Menelusuri Jejak Karier Ranty Maria, Bintang Sinetron Putri untuk Pangeran

Ranty Maria Aprily Lee Kariso, atau lebih dikenal sebagai Ranty Maria ialah aktris dan model cantik yang juga bergelut di bisnis kecantikan. Sejak tahun 2006, Ranty telah berkecimpung di dunia entertainment dan mengembangkan kariernya dengan pesat.

Di usianya yang masih muda, ia telah berhasil meraih ketenaran dan kekayaan materi. Bintang sinetron Putri untuk Pangeran ini juga telah melakoni berbagai film layar lebar, TV movie, hingga web series. Salah satunya seperti Love Is Cinta (2007), Perempuan Punya Cerita (2008), dan 4 Mantan (2020).

Berkat kepiawaiannya berakting, wanita berdarah blasteran Korea-Manado ini tak hanya berhasil menggapai puncak popularitasnya. Ia juga telah memenangkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2019 dan 2020 lalu, Ranty telah dianugerahi predikat Aktris Tersilet dari ajang Silet Awards selama dua tahun berturut-turut.

Baca Juga: Kisah Sukses Febby Rastanty, Aktris Cantik yang Pernah Ditolak Casting dan Jadi Cameo

Ranty Maria Kecil

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Ranty Maria lahir di Jakarta, pada 26 April 1999. Sejak kecil, ia telah memperlihatkan bakat akting yang istimewa. Putri kedua dari Joanita Kariso dan Lee Ki Young ini dulunya dikenal sebagai Luna dalam My Heart Series (SCTV).

Waktu itu, ia baru berusia delapan tahun dan mengembangkan bakatnya berakting. Ia berkesempatan bermain peran dengan sejumlah bintang lainnya di My Heart Series. Di antaranya yaitu Kevin Julio, Esa Sigit, dan Yuki Kato. 

Sepertinya bakat seni telah mendarah daging dalam keluarga besar Ranty. Terbukti, ia masih punya hubungan keluarga dengan Febby Rastanty, sepupunya yang berprofesi sebagai model, aktris, dan penyanyi di panggung hiburan Tanah Air.

Pendidikan Ranty Maria

Dalam salah satu vlog di YouTube, Ranty yang almamater SD Taruna Bangsa Sentul dan SMP Kusuma Bangsa ini sempat berbagi kisah terkait perjalanan kariernya. Demi kesuksesan kariernya, ia pernah mengorbankan urusan pendidikan. 

Sibuk syuting My Heart Series sempat membuatnya tinggal kelas. Lokasi syuting yang sangat jauh dan dilakukan berhari-hari menjadi alasannya. 

Sebagai akibatnya, ia pun memilih vakum sementara waktu dari panggung hiburan. Hiatus tersebut digunakannya untuk meraih prestasi akademis. Terbukti, ia tak hanya berhasil mencapai ranking pertama di kelas, tapi juga menjadi mewakili sekolahnya dalam kelas olimpiade. 

Belakangan, ia juga sempat meneruskan kuliah jurusan Hubungan Internasional di Korea Selatan. Namun belakangan, wanita yang hobi shopping, berenang, membaca, dan main basket ini memutuskan kembali ke Indonesia dan melanjutkan kariernya.

Membintangi Film Pendek dan Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Kilas balik ke tahun 2006, Ranty Maria pernah bermain dalam sebuah film pendek. Film yang digarap oleh Miles Films tersebut berjudul (Bukan) Kesempatan yang Terlewat. Kemudian di tahun 2007, ia bermain dalam film Love is Cinta yang disusul dengan Perempuan Punya Cerita: Cerita Jakarta (2008). 

Setelah itu, ia kembali membintangi 4 Mantan (2020) dan berperan sebagai tokoh bernama Sara. Masih di tahun 2020, Ranty Maria menjadi pengisi suara dalam Titus: Mystery of the Enigma.

Sinetron Ranty Maria

Selain menjajal film layar lebar, Ranty Maria juga terus mengasah bakat aktingnya lewat sinetron dan FTV. Di antaranya seperti sinetron Abadi untuk Selamanya (2005) dan Heart Series (2007).

Pada tahun 2007, ia juga berperan sebagai Mona dalam sinetron My Love dan menjadi Maria dalam Sentuh Hatiku. Memasuki 2008, Ranty kembali hadir dalam sinetron Elang sebagai Farah. Di tahun tersebut, ia juga dipercaya untuk bermain dalam Menanti Keajaiban Cinta.

Selain itu, mantan kekasih Ammar Zoni ini juga turut andil dalam sejumlah sinetron fenomenal yang menyita perhatian publik. Di antaranya ialah 7 Manusia Harimau (2014), 7 Manusia Harimau New Generation (2016), dan juga Anak Jalanan (2017).

Adapun di tahun 2017, ia juga berperan dengan apiknya sebagai Vika di sinetron Anak Langit. Kemudian di tahun 2019, ia kembali hadir menghibur pemirsa dalam sinetron Cahaya Terindah (sebagai Indah).

Beralih ke tahun 2020, Ranty pernah bermain dalam Tukang Ojek Pengkolan yang disukai banyak orang. Dalam sinetron favorit pemirsa tersebut, ia berperan sebagai Ririn.

Sementara dalam sinetron Fatih di Kampung Jawara 4 (2020), Ranty berakting sebagai Moza. Demikian juga dalam Putri untuk Pangeran, ia dipercaya memerankan Putri Aurora alias Aurelia Fransisca.

Menjajal Web Series

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Selain aktif bermain sinetron, Ranty Maria mengasah keterampilannya dalam berakting lewat serial web yang berjudul Emma’s Little Secret (2019) yang tayang di YouTube. Di tahun 2021 ini, ia kembali hadir dalam sebuah web series berjudul Taste of Friendship garapan Olatte dan ditayangkan di YouTube.

Baca Juga: Kisah Transformasi Ammar Zoni, Dari Anak Nakal Jadi Artis Terkenal

Raih Penghargaan dan Nominasi Bergengsi

Pada tahun 2017 lalu, Ranty telah menjadi nominator di sejumlah penghargaan bergengsi. Berkat aktingnya di sinetron Anak Langit, nama Ranty masuk nominasi Aktris Terfavorit dalam Indonesian Television Awards.

Di tahun itu, ia juga masuk nominasi Aktris Utama Paling Ngetop di SCTV Awards. Kemudian, namanya menjadi nominator Aktris Terfavorit di Panasonic Gobel Awards. Berakting sebagai Vika di Anak Langit juga membuatnya menjadi nominasi Aktris Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2018. 

Kemudian di tahun 2019, nama Ranty kembali masuk nominasi Aktris Terpuji di Festival Film Bandung. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan Aktris Tersilet dalam Ajang Silet Awards 2019. Bersama Kenny Austin dan Rayn Wijaya, Ranty lantas menyabet penghargaan Cinta Segitiga Tersilet dari ajang yang sama. 

Beralih ke tahun 2020, Ranty bersama Riza Syah dan Verrell Bramasta berhasil meraih Trio Terdahsyat dari Dahsyatnya Awards. Pencapaian ini Ranty dapatkan berkat aktingnya dalam sinetron Putri untuk Pangeran. 

Nama Ranty lantas kembali masuk nominasi dua kali berturut-turut untuk Digital Darling Female 2020 dan 2021. Bersama Verrell Bramasta, Ranty menjadi nominator dalam kategori Most Favorite Live Chat Plus Seleb dalam RCTI+Indonesian Digital Awards 2020. 

Masih di tahun 2020, ia juga masuk nominasi Aktris Sinetron Terpopuler di Indonesian Television Awards. Hingga ia pun berhasil memenangkan Aktris Tersilet dari Silet Awards 2020.

Memasuki 2021, ia kembali dinominasikan dalam RCTI+Indonesian Digital Awards 2021. Dengan Verrell Bramasta juga Riza Syah, Ranty masuk nominasi untuk kategori Most Favorite Live Chat Plus

Namanya juga menjadi nominator untuk Pemeran Utama Wanita dalam Drama Series Terfavorit di Indonesian Drama Series Awards 2021. Berdua dengan Verrell Bramasta, Ranty masuk nominasi Pasangan Drama Series Terfavorit di ajang yang sama. 

Jadi Co-Founder dan Brand Ambassador dari Sies Beauty

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Baru-baru ini, Ranty menggandeng Patricia Devina yang dikenal sebagai personel Princess dan model untuk berbisnis di bidang kecantikan. 

Ranty dan Patricia telah menjadi co-founder dan founder dari Sies Beauty. Sedangkan Ranty juga didapuk sebagai Brand Ambassador dari brand tersebut.

Sies Beauty sendiri merupakan brand yang mereka ciptakan untuk menawarkan produk body care yang dinamakan Bright Me Up. Tak hanya dapat mencerahkan kulit tubuh dengan instan. Body lotion dengan komposisi all in one ini juga mengandung UV Filter, niacinamide, allantoin, glutathione, serta Fine Fragrance Infusion yang menyegarkan.

Jika rutin digunakan, Bright Me Up dapat melembabkan, menyegarkan, mencerahkan kulit dengan instan, dan melindungi dari paparan sinar matahari. 

Berani Berkorban Demi Kesuksesan

Meski harus tinggal kelas demi membangun permulaan kariernya, namun Ranty telah berhasil mencapai sukses di usia muda. Seperti Ranty Maria, kamu juga bisa mencapai sukses di bidang apapun, asalkan berani berkorban dan mengerahkan usaha dengan fokus yang maksimal. 

Baca Juga: Bio One, Mantan Bintang Cilik yang Masih Eksis hingga Sekarang