finansial pun terjaga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kimchi, Makanan Pendamping khas Korea yang Menyehatkan