Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 9 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Siapapun pasti ingin mengenyam pendidikan ke jenjang tertinggi di universitas terbaik. Pasalnya, ada kebanggaan sendiri ketika kamu berhasil menjadi salah satu alumni di universitas terbaik. Terlebih lagi kalau kamu lulus dengan predikat cumlaude, maka ini bisa dijadikan sebagai nilai tambah saat melamar kerja.

Tak heran kalau banyak orang yang bela-belain sekolah di luar negeri untuk memperkaya ilmu yang dimilikinya. Apakah kamu ingin juga? 

Jika di tahun baru ini kamu ingin kuliah di luar negeri dan masih bingung memilih negara tujuan, berikut deretan negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang bisa menjadi tujuanmu nanti.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

9 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

loader

1. Inggris

Inggris menjadi salah satu tempat kuliah favorit bagi anak-anak yang ingin belajar. Tidak hanya teori, mahasiswa juga akan diajak untuk terjun langsung mempraktekkan ilmu yang didapat di kelas, sehingga pengaplikasiannya menjadi lebih sempurna.

University of Oxford menjadi salah satu yang paling fenomenal. Adapun serangkaian tes yang harus diikuti untuk masuk ke universitas ini adalah seleksi dokumen, tes tertulis, written work, dan tes wawancara. 

2. Amerika Serikat

Selanjutnya adalah Negeri Paman Sam, yaitu Amerika Serikat. Negara ini bisa dikatakan memiliki sejumlah universitas terbaik. Ada Stanford University, University of Cambridge, University of California, Vanderbilt University, hingga Columbia University.

Di Amerika Serikat pun, pembelajarannya tidak melulu teori, tapi juga praktek. Dengan demikian, lulusan di setiap universitas memiliki bekal saat memasuki dunia kerja nanti.

3. Jerman

Selain memiliki sistem pendidikan terbaik, Jerman juga memiliki beberapa universitas terbaik, khususnya untuk kamu yang ingin mendalami ilmu sains dan teknik. Sebut saja Ludwig Maximilian University of Munich untuk sains, dan  Technical University of Munich untuk ilmu teknik dan sistem informasi.

Kuliah di Jerman tidak akan membuatmu menyesal. Dengan segala kecanggihan yang ada disini, kamu bisa bebas mengakses informasi apapun untuk kebutuhan perkuliahan. 

Baca Juga: 7 Tips Sukses Raih Beasiswa di Universitas Luar/Dalam Negeri

4. Belanda

Negeri Kincir Angin juga bisa menjadi pelabuhan untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri. Di negara ini, setidaknya ada 4 jurusan yang paling diminati yaitu hukum, teknik, pertanian, bisnis dan manajemen.

Adapun universitas yang bisa dipertimbangkan, seperti Erasmus University Rotterdam, Leiden University, dan Utrecht University. Terdapat kelas internasional, kok, jadi kamu yang tidak bisa berbahasa Belanda bisa bernapas lega, ya!

5. Singapura

loader

Singapura merupakan salah satu negara maju yang ada di Asia Tenggara. Tak heran kalau sistem pendidikannya bagus dan layak dijadikan sebagai tempat untuk lanjut kuliah. 

Negara ini cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang bisnis, manajemen, dan keuangan. Adapun universitas terbaiknya, seperti National University of Singapore dan Singapore Management University.

6. Norwegia

Balik lagi ke Eropa, kali ini ada Norwegia. Sistem pendidikan di sini cukup baik karena pemerintah memberikan pendidikan gratis bagi warga negaranya dan mahasiswa internasional. Jadi, yang ingin masuk jalur beasiswa bisa melirik negara yang satu ini.

Beberapa universitas populer, seperti University of Oslo, Norwegian University of Science and Technology, dan Norwegian University of Life Sciences. Program studi yang diminati pada ketiga universitas ini adalah sains, teknologi, dan hukum.

Baca Juga: 7 Persiapan untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

7. Finlandia

Masih di negara Skandinavia, dan sekarang adalah Finlandia. Salah satu negara yang tidak hanya menggratiskan biaya pendidikan, tapi juga menawarkan suasana belajar yang kondusif, tenang, dan santai. 

Dua jurusan yang paling diminati disini adalah sains dan matematika. Sedangkan universitas terbaiknya, kamu bisa melirik University of Helsinki, Tampere University, Aalto University, dan University of Turku.

8. Prancis

Jika dibandingkan dengan Amerika dan Inggris, biaya kuliah di Prancis masuk dalam range harga yang murah. Biaya pendidikan mahasiswa internasional untuk gelar Sarjana sekitar 2.770 Euro, Master sebesar 3.770 Euro, dan Doktor 380 Euro per tahun. 

Kamu bisa melirik University of Grenoble dan University of Bordeaux untuk mendalami bidang sains. Untuk memudahkanmu belajar dan hidup di Prancis, sebaiknya kuasai bahasanya dengan baik, ya!

9. Australia

loader
Australia

Negara boleh kecil, tapi tingkat kemakmuran dan sistem pendidikan di Australia bisa diacungi jempol. Tak heran kalau Negara Kangguru ini banyak diminati oleh mahasiswa internasional, khususnya yang ingin mempelajari ilmu akuntansi, engineering, sains, dan arsitektur.

Ada University of Melbourne, University of Sydney, dan Monash University yang bisa dijadikan pilihan. Mau kuliah dimana? Sebaiknya tanyakan pada hatimu sendiri, ya!

Sesuaikan dengan Jurusan yang Dipilih

Mau kuliah di Eropa, Amerika, Australia, atau negara lainnya, yang pasti pilihlah universitas yang menawarkan program studi sesuai keinginanmu. Jika sudah menemukan negara dan universitas tujuan, persiapkan diri dengan matang mulai dari dokumen yang diperlukan hingga belajar giat untuk mengikuti berbagai macam tes penyeleksian. Jika perlu, pantau terus beragam beasiswa dari pemerintah agar bisa kuliah di luar negeri secara gratis.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri