Bengkel Mobil: Jenis dan Servis Lengkapnya

Jika memiliki mobil, kamu pasti perlu mendatangi bengkel mobil untuk memperbaiki kendaraanmu, entah karena ban kempes, mesin mati, dan sebagainya. Paling tidak, kamu pasti pernah melakukan perawatan di bengkel untuk menjaga performa mobil kesayanganmu.

Seiring berkembangnya dunia otomotif, muncul berbagai jenis bengkel mobil. Jika selama ini kamu hanya tahu bengkel mobil umum untuk memperbaiki atau merawat mobil, sekarang kamu bisa datang ke bengkel-bengkel khusus sesuai dengan jenis mobilmu.

Berbeda bengkel terkadang juga berbeda jenis servisnya. Maka dari itu, kamu juga perlu tahu jenis-jenis servis mobil yang perlu dilakukan. Simak beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis bengkel mobil dan jenis-jenis servis mobil berikut ini.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Jenis-Jenis Bengkel Mobil

loader

Bengkel Mobil

Jenis-Jenis Bengkel Mobil

Keterangan

Bengkel Mobil Spesialis

Bengkel mobil jenis ini biasanya hanya melayani jenis mobil tertentu sesuai dengan brand/merek mobil. Kamu bisa melakukan perawatan atau memperbaiki kerusakan mobil dengan teknisi yang lebih andal daripada bengkel mobil umum.

Selain itu, kamu bisa mendapat suku cadang mesin yang lebih orisinal untuk mobil. Jangan takut mendapat barang yang tidak asli.

Bengkel Mobil Balap atau Offroad

Jika memiliki mobil balap atau offroad, kamu bisa membawanya ke bengkel khusus mobil balap. Di Indonesia sendiri, keberadaan bengkel tersebut makin mudah ditemukan karena meningkatnya peminat mobil balap. Selain itu, mobil balap membutuhkan perawatan yang lebih khusus.

Salah satu contoh bengkel mobil balap di Jakarta adalah Garden Speed Motorsport di Cilandak. Bengkel ini disegani karena pengalamannya di dunia mobil balap. Bengkel ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan menyediakan pembelian komponen yang dibutuhkan mobil dan menjadi dealer resmi piggyback dastek unichip.

Bengkel Mobil Modifikasi

Beberapa orang punya hobi memodifikasi kendaraan pribadinya, termasuk mobil. Jika berminat, kamu bisa mengunjungi bengkel mobil modifikasi yang bisa mengubah tampilan mobilmu sesuai dengan keinginanmu.

Salah satu bengkel mobil modifikasi di Jakarta adalah Richz Auto Design (RAD) yang merupakan bengkel mobil modifikasi one stop. Kamu bisa melakukan modifikasi lengkap mulai dari custom headlamp, body repairs, hingga leather seat cover.

Jenis-Jenis Servis Mobil

Selain jenis bengkel mobil, ada juga jenis-jenis perawatan untuk mobil. Kamu harus paham betul perawatan yang tepat untuk mobilmu agar tidak mudah rusak dan mobil bisa digunakan dengan baik.

Jangan sampai mobil berhenti di tengah jalan karena lupa melakukan perawatan atau servis berkala. Nah, simak jenis-jenis servis bengkel atau pelayanannya berikut ini.

  1. Servis Berkala

    Servis berkala adalah servis rutin yang dilakukan sesuai jadwal tertentu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja mobil agar tetap prima. Biasanya, servis berkala dilakukan teknisi untuk mengecek bagian yang cepat aus atau kotor, seperti filter udara atau sistem injeksi.

    Ini dia beberapa servis rutin yang perlu dilakukan agar performa mobilmu tetap baik:

    Jenis Servis

    Penjelasan

    Ganti Oli

    Kamu harus rajin mengganti oli mesin saat mobil sudah menempuh jarak 5.000 km dan oli transmisi setiap mencapai jarak 10.000 - 20.000. 

    Oli merupakan bahan penting dalam mesin mobil. Maka, penggantian oli, baik oli mesin, oli transmisi, oli gardan, maupun oli rem, harus dilakukan secara berkala.

    Pengecekan Filter Udara

    Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang dimanfaatkan oleh mesin mobil. Pada musim hujan, filter udara perlu dicek lebih sering.

    Sebab, pada musim hujan, filter udara bisa cepat kotor sehingga kinerjanya tidak efisien. Mengecek dan membersihkan filter udara paling cocok dilakukan setiap mobil sudah mencapai 10.000 km.

    Cek Rem

    Sebelum melakukan perjalanan, baik perjalanan jauh maupun pendek yang melewati daerah yang curam, kamu harus melakukan pengecekan rem. Rem merupakan salah satu bagian mobil yang sangat penting. Karena itu, kamu harus melakukan pengecekan rem secara rutin, bahkan tanpa menunggu jadwal pengecekan berkala. Lakukanlah pengecekan rem sebelum berkendara.

    Cek Sistem Injeksi

    Saat memanasi mobil, kamu bisa merasakan apakah ada kerusakan dalam sistem injeksi. Apakah mesin sudah hidup dengan baik dalam keadaan panas atau dingin.

    Selain itu, apakah terdapat putaran mesin yang tidak stabil dan bahkan mengonsumsi bahan bakar yang boros. Bisa jadi, ada kerusakan dalam sistem injeksi.

    Overhaul

    Overhaul adalah servis berupa proses turun mesin, membongkar mesin yang bermasalah agar bisa dilakukan perbaikan. Servis overhaul dilakukan apabila mesin mengalami kerusakan yang cukup lama.

    Apabila mesin mobilmu menunjukkan ciri, mengeluarkan asap putih dari knalpot, suhu mesin meningkat, air radiator berkurang atau berminyak, dan kepala busi yang basah, maka kamu perlu melakukan servis overhaul.

  2. Servis Tune up

    Selain servis berkala, terdapat juga servis tune up yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan servis berkala. Akan tetapi, tune up dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 120.000 km dan membutuhkan penyetelan ulang semua komponen yang ada pada mobil untuk menjaga performa mobil tetap baik.

    Berikut komponen yang dilakukan saat melakukan servis tune up

    Jenis Servis

    Penjelasan

    Pengecekan Accu/aki

    Aki merupakan komponen pertama yang harus dicek apakah masih berfungsi atau tidak.

    Throttle Body dan Karburator

    Komponen karburator perlu dibersihkan untuk penyetelan ulang putaran mesin.

    Celah Busi

    Kamu harus tetap melakukan pengecekan celah busi meskipun celah busi sudah diatur dari pabrik karena kemungkinan perubahan celah tetap ada terutama apabila penggunaan mobil yang intens dan interaksi tekanan kompresi yang membuat celah berubah.

    Celah Katup

    Jika mobil sering digunakan, celah katupnya akan berubah dan memerlukan penyetelan agar performa mesin kembali membaik.

    Tegangan V Belt

    V belt juga harus dilakukan pengecekan kondisi dan tegangannya. Jika terlalu kendor, V belt harus segera disetel ulang.

Waktu Terbaik untuk Perawatan Mobil ke Bengkel Mobil

loader

Perawatan mobil di bengkel itu penting

Perawatan mobil perlu dilakukan untuk menjaga performa mobil dan keamanan berkendara. Kamu pasti bingung, kapan waktu yang tepat untuk servis ke bengkel mobil. Penghitungan perawatan mobil biasanya menggunakan bulan atau jarak yang ditempuh oleh mobil.

Pada umumnya, servis berkala perlu dilakukan saat mobil mencapai jarak 10.000 km, 30.000 km, 50.000 km, dan 70.000 km untuk melakukan cek kondisi oli mesin, ban, dan mesin. Pada jarak 20.000 km, 60.000 km, dan 100.000 km juga dilakukan pemeriksaan sistem bahan bakar dan sistem kemudi.

Mobil yang menempuh jarak 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km akan dicek bagian busi, minyak rem, filter udara, dan kompresor. Apabila sudah menempuh jarak 120.000 km, kamu bisa melakukan servis tune up.

Penghitungan waktu servis juga bisa dilakukan berdasarkan bulan. Sebab, jarak yang ditempuh mobil di perkotaan cenderung berbeda. Terlebih dalam kondisi macet, kilometer tidak berubah, tetapi mesin dan oli tetap hidup dan bekerja.

Karena itu, penghitungan waktu terbaik untuk melakukan perawatan rutin adalah berdasarkan waktu, bukan jarak tempuh. Kamu bisa melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali.

Cara Pilih Bengkel Mobil yang Tepat

Memilih bengkel yang tepat merupakan hal yang penting. Bengkel yang kompeten dan terpercaya akan memberikan rasa tenang bagi pemilik kendaraan. Bila kamu ingin memilih bengkel mobil yang tepat, ikuti tips ini!

  • Jangan malas cari info mengenai bengkel.
  • Bengkel mobil memiliki akses yang mudah dari tempat tinggal.
  • Cari memiliki reputasi dan review yang bagus di Internet.
  • Pastikan bengkel memiliki pelayanan yang baik.
  • Ketersediaan spare part mobil. 

Lakukan Servis Kendaraan di Bengkel Mobil Terdekat

Simpan informasi ini untuk membantu kamu apabila membutuhkan informasi mengenai bengkel mobil. Perlu diingat untuk sering melakukan perawatan mobil ke bengkel mobil agar performa mobil kesayangan tetap terjaga, berkendara juga lebih nyaman dan aman.