Mengintip Serunya Perjalanan Karier Jason Statham, Aktor Laga yang Jago 5 Cabang Bela Diri

Jason Statham dikenal sebagai salah satu aktor tampan berprestasi yang jago bela diri. Pria asal Inggris ini sudah sering membintangi berbagai film laga. Ia bahkan kerap memerankan tokoh jagoan yang unik dan berbeda.

Kesan jagoan yang agak gila ini pertama melekat padanya sejak ia bermain dalam The Transporter. Dalam film action yang seru tersebut, Jason berperan sebagai Frank Martin, pahlawan yang dijadikan andalan.

Berbagai film action yang ekstrem lainnya juga sering dilakoni oleh pria yang sebenarnya humoris ini. Selain Death Race (remake), ia juga membintangi The Italian Job, Crank, dan The Expendables

Meski pertama kali berakting ia dibayar dengan fee yang kecil, namun kini Jason Statham telah menjadi salah satu bintang dari Inggris yang paling berjaya di Hollywood.

Unggul di Bidang Olah Fisik

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Sejak awal hidupnya, pria kelahiran Shirebrook, Derbyshire, Inggris Raya ini memang diberkahi dengan kekuatan fisik dan kecerdasan kinestetik yang mumpuni. Menyukai football, ia pernah menjadi pemain andalan dalam tim Grammar School di tahun 1978 hingga 1983.

Tak hanya bersinar di dunia sepak bola saja. Jason sudah menyukai renang sejak usianya masih belasan tahun. Dan lagi-lagi, ia pernah berprestasi menjadi perenang untuk regu timnas Inggris Raya selama lebih dari satu dekade.

Kemudian di tahun 1992, nama Jason Statham juga berhasil masuk 12 besar dalam kompetisi menyelam tingkat dunia. Tak dapat dipungkiri, keunggulannya yang satu ini sangat mendukung kariernya sebagai aktor action. Entah itu untuk beraksi di berbagai adegan lautan maupun daratan.

Baca Juga: Pensiun Dini dari Atlet Judo karena Cedera, Joe Taslim Sukses Jadi Aktor Hollywood

Mengejar Karier di Industri Entertainment

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Hidup Jason mengalami perubahan signifikan setelah ia ditawari kontrak kerja oleh agensi sport modeling. Karena berminat, ia pun menerima tawaran untuk membintangi iklan French Connection. 

Tak disangka, penampilannya yang memukau di iklan tersebut lantas mencuri perhatian pencari bakat. Ia lantas menutup cerita dari kisah hidupnya sebagai atlet. Dengan totalitas yang serius, ia mulai mengejar cita-cita barunya untuk menjadi aktor dan model. 

Belakangan, keberuntungan berpihak padanya. Jason dihadapkan dengan kesempatan untuk berkiprah di kancah seni peran. 

Mendapat Upah dalam Jumlah Kecil

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Ketika itu, ia tengah melakukan pemotretan di Perancis. Kemudian ia diperkenalkan dengan Guy Ritchie yang berprofesi sebagai sutradara kawakan. Ia pun langsung disodorkan tawaran bermain dalam Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998), sebuah film bergenre comedy thriller.

Kendati waktu itu upah baginya tak begitu besar (kurang dari Rp90 juta), namun Jason mengambil peran tersebut. Sehingga ia dipercaya lagi untuk membintangi Snatch pada tahun 2000. Diketahui film tersebut juga diproduksi oleh Guy Ritchie.

Dalam Snatch, ia beradu akting dengan bintang-bintang yang populer. Mulai dari, Brad Pitt, Benicio del Toro, hingga Dennis Farina. 

Dari film tersebut, ia sukses mengantongi pundi-pundi hingga menembus angka Rp261 juta. Sejak momen itulah namanya kian mencuat dengan ketenaran yang menjulang di kalangan Hollywood.

Aktor Laga yang Jago Bela Diri

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Akting Jason kian menarik perhatian dunia setelah film Ghost of Mars yang dilakoninya pada tahun 2001. Di tahun yang sama, Jason juga bermain dengan aktor asal Hongkong Jet Li dalam The One.

Makin populer, Jason rupanya menguasai banyak ilmu bela diri. Bahkan berbagai adegan berbahaya kerap ia lakoni sendiri tanpa digantikan oleh stuntman. Ia diketahui sangat fasih dalam lima cabang bela diri yaitu kickboxing, wing chun, karate, Mixed Martial Arts (MMA), dan brazilian jiu-jitsu.

Kemampuannya yang berkualitas tinggi ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pamornya semakin meroket sewaktu tiga rangkai film The Transporter ia lakoni. Kariernya di ranah Hollywood semakin mantap berkat suksesnya film Chaos, The Italian Job, The Bank Job, Crank, 13, hingga The Expendables yang tersohor.

Selain itu, ladang uang Jason Statham selanjutnya ialah kontrak waralaba yang melibatkannya dengan film Fast and Furious serta film lepasannya yang berjudul Hobbs and Shaw. Film ini dikabarkan merupakan proyek layar lebar ke-50 yang pernah dibintangi oleh sang aktor.

Baca Juga: Menilik Karier Bradley Cooper, Bintang Film A Star Is Born yang Sering Lakoni Film Komedi

Punya Koleksi Mobil Berharga Fantastis

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Berkat kekayaannya yang berjumlah besar, sang aktor berkesempatan membangun koleksi mobil kesukaannya dan seluruh mobil tersebut tentunya dibanderol dengan harga selangit. 

Meraup total kekayaan yang mencapai 50 juta Dollar AS (lebih dari 700 miliar), sang aktor bisa dengan mudahnya membeli sport car yang disukai. Mengintip koleksi mobilnya, Jason tercatat mempunyai Audi RS 6, Audi S8, Ferrari F12 Berlinetta, Lamborghini Murcielago LP 640, dan Aston Martin DBS Volante. Wow!

Menjual Rumah Harga Ratusan Miliar

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Hunian mewah yang telah ditempati Jason selama hampir sepuluh tahun telah ia lepas. Dibanderol hampir Rp300 miliar (20 juta Dollar AS), Jason menjual rumah yang berlokasi di kawasan Malibu, California tersebut.

Flash back ke medio 2005, ia juga membeli hunian mewah yang berlokasi di Los Angeles, Hollywood Hills. Saat itu, hunian besar tersebut dibelinya seharga 2,6 juta Dollar AS (hampir mencapai Rp40 miliar).

Sebelumnya, Jason tinggal bersama pasangannya Rosie Huntington-Whiteley di rumah indah di Malibu. Terletak di tepian pantai, ia membeli hunian tersebut pada tahun 2011 lalu.

Pasangan Jason-Rosie yang dikenal romantis ini memang belum menikah. Namun mereka telah bertunangan sejak 2016 dan hidup bersama selama sepuluh tahun. Keduanya juga telah dikaruniai seorang putra bernama Jack Oscar.

Menariknya lagi, mereka memiliki perbedaan usia yang cukup kontras, yakni dua puluh tahun. Beberapa pihak memang sempat mencibir Jason dan wanita impiannya yang berprofesi sebagai model dan aktris itu.

Pribadi yang Humoris dan Setia

View this post on Instagram

A post shared by Jason Statham (@jasonstatham) on

Jason Statham kerap memerankan jagoan agak gila dan eksentrik. Ia juga sangat andal dalam memerankan tokoh antagonis yang bengis. Namun yang jarang diketahui, sesungguhnya ia merupakan pribadi yang humoris dan setia. 

Fakta ini diungkapkan sendiri oleh pasangannya, Rosie. Sejak menjadi selebriti papan atas, Jason jauh dari kesan playboy yang kerap berganti pasangan. Sebaliknya, ia sering terlibat dalam hubungan jangka panjang dengan seseorang.

Sejak 1997 sampai 2004, ia menjalin kasih dengan Kelly Brook yang juga dikenal sebagai model dan aktris. Namun hubungan tersebut kandas dan ia mengencani Sophie Monk yang berprofesi sebagai penyanyi di tahun 2005.

Hingga kemudian di tahun 2010 ia memilih untuk menambatkan hatinya pada tunangannya Rosie Huntington-Whiteley, sampai saat ini.

Kiat Sukses Ala Jason Statham

Totalitas dalam bekerja memang diperlukan. Dalam perjalanan karier Jason Statham, ia bahkan rela hingga melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman. Padahal keputusan itu terhitung penuh risiko dan punya konsekuensinya sendiri.

Selain itu, ia juga dengan penuh ketekunan berhasil mempelajari dan menguasai berbagai cabang ilmu bela diri. Berkat keahlian dan keterampilannya inilah, kualitasnya sebagai bintang jadi semakin diperhitungkan. Bahkan bisa dibilang, nama Jason Statham menjadi sosok aktor yang tak tergantikan.

Seperti Jason, teruslah perdalam berbagai keahlian dan kemampuan yang dapat mendukung Anda secara personal dan profesional. Karena kelak, skill dan keterampilan yang Anda pelajari itu pasti berguna dan bermanfaat dalam keberhasilan. Semoga sukses!

Baca Juga: Mencapai Triliunan! Ini Dia 8 Aktor Hollywood dengan Bayaran Tertinggi Tahun Ini