Menapaki Karier Seungri, Ex BigBang yang Tersandung 7 Kasus dan Hengkang dari Industri Hiburan

Seungri menjadi salah satu bintang yang berkarier di industri entertainment sebagai penyanyi dan pencipta lagu. Sangat berbakat sebagai dancer, pemilik nama asli Lee Seung Hyun ini dikenal publik sebagai mantan personil dari BigBang.

Punya segudang prestasi dan keterampilan, ia juga terbilang jago dalam berbisnis. Di samping itu, ia berprofesi sebagai produser rekaman, direktur kreatif, DJ, hingga aktor. 

Sejumlah prestasi dan penghargaan bergengsi telah ia raih di sepanjang kariernya yang cemerlang. Aktor yang pernah melakoni drama musikal berjudul Shouting ini berhasil mengantongi penghargaan SBS Entertainment Award untuk kategori Scene Stealer. 

Sayangnya, sang bintang kini tersandung oleh sejumlah skandal kriminal. Terjerat tuduhan kasus prostitusi dan narkoba, Seungri pun memutuskan hengkang dari dunia hiburan.

Baca Juga: Dari Skandal Hingga Prestasi yang Gemilang, Begini Lika-Liku Perjalanan Karir Park Bom Eks 2NE1

Pernah Ditolak dan Tereliminasi

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Penggemar K-Pop tentu mengenal sepak terjang BigBang selama ini. Bersama keempat member lainnya, Seungri telah meraih ketenaran dan sekian prestasi yang membanggakan. Boyband yang digawangi oleh G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri ini telah menelurkan karya-karya apik.

Di sepanjang kariernya yang lebih dari sepuluh tahun, mereka senantiasa menghibur masyarakat luas dengan performa yang luar biasa. Popularitas mereka pun terbukti bertahan meski mengalami pasang surut.

Namun siapa sangka jika dulunya ia pernah ditolak dan tereliminasi manajemen YG Entertainment. 

Ia pernah mengikuti reality show namun tereliminasi. Hingga ia kembali mengikuti sebuah survival show yang dicanangkan oleh YG Entertainment. Untuk menjadi member BigBang, Seungri kembali sempat tereliminasi lantaran kemampuan vokalnya dinilai masih kurang maksimal.

Namun dengan skill tari yang dimiliki, keberuntungan berpihak padanya. Menariknya lagi, kini ia berhasil menjadi personil kelima dari BigBang dan bahkan mengisi posisi vokal kedua hingga debut mereka dimulai pada September 2006.

Andal Ciptakan Koreografi Keren

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Sudah bukan rahasia lagi jika Seungri tak hanya good looking, tapi juga jago dance. Ia sanggup berkreasi dan menciptakan banyak koreografi keren. Inilah yang menjadi salah satu nilai utama seorang Seungri.

Meski begitu, kemahiran yang ia miliki tak serta merta didapatkannya begitu saja. Melalui perjalanan yang tak bisa dibilang singkat, Seungri mengawali kariernya dengan bekal kemampuan dance yang diasahnya sewaktu di Gwangju. 

Sebelumnya diketahui, Seungri merupakan salah satu pentolan group dance di Gwangju--yaitu Il Hwa. Mahir menciptakan berbagai koreografi keren, ia bahkan didapuk menjadi leader dari kelompok tari tersebut.

Di BigBang sendiri, skill-nya telah menjadi aset yang sangat bermanfaat. Terbukti, sejumlah koreografi yang dibuatnya sudah digunakan di sejumlah album yang diluncurkan BigBang.

Punya Banyak Nama Julukan

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Manajemen YG Entertainment sengaja memberikan stage name Seungri untuk memudahkan penggemar mengenali mereka. Pasalnya, nama asli Seungri (Lee Seung Hyun) memang mirip dengan nama lengkap T.O.P. (Choi Seung Hyun).

Sebelumnya, pihak manajemen sempat hendak menyebutnya dengan nama Player. Namun akhirnya dipilihlah nama Seungri untuk menjadi name stage resminya. Selain itu, ia juga punya beberapa nama julukan lainnya, salah satunya yaitu Victory yang artinya “kemenangan”. 

Pria yang lahir pada 12 Desember 1990 ini merupakan personil paling muda di BigBang. Itulah sebabnya ia juga kerap disapa dengan sebutan Maknae. Belum cukup, Seungri juga kerap disapa dengan nama Cute Panda hingga Bbenjilee saat masih remaja dahulu. 

Bintang Besar yang Bersinar

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Bersama BigBang, Seungri telah berhasil meraih puncak kesuksesannya. Lagu Lies yang mereka bawakan menjadi Song of The Year dan diapresiasi MAMA (Mnet Asian Music Awards) pada tahun 2008.

Berlanjut di tahun 2009, pria yang ternyata mahir berakting ini telah berhasil tampil di sebuah drama musikal berjudul Sonagi. Naik daun, ia lantas didapuk untuk menjadi presenter dari MBC Show! Music Core.

Ia juga menjadi bintang besar yang kian bersinar. Sejumlah film juga telah dibintangi, salah satunya yaitu Why Did You Come to My House? di tahun 2009. 

Di tahun itu, ia juga melakoni drama musikal Shouting. Tak hanya itu saja, ia juga ikut bermain dalam film 19-Nineteen bersama member lainnya dari BigBang, T.O.P.

Baca Juga: Ini Dia 10 Idol Terkaya di Korea Tahun Ini, Siapa Biasmu?

Sukses Bersolo Karier

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Sewaktu beberapa member dari BigBang harus menyelesaikan wajib militernya, Seungri memilih untuk tetap produktif berkarya dan aktif di dunia musik. Di waktu yang bersamaan, G-Dragon, Daesung, T.O.P, dan Taeyang vakum sejenak dan mengikuti wamil. Sementara itu, Seungri lantas mengoptimalkan momen tersebut untuk bersolo karier.

Ia berhasil meluncurkan album solonya yang bertajuk The Great Seungri. Dua lagu yang dijagokannya ialah 1! 2! 3! serta Where R U From

Tak hanya itu saja, single yang berjudul Strong Baby dirilis dengan image baru Seungri. Tampilannya pun menjadi semakin mantap dan dewasa. 

Strong Baby belakangan meraih triple crown dalam program musik Inkigayo yang tayang di SBS. Ketenarannya pun kian memuncak. Namanya semakin diperhitungkan tak hanya sebagai idol dan presenter, tapi juga sebagai aktor. 

Punya Segudang Prestasi dan Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by @seungriseyo on

Secara individu, Seungri tak hanya berhasil meraih puncak ketenaran tapi juga mendulang segudang prestasi. Ia meraih Popularity Award tak hanya dari The Musical Award. Seungri dianugerahi Hallyu Star Award dari Korea China International Film Festival. Adapun dari SBS Entertainment Award, ia juga berhasil mengantongi Scene Stealer Award.

Seungri juga terbilang bertangan dingin sebagai pengusaha. Sejumlah bisnis yang dimilikinya antara lain yaitu bisnis akademi tari yang bernama Seungri Academy. Di ranah kuliner, ia mempunyai bisnis restoran dan café yaitu Aori Ramen. Bisnis tersebut bahkan telah memiliki sejumlah cabang yang tersebar di Korea Selatan, Jepang hingga Malaysia.

Selain itu, ia juga mempunyai bisnis kosmetik hingga club malam. Dengan kemampuannya yang andal dalam berbisnis, Seungri bahkan dipercaya menjadi CEO dari sejumlah anak perusahaan YG Entertainment yaitu YGX serta YGX Academy yang bergerak di bidang dance academy.

Skandal Kriminal Serta Tujuh Tuduhan

Sayangnya, kisah sukses Seungri harus dicoreng dengan skandal kriminal yang menjeratnya. Ia dituduh terlibat kasus perjudian, pelecehan seksual, dan pertukaran mata uang asing secara ilegal.

Ia juga dituding telah menggunakan jasa dan menyediakan layanan prostitusi skala lokal maupun luar negeri. Selain itu, Seungri diduga terlibat dalam pelanggaran operasi bisnis serta menghindari pajak, melanggar UU Sanitasi Makanan, hingga penyalahgunaan narkoba. 

Alotnya proses hukum yang mendera Seungri membuatnya mengundurkan diri dari BigBang pada awal tahun lalu. Melalui surat pernyataan yang diunggahnya di media sosial, Seungri mengumumkan keputusannya untuk mundur dari dunia hiburan.

Belajar dari Kisah Seungri

Menurut berita yang diinformasikan Korea Herald di tahun 2016, BigBang ditaksir telah meraup total kekayaan sebesar 40 Miliar Won (sekitar Rp462 miliar/ 33 juta Dollar AS). Posisi member terkaya diduduki oleh G-Dragon yang menembus 15 miliar Won.

Untuk Seungri sendiri, kekayaannya diperkirakan mencapai Rp40,6 miliar (kurang lebih 2,9 juta Dollar AS/ 3,6 miliar Won). Angka tersebut diketahui belum termasuk dengan segala pendapatan Seungri dari berbagai usaha pribadinya.

Seungri telah dengan susah payah merintis karier hingga mencapai posisi puncak. Sayangnya, tak ada gading yang retak. Sebagaimana manusia tak sempurna lainnya, Seungri mengalami khilaf dan salah langkah. 

Terkait kasus yang tengah menimpanya tersebut, sang bintang telah menyampaikan penyesalan dan permintaan maafnya kepada publik. Sebagai gantinya, ia pun harus rela hengkang dari band dan industri yang telah membesarkan namanya. Belum lagi dengan konsekuensi lainnya yakni hukuman bui yang akan jatuh kepadanya. 

Semua orang tentu ingin sukses besar dan hidup sejahtera. Namun yang utama, raihlah kesuksesan dan keselamatan itu di jalan yang lurus dan benar. Niscaya sebagai konsekuensinya, berkat dan keselamatanlah yang akan didapat.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jennie Blackpink, Si Cantik Multitalenta yang Dijuluki YG Princess