Tidak Hanya Menyegarkan untuk Berbuka Puasa, Berikut Manfaat Timun Suri yang Perlu Kamu Tahu

Timun suri mungkin bukan jenis buah yang dikenal luas semua orang seperti apel atau jeruk. Tetapi saat bulan Ramadhan tiba, popularitas buah yang satu ini meningkat tajam. Bahkan para penjualnya selalu kebanjiran pembeli setiap harinya.

Memiliki rasa manis yang mirip melon dan aroma yang manis membuat buah ini jadi favorit banyak orang saat berbuka. Apalagi, buah ini bisa diolah menjadi macam-macam minuman yang menyegarkan untuk dikonsumsi.

Timun suri juga telah menjadi budaya populer yang identik dengan bulan puasa. Pasalnya, selain menyegarkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, timun suri juga punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Selain itu, harga buah ini di pasaran pun cukup terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Lalu apa saja manfaat timun suri? Simak ulasannya berikut ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Timun Suri?

loader

Timun suri termasuk ke dalam golongan buah-buahan yang memiliki banyak nama di Indonesia. Di beberapa daerah, buah ini juga dikenal dengan nama bateh, timun betik, bonteng suri, atau mentimun suri.

Ciri-ciri buah ini sekilas memiliki kemiripan dengan buah cucumis sativus atau yang lebih dikenal dengan timun. Meski begitu, timun suri juga mempunyai kesamaan dengan melon atau cucumis melo.

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan antara timun, timun suri, dan juga melon, menemukan bahwa ciri-ciri timun suri ada di antara melon dan timun.

Secara kategori, timun suri masuk ke dalam golongan keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan. Timun dan melon juga berasal dari keluarga atau family yang sama. Jadi tidak aneh jika timun suri memiliki kemiripan dengan dua buah tersebut.

Perbedaan yang mencolok dari keduanya hanya terlihat pada bentuk buahnya saja. Buah melon memiliki bentuk yang sangat berbeda yakni bulat. Sementara timun suri dan timun meskipun sama-sama lonjong, namun diameter timun suri umumnya lebih besar.

Selain itu, buah timun juga tidak mengeluarkan bau harum ketika sudah matang. Sedangkan melon dan timun suri memiliki bau yang lebih harum ketika sudah masak.

Dalam studi lain yang melihat dari karakter kromosom ketiga buah ini, diketahui jika ada kemiripan antara melon lokal dengan timun suri. Karena itu, timun suri tidak termasuk ke dalam spesies timun namun memiliki kekerabatan lebih dekat dengan melon.

Meskipun timun suri identik dengan bulan Ramadan, tetapi sebenarnya buah ini juga bisa ditemukan di hari-hari biasa. Hanya saja, keberadaannya tidak sebanyak saat Ramadan tiba. Pasalnya, meski bukan buah musiman, tetapi para petani paling banyak menanamnya saat menjelang bulan Puasa.

Buah ini bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang mirip melon membuatnya cocok dijadikan cemilan untuk menemani aktivitas santai. Tetapi selain itu, kamu juga bisa mengolah timun suri menjadi berbagai jenis minuman menyegarkan yang bisa mengatasi rasa dahaga.

Berbagai Manfaat Timun Suri

loader

Timun suri banyak dicari saat Ramadan karena memiliki aroma manis dan menyegarkan ketika dikonsumsi. Apalagi, buah ini mengandung banyak air sehingga dirasa sangat pas untuk mengembalikan cairan saat berbuka puasa.

Tetapi selain itu, sebenarnya ada banyak manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Apalagi, di dalam buah ini juga terdapat berbagai zat gizi mikro dan makro yang diperlukan oleh tubuh. Selain mengandung air, dalam timun suri juga terdapat fosfor, kalium, vitamin C, serat, zat besi, karbohidrat, lemak, serta protein.

Berikut beberapa manfaat buah timun suri yang perlu kamu tahu.

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Banyaknya kandungan serat dan air dalam timun suri juga membuat buah ini baik untuk sistem pencernaan. Tidak hanya menjaga saluran cerna tetap sehat, timun suri juga bisa mengurangi gejala maag dan mengatasi sembelit.

2. Meringankan Asam urat

Kandungan air yang tinggi membuat timun suri bermanfaat untuk membantu meringankan asam urat. Pasalnya, orang yang menderita asam urat memang disarankan untuk banyak minum air. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dalam darah yang dapat menyebabkan penumpukan kristal pada persendian yang memicu terjadinya arthritis atau gout.

3. Membantu Merawat Kesehatan rambut

Timun suri mengandung silika yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Tetapi tentu saja kamu tidak boleh hanya mengandalkan timun suri untuk menjaga kesehatan rambut. Terapkan juga perawatan rambut yang baik supaya hasilnya jadi lebih maksimal.

4. Mengatasi Panas Dalam

Timun suri mengandung air dalam jumlah banyak yang baik untuk melarutkan berbagai zat gizi, seperti glukosa, asam amino, vitamin C, vitamin B, dan berbagai molekul mikro lain. Kandungan di dalam buah ini juga bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengatasi panas dalam.

Baca Juga:  Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Kaya Akan Antioksidan

Di dalam timun suri terkandung sejumlah antioksidan seperti lignan yang bersifat antiradang, triterpenoid, flavonoid, beta karoten, dan vitamin C. Keberadaan berbagai antioksidan ini tentu sangat baik untuk melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. Sebagai informasi, radikal bebas merupakan suatu senyawa yang telah dikaitkan dengan beragam penyakit serius pada manusia.

Sementara itu, vitamin C berperan dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian beta karoten terbukti berguna dalam menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi timun suri juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Mencukupi Cairan Tubuh

Tingginya kandungan air dalam timun suri membuatnya jadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat tubuh sedang kurang cairan, misalnya saat berbuka puasa. Mengonsumsi buah ini akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

7. Mencegah Alzheimer

Buah ini juga baik untuk pencegahan alzheimer. Kandungan  vitamin K yang  tinggi di dalam timun suri bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk  Vitamin K juga bisa mencegah kerusakan saraf di otak. Sehingga manfaat mengkonsumsi timun suri dalam jumlah yang tepat dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Siapa sangka buah yang kaya akan air ini ternyata juga baik untuk tulang. Seperti diketahui, salah satu faktor yang berperan penting dalam kesehatan tulang adalah vitamin D. Jika kebutuhan vitamin D tercukupi, banyak orang menganggap jika kesehatan tulang pasti terjaga.

Padahal nih, untuk bisa mendapatkan tulang yang sehat juga diperlukan berbagai zat gizi lainnya seperti zat besi, fosfor, serta kalsium. Berbagai mineral tersebut bisa kamu temukan di dalam timun suri.

Baca Juga:  Ternyata Ada Banyak Sekali Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Lho!

9. Mengurangi Risiko Anemia

Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Padahal, sel darah merah ini memiliki manfaat penting dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Salah  satu faktor penyebab terjadinya anemia ini adalah kekurangan zat besi. Meskipun mineral ini banyak ditemukan pada sumber makanan hewani, tetapi beberapa buah dan sayuran juga ada yang mengandung zat besi.

Salah satunya adalah buah timun suri. Mengonsumsi buah ini dengan jumlah yang tepat dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi.

10. Mengatasi Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Manfaat buah timun suri lain yang belum banyak orang tahu adalah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Hal ini berkat keberadaan berbagai mineral di dalam timun suri seperti magnesium, saponin, serat, dan potasium yang dapat membuat tekanan darah stabil.

11. Cocok untuk Diet

Buat kamu yang sedang dalam program diet, mengonsumsi timun suri sebagai camilan bisa menjadi pilihan yang pas. Pasalnya, di dalam buah ini terkandung banyak air dan serat. Keduanya sangat bermanfaat untuk membantu menyingkirkan lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Konsumsi Timun Suri Secukupnya

Meskipun banyak manfaat yang didapat saat mengkonsumsi timun suri, tetapi kamu juga tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan. Sebab, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan selalu tidak baik.

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi timun suri, bukan manfaat yang didapat tetapi justru beberapa masalah kesehatan. Misalnya saja perut kembung, sinusitis, keracunan, hingga kerusakan pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, manusia perlu mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan agar kebutuhan gizi tubuh tercukupi. Hal ini dikarenakan tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua gizi yang diperlukan tubuh.

Baca Juga:  10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Salah Satunya Membakar Kalori!