Mengintip Perjalanan Karier Chelsea Olivia, Aktris yang Kini Miliki Bisnis Menggurita

Chelsea Olivia Wijaya (nama baptis: Gabrielle Chelsea Olivia Wijaya) lahir di Bandar Lampung pada tanggal 29 Juli 1992. Sejak tahun 1999, Chelsea yang keturunan Tionghoa ini telah berkiprah di panggung hiburan sebagai model, aktris, dan penyanyi. Belakangan, ia lebih dikenal andal sebagai pengusaha.

Meski awal perjalanan kariernya dilalui dengan penuh perjuangan, Chelsea telah berhasil meraih sukses dan membintangi beragam judul sinetron dan film. Selain itu, ia juga sempat tergabung dalam sebuah vocal group bernama Bukan Bintang Biasa (2006). Bersama Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, serta Laudya Cynthia Bella, Chelsea unjuk gigi di bidang tarik suara.

Pada tahun 2015, Chelsea mengakhiri masa lajangnya dan menikah. Kemudian ia bersama Glenn Alinskie dianugerahi penghargaan Pasangan Selebriti Paling Romantis dan Pernikahan Selebriti Paling Fenomenal. Kedua penghargaan tersebut didapatkan dari ajang Infotainment Awards 2016.

Baca Juga: Kini Jadi Ratu Soundtrack yang Legendaris, Melly Goeslaw Pernah Alami Album Gagal di Pasaran

Cita-cita Jadi Dokter Hingga Bikin Album Anak-anak

Chelsea terjun ke dunia hiburan selagi usianya masih kanak-kanak. Sebelum akhirnya berakting, ia terlebih dulu telah merilis album sebagai penyanyi cilik dan menjadi model.

Di tahun 2002, Chelsea kecil yang berkiprah di dunia modeling ini sempat terpilih sebagai Putri Bobo Favorit. Kemudian di tahun 2003, ia kembali terpilih dalam Wajah Buyung Upik Favorit.

Menariknya lagi, anak bungsu dari tiga bersaudara ini sebelumnya tak pernah bercita-cita menjadi aktris. Semasa kecil, ia justru ingin berprofesi sebagai dokter. Sehingga ia pun tak menyangka jika coba-coba terjun ke panggung hiburan malah membuatnya meraih puncak kesuksesan.

Gantikan Sang Kakak Ikut Casting

Berprestasi di sekolah, belakangan Chelsea mengikuti sebuah casting di ibukota. Casting yang diikutinya pun dilakoninya secara tidak sengaja. Pasalnya, ketika itu kakaknyalah yang tadinya mendaftar untuk mengikuti casting tersebut.

Sayangnya, sang kakak malah beralih takut sewaktu hendak mengikuti casting yang dimaksud. Padahal, keluarga Chelsea Olivia sudah jauh-jauh datang ke Jakarta dari kota kelahirannya.

Hingga akhirnya secara tak diduga, Chelsea yang menggantikan kakaknya pun lulus casting. Ia lantas membintangi iklan perdananya di televisi. Sejak itu, pintu rezeki di dunia entertainment terbuka lebar untuknya.

Karier Moncer Sebagai Pesinetron

Chelsea Olivia pernah muncul sebagai bintang tamu dalam serial Tuyul & Mbak Yul di tahun 1999 silam. Kemudian ia memerankan tokoh Ima dalam Bayangan Adinda (2003) yang digarap oleh Starvision Plus.

Selanjutnya, ia berakting untuk Matahariku (2004), Tuhan Ada di Mana-mana (2005), dan Kodrat yang tayang dari 2005-2006. Memasuki 2006, ia bermain dalam sinetron Penyihir Cinta dan Cincin. Di tahun itu, ia juga hadir dalam Maha Cinta serta Buku Harian Nayla, yang bisa dikatakan merupakan puncak kesuksesannya.

Dengan skill akting yang kian meningkat, ia lantas melakoni Pangeran Penggoda (2006-2007). Tak hanya itu, ia juga bermain dalam FTV Maha Cinta: Tuhan Beri Dia Waktu Satu Hati Lagi (2006), Maha Cinta: Sisa Kenangan Terindah (2007), dan masih banyak lagi.

Performanya yang semakin apik pun ia perlihatkan dalam sinetron Mawar dan Cewek Penakluk di tahun 2007. 

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir

Makin Sering Tampil di TV

Berada di puncak ketenarannya, Chelsea bermain dalam sinetron Chelsea, Cinta Nia, dan Cucu Menantu di tahun 2008. Masih di tahun tersebut, ia pun hadir dalam miniseri spesial Paskah bertajuk Menanti Keajaiban Cinta dan Sinema Romantis (Cintaku Nyangkut di Layang-layang). 

Kariernya semakin menanjak dengan popularitas yang kian meluas. Di tahun 2008-2009, ia tampil dengan apik sebagai Melati dalam Melati untuk Marvel. Selain itu, ia muncul dalam Mawar Melati dan Cinta Melody yang tayang di tahun 2010.

Kilas balik ke tahun 2011, Chelsea muncul sebagai Atikah dalam Antara Cinta dan Dusta. Performa yang ciamik darinya juga dipertunjukkan dalam Cinta Sejati yang tayang dari tahun 2011-2012. 

Adapun di tahun 2012, Chelsea sukses membintangi tiga judul sinetron. Selain berperan sebagai Yasmin dalam Aladin, ia juga melakoni Segalanya Cinta serta Raja dan Aku.

Selanjutnya, ia bermain dalam Cinta Itu Anugerah (2013), Jangan Mau Mau (2014), Buku Harian Nayla: 8 Tahun Kemudian (2015), dan Rahasia Cinta (2016). Di tahun 2019 lalu, ia sukses berperan sebagai Rindu Bastari dalam Rindu Tanpa Cinta yang diproduksi oleh MNC Pictures. 

Bintangi Beragam Film Layar Lebar

Selain kerap bermain sinetron, Chelsea Olivia juga tampil memikat dalam sejumlah film yang dibintanginya. Di tahun 2007, ia hadir dalam film Bukan Bintang Biasa the Movie

Kemudian ia juga berperan sebagai Reina dalam Summer Breeze (2008) garapan Starvision Plus. Selanjutnya, Chelsea hadir dalam Suka Ma Suka (2009) yang diproduksi oleh MD Pictures.

Memasuki tahun 2014, wanita yang hobinya fotografi dan traveling ini pun menjadi pengisi suara tokoh Liona dalam Petualangan Singa Pemberani Dinoterra.

Berkecimpung di Dunia Tarik Suara

Memasuki tahun 2006, Chelsea Olivia tergabung dalam BBB (Bukan Bintang Biasa). Di bawah asuhan tangan dingin Melly Goeslaw, Chelsea unjuk gigi bernyanyi. 

Awalnya, BBB ini dibentuk untuk mendampingi Melly dalam lagu Let’s Dance Together. Lagu tersebut merupakan bagian dari salah satu album solo Melly Goeslaw, Mindnsoul (2007).

Belakangan, BBB juga merilis album yang bertajuk Bukan Bintang Biasa di tahun 2007. BBB kemudian dikenal dengan berbagai single mereka yang hits pada zamannya. Di antaranya ialah Putus Nyambung (2007) hingga Ingin Menikah (dinyanyikan oleh Chelsea, Ayushita, dan Laudya dengan nama BBB Girls). 

Di tahun 2013, BBB kembali hadir dalam salah satu lagu Melly Goeslaw yang berjudul CH2 (Cinta Hati-hati). Selanjutnya, BBB kembali menggebrak dengan lagu Best Friend Forever (BFF) di tahun 2015. Di tahun ini, reality show bertajuk Bukan Bintang Biasa Story juga tayang di televisi.

Berkat kiprahnya bersama BBB, Chelsea pun kembali meraih penghargaan bergengsi. Pada tahun 2008, Anugerah Musik Indonesia memberikan penghargaan Karya Produksi Dance/ Electronic Terbaik untuk Let’s Dance Together yang dibawakan BBB dengan Melly Goeslaw.

Sementara di tahun 2013, duet BBB bersama Melly Goeslaw dalam lagu Cinta Hati-Hati masuk beberapa nominasi, seperti Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik dari AMI dan lainnya.

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie

Setelah terlibat cinta lokasi saat bermain dalam sebuah sinetron, Chelsea pun menjalin kasih selama delapan tahun lamanya dengan Glenn Alinskie. Berjodoh, kisah cinta mereka berlanjut hingga ke pelaminan.

Tanggal 1 Oktober 2015 merupakan hari bersejarah bagi perjalanan hidup Chelsea. Ia mengikat janji setia kepada Glenn di Gereja Katedral Jakarta, dengan disaksikan oleh aktris cantik Sandra Dewi.

Sebelum menikah, Chelsea diketahui menganut Kristen Protestan. Namun kemudian ia beralih memeluk agama Katolik. Adapun pesta pernikahan bertemakan fairytale digelar Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie di Hotel Mulia Jakarta, pada tanggal 3 Oktober 2015.

Pernikahan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie kemudian dikaruniai dua orang anak. Putri pertama mereka lahir pada tanggal 9 September 2016 dan diberi nama Nastusha Olivia Alinskie. Adapun putra keduanya, Dante Oliver Alinskie, baru lahir pada 20 Oktober 2020 lalu.

Kelola Gurita Bisnis Bersama Suami

Setelah berkeluarga, Chelsea kini melebarkan sayapnya dengan merambah dunia bisnis. Bersama Glenn sang suami, ia menekuni sejumlah usaha yang semakin besar dan menggurita.

Selain beragam produk kebersihan berlabel Naturein Essentia dan bisnis fashion bernama GW Industries

Belum cukup, Chelsea dan Glenn bahkan mendebutkan Girl Group baru “CRAXY” di bawah naungan SA Itainment. Kabarnya, Chelsea dan Glenn menggandeng salah satu kerabat mereka yang merupakan warga negara Negeri Ginseng tersebut.

Dengan beragam usaha yang dimilikinya, tak heran jika Chelsea dan keluarga hidup sejahtera bergelimang harta. 

Baca Juga: Jago Akting, Intip Karier Laudya Cynthia Bella menjadi Salah Satu Artis Termahal