Mengenal Tabungan Anak dan Waktu yang Tepat untuk Membukanya

Menabung menjadi aktifitas positif yang harus dibiasakan sejak kecil. Pada umumnya aktifitas ini akan dimulai dengan memiliki tabungan atau celengan yang mudah diisi kapan saja. Selain membuat anak terbiasa menyisihkan sebagian uang jajan mereka, aktifitas ini juga akan membuat anak memiliki minat untuk mengatur uang mereka sendiri. 

Jika Anda sudah memiliki buah hati, maka aktfiitas menabung ini tentu patut menjadi kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini. 

Saat anak sudah mengisi penuh celengannya dengan sejumlah uang koin, maka membiasakannya menabung uang kerta sudah bisa Anda mulai, meskipun ini masih dilakukan dalam nominal yang mungkin tidak begitu besar. 

Lama kelamaan jumlah tabungan ini tentu akan semakin banyak, apalagi jika anak tidak pernah membelanjakan atau membuka celengannya. Jika jumlah tabungan ini sudah cukup banyak, maka membiasakan anak memiliki tabungan yang lebih resmi dalam bentuk rekening bank tentu bisa menjadi pertimbangan. 

Lalu, kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk membuka rekening bank untuk anak?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tabungan Bank yang Khusus Anak

tabungan khusus anak

Membiasakan anak untuk mengenal uang dan mengelolanya sejak awal memang perlu, sebab ini akan membuat mereka lebih familiar. Salah satu cara yang lazim dilakukan oleh para orangtua adalah dengan membuka tabungan bank bagi anak-anak mereka. 

Pada umumnya, sebagian sekolah sudah membiasakan anak-anak didik mereka untuk menabung, termasuk dengan memfasilitas program tabungan yang secara khusus dibuat bagi anak-anak tersebut di sekolah. Namun selain itu, Anda juga tentu bisa membuka sendiri rekening tabungan untuk anak di bank.

Saat ini, beberapa bank terbesar di tanah air sudah memiliki program tabungan untuk anak. Layanan ini akan memungkinkan anak memiliki rekening sendiri atas nama mereka di bank, di mana anak bisa menabungkan uang mereka dengan leluasa dan aman. Tabungan ini merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk membiasakan anak memiliki budaya menabung sejak dini. 

Selain itu, tabungan ini tentu akan membuat Anda sebagai orangtua menjadi lebih mudah untuk mengelola dan memisahkan sendiri uang anak, sehingga tidak tercampur aduk dengan dana lainnya di dalam keuangan. Ini akan memungkinkan dana/ uang anak tetap aman dan tidak terpakai untuk berbagai kebutuhan lainnya. 

Sebagai tabungan anak, produk yang satu ini tentu tidak akan sama dengan produk tabungan orang dewasa pada umumnya. Hal ini penting, mengingat usia anak tentu belum memungkinkan mereka melakukan berbagai transaksi keuangan sebagaimana layaknya orang dewasa. 

Setidaknya, ada beberapa hal yang membedakan rekening tabungan anak ini dengan rekening bank pada umumnya, antara lain:

  • Jumlah biaya administrasi tabungan anak pada umumnya jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan tabungan biasa.
  • Tabungan ini tidak dilengkapi dengan kartu ATM, sehingga anak tidak akan bisa melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM. 
  • Penarikan tunai hanya bisa dilakukan di teller saja dan biasanya dengan pendampingan orangtua/ wali. 
  • Tabungan anak juga tidak bisa digunakan untuk berbelanja dan kebutuhan pembayaran lainnya.

Baca Juga: Modal Receh Mulai Rp 5.000, Pelajar Bisa Punya Rekening Tabungan di Bank, Apa saja Banknya?

Keuntungan dan Waktu yang Tepat Memberikan Tabungan bagi Anak

Sebagai orangtua, Anda tentu akan sangat teliti jika ingin memberikan sesuatu kepada anak. Jika sudah berniat untuk memberikan anak Anda rekening tabungan sendiri, maka ini akan menjadi sebuah lompatan yang besar dalam “pendidikan keuangan” anak. Anak akan belajar banyak dan lebih memahami dengan baik bagaimana seharusnya mereka menyimpan uang mereka dengan lebih aman. 

Saat anak diberikan rekening tabungan sendiri, mereka tentu bisa mendapatkan hal tersebut sebagai sebuah tanggung jawab yang baru di dalam kehidupan mereka. 

Anak akan terbiasa disiplin dalam membelanjakan uang, bahkan mulai belajar untuk bisa lebih hemat. Semua ini akan memberikan dampak positif bagi anak, apalagi jika mengimbanginya dengan penjelasan yang tepat sejak awal. 

Selain anak, Anda juga tentu akan mendapatkan manfaat atas penggunaan tabungan anak tersebut. Anda bisa lebih mudah menyisihkan dana untuk kebutuhan anak, tanpa perlu khawatir dana tersebut akan terpakai untuk berbagai kebutuhan lainnya, jika digabungkan dengan tabungan. 

Waktu yang paling tepat untuk memberikan tabungan bagi anak adalah ketika sudah berniat untuk segera menyisihkan dana khusus untuk kebutuhan anak, baik itu untuk dana pendidikan atau yang lainnya.

Baca Juga: Catat, ini Perbedaan Menabung dan Investasi yang Perlu Diketahui 

Biasakan Anak Menabung dan Pilih Tabungan yang Tepat 

Membuka rekening tabungan sendiri bagi anak merupakan salah satu cara tepat untuk membiasakan anak menabung dan mengelola uang mereka sejak dini. Saat ini ada banyak produk tabungan khusus untuk anak yang bisa ditemukan dengan lebih mudah. Pilih tabungan yang paling tepat dan mulai biasakan anak menabung sejak sekarang juga.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya