Mengenal Jamie Chua, Janda Tajir Asal Singapura yang Kekayaannya Bikin Melongo

Dikenal sebagai sahabat penyanyi Maia Estianty, nama Jamie Chua sempat mendapat perhatian publik Indonesia karena kehidupan mewahnya. Sosialita, mantan istri konglomerat Nurdian Cuaca ini suka tampil dengan dandanan dan fesyen bermerek, mulai dari kepala sampai ujung kaki.

Usianya sudah menginjak 45 tahun, namun penampilan Jamie Chua masih kelihatan kinyis-kinyis seperti usia 20 tahunan. Bagaimana tidak? Kalau bahasa kids zaman now, horang (red: orang) kaya mah bebas, rutin perawatan tubuh, wajah sehingga masih terlihat kencang seperti remaja.

Maklum lah ya, wong setiap bulan Jamie Chua menerima tunjangan cerai dari mantan suaminya sebesar USD450 ribu. Kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini sekitar Rp14 ribu per USD, maka besarannya mencapai Rp6,3 miliar per bulan. Nilai yang fantastis kan. Dengan uang itu, tentu saja Ibu dua orang anak ini bisa membeli barang-barang bermerek untuk menunjang penampilannya.

Belum lagi dari gurita bisnisnya. Jamie Chua juga aktif di media sosial, khususnya Instagram dengan jumlah pengikut lebih dari 900 ribu followers. Di Singapura, ia memang dikenal sebagai Selebgram dan pengusaha sukses. Mau tahu lebih banyak seputar Jamie Chua? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Profil Wishnutama, Pendiri Net TV yang Bikin Pembukaan Asian Games 2018 Memukau

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pernah Bekerja Sebagai Pramugari

Jamie Chua yang lahir dan tumbuh besar di Negeri Singa ini pernah mengenyam pendidikan di Convent of the Holy Infant Jesus (CHIJ) Secondary School, Toa Payoh, Singapura. Memiliki paras cantik dan tinggi semampai, Jamie Chua bergabung dengan maskapai penerbangan pelat merah, Singapore Airlines sebagai Pramugari. Pekerjaan yang begitu banyak didambakan kaum hawa. Saat itulah, Jamie Chua bertemu dan jatuh hati dengan pria Indonesia, Nurdian Cuaca.

Tidak Langsung Hidup Serba Mewah 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jamie Chua 蔡欣颖 (@ec24m) pada

Via Instagram Jamie Chua

Melihat Jamie Chua yang hidup glamor sepertinya enak ya. Mau beli ini itu, tinggal tunjuk, bayar, selesai. Tapi itu kan sekarang, dulu lain cerita. Jamie Chua pertama kali mengenal Nurdian Cuaca ketika berusia 20 tahun, saat masih menjadi seorang pramugari. Merasa sudah saling cocok, mereka memutuskan menikah 2 tahun kemudian. Sang suami dulunya belum kaya raya, dan hanya seorang karyawan biasa.

Setelah menikah, Jamie Chua meninggalkan pekerjaannya dan membantu suaminya mengelola bisnis bersama. Keduanya bahkan memiliki bisnis sepatu yang bernama Cloud 9 Lifestyle. Lambat laun berjalan, bisnis sukses, Nurdian Cuaca dan istri meraup banyak pundi uang. Itu berkat keberanian Nurdian menjalani bisnis penuh risiko tinggi berskala internasional dan investasi di bidang properti.

Investasi propertinya bukan cuma di Indonesia, tapi juga di luar negeri, seperti Hong Kong. Seperti pepatah mengatakan, “di balik pria sukses, ada wanita hebat di belakangnya,” itu juga yang terjadi pada kehidupan Nurdian Cuaca dan Jamie Chua. Semua bisnis yang dikendalikan Nurdian mendapat dukungan penuh dari Jamie Chua. Hingga Nurdian Cuaca disebut-sebut pengusaha sukses dengan estimasi kekayaan mencapai puluhan juta dolar AS.

Bercerai dan Dapat Tunjangan Fantastis

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jamie Chua 蔡欣颖 (@ec24m) pada

Via Instagram Jamie Chua

Mereka melalui indahnya mahligai pernikahan selama belasan tahun. Dikaruniai sepasang anak laki-laki dan perempuan, yakni Cleveland Cuaca dan Calista Cuaca. Hidup bahagia, bergelimang harta sebagai miliarder. Kehidupan mereka juga dikeliling dengan fasilitas mewah, di antaranya 2 rumah mewah di Sentosa Cove dan Hong Kong, tunggangan atau kendaraan mewah. Agar tetap memiliki penampilan menarik, biaya perawatan kecantikan Jamie Chua menghabiskan USD14 ribu atau hampir Rp200 juta setiap bulan.

Kebahagiaan tersebut seakan sirna begitu saja, setelah tahun 2010, keduanya mengajukan gugatan cerai. Kabar perselingkuhan mewarnai perceraian mereka. Saat masa sidang cerai yang cukup panjang, Jamie membekukan aset Nurdian sebesar USD93 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Setelah resmi bercerai pada tahun 2011, Jamie Chua mendapat tunjangan cerai yang menjadi tuntutannya sebesar USD450 ribu atau sekitar Rp6,3 miliar per bulan.

Baca Juga: Mengenal Bob Hasan, Pengusaha Tajir yang Dijuluki Si Raja Hutan Indonesia

Memiliki Gurita Bisnis

Life must go on, hidup harus terus berjalan meski pahit dan berat. Hal ini pula yang dilakukan Jamie Chua. Meski ‘aman’ karena dijamin akan mendapat miliaran rupiah setiap bulan tanpa harus banting tulang, Jamie Chua tak mau mengandalkannya. Naluri bisnisnya tetap ada sehingga ia memutuskan untuk mulai membangun bisnis lagi. Apa saja?

1. Produk Kecantikan Luminous1

Jamie Chua sangat suka melakukan perawatan tubuh, wajah, atau kecantikan. Pengetahuan dan kecintaannya terhadap fesyen dan makeup, ia tuangkan dalam sebuah bisnis dengan membuat merek produk kecantikan Luminous1. Produknya ini menyasar masyarakat kelas menengah ke atas lantaran harganya cukup mahal. Untuk satu produk saja, dibanderol mulai dari Rp800 ribu sampai lebih dari Rp4 juta. Bisnis produk kecantikan yang dirilis tahun 2015 ini sukses mendulang keuntungan.

2. Mendirikan Closet Raider

Jamie Chua juga latah untuk mendirikan perusahaan rintisan (startup) online, Closet Raider. Merupakan platform jual beli online khusus barang-barang bekas mewah dengan harga miring. Jadi buat para sosialita yang punya barang-barang branded tidak terpakai lagi, bisa dijual di marketplace tersebut.

Bicara soal kloset atau lemari pakaian, Jamie Chua juga memiliki kloset dengan luas mencapai 65 meter persegi. Kalau melihat isinya, bikin melongo deh karena terdapat 200 koleksi tas Hermes. Selain itu, ada juga sepatu berkelas terpajang di kloset tersebut.

3. Brand Ambassador Klinik Kecantikan Ternama

Memiliki penampilan fisik sempurna, mulus, dan masih terlihat awet muda, membuat sebuah klinik kecantikan ternama di Singapura, Cambridge Therapeutics memilih Jamie Chua sebagai brand ambassador. Ia menjadi ikon klinik tersebut selama masa kontrak lebih dari 1,5 tahun.

4. Selebgram

Lewat akun Instagram @ec24m, Jamie Chua mengeksplor dirinya. Dengan jumlah pengikut lebih dari 900 ribu followers, sangat bagus untuk mempromosikan berbagai jenis produk fesyen, kecantikan, dan gaya hidup. Perusahaan atau brand yang meng-endorse Jamie Chua tentunya harus membayar mahal ya.

Jangan Pernah Puas

Pelajaran yang bisa kamu petik dari Jamie Chua, janda kaya ini adalah tak pernah berhenti belajar mencoba hal-hal baru, strong atau kuat, dan bekerja keras. Meski sudah banyak uang, namun semangat bisnis tetap menyala dalam dirinya. Jatuh bangun, baik dalam berkarier maupun kehidupan pribadi jangan pernah membuat putus asa. Maju terus, melakukan yang terbaik dan sesuai passion, maka kamu akan menjadi orang sukses.  

Baca Juga: Fakta Unik Bambang Hartono, Atlet Asian Games Tertua dan Terkaya Indonesia