Mau Liburan Akhir Tahun? Ini Tips Jitu Cegah Komplotan Maling Masuk Rumah

Maling
Maling

Rumah menjadi tempat di mana Anda dan keluarga menghabiskan banyak waktu sepanjang hari. Ya, rumahku adalah istanaku.

Bukan hanya kebahagiaan yang harus dijaga di rumah, tetapi juga harta benda yang ada di dalamnya. Seperti perabotan elektronik, uang tunai, emas, dan barang berharga lainnya.

Harus dipastikan keamanannya. Tak heran banyak orang kaya sampai rela membayar tenaga security untuk menjaga keamanan rumah. Selain itu, memasang CCTV.

Apalagi kalau Anda dan keluarga sedang bepergian ke luar kota. Tidak ada penghuni, sehingga rawan disatroni maling.

Biar rumah gak dibobol maling, lakukan cara jitu berikut ini:

Baca Juga: Ngeri Penipuan Online Berkedok Unggah Foto Selfie dan KTP, Kenali 7 Cirinya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

  • Pasang teralis pada pintu dan jendela rumah

Pintu dan jendela jadi salah satu jalan utama maling untuk masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memasang teralis pada pintu dan jendela untuk mencegah kejahatan.

Pasang teralis dari besi, sehingga tidak mudah dijebol maling. Lebih aman jika Anda meninggalkan rumah.

Agar lebih susah, Anda dapat membuat pintu ganda yang terbuat dari besi di bagian dalam, supaya keamanan rumah lebih terjamin. Selain itu, jangan lupa untuk memasang lubang intip pada pintu.

  • Rajin bersosialisasi dengan tetangga

Anda hidup bertetangga, jadi rajin-rajinlah bergaul atau bersosialisasi dengan tetangga di lingkungan sekitar. Tetapi ingat ya, hindari bergosip.

Kalau Anda sering menyapa tetangga, bahkan baik hati dengan sering berbagi makanan, tetangga Anda pun akan dengan senang hati menjaga rumah Anda secara tidak langsung bila Anda tinggal pergi.

Begitupun sebaliknya. Dengan demikian, tercipta keharmonisan dan kerukunan antar tetangga. Ujung-ujungnya, lingkungan rumah menjadi aman, tenang, dan nyaman.

  • Gunakan gembok dan kunci berkualitas

Jika memiliki pagar, pastikan Anda memasang gembok yang kokoh. Hal yang sama juga perlu diterapkan pada setiap pintu di rumah Anda, terutama pintu depan dan pintu belakang.

Pasanglah kunci yang berkualitas baik dan tidak mudah dibobol. Sehingga maling tidak bisa masuk ke rumah Anda.

  • Tak ada salahnya pelihara anjing penjaga

Bagi yang menyukai hewan, Anda bisa memelihara satu atau dua ekor anjing penjaga di rumah Anda. Gunanya tidak hanya membantu menjaga keamanan rumah, tetapi juga menjadi hewan peliharaan keluarga.

Jika Anda tidak dapat melatihnya, bawa anjing tersebut ke tempat pelatihan khusus agar hewan tersebut benar-benar bisa mengerti dan tahu bagaimana caranya menjaga rumah.

  • Jangan perlihatkan bagian dalam rumah

Hindari memperlihatkan bagian dalam rumah Anda kepada orang lain. Sebab hal ini berisiko mengundang pelaku kejahatan datang ke rumah.

Gunakan tirai tipis atau kaca berwarna gelap pada jendela Anda, sehingga bagian dalam rumah tidak terlihat orang lain, apalagi yang lalu lalang.Tetapi Anda bisa melihat kondisi luar meskipun dari dalam rumah.

Baca Juga: Waspadai 6 Modus Penipuan Minta Data Transaksi dan Info Pembayaran Kartu Kredit

  • Pasang alarm di rumah

Untuk mengetahui keberadaan tamu tak diundang di rumah, Anda bisa memasang alarm. Pilihlah perangkat alarm yang menggunakan sistem terbaik, sehingga membantu menjaga keamanan rumah.

  • Beri lampu tambahan di titik rawan

Selain menerangi rumah dan area halaman dengan baik, pastikan Anda juga menggunakan lampu tambahan pada titik-titik yang terbilang rawan menjadi gerbang kedatangan maling.

Pasanglah lampu ekstra pada bagian pintu depan dan belakang, area gerbang masuk/taman, dan titik lainnya yang Anda anggap rawan.

  • Tempatkan tanaman penghalang

Anda bisa meletakkan beberapa pot tanaman di bawah jendela, sehingga menghalangi kedatangan pencuri yang berniat memasuki rumah melalui titik tersebut.

Setidaknya Anda bisa mendengar suara pot yang bergeser atau bahkan terinjak, jika sewaktu-waktu ada maling yang mendekati jendela Anda.

  • Selalu kosongkan kotak surat

Kotak surat yang berisi atau bahkan penuh, akan menandakan bahwa pemilik rumah tidak ada di tempat.

Hal ini bisa menjadi bencana, terutama jika ternyata Anda memang benar-benar tidak ada di rumah, maling akan leluasa menggasak rumah Anda.

Pastikan Anda selalu mengosongkan kotak surat dan tidak membiarkannya menumpuk di sana. Jika sedang bepergian, mintalah bantuan pada tetangga untuk mengambil dan menyimpan surat-surat tersebut hingga Anda pulang.

  • Buatlah rumah selalu tambah ‘ramai’

Rumah yang sepi akan menjadi incaran maling, bahkan ketika Anda berada di dalamnya. Buatlah suasana rumah Anda seolah-olah ramai, yakni dengan cara menyalakan lampu ruang tengah dan ruang depan/tamu. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kondisi rumah sedang kosong.

Lindungi Harta Benda dengan Asuransi

Untuk melindungi harta benda di rumah dari risiko pencurian atau pembobolan, Anda dapat mengajukan asuransi harta benda. Jadi sewaktu-waktu, harta benda Anda digondol perampok, perusahaan asuransi akan memberi ganti rugi.

Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank dan Tips Menghindarinya