Menilik Karier Bradley Cooper, Bintang Film A Star Is Born yang Sering Lakoni Film Komedi

Bagi para penggemar Western Movie and Hollywood, tentu sudah tak asing dengan tokoh yang satu ini. Bradley Charles Cooper alias Bradley Cooper sudah cukup lama berkiprah sebagai aktor, produser dan pemain teater dari Negeri Paman Sam.

Aktingnya yang fenomenal makin dicintai penggemar berkat film The Hangover, Wedding Crashers, Limitless, The A-Team, dan A Star is Born. Kilas balik di tahun 2011 lalu, sang aktor disebut sebagai Sexiest Man Alive dalam People Magazine. 

Film A Star is Born yang dibintangi Bradley dan Lady Gaga di tahun 2018 lalu tak hanya disukai tapi juga telah meraih beberapa penghargaan kenamaan. Belum lagi dengan single lagu dan album yang mengiringinya, Shallow. Berkat kepiawaian kolaborasi musik tersebut, Shallow berhasil meraih penghargaan Best Original Song dari Golden Globes 2019.

Baca Juga: Film A Quiet Place Sukses Besar, John Krasinski Ternyata Pernah Gagal Perankan Captain America

Lulusan Sastra Inggris dan Fasih Bahasa Perancis

Bradley Cooper

Bradley Cooper (Sumber: insider.com)

Sebelum dikenal sebagai bintang film, pria berdarah Italia-Irlandia-Amerika ini pernah bekerja di Philadelphia Daily News. Lulusan Georgetown University ini berhasil menempuh pendidikan strata-1 Bahasa Inggris dan lulus dengan gelar kehormatan BA di tahun 1997.

Ketertarikannya terhadap bidang bahasa juga tampak dari kemampuan fasihnya berbicara dengan Bahasa Perancis. Dulunya, Cooper juga pernah melewatkan waktu setengah tahun dalam pertukaran siswa dari sekolah drama khusus bernama Actors Studio Drama School di Kota New York.

Sebagaimana diketahui, sekolah drama tersebut juga melahirkan aktor-aktor besar lainnya seperti Robert De Niro dan Jack Nicholson. Dari sinilah minat dan ketertarikannya di seni peran tumbuh semakin besar.

Membintangi Film dan Serial Aneka Genre

Sepak terjang Cooper sebagai bintang peran dimulainya ketika ia bermain dalam Wet Hot American Summer. Film bergenre classic comedy tersebut tayang pada tahun 2001. Sejak saat itu, Bradley dikenal andal mengeksplor kemampuan aktingnya. 

Beraneka macam genre film terus dijajalnya demi menambah jam terbang serta pengalaman. Mulai dari Limitless, American Sniper, He’s Just Not That Into You, All About Steve, The Place Beyond the Pines, American Sniper, hingga trilogy film komedi Hangover yang tersohor.

Di ranah pertelevisian sendiri, Bradley muncul pada tahun 1999 dalam serial populer Sex and the City, juga Alias (2001) dan Law & Order. 

Lewat perannya dalam serial TV Alias, ketenaran Bradley Cooper kian meroket dan makin dikenal luas seantero dunia. Dengan rambut coklat, mata biru yang mempesona serta karakter wajahnya yang khas, pesona Bradley kian memikat banyak penggemar skala internasional. 

Tak hanya itu saja, suaranya yang khas juga menjadi dubber untuk tokoh Rocket Racoon dalam film Guardians of the Galaxy besutan Marvel Studio.

Raih Segudang Prestasi

foto bradley cooper

Penampilan Bradley Cooper Saat Oscar (Sumber: nypost.com)

Aktor yang juga memproduseri film American Hustle (2013) dan American Sniper (2014) ini telah meraih kesuksesan besar di sepanjang kariernya. Prestasi dan penghargaan demi penghargaan bergengsi telah berhasil ia raih dengan sempurna. 

Meski belum berhasil mengantongi Piala Oscar yang dipastikan menjadi dambaan setiap aktor, namun Bradley Cooper telah menyabet puluhan penghargaan sebagai apresiasi produktivitasnya. Di antaranya, Best Actor in a Leading Role dalam Awards Circuit Community Awards tahun 2018. Di tahun yang sama ia juga meraih Best Actor dari Black Film Critics Circle Awards.

Sering bermain dalam film komedi membuat pria dengan tinggi tubuh mencapai 185cm ini berhasil memenangkan Comedy Star of the Year dalam ShoWest Convention, Amerika Serikat, tahun 2009 lalu. Dari MTV Movie + TV Awards, Bradley diganjar Best Male Performance di tahun 2013 dan 2015.

Sedangkan di tahun 2019, pria kelahiran 1975 ini menyabet Lead Actor dari Gold Derby Awards, Best Performance by an Actor in a Leading Role dari Latino Entertainment Journalists Association Awards, dan Top Ten of the Year - Audience Award dari CinEuphoria Awards.

Baca Juga: Mencapai Triliunan! Ini Dia 8 Aktor Hollywood dengan Bayaran Tertinggi Tahun Ini

Total Kekayaan yang Mencengangkan

Di sepanjang kariernya, sang aktor telah melakoni hampir 40 film layar lebar. Ia juga telah membintangi lebih dari 10 serial televisi di luar pekerjaannya sebagai produser dan sutradara. Melihat sepak terjangnya, tak heran jika kekayaan yang dimilikinya terus menggunung dan bertambah.

Menurut Forbes di tahun 2019 lalu, Bradley Cooper berada di urutan keenam dalam list 10 aktor kenamaan dunia yang mempunyai kekayaan paling besar. Rupanya, film A Star Is Born yang sukses besar juga membawa keuntungan banyak bagi Bradley, yakni sekitar 20 juta Dollar AS (kurang lebih Rp280 miliar).

Dalam film remake tersebut, ia tak hanya menjadi bintangnya tapi juga merangkap produser serta sutradara. Selain itu, kontrak kerja sama dengan sebuah brand jam tangan bergengsi hingga Haagen Dazs (es krim) dan IWC Schaffhausen (fashion) telah meningkatkan income-nya secara signifikan.

Terhitung, aset dan kekayaan Bradley telah menembus angka fantastis, yaitu 100 juta Dollar AS (mencapai sekitar Rp1,4 triliun). Dengan kekayaan masif yang dimilikinya, tak heran jika Bradley sanggup membeli sejumlah hunian mewah yang dibanderol dengan harga selangit. Rumah terbarunya di New York saja diketahui bernilai hingga Rp181 miliar.

Berpasangan dengan Model dan Aktris

Mantan kekasih bradley cooper

Bradley Cooper dan Irina Shayk (Sumber: metro.co.uk)

Karier Bradley memang meroket dengan penghasilan masif yang jumlahnya fantastis, sangat terbalik dengan kehidupan personalnya. Pasalnya, Irina Shayk yang belum lama ini mengakhiri hubungan dengan sang aktor menyebutkan, Bradley terlalu mencurahkan waktu dan perhatiannya ke karier sampai-sampai mengabaikan hubungan mereka.

Sebelumnya, Bradley Cooper sendiri pernah menjalin kasih dengan aktris Renee Zellweger. Kemudian ia juga mengencani Zoe Saldana setelah terlibat cinta lokasi dalam film The Words yang mereka bintangi. Namun hubungan tersebut kandas. 

Dengan model asal Inggris, Suki Waterhouse, hubungannya pun tak bertahan lama. Kemudian Cooper sempat menikah selama setahun dengan Jennifer Esposito, yang juga berakhir dengan perceraian. 

Sedangkan bersama Irina Shayk yang berprofesi sebagai model, Bradley dikaruniai seorang putri bernama Lea De Seine Shayk Cooper. Sayangnya hubungan mereka pun tak dapat berlanjut meski sudah mempunyai anak.

Seimbangkan Kehidupan Profesional dan Personal

Bradley Cooper telah bersinar dengan karier cemerlang yang memukau. Tak hanya popularitas tinggi yang berhasil diraihnya. Ia juga telah dengan suksesnya menimbun harta kekayaan yang sangat besar.

Dengan segudang prestasi yang dikantonginya, Bradley semakin dicintai penggemar dari banyak negara. Meski begitu, ia belum berhasil meraih sukses dari segi kehidupan personalnya. 

Misi dan goal setiap orang memang berbeda. Ada yang lebih tertarik untuk mengejar karier, sementara yang lainnya lebih mementingkan urusan pribadi sebagai prioritasnya.

Fokus yang total dan komitmen penuh memang diperlukan dalam berkarier. Meski begitu, Anda juga bisa menyeimbangkan hidup dengan memerhatikan kehidupan personal. 

Akan ada risiko dan konsekuensi dari apapun yang menjadi pilihan Anda. Jadi, apapun yang lebih dipilih, pastikan Anda bahagia menjalaninya.

Baca Juga: 5 Fakta Perputaran Uang di Industri Perfilman