Melihat Sepak Terjang dan Pencapaian Karier Ardi Bakrie yang Inspiratif

Kehidupan profesional dan personal Ardi Bakrie selalu menjadi sorotan banyak orang. Tak hanya dikenal sebagai suami dari aktris tenar Nia Ramadhani. Ardi Bakrie ialah putra bungsu dari konglomerat dan politisi Aburizal Bakrie yang pernah menjabat sebagai menteri.

Anindra Ardiansyah Bakrie, demikian nama lengkapnya, terlahir di Lampung pada tanggal 22 April 1979. Ayah dari tiga anak ini kini menjabat sebagai Chief Executive Officer dari tvOne dan juga Ketua Umum KOBI (Komite Olahraga Beladiri Indonesia).

Tak hanya dikenal sebagai CEO stasiun TV swasta, Ardi juga memiliki kekayaan berlimpah dari sejumlah bisnis dan usahanya bersama Bakrie Group. Perusahaan yang menggurita tersebut mencakup berbagai bidang, seperti infrastruktur, telekomunikasi, pertambangan, properti, migas, media, dan lainnya.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

Berasal dari Keluarga Konglomerat

View this post on Instagram

A post shared by Ardi Bakrie (@ardibakrie)

Bungsu dari tiga bersaudara, Ardi lahir dari Ibunya yang bernama Tatty Murnitriati, dan Ayahnya, Aburizal Bakrie. Ia memiliki dua orang kakak, yakni Anindya Bakrie dan Anindhita Anestya Bakrie. 

Adapun sang ayah, Aburizal Bakrie, dikenal luas sebagai tokoh masyarakat, politikus, dan juga pengusaha. Namanya pun sering berada dalam daftar orang terkaya di Indonesia. 

Selain itu, ayahnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kabinet Indonesia Bersatu) dan Ketua Umum Partai Golkar. Dengan demikian, tak heran jika sepak terjangnya pun kerap menjadi konsumsi masyarakat luas. 

Ardi ialah generasi ketiga dari Bakrie Group, perusahaan konglomerat yang didirikan tahun 1942 oleh sang kakek, almarhum Ahmad Bakrie. Bakrie & Brothers yang diketahui menjadi pionir industri manufaktur pipa baja RI juga merupakan bagian dari Bakrie Group yang menggurita.

Menimba Ilmu di Negeri Paman Sam

Ardi sendiri telah menunaikan pendidikan tingginya di tahun 2001 dan 2005. Ia merupakan lulusan S1 Sains jurusan Keuangan dan Bisnis Internasional dari Universitas Georgetown di Washington DC, Amerika Serikat. 

Kemudian ia melanjutkan jenjang S2 jurusan Keuangan dari McCallum Graduate School Business, Universitas Bentley, Amerika Serikat. Pendidikan master telah berhasil diselesaikannya saat ia berumur 26 tahun.

Sarat akan Segudang Pencapaian

View this post on Instagram

A post shared by Ardi Bakrie (@ardibakrie)

Sejak kepulangannya dari menimba ilmu di luar negeri, Ardi telah melakoni kariernya secara multitasking dengan gemilang. Tak hanya berkontribusi dalam beberapa anak perusahaan Bakrie Group saja. Ia bahkan berani berinovasi dan mendirikan perusahaan baru.

Sejak tahun 2007 hingga 2017, Ardi ketahui menjabat sebagai Direktur Utama tvOne. Ia juga merangkap sebagai Presiden Direktur tvOne sejak 2007 sampai sekarang. Kecakapan Ardi pun makin diakui setelah dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Lativi Mediakarya di tahun 2008-2011. 

Belakangan, Ardi tak hanya menjabat sebagai Direktur dari PT Bakrie Global Ventura. Ia juga didapuk menjadi Komisioner PT Viva Media Baru untuk periode tahun 2008 hingga 2012. 

Di saat yang hampir bersamaan, ia menjabat sebagai Komisioner PT Asia Global Media per tahun 2009 hingga 2012. Dari tahun 2012 hingga 2017, ia dipercaya menduduki posisi Presiden Direktur PT Viva Media Baru. 

Sementara itu, Ardi menduduki posisi CEO dari Viva.co.id pada tahun 2011 hingga 2017. Saat itu ia sekaligus merangkap sebagai Presiden Direktur PT Lativi Mediakarya dan CEO dari tvOne.

Dan kini, masa keemasannya masih berlanjut. Ia masih menjabat sebagai Presiden Komisaris dari PT Viva Media Baru sejak tahun 2017 lalu. Ia pun menduduki kursi Wakil Direktur Utama dari PT Bakrie & Brothers Tbk sejak 2018 sampai sekarang.

Baca Juga: 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Mendirikan Organisasi Olahraga yang Baru

Memasuki tahun 2015, pria penyuka olahraga ini berhasil membuat sebuah terobosan. Ia mendirikan Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) yang resmi dideklarasikan pada Februari 2016. Sejak saat itu hingga kini, Ardi menjabat sebagai Ketua Umum KOBI.

KOBI telah menjadi wadah bagi petarung MMA (Mix Martial Arts) di Indonesia. Cabang olahraga beladiri yang campuran ini kemudian makin populer setelah ditayangkan oleh tvOne. Program acara tersebut bernama OnePride MMA.

Di tahun 2016, KOBI telah menjadi bagian dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Ketika itu, tercatat ada sekitar 800 fighter yang berasal dari 70 klub. 

Dari ratusan petarung yang ada, terdapat 1 petarung putri dan 7 petarung putra yang berhasil meraih gelar juara nasional. Adapun ketujuh puluh klub tersebut berada di 27 provinsi Nusantara.

Sementara itu, di tahun 2019, KOBI menjadi bagian dari International Mix Martial Art Federation (IMMAF) yang kerap menghelat kejuaraan kelas dunia. Sejak tahun 2020 lalu, KOBI dikabarkan bergabung dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI). 

Dengan begitu, bukan tak mungkin jika di kemudian hari Mix Martial Art di Indonesia dapat menjadi cabang baru di Olimpiade.

Kisah Cinta dengan Ramadhania

View this post on Instagram

A post shared by Ardi Bakrie (@ardibakrie)

Ardi Bakrie sempat dikabarkan dekat dengan beberapa wanita cantik, salah satunya ialah Manohara Odelia Pinot. Dengan model cantik blasteran Bugis-Amerika tersebut, ia sempat menjalin kasih kurang lebih setahun lamanya. Namun hubungan itu berakhir putus.

Hingga pada tanggal 1 April 2010, Ardi Bakrie melepas masa lajangnya dengan menikahi aktris cantik Nia Ramadhani. Setelah dinikahi Ardi, Prianti Nur Ramadhani alias Nia Ramadhani kemudian mengganti namanya menjadi Ramadhania Ardiansyah Bakrie. 

Selama sebelas tahun pernikahan Ardi dan Nia, rumah tangga keduanya jarang diterpa gosip miring dan tampak selalu harmonis. Dari pernikahan tersebut, Ardi mendapatkan tiga orang anak.

Ayah Kesayangan dari Tiga Anaknya

Anak pertama bernama Mikhayla Zalindra Bakrie yang lahir tanggal 2 Juni 2012. Sedangkan yang kedua ialah Mainaka Zanatti Bakrie dan lahir pada 17 November 2015. Sementara itu, anak bungsunya diberi nama Magika Zalardi Bakrie dan lahir tanggal 10 Mei 2017 lalu. 

Dekat dengan ketiga anaknya, Ardi selalu bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin. Pria yang gemar olahraga basket ini menjalankan perannya sebagai ayah dan suami dengan sebaik mungkin. Berbagai momen bahagia bersama keluarganya kerap dibagikan melalui akun Instagram @ardibakrie.

Terobosan dan Perubahan untuk Maju

View this post on Instagram

A post shared by Ardi Bakrie (@ardibakrie)

Sebagai pribadi, Ardi yang per tahun 2020 kekayaannya menembus angka Rp1,55 triliun ini tak hanya memiliki etos kerja yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang sederhana lagi rendah hati. Meski memiliki kekayaan yang tak akan habis untuk tujuh turunan, namun tak ada kata malas dalam kamus Ardi.

Tak hanya menjalankan perannya di bidang media saja. Di ranah properti, Ardi dikabarkan mempunyai belasan apartemen. Ia juga menjadi owner beberapa hotel bintang lima yang tersebar di Jakarta, Bali, hingga Lampung.

Selain dikenal sebagai pionir dengan terobosannya, Ardi berani melakukan perubahan branding dan sistem agar dapat berkembang dan bergerak maju. Contohnya seperti di awal kariernya sewaktu Lativi menjadi tvOne. 

Ardi berani mengubah strategi, branding, hingga konsep sajian acaranya, dari hiburan menjadi khusus olahraga dan berita. Berkat perubahan dan pembaruan yang dilakukannya, kini tvOne pun dikenal makin andal dan terdepan sebagai stasiun TV khusus berita.

Bersinarnya karier Ardi Bakrie dapat menjadi teladan positif dan inspiratif. Masyarakat bisa belajar bahwa sejumlah terobosan, perubahan dan pembaruan dapat membuka jalan baru untuk kesuksesan. 

Baca Juga: Ingin Jadi Orang Kaya? Ini Caranya