Mengenal Mutia Ayu, Istri Glenn Fredly yang Serba Bisa dan Pernah Tinggal di Colombia

Mutia Ayu Wandani dikenal sebagai janda dari Glenn Fredly. Namun, wanita kelahiran 1995 yang berbakat dan serba bisa ini juga berkiprah di industri entertainment Tanah Air. Ia tak hanya menggeluti dunia akting, tapi juga tarik suara, modeling, seni tari, dan olahraga.

Berbagai hits yang dipopulerkannya terbilang sensasional. Di antaranya yaitu Juragan Empang, Dada Atau Paha, Konco Turu, Hujan Kemarin, serta Cinta Supir yang sukses menarik perhatian insan musik Indonesia. Salah satu lagunya, Dada Atau Paha, bahkan sempat mengundang kontroversi di kalangan masyarakat. 

Sebagai pelaku akting, Mutia Ayu tak hanya membintangi FTV dan sinetron tapi juga menjangkau hingga ke layar lebar. Di tahun 2017 lalu, ia melakoni film berjudul The Teacher. Pada tahun yang sama, ia juga terpilih menjadi finalis Miss Popular.

Menjajal Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Mutia diketahui terjun ke industri hiburan dengan menjajal dunia akting. Ia mengawali kariernya dengan melakoni sejumlah sinetron dan FTV di televisi. Salah satu film televisi yang dibintangi ialah Hidup Borju Hasil Menipu.

Selain itu, wanita yang piawai menarikan tari tradisional Sunda (Jaipong) dan Betawi ini telah bermain dalam film layar lebar The Teacher di tahun 2017 lalu. Dalam film tersebut, ia sukses memerankan tokoh seorang guru penyuluhan.

Salah Satu Finalis Miss Popular

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Di dunia pemotretan, nama Mutia Ayu pernah lolos menjadi salah satu finalis kontes Miss Popular. Keikutsertaannya dalam kontes tersebut diketahui dari video di platform YouTube bernama Popular Megazine Indonesia.

Wanita yang senang dance dan olahraga voli ini memang dikenal andal berpose di depan kamera. Sampai sekarang, akun media sosialnya di Instagram @mutia_ayuu pun sering dipenuhi dengan unggahan berbagai pose pemotretan yang dilakukannya. 

Baca Juga: Temani Kevin Aprilio Saat Memiliki Utang Hingga Rp17 Miliar, Inilah Sosok Cantik Vicy Melanie

Senang Kegiatan Fisik dan Olahraga

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Sebelum merambah tarik suara dan akting, Mutia telah menjadi atlet voli dan gemar berolahraga. Sedari remaja, Mutia yang dikenal energik ini sudah senang dengan ragam aktivitas fisik seperti olahraga dan tentunya menari. 

Tak hanya voli saja yang menjadi cabang olahraga favoritnya. Istri Glenn Fredly yang bertubuh sintal berbalut gaya busana sensual ini kerap mengisi waktu luangnya dengan renang, fitness hingga menari zumba. Kegiatan seputar dansa dan olahraga ini kerap dibagikannya di Instagram.

Berkecimpung di Musik Dangdut Modern

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Tak hanya eksis di bidang akting dan modeling, Mutia juga berkecimpung di belantika musik Nusantara. Karena kecintaannya pada dunia tari, ia memilih genre musik Dangdut modern. Wanita yang piawai memainkan gitar ini mengemas aransemen musiknya dengan komposisi Dangdut dan Pop yang porsinya cocok untuk mengiringi dansa. 

Adapun single pertama yang dirilisnya ialah Dada Atau Paha. Lagu yang diproduksi bersama Seven Star Record ini berhasil menarik perhatian publik. Selain lagu tersebut, wanita berkulit sawo matang nan eksotis ini juga mempopulerkan Juragan Empang, Konco Turu, Cinta Supir, dan lainnya.

Lagunya Menjadi Kontroversi

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Belakangan, lagu Dada Atau Paha menimbulkan kontroversi dan menjadi sensasi. Pasalnya, khalayak mengaitkan makna lirik lagu tersebut dengan anggapan yang negatif. Padahal menurut Mutia, lagu itu hanya mengisahkan tentang pilihan menu ayam goreng yang hendak disantap seorang wanita. 

Dalam salah satu interview dengan media massa, ia pernah mengutarakan harapannya terkait single tersebut. Wanita yang sempat mengenyam pendidikan strata-1 Management ini berharap agar musiknya tak hanya meramaikan industri musik Indonesia, tapi juga disukai dan mendapat tempat di hati masyarakat. 

Pernah Tinggal di Colombia

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Multi talenta dan punya banyak hobi, ternyata Mutia Ayu juga senang traveling. Melalui akun Instagram dan YouTube pribadinya, ia diketahui pernah menetap di salah satu negara wilayah Selatan Amerika, yaitu Colombia. 

Di sana, ia sempat tinggal untuk beberapa lama. Barulah di tahun 2015, Mutia yang kelahiran Ujung Genteng, Sukabumi ini bertolak ke Jakarta. Kepindahan tersebut dilakukannya guna merintis karier sebagai entertainer.

Senang jalan-jalan dan wisata kuliner, putri dari Lani dan Suyandi ini sudah pernah menapaki beberapa negara seperti Maldive, Australia, Chile, Cambodia, dan New Zealand. Pribadi dan karakternya yang ramah, low profile, dan tak pilih-pilih makanan membuatnya tak segan berwisata kuliner di kedai sederhana pinggir jalan.

Wanita kelahiran 4 April 1995 ini memang memiliki karakter yang ramah, baik, supel, energik, dan low profile. 

Baca Juga: Transformasi Si Cantik Anya Geraldine, Dari Selebgram Penuh Kontroversi Hingga Aktris Berprestasi

Pernikahan dengan Glenn Fredly

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Kisah asmara antara Mutia Ayu dan mendiang suaminya, Glenn Fredly, berlangsung tanpa tercium media massa dan publik. Pernikahan keduanya pun digelar tertutup dan dihadiri hanya oleh kerabat dan sahabat terdekat saja.

Menurut kabar yang beredar, demi cintanya kepada sang pujaan hati, Mutia Ayu rela berpindah agama. Hal ini lagi-lagi sempat menjadi sorotan publik dan menjadi sensasi pemberitaan. Namun kedua belah pihak memilih tak mengomentarinya.

Setelah menikah, Mutia memilih rehat sejenak dari industri entertainment. Lalu memasuki Februari 2020, putri kecil mereka pun lahir. Bayi mungil Mutia dan Glenn diberi nama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

Sayangnya, belum juga genap berusia dua bulan, Gewa harus menjadi anak yatim setelah sang ayah berpulang karena meningitis yang dideritanya. Masih berduka atas kepergian sang suami, Mutia Ayu berusaha tampak tegar dan tabah menghadapi kenyataan yang dihadapinya.

Meski masih tampak menunjukkan kesedihannya, ia memilih bangkit sekuat-kuatnya demi putri semata wayangnya yang masih kecil, Gewa.

Make-Up Lover yang Berbakat

View this post on Instagram

A post shared by Mutia Ayu (@mutia_ayuu) on

Mutia Ayu juga punya minat yang besar di dunia make-up artist. Melalui akun Instagram dan YouTube pribadinya, ia kerap membagikan hasil riasan wajahnya. Tak tanggung-tanggung, kebolehannya dalam riasan wajah bisa dibilang setara dengan hasil tangan dingin make-up artist profesional.

Dalam salah satu unggahannya, tampak Mutia berbagi video dan foto hasil riasan wajah bernuansa horror alias gore make-up. Sontak hasil karyanya tersebut banjir pujian para penggemar. Banyak netizen yang mengapresiasi skill rias wajah ala Mutia dan berpendapat dirinya patut menjadi beauty guru.

Meneruskan Bisnis Choco Beta

Kini, Mutia terlihat aktif meneruskan salah satu bisnis milik mendiang suaminya di media sosial. Seperti diketahui, semasa hidupnya, almarhum Glenn Fredly tak hanya punya karier cemerlang di jalur musik. Ia juga menggeluti sejumlah bisnis yang salah satunya bergerak di bidang food and beverage. 

Bisnis yang dinamai Choco Beta tersebut berfokus mengedepankan potensi kuliner lokal Nusantara berbahan dasar cokelat. Di samping itu, cokelat dikenal sebagai komoditi yang identik dengan kota kelahiran sang suami, yakni Ambon.

Tak hanya menyediakan beraneka produk makanan dan minuman dari olahan cokelat, Choco Beta juga menyajikan olahan kopi yang digemari banyak orang. 

Sejatinya, punya banyak keahlian dan kegemaran yang sekilas tampak tak berkaitan dapat memberi benefit yang beragam bagi seseorang. Wawasan jadi semakin luas. Ruang lingkup kehidupan pun akan jadi semakin kaya, penuh warna, dan sarat makna. Bahkan, berbagai peluang kesuksesan bisa jadi berada tersembunyi di baliknya. 

Seperti Mutia Ayu yang punya segudang hobi dan talenta, skill dan hobi berpotensi mengantarkan Anda pada kesuksesan personal, finansial, maupun profesional. Jadi, jangan kenal lelah dalam mengasah bakat dan menambah keterampilan Anda, ya!

Baca Juga: Ingin Hasil Make Up Natural? Berikut 7 Produk yang Wajib Dimiliki!