Begini Cara Pilih Bengkel Mobil yang Tepat, Biar Mudah Klaim Asuransinya

Mobil merupakan salah satu aset penting dalam hidup, bukan? Karena untuk memiliki alat transportasi pribadi yang satu itu, tak jarang Anda harus menyisihkan sejumlah uang dalam tabungan secara berkala. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, dan lebih safe terhadap segala kemungkinan, banyak orang kemudian menggunakan asuransi mobil sebagai jaminan keamanan sewaktu-waktu.

Namun, di luar bengkel resmi yang telah ditetapkan saat klaim asuransi mobil, Anda juga perlu untuk memilih bengkel rekanan. Tentu ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum memilihnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Tentu supaya tak salah pilih dan berujung patah hati bila tak sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda tentu sudah pernah mendengar pelayanan yang kurang memuaskan bengkel rekanan terhadap para pihak tertanggung, bukan?

Ketidak puasan semacam itu menjadi bahan pembelajaran yang sangat berharga. Beberapa hal yang jadi pertimbangan biasanya proses klaim yang mudah, dekatnya jarak bengkel dengan tempat tinggal, dan sudah pasti pelayanan profesional yang memuaskan.

Biar proses klaim asuransi mobil lancar, berikut tips memilih bengkel rekanan untuk klaim asuransi mobil yang bisa Anda coba seperti dikutip dari Cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jangan Malas Cari Info Bengkel Tujuan

infomasi bengkel tujuan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar proses klaim asuransi mobil berjalan lancar adalah cari tahu dulu segala informasi mengenai bengkel rekanan yang akan jadi tujuan. 

Ini termasuk informasi yang didapatkan dari pihak perusahaan asuransi. Cek dan tanyakan semuanya, tak ada salahnya untuk bertanya pada teman yang lebih berpengalaman atau cari profil bengkel lainnya secara offline maupun online. 

2. Perhatikan Jarak dengan Tempat Tinggal

jarak bengkel dengan tempat tinggal

Setelah informasi kamu dapatkan dengan jelas, perhatikan jarak tempuh bengkel dengan tempat tinggal. Ini semua demi memudahkan jika sesuatu terjadi dan tidak ada yang bisa dimintai tolong. Anda bisa dengan mudah menghubungi atau mendatangi bengkel tersebut. 

Bantuan yang diinginkan pun akan cepat sampai dan masalah akan segera teratasi dibandingkan memilih bengkel yang lokasinya berjauhan dengan tempat tinggal atau rute yang biasanya Anda lewati sebagai rutinitas harian.

Baca Juga: Biar Awet, ini 6 Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar

3. Lihat Bagaimana Reputasi Bengkelnya

informasi bengkel

Jika bengkel tersebut sudah go public, biasanya ia juga akan memiliki informasi yang lengkap di dunia maya. Anda bisa cek review orang-orang yang telah menggunakan jasanya. 

Atau kalau memang secara offline cukup populer, pastinya banyak teman, kolega, atau saudara yang pernah menggunakan jasanya. Tanyakan pada mereka dan mintalah review jujurnya sebagai bahan masukan Anda ke depan. 

4. Pertimbangkan Seperti Apa Pelayanannya

pelayanan bengkel

Pelayanan ini merupakan satu hal penting lain lagi yang harus kamu cari tahu. Pastikan pihak bengkel bisa diajak kerjasama untuk menerima pengaduan, disetujui oleh pihak perusahaan asuransi, dan dengan cekatan dan bertanggung jawab segera menyelesaikan tepat waktu apa yang menjadi pekerjaannya. 

Hindari pelayanan administrasi bengkel yang buruk, berbelit-belit, tidak transparan, dan kurang ramah, serta hal-hal lain yang membuat kamu ilfeel atau kurang puas di kemudian hari. Dalam pelayanan, penting juga untuk mengukur komitmen dan sikap profesional yang dimiliki pihak bengkel kepada setiap konsumennya. 

5. Punya Atau Tidaknya Persediaan Spare Part Orisinil

spare part

Tidak semua bengkel rekanan asuransi mobil memiliki spare part mobil orisinil. Nah, yang satu ini juga harus menjadi perhatian. Anda pasti tak ingin kan spare part orisinil, misalkan terjadi kerusakan dan harus diganti, beralih dari yang ori ke KW? 

Tentu, kualitas spare part akan sangat bergantung pada performa mesin dan mobil secara keseluruhan nantinya. Selain kepuasan yang bisa kamu dapatkan di dalam hati. 

Kalaupun situasi terburuk, spare part mobil orisinil yang Anda butuhkan sedang berada dalam kondisi stok kosong, paling tidak, pihak bengkel akan tetap mengusahakan mencarikan sesuai dengan spare part orisinilnya.

Baca Juga:  Jangan Terkecoh! Anda Harus Jeli Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk 

6. Memiliki Layanan Antar Jemput

layanan antar jemput

Nah, yang tak kalah penting, aktivitasmu yang demikian padat sehari-hari, tentu tak ingin terganggu hanya dengan urusan administrasi mobil yang sedang butuh perbaikan. Ada baiknya, Anda memilih bengkel yang menyediakan layanan antar jemput dari lokasi tempat mobilmu dijemput, dan di mana harus dikembalikan. 

Jika bengkel memiliki layanan ini, maka adaptasi dengan jadwal harian Anda akan lebih mudah dan tidak terganggu. Sehingga urusan klaim asuransi mobil Anda pun jadi mudah.

Bebas Ribet Saat Klaim Asuransi Mobil

Mempertimbangkan semuanya di awal dalam memilih bengkel rekanan di luar bengkel resmi untuk klaim asuransi Anda pasti membutuhkan waktu dan juga pikiran tersendiri. Namun, memiliki dan menerapkan tips-tips di atas, akan sangat membantu Anda di masa depan, karena kemudahan yang kamu ciptakan sudah tinggal di depan mata.

Baca Juga:  4 Tips Jitu agar Klaim Asuransi Mobil Anda Gak Ditolak