Mau Memulai Investasi Saham Bagi Pemula? Pertimbangkan 3 Hal Ini, Yuk!

Investasi saham masih menjadi sesuatu yang kurang familiar untuk kebanyakan orang. Sebagian orang beranggapan jika investasi yang satu ini begitu rumit dan akan sulit untuk dipahami. 

Selain itu, jumlah modal yang tidak begitu besar juga kerap membuat banyak orang enggan mengakses investasi saham untuk keuangan mereka, meskipun potensi keuntungannya besar.

Jika selama ini, belum pernah memulai investasi saham di dalam keuangan, maka sudah saatnya kamu mencoba. Tidak selalu butuh modal besar, pada dasarnya investasi saham juga terbilang ramah untuk pemula, termasuk yang memiliki modal awal terbatas. 

Pelajari berbagai hal terkait investasi saham terlebih dahulu, agar kamu bisa memulainya dengan bekal pengetahuan memadai. Ini investasi yang menguntungkan dan sangat layak untuk dilakukan dalam keuangan.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan mengapa kamu harus mulai mencoba investasi saham dalam keuangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bisa Membantumu Mencapai Kemapanan Finansial 

loader
Kemapanan Finansial

Kemapanan finansial tentu menjadi tujuan setiap orang, termasuk kamu juga. Bukan hanya melalui pekerjaan yang dilakukan, kondisi ini juga bisa dicapai dengan bantuan investasi yang dimiliki. 

Investasi saham akan memungkinkanmu mencapai tujuan keuangan dengan lebih baik, termasuk level kemapanan yang diinginkan di masa depan. Jika dijalankan dengan tekun, investasi ini bisa saja memberikan keuntungan yang maksimal.

Potensi keuntungan dari aktivitas keuangan ini terbilang sangat besar, bahkan jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya di pasaran. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, apalagi jika kamu dapat mengelola investasi saham tersebut dengan tepat. 

Pengambilan keputusan di dalam investasi saham harus selalu dilakukan dengan mempertimbangkan resiko. Inilah salah satu alasan utama mengapa penting untuk mempelajarinya dengan baik sejak awal.

Kamu perlu menguasai berbagai istilah dan berbagai hal penting lainnya terkait investasi saham terlebih dahulu. Berbagai pengetahuan ini bisa diperoleh melalui beberapa sumber, seperti: info terbaru pasar saham yang dikeluarkan oleh BEI, panduan dan informasi saham terkini melalui perusahaan sekuritas, dan yang lainnya. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang valid melalui sumber yang dapat dipercaya. 

Baca Juga: Tips Memilih Saham yang Benar Biar Gak Tekor

2. Perhitungan Pajak yang Tidak Rumit 

Menghitung pajak kerap menjadi hal yang tidak mudah untuk sebagian orang. Namun saat kamu melakukan investasi saham, hal ini tidak perlu dipusingkan lagi. Transaksi yang dilakukan di pasar modal pada dasarnya sudah dikenakan pajak. 

Hal ini sudah menjadi tugas perusahaan sekuritas, di mana mereka akan langsung melakukan pemotongan pajak dalam setiap transaksi yang terjadi. Artinya, kamu selaku investor tidak perlu melakukan melakukan pembayaran sendiri pajak tersebut. 

Bagi yang sudah memiliki NPWP, kamu hanya perlu melakukan pelaporan pajak investasi tersebut di dalam SPT. Ini akan begitu praktis dan bisa menghemat waktu serta tenagamu. 

Namun meski begitu, akan sangat baik jika kamu memahami dasar perhitungan pajak yang diterapkan di dalam investasi saham ini secara detail. Hal ini penting, untuk menghindari kesalahan dan berbagai hal merugikan lainnya di masa yang akan datang. 

Di dalam prakteknya, investasi saham akan menerapkan 2 jenis pajak yang berbeda sekaligus, yakni: 

  • Pajak deviden: pajak ini diterapkan ketika investor menerima dividen dari perusahaan, yakni sebesar 10% dari nilai dividen yang diterima investor atas kepemilikan sahamnya di dalam perusahaan tersebut.
  • Pajak penjualan: pajak ini akan diterapkan ketika investor melakukan penjualan saham, yakni sebesar 0,1% dari nilai saham yang dijual. 

Baca Juga: 5 Jenis Saham yang Harus Diketahui Investor

3. Jaminan keamanan dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah

loader
Jaminan keamanan dari pemerintah

Resiko yang ada di dalam investasi saham memang terbilang besar, namun pemerintah juga berupaya untuk memberikan perlindungan. Hal ini dilakukan melalui regulasi yang jelas melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berupaya memberikan perlindungan bagi para investor yang ada di dalam industri pasar modal. Sikap pemerintah yang seperti ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi calon investor.

Ada banyak langkah yang sudah dilakukan OJK untuk mewujudkan komitmen di atas, antara lain: melakukan pemisahan antara rekening dana milik investor dengan rekening milik perusahaan sekuritas, melakukan pengaturan pada perusahaan sekuritas terkait perlindungan data diri nasabah, dan yang lainnya. Semua ini tentu memiliki tujuan yang jelas, yakni untuk melindungi investor dan juga dana yang mereka investasikan di pasar modal. 

Investasi Saham Memperkokoh Keuangan

Bagi kamu yang bermimpi memiliki kondisi keuangan yang mapan, maka segera mulai jalankan investasi saham di dalam keuangan. Instrumen ini bisa memberikan potensi keuntungan yang besar dan akan membantumu mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan. Mulai luangkan waktu untuk belajar tentang investasi saham, agar bisa segera menjalankannya dengan aman di dalam keuanganmu.

Baca Juga: Harga Saham Anjlok? Investor Tak Perlu Panik, Ini 6 Tips Hadapi Saham Turun