15 Jenis Makanan Superfood Indonesia

Makanan superfood Indonesia menjadi lebih populer dan banyak diperbincangkan belakangan ini. Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terkait gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat merupakan alasan di balik hal tersebut. 

Makanan super food merupakan jenis makanan khusus yang bisa memberikan dampak positif untuk mencegah timbulnya penyakit. Jenis makanan superfood dipercaya bisa menambah sistem imun, sebab makanan-makanan ini mempunyai kandungan gizi makro serta gizi mikro esensial dengan jumlah yang memadai. 

Mengkonsumsi makanan superfood Indonesia ini akan memberi keuntungan tersendiri bagi tubuh, dimana terdapat berbagai kandungan bioaktif yang memiliki sifat serta efek biologis tertentu yang baik bagi tubuh itu sendiri. 

Tidak harus selalu makanan yang mahal, jenis makanan superfood ini juga banyak hadir dari berbagai makanan yang dijual dengan harga terjangkau. Hal ini tentu menguntungkan, sebab semua kalangan bisa menikmatinya, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar sama sekali. 

Pola Hidup Sehat dengan Makanan Superfood Indonesia

loader  

Berbagai riset yang dilakukan belakangan ini menunjukkan bahwa sejumlah makanan sederhana justru memiliki berbagai manfaat yang potensial bagi kesehatan. Hal serupa juga terlihat pada berbagai makanan khas lokal Indonesia, dimana berbagai makanan ini bisa dikategorikan sebagai makanan superfood.

Belakangan ini, masyarakat lebih memahami bagaimana ancaman berbagai penyakit merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Selain menerapkan gaya hidup yang sehat, mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat tentu menjadi perhatian banyak orang yang sudah lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Hal ini jugalah yang membuat banyak orang beralih mengkonsumsi jenis makanan superfood. Selain lebih sehat, berbagai jenis makanan ini juga dianggap bisa memberikan lebih banyak dampak baik bagi tubuh, bahkan untuk jangka waktu yang panjang.  

Selain pemilihan makanan superfood yang tepat, pengolahan berbagai makanan ini juga tentu kalah pentingnya. Jika diolah dengan cara yang tepat, maka makanan superfood akan memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh itu sendiri. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pilih Makanan Superfood Indonesia yang Tepat

loader

Jumlah ketersediaan makanan superfood di tanah air tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Indonesia termasuk negara dengan hasil pertanian yang bagus, sehingga berbagai makanan superfood ini cukup melimpah dan mudah ditemukan di mana saja. Pilih jenis makanan superfood yang tepat dan konsumsi secara rutin, agar tubuh bisa mendapatkan manfaat maksimalnya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan superfood Indonesia yang bisa dijadikan sebagai pilihan: 

1. Ubi Cilembu

Makanan yang memiliki rasa manis alami dengan aroma khas yang menarik ini merupakan makanan super food yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat. Rasanya yang lezat membuat panganan yang satu ini cocok untuk dikonsumsi ketika masih hangat setelah dipanggang. 

Ubi cilembu memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Makanan ini juga bisa memberikan rasa kenyang dan akan membuat tubuh lebih sehat. 

2. Ketan Hitam

Panganan yang satu ini seringkali disajikan bersamaan dengan bubur kacang hijau. Sebagian orang juga kerap mengolahnya dengan cara mengukusnya dan mengkonsumsinya tanpa tambahan bahan lainnya, sehingga lebih sehat untuk tubuh.

Ada banyak kandungan gizi yang terdapat dalam panganan ini, antara lain: mineral, protein, serat, zat besi, dan termasuk antosianin yang bisa menambah imun. Ketan hitam juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti: anemia, kanker, sembelit, dan yang lainnya.

3. Ubi Ungu

Superfood Indonesia yang satu ini memiliki warna yang khas dan banyak kandungan gizi didalamnya, antara lain: kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, magnesium, asam folat, dan serat yang baik untuk pencernaan. 

 Ubi ungu juga bisa membantu mencegah berbagai penyakit, seperti hipertensi, kanker, dan juga peradangan pada tubuh. Makanan yang satu ini bisa diolah dengan cara mengukusnya saja, sehingga kandungan gizinya tetap terjaga.

4. Sukun

Sukun pada umumnya disajikan setelah dikukus atau digoreng ketika sudah cukup tua. Namun sebagian orang juga kerap menjadikan sukun muda sebagai sayur saja. Sukun ampuh menurunkan gula serta tekanan pada darah, dan juga menekan pertumbuhan kanker. 

Buah yang satu ini memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh, antara lain: beta karoten, zat besi, vitamin B, protein, asam folat, vitamin C, magnesium, kalsium, serat, vitamin E, seng, dan yang lainnya. 

5. Terong Ungu

Superfood Indonesia berikutnya adalah terong ungu. Sayuran ini biasanya bisa diolah dengan banyak cara, seperti: digoreng menggunakan tepung, disayur, ditumis, atau bahkan dibakar. Terong ungu memiliki banyak kandungan gizi yang dapat menambah imun dan kesehatan tubuh. 

6. Manggis

Jenis makanan superfood ini dikenal memiliki rasa manis yang sedap. Bukan hanya buahnya saja, kulit manggis juga memiliki banyak kandungan baik yang bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk mengobati kanker. Selain itu, buahnya juga bisa mengatasi penyakit kardiovaskuler, tumor, dan juga peradangan yang terjadi pada tubuh. 

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

7. Selada Air

Sayur yang satu ini biasanya akan dimasak dengan cara di bening atau santan. Bukan hanya enak, selada air juga memiliki banyak kandungan gizi baik untuk tubuh, antara lain: kalium, kalsium, vitamin C, natrium, zat besi, vitamin B, dan juga fosfor.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya terbilang tinggi dan bisa menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mata dan juga tulang. 

8. Salak

Superfood Indonesia yang satu ini merupakan buah khas tropis yang cukup mudah ditemukan di mana saja. Salak memiliki banyak kandungan baik yang bisa menjaga kesehatan tubuh, antara lain: tanin, vitamin C, flavonoid, serat, dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, berbagai kandungan gizi didalamnya juga bisa merawat kesehatan kulit dengan baik.

9. Daun Kelor

Sayuran yang satu ini biasanya banyak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, termasuk anak-anak juga. Daun kelor pada umumnya diolah menjadi sayur bening saja, sebagaimana sayur bayam atau sayuran hijau lainnya. 

Ada banyak kandungan gizi di dalam makanan superfood yang satu ini, antara lain: protein, vitamin C, riboflavin, vitamin A, zat besi, vitamin B, dan yang lainnya. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya bisa meningkatkan daya ingat, menghentikan peradangan dan juga menurunkan kolesterol.

10. Tauge

Tauge biasanya dikaitkan dengan kesuburan wanita. Sayuran yang satu ini termasuk dalam kelompok sumber protein nabati dan baik bagi tubuh. Tauge memiliki banyak kandungan gizi, antara lain: protein, zat besi, vitamin B6, kalsium, vitamin C, asam pantotenat, vitamin B, dan yang lainnya. Ini termasuk sayuran yang populer dan banyak dikonsumsi. 

11. Tempe 

Tempe merupakan jenis makanan superfood yang asli Indonesia. Makanan yang satu ini mengandung protein serta isoflavon dalam jumlah besar, sehingga bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak tidak jenuhnya juga bisa mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Tempe merupakan makanan yang populer dan sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Makanan ini biasanya diolah menjadi berbagai masakan, seperti: sambal tempe, gorengan tempe, gulai tempe, tempe mendoan, orek tempe, dan yang lainnya.

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

12. Bayam Merah

Warnanya yang merah membuat sayuran yang satu ini begitu menarik, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu tubuh membentuk hemoglobin. Pada umumnya, bayam diolah menjadi sayur bening dan dikonsumsi saat masih dalam kondisi hangat. 

13. Telur 

Telur termasuk makanan sehat yang memiliki banyak kandungan gizi baik bagi tubuh, seperti: protein, kolin, fosfor, vitamin A, selenium, vitamin B, dan yang lainnya. Selain itu, telur juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa membantu merawat kesehatan mata. Telur bisa diolah dengan banyak cara, termasuk direbus maupun digoreng saja.

14. Ikan 

Ikan adalah makanan superfood lainnya yang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga protein. Kedua kandungan tersebut bisa membantu tubuh menekan terjadinya penyakit jantung serta merawat kesehatan otak. Ada banyak ikan yang kaya akan vitamin dan omega 3 ini, mulai dari makarel, sarden, dan yang lainnya.

15. Alpukat 

Buah yang kaya akan kandungan serta, vitamin dan juga lemak sehat bisa membantu tubuh mengurangi peradangan. Selain itu, alpukat juga kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, antara lain: menekan resiko penyakit jantung, menekan pertumbuhan kanker, diabetes dan yang lainnya. 

Kenali dan Konsumsi Superfood Indonesia 

Superfood merupakan makanan sehat yang bisa memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai makanan superfood ini bisa ditemukan dengan mudah di tanah air, bahkan dengan harga yang terbilang murah. Kenali makanan superfood dan konsumsi dengan teratur, agar tubuh lebih sehat dan fit sepanjang waktu.

Baca Juga: Apa Itu Superfood dan 10 Contoh Makanan Super yang Patut Dikonsumsi