Mengenal Ucapan Terima Kasih di Banyak Bahasa agar Relasi Antar Sesama Semakin Erat

Sebagai makhluk sosial, kehidupan setiap manusia tentu tidak dapat lepas dari campur tangan manusia lain. Jika seorang individu memaksakan diri untuk hidup menyendiri, bukan tidak mungkin hidupnya akan selalu dirundung masalah yang tak kunjung dapat diselesaikan. Oleh karena itu, manusia membutuhkan bantuan dari manusia lain agar dapat bertahan hidup.

Berbicara soal mendapatkan bantuan dari orang lain, luas diketahui dalam norma masyarakat masa kini untuk mengucapkan “terima kasih” saat ditolong oleh seseorang. Kalimat tersebut menjadi sebuah apresiasi kepada si penolong bahwa bantuan yang diberikan amat berarti bagi orang yang ditolong. 

Meski sederhana dan memiliki arti yang cukup bermakna, masih ada beberapa orang yang lupa atau bahkan merasa enggan untuk mengucapkan kalimat mujarab tersebut. Padahal, dua kata tersebut dapat memberikan banyak dampak positif, tak hanya bagi si penolong, namun juga yang ditolong. 

Nah, sebelum menyimak ucapan “terima kasih” yang digunakan dalam banyak bahasa di seluruh dunia, pahami pentingnya membiasakan diri mengucapkan kalimat tersebut sehari-hari. Dengan begitu, besar kemungkinan kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih harmonis.

Baca Juga: Daftar Film Animasi Terbaik Dunia yang Wajib Ditonton Bersama Keluarga

4 Alasan Mengapa Penting Mengucapkan Terima Kasih

loader

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, setiap manusia pasti membutuhkan bantuan dari manusia lain untuk dapat bertahan hidup. Nah, dalam menunjukkan apresiasi atas pertolongan yang telah diberikan, kalimat yang biasa dan harusnya selalu diucapkan adalah terima kasih.

Selain menunjukkan sikap apresiasi atas pertolongan atau bantuan yang telah diberikan seseorang, kalimat terima kasih juga memiliki beragam manfaat hebat lainnya, loh! Pastinya, dengan mengucapkan kalimat ajaib tersebut, relasi antar sesama akan tumbuh menjadi lebih baik. 

1. Membuat Hubungan Semakin Erat

Semakin eratnya hubungan antar relasi berkat ucapan terima kasih ini merupakan sebuah trik yang banyak digunakan oleh pebisnis kawakan di bidang apapun. Pasalnya, dalam kegiatan berbisnis, menjaga hubungan dengan relasi, baik dengan konsumen maupun partner bisnis, adalah kunci penting agar bisnis dapat berjalan lancar.

2. Memberikan Keuntungan dalam Berbagai Kegiatan Kerjasama

Ucapan ‘sepele’ tersebut juga terbukti ampuh untuk meningkatkan keuntungan berbisnis atau bentuk kerjasama lainnya karena menunjukkan sikap saling menghargai saat berinteraksi. Jadi, pastikan untuk membiasakan diri berucap terima kasih saat mendapat bantuan dari siapapun.

3. Menyebarkan Kebahagiaan

Mengucapkan kalimat terima kasih juga dapat memberikan kebahagiaan kepada orang yang sudah bersedia membantu. Tak dapat dipungkiri jika dewasa ini, kecenderungan seseorang untuk membantu orang yang sedang kesusahan sedikit berkurang dibandingkan dengan orang zaman dahulu.

Meski begitu, hal tersebut bukan berarti bahwa tidak ada orang yang mau membantu saat melihat orang lain mengalami masalah. Nah, agar budaya saling membantu tersebut tidak hilang, menyenangkan orang yang menolong dengan mengucap terima kasih adalah salah satu caranya.

4. Menumbuhkan Positive Vibes

Selaras dengan manfaat sebelumnya, mengucapkan terima kasih saat mendapat bantuan dari orang lain juga dapat menumbuhkan getaran positif atau positive vibes. Saat menolong seseorang, ada kalanya si penolong tersebut sedang melakukan suatu kegiatan yang mungkin kurang menyenangkan. 

Dengan mendapatkan ucapan ini saat telah membantu, orang tersebut tentu akan senang karena telah mendapatkan apresiasi. Contoh lain adalah saat ada karyawan yang telah melakukan pekerjaan dengan baik. 

Dengan mendapatkan ucapan terima kasih, besar kemungkinan kinerja positif karyawan tersebut akan senantiasa terjaga. Oleh karena itu, sekecil apapun usaha atau bantuan yang diberikan orang lain, usahakan untuk mengucapkan kata tersebut agar bisa memberikan positive vibes kepada orang lain.

Membiasakan diri mengucapkan terima kasih juga dapat menunjukkan diri sebagai pribadi yang ramah dan mudah bergaul. Kesan positif inilah yang nantinya mampu membuat seseorang gampang diterima dalam sebuah circle pertemanan ataupun bisnis manapun. Jadi, jangan remehkan ucapan terima kasih dalam kegiatan apapun dan kepada siapapun. 

Cara Mengucapkan Terima Kasih Menggunakan Bahasa Asing

Kebiasaan untuk mengucapkan terima kasih kepada seseorang tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di seluruh negara di dunia. Sama halnya dengan Bahasa Indonesia, ucapan terima kasih di bahasa asing juga sederhana dan mudah untuk diingat. Untuk itu, tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mempelajari cara mengucapkan terima kasih menggunakan bahasa asing tersebut.

  • Ucapan terima kasih dalam bahasa asing yang pertama adalah dari Bahasa Inggris, Thank You atau Thanks. Kebanyakan masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kalimat tersebut karena cukup sering digunakan. Cara pengucapannya pun cukup mudah, yakni, ‘theng yu’ atau ‘thengs’.
  • Selanjutnya adalah dari Bahasa Perancis yang terkenal memiliki cara pengucapan kalimat yang sulit bagi lidah orang Indonesia. Dalam menunjukkan rasa terima kasih, Orang Perancis biasa menyebutkan Merci atau Merci Beaucoup. Cara pengucapan dua kalimat tersebut adalah ‘mersi’ atau ‘mersi bukuu’.
  • Beralih ke Bahasa Jerman dan Bahasa Belanda yang ternyata memiliki kosakata yang mirip untuk mengucapkan terima kasih. Dalam Bahasa Jerman, terima kasih diucapkan dengan kata Danke dan dalam Bahasa Belanda, Dank Je. Kedua kosakata tersebut memiliki pelafalan yang sama, yaitu, ‘danke’.
  • Sama halnya dengan Bahasa Jerman dan Bahasa Belanda, ucapan terima kasih pada Bahasa Spanyol dan Bahasa Italia juga sedikit banyak terlihat mirip. Orang Spanyol biasa mengucapkan terima kasih dengan Gracias, sedangkan Orang Italia mengucapkan Grazie. Pengucapan dari kedua kosakata tersebut terbilang mudah, yakni ‘grasias’ dan ‘grazi’,
  • Di Negeri Sakura Jepang yang memiliki ciri khas tingkat kesopanan yang tinggi biasa mengucapkannya dengan Arigato atau Arigato Gozaimasu
  • Sedangkan di Tiongkok, Bahasa Mandarin dari terima kasih adalah Xie-Xie
  • Masih seputar negara di Asia Timur, Orang Korea biasa mengucapkan terima kasih dengan Gamsahamnida
  • Di Timur Tengah, masyarakat yang menggunakan Bahasa Arab untuk berkomunikasi mengucap Syukron saat berterima kasih kepada seseorang. 
  • Di negara tetangga, Bahasa Thai dari terima kasih adalah Khob Khun Kha (perempuan) atau Khob Khun Kab (laki-laki)
  • Terkesan unik, Orang Vietnam berterima kasih dengan mengucap cảm ơn yang dilafalkan dengan ‘cam eun’.
  • Dalam Bahasa Portugis, ucapan terima kasih dikenal dengan Obrigado
  • Untuk masyarakat India, pengucapannya menggunakan Dhanyavad atau Dhanyawaad
  • Bagi Masyarakat Tagalog, terima kasih dapat diucapkan dengan kata Salamot.
  • Bahasa Latin untuk terima kasih adalah Gratias Ago.
  • Bagi yang memiliki relasi dari Tibet, ucapkan terima kasih menggunakan Tujechte.
  • Untuk Warga Yunani, kata mujarab tersebut biasa diucapkan dengan Efcharisto.
  • Di Rumania, terima kasih diucapkan dengan Multumesc.
  • Terakhir, dari Bosnia, ucapan terima kasih dapat dikatakan dengan Hvala.

Tentunya, masih ada banyak lagi kosakata dalam bahasa asing yang memiliki makna selaras dengan terima kasih di Bahasa Indonesia. Mungkin bagi Anda yang memiliki teman atau keluarga di negara lain dan berkomunikasi dengan bahasa lain dapat bertanya ucapan terima kasih dalam bahasa asing tersebut.

Baca Juga:  Coba Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Ini! Dijamin Kemampuan Berbahasa Anda akan Meningkat

Terima Kasih dalam Bahasa Daerah Indonesia

Tak hanya menggunakan bahasa asing, mengucapkan terima kasih dengan bahasa daerah juga sama pentingnya. Hal ini dikarenakan Bangsa Indonesia yang kaya akan bahasa daerah dan masih dilestarikan oleh setiap masyarakatnya. Pastinya, tidak sulit untuk mempelajari ucapan terima kasih yang ada dalam bahasa daerah di Indonesia.

  • Sebagai suku yang paling besar di Indonesia, masyarakat Jawa biasa mengucapkan terima kasih dengan matur nuwun atau suwun dalam keadaan yang tidak formal.
  • Mirip dengan Bahasa Jawa, orang-orang Sunda sering menyebutnya dengan hatur nuhun. 
  • Sedangkan di Jambi, masyarakat di sana mengucapkan Terimo Kasih yang sekilas terlihat sama dengan Bahasa Indonesia.
  • DI Bali, masyarakat Pulau Dewata berterima kasih dengan mengucapkan Matur Sukseme.
  • Untuk Bahasa Papua atau Migani, terima kasih dapat diucapkan menggunakan Amanai.
  • Masyarakat Batak juga biasa mengucapkan terima kasih dengan Muliate. 
  • Warga Minang akan mengucapkan Tarimo Kasi saat mendapat bantuan dari orang lain. 
  • Lebih unik, masyarakat Toraja akan berkata Kurrusumanga’ sebagai pengganti terima kasih.
  • Bagi masyarakat Madura, ucapan terima kasihnya adalah Sakalongkong. 
  • Dan di Nias, ucapan terima kasih biasa diganti dengan Sauweghele di bahasa daerahnya.

Jadikan Ucapan Terima Kasih Sebagai Kebiasaan saat Mendapat Bantuan

Mengucapkan terima kasih adalah satu hal yang sepele namun memiliki dampak positif yang cukup besar. Dengan berucap salah satu kata penting tersebut saat dibantu seseorang, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, tak hanya bagi si penolong, tapi juga bagi yang mengucapkannya. Untuk itu, jadikan ucapan terima kasih sebagai kebiasaan saat mendapatkan bantuan dari orang lain, kapanpun dan pada siapapun.

Baca Juga: Wajib Bahasa Indonesia, Negara-Negara Pakai Bahasanya Sendiri di Forum Internasional