Mau Menutup Kartu Kredit? Perhatikan Hal Ini Dulu

Di saat mengajukan kartu kredit, terkadang kita tidak memikirkan tujuan dan juga manfaat yang akan kita dapatkan dari hal tersebut. Maka bisa dipastikan jika ke depannya penggunaan kartu kredit tersebut justru tidak maksimal, di mana pada akhirnya kita berpikir untuk melakukan penutupan terhadap kartu kredit itu. Proses penutupan kartu kredit, bagi sebagian orang, seringkali menjadi sebuah masalah dan juga merupakan hal yang merepotkan. Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa urusan menutup kartu kredit bisa lebih sulit jika dibandingkan dengan mendapatkan kartu kredit itu sebelumnya. Bagaimana bisa?

Baca Juga: Mengenal Kartu Kredit, Serta Hak dan Tanggung Jawab Pemiliknya

Alasan Menutup Kartu kredit

Alasan di Balik Keinginan Menutup Kartu Kredit

Alasan di Balik Keinginan Menutup Kartu Kredit via funcheaporfree.com

 

Ada banyak alasan orang melakukan penutupan pada kartu kredit yang dimilikinya, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

  • Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit
    Hal seperti ini bisa terjadi akibat terlalu mudahnya seseorang dalam mengajukan permohonan kartu kredit ke bank, di mana tindakan ini dilakukan tanpa pertimbangan yang matang. Akibatnya orang tersebut memiliki kartu kredit dalam jumlah yang banyak, yang sebenarnya tidak dibutuhkannya.

  • Mengalami Kesulitan Pembayaran
    Ketika seseorang mengalami kesulitan dalam mengelola dan menggunakan kartu kredit dengan baik, maka biasanya hal tersebut akan berakhir dengan sejumlah tunggakan utang. Langkah terbaik yang biasanya akan disarankan oleh pihak bank adalah dengan cara melakukan penutupan kartu kredit tersebut dan melakukan pelunasan pada sejumlah utang yang tertunggak di dalamnya.

  • Merasa Kecewa atau Tidak Mendapatkan Manfaat Maksimal
    Ini merupakan alasan yang terbilang cukup banyak dialami oleh sebagian orang, di mana mereka mengajukan permohonan kartu kredit dengan berbagai penawaran menarik dan fitur lainnya yang ditawarkan oleh pihak bank (biasanya marketing). Namun ketika kartu kredit tersebut disetujui dan diterima, ternyata kartu kredit tersebut tidak sesuai dengan beragam promosi yang telah ditawarkan sebelumnya. Bisa dipastikan jika nasabah tersebut akan kecewa dan bahkan banyak yang memilih untuk melakukan penutupan kartu kredit tersebut dengan segera.

Baca Juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mencicil Barang dengan Kartu Kredit

Tips Menutup Kartu Kredit dengan Aman

Penutupan Kartu Kredit

Penutupan Kartu Kredit via forbes.com

 

Menutup kartu kredit tentu harus dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak bank penerbit kartu. Hal-hal seperti ini tentu seringkali terasa sedikit merepotkan dan bahkan membuat kesal, terutama bagi yang melakukannya dengan alasan yang kurang menyenangkan. Ada banyak kasus di mana seseorang yang merasa telah menutup kartu kreditnya beberapa waktu sebelumnya, tiba-tiba dikejutkan oleh sejumlah tagihan yang datang menyambangi kantor/kediamannya. Hal seperti ini tentu sangat tidak menyenangkan dan bahkan bisa saja menimbulkan rasa marah, bukan? Penutupan kartu kredit sepatutnya dilakukan dengan hati-hati, agar tidak muncul berbagai masalah di kemudian hari. Ikuti langkah-langkah di bawah ini terkait dengan penutupan kartu kredit:

  • Pahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
    Sebagaimana proses pengajuannya, maka proses penutupan kartu kredit juga harus dilakukan dengan mengikuti berbagai aturan dan juga prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan bank penerbit kartu kredit. Hal ini penting dilakukan, agar kita tidak perlu melakukan penutupan secara berulang-ulang dan kerepotan dengan berbagai hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

    Pahami semua syarat dan juga prosedur yang wajib dipenuhi dalam penutupan kartu kredit, agar penutupan bisa berjalan dengan lancar. Pada umumnya bank memiliki standar masing-masing mengenai hal ini, beberapa bank mungkin menerapkan sistem penutupan dengan  cara menghubungi customer service (phone banking), namun ada sebagian bank yang mewajibkan penutupan dilakukan langsung di depan customer service di cabang bank terdekat.
  • Tutup di Waktu yang Tepat (Sebelum Iuran Tahunan Dikenakan)
    Lakukan penutupan kartu kredit di waktu yang tepat. Artinya jika kita belum memakainya dan berniat untuk melakukan penutupan, maka lakukan penutupan dengan segera dan hindari menggunakan kartu kredit tersebut. Atau jika kita telah pernah memakainya selama beberapa saat, maka pastikan penutupan dilakukan jauh-jauh hari sebelum iuran tahunan ditagihkan oleh pihak bank. Hal ini akan menghindarkan kita dari sejumlah iuran tahunan dan juga kesulitan melakukan penutupan kartu tersebut karena iuran tahunan sudah terlanjur ditagihkan.
  • Batalkan Semua Pembayaran Otomatis
    Jika selama ini kita melakukan pembayaran otomatis untuk berbagai tagihan melalui kartu kredit yang kita miliki, maka pastikan untuk melakukan pembatalan terhadap semua tagihan tersebut sebelum melakukan penutupan. Biasanya hal ini harus dilakukan sebulan sebelum melakukan penutupan kartu kredit, untuk memastikan bahwa tagihan tersebut benar-benar sudah tidak aktif di bulan berikutnya (pada saat penutupan dilakukan). Ini merupakan hal yang harus diperhatikan sejak awal, karena akan sangat merepotkan jika ternyata kita melakukan pembayaran ganda pada berbagai tagihan tersebut.
  • Lunasi Semua Cicilan
    Cicilan yang tersisa di dalam kartu kredit juga menjadi sebuah hal yang wajib untuk diperhatikan. Yang dimaksud dengan cicilan dalam hal ini adalah semua pembelanjaan yang dibayar dengan menggunakan kartu kredit dan pelunasannya dilakukan dalam bentuk cicilan bulanan (beberapa bulan). Pastikan untuk melakukan pelunasan terhadap berbagai cicilan yang kita miliki dalam kartu kredit sebelum melakukan penutupan. Sebagian orang justru melupakan hal ini, sehingga proses penutupan tidak bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

    Hitung dan bayarkan semua sisa cicilan di dalam kartu kredit. Lakukan pelunasan cicilan ini beberapa hari sebelum melakukan penutupan kartu kredit, terutama bagi kita yang membayar tagihan melalui bank yang berbeda, karena akan dibutuhkan beberapa hari hingga pembayaran tersebut bisa diterima oleh pihak bank.
  • Bayar Semua Tagihan dan Biaya
    Selain cicilan yang terdapat di dalam kartu kredit, maka sisa tagihan (pembelanjaan) yang kita lakukan pada bulan sebelumnya juga harus dibayarkan terlebih dahulu. Jangan meninggalkan sisa tagihan sekecil apapun, termasuk berbagai biaya di dalam tagihan tersebut.

    Selain berbagai biaya yang biasanya kita bayarkan setiap bulannya (biaya materai dan lainnya), kita juga perlu menanyakan besaran biaya penutupan kartu kredit tersebut yang dikenakan oleh pihak bank. Bayar semua tagihan dan biaya-biaya tersebut, agar penutupan kartu kredit bisa dilakukan dengan segera.
  • Gunakan Semua Poin Reward
    Poin reward merupakan hal yang seringkali terlupakan oleh kita pada saat melakukan penutupan kartu kredit. Hal ini tentu sangat merugikan, terutama bagi kita yang telah menggunakan kartu kredit tersebut dalam jangka waktu yang lama dan telah memiliki jumlah poin reward yang cukup banyak atas pemakaian tersebut.

    Gunakan semua poin reward yang kita miliki sebelum kita melakukan penutupan terhadap kartu kredit, kita bisa menukarkannya dengan berbagai barang-barang di katalog kartu kredit kita, atau kita juga bisa menukarkannya dengan voucher belanja yang kelak bisa kita gunakan berbagai barang yang kita butuhkan. Jangan biarkan poin reward terbuang dengan sia-sia, akan sangat baik jika kita menggunakannya jauh-jauh hari sebelum penutupan kartu kita lakukan.
  • Lakukan Penutupan dan Ketahui Tanggal Efektif Penutupan
    Setelah semua poin di atas kita lakukan, maka kita bisa melakukan penutupan kartu kredit tersebut dengan tenang. Artinya, kita tidak perlu merasa khawatir dan juga rugi ketika melakukan penutupan tersebut. Lakukan penutupan sesuai dengan ketentuan dan juga syarat yang telah ditetapkan oleh bank, hal ini untuk mencegah kita melakukan penutupan yang berbelit-belit dan memakan banyak waktu.

    Ketahui sejak awal semua ketentuan penutupan tersebut, terutama mengenai biaya penutupan kartu yang biasanya dikenakan oleh pihak bank dan pastikan kita membayarkan sejumlah biaya tersebut. Akan lebih baik jika penutupan dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor cabang bank penerbit kartu kredit, dan kita bisa menyelesaikan hal tersebut sekaligus. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka kita bisa melakukan penutupan kartu tersebut melalui sambungan telepon ke phone banking yang tersedia. Jika kita menggunakan opsi nomor dua, maka lakukan pengecekan kembali melalui sambungan telepon setelah 2-3 hari kerja setelah penutupan dilakukan, hal ini penting untuk memastikan bahwa penutupan kartu kredit tersebut telah efektif dan berhasil dilakukan.

Baca Juga: Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

Penuhi Persyaratan Penutupan

Sebagaimana saat kita mengajukan kartu kredit, maka berbagai persyaratan yang diminta oleh bank juga wajib kita penuhi pada saat melakukan penutupan kartu kredit tersebut. Penuhi semua persyaratan tersebut dan lakukan penutupan sesuai ketentuan yang berlaku, agar pekerjaan ini tidak menyulitkan dan merepotkan kita. Cek kembali dan pastikan kartu kredit tersebut telah ditutup sebagaimana mestinya, hal ini untuk mencegah berbagai masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. Menutup kartu kredit tidaklah sesulit yang dipikrkan oleh banyak orang, jika kita melakukannya sesuai dengan prosedur, maka hal tersebut tidak akan merepotkan.