Mau Uangmu Tetap Aman? Simpan dengan Cara Berikut!

Banyak orang memilih untuk menyimpan uangnya di bank dengan alasan lebih aman. Tidak hanya aman dari pencuri, tetapi juga aman dari ‘tangan nakal’ pemiliknya dalam menghabiskan uang. Sayangnya, menyimpan uang di bank tidaklah gratis. Ada biaya administrasi yang harus dibayar, dan biaya ini akan otomatis memotong saldo di dalam rekening tabungan.

Bagi seseorang yang tidak rela tabungannya dipotong setiap bulan, orang tersebut memilih untuk menyimpan uangnya di rumah. Apakah Anda termasuk dalam tipikal orang ini? Jika memang demikian, tidak perlu malu. Sebab menyimpan uang di rumah tidak kalah amannya dengan di bank.

Ada beberapa cara menyimpan uang yang bisa dilakukan agar uang tetap aman. Seperti apa? Yuk, simak di bawah ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Menyimpan Uang Agar Lebih Aman

loader

1. Simpan di dalam brankas

Brankas ada di posisi pertama. Tempat penyimpanan berbentuk kotak atau persegi ini dinilai cukup aman karena dilengkapi dengan kata sandi. Siapapun tidak bisa mengambil apa yang ada di dalamnya kalau tidak mengetahui kata sandi dari brankas.

Selain kata sandi, beberapa brankas juga dibuat dari material yang cukup sturdy atau kokoh sehingga brankas tidak mudah dihancurkan begitu saja. Jika ingin menyimpan semua harta benda di dalam brankas, sebaiknya pilih material yang kuat. 

Simpanlah brankas di tempat yang aman, seperti lemari, sehingga tidak mudah dilacak oleh orang-orang jahat yang ada di luar sana. Jaga pula keamanan sandi agar brankas tidak mudah dibobol.

2. Sela-sela Tumpukan Pakaian di Lemari

Hari gini masih ada yang menyimpan uang di sela-sela tumpukan pakaian? Tentu masih ada, ya! Meski cara ini terkesan kolot atau sangat tradisional, tetapi bisa dikatakan cukup aman untuk menyimpan beberapa lembar uang. 

Hal ini dikarenakan hanya sebagian orang yang aware atau kepikiran untuk melacak lemari pakaian seseorang saat mencuri. Meski terbilang aman, tetapi jumlah uang yang bisa disimpan di sela-sela pakaian sangatlah terbatas.

Apabila jumlahnya terlalu banyak, tumpukan kain akan terlihat berbeda dari tumpukan lainnya. Hal ini akan menimbulkan kecurigaan saat orang lain membuka lemari Anda.

3. Taruh di Bawah Tempat Tidur

Sama seperti cara nomor 2 di atas, cara ini juga termasuk kolot. Dan satu lagi, cara ini sedikit merepotkan karena Anda harus mengangkat-angkat tempat tidur saat ingin mengambil uang. So, cara ini tidak cocok bagi yang membutuhkan uang dalam waktu dekat ini. Tetapi jika benar-benar ingin menyimpan uang, cara ini sangat cocok dipraktekkan. 

Simpan di sisi tempat tidur yang paling aman. Usahakan agar tidak ada satu orang pun yang mengetahui tempat penyimpanan ini. Jika orang lain sampai tahu, uang Anda bisa lenyap dalam sekejap mata.

4. Simpan dalam Bentuk Emas

Menyimpan uang tunai sangat praktis, tetapi sangat berisiko terhadap laju perekonomian. Jika terjadi inflasi besar-besaran, maka nilai tukar uang akan semakin rendah. Untuk meminimalisir risiko ini, bisa membelanjakan sebagian besar uang untuk membeli emas.

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang kebal terhadap laju inflasi. Kalaupun terjadi inflasi, nilai jual emas justru akan semakin bertambah. Sehingga total keuntungan yang bisa didapat sangat besar ketika menjual emas-emas tersebut.

Tetapi, emas yang dijadikan investasikan sebaiknya berbentuk emas batangan bukan emas perhiasan. Ketika emas perhiasan dijual, Anda harus menanggung biaya pembuatan emas sebesar 15%-20% dari harga jual emasnya.

Baca Juga: Jadikan Pasanganmu sebagai Partner Mengatur Keuangan

 

Tips Mengamankan Uang yang Sudah Disimpan

loader

1. Hindari Pemakaian Mendadak

Pemakaian uang secara mendadak sering kali terjadi. Misalnya untuk biaya perobatan di rumah sakit akibat kecelakaan, penyakit tertentu, dan lain sebagainya. Tetapi, Anda bisa meminimalisir pemakaian dadakan seperti ini dengan cara menyediakan tabungan darurat.

Apabila kejadian tak terduga terjadi, setidaknya ada uang yang bisa digunakan untuk mengcover semua biaya. Ini artinya tidak perlu menggunakan tabungan pribadi untuk membiayai kejadian darurat itu. Alhasil, uang di dalam tabungan pribadi selalu utuh dan aman.

2. Abaikan Uang yang Disimpan

Anda tidak perlu mengingat-ingat tentang uang yang sudah disimpan. Hal ini dapat menimbulkan hasrat untuk menggunakan uang dengan tujuan hedonisme. Anggap saja kalau uang simpanan itu tidak ada, sehingga tidak mencari-cari alasan untuk bisa menggunakan uang itu.

Biarkan uang tersebut aman di tempatnya, sehingga jumlahnya bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Ketika uang sudah banyak, bisa menggunakannya untuk kebutuhan investasi jangka panjang demi kelangsungan hidup di masa mendatang.

3. Pertahankan Gaya Hidup Hemat

Seaman apapun uang disimpan tapi kalau Anda bersikap boros, uang yang sudah dikumpulkan akan habis secara perlahan. Sebab ada kecenderungan untuk mengambil uang tersebut dari tempat penyimpanan. Lalu memakainya untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

Mulailah bersikap hemat agar uang yang disimpan tidak cepat habis. Caranya dengan memangkas pengeluaran yang tidak penting, mengurangi kebiasaan belanja impulsif, dan membuat anggaran belanja sebagai pedoman dalam menggunakan uang.

4. Miliki Prinsip yang Kuat

Keinginan untuk hidup hemat akan sia-sia apabila tidak dibarengi dengan prinsip yang kuat. Prinsip disini mencakup niat dan komitmen untuk berhemat yang diwujudkan dalam tindakan nyata. Sehingga alokasi pendapatan selalu sesuai, tidak melampaui anggaran yang sudah ditetapkan. 

Prinsip harus berasal dari dalam diri sendiri, bukan karena pengaruh orang lain atau tekanan dari luar. Dengan adanya prinsip, maka uang tidak akan dipergunakan untuk hal-hal lain di luar kebutuhan. Tetapi lebih digunakan untuk hal-hal penting yang memiliki manfaat.

Baca Juga: Anda Butuh Uang Cepat? Enaknya Jual atau Gadai Emas Ya?

 

Sudahkah Menyimpan Uang dengan Aman?

Menyimpan uang itu tidak melulu harus di bank. Disimpan sendiri juga tak kalah efisien dan efektif kok asalkan tempat penyimpanannya aman. Di samping itu, tentu harus dibarengi dengan beberapa tips menyimpan uang juga agar uangnya lebih aman dan tidak digunakan seenaknya.

Jika selama ini mengalami kendala dalam hal menyimpan uang, coba lakukan beberapa cara dan tips yang sudah dijelaskan di atas. Lakukan dengan benar agar hasilnya semakin terlihat. Good luck, ya!

Baca Juga: Milenial, Simak Nasihat Para CEO Ini dalam Mengatur Uang