5 Langkah Mudah Merencanakan Dana Pendidikan Anak di Luar Negeri

Pendidikan merupakan aset berharga untuk masa depan anak. Jadi wajar saja, bila sebagian besar orang tua akan mengupayakan yang terbaik untuk urusan yang satu ini. 

Oleh karena itu, jika berniat mengirimkan anak kuliah ke luar negeri, kamu sebagai orang tua harus mulai merencanakannya dari sekarang. Hal ini penting, mengingat kuliah di luar negeri akan membutuhkan biaya besar.

Berikut beberapa hal penting yang wajib kamu rencanakan jika ingin menguliahkan anak di luar negeri.

Langkah Mudah Merencanakan Dana Pendidikan Anak di Luar Negeri

loader

Langkah Mudah Merencanakan Dana Pendidikan Anak di Luar Negeri

1. Tentukan Negara Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan negara tujuan di mana kelak anak akan menimba ilmu. Lakukan pertimbangan yang matang terkait hal ini, sebab masing-masing negara memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain, lingkungan, budaya, tingkat keamanan, dan masih banyak lagi. Bagaimanapun juga, kondisi negara tujuan ini juga akan ikut memengaruhi kelancaran pendidikan anak nantinya.

2. Cari Referensi Universitas dan Jurusan yang Sesuai Minat Anak

Memilih jurusan kuliah akan menjadi hal penting yang perlu kamu diskusikan dengan baik bersama anak. Jurusan yang sesuai dengan minat anak akan menjadi pilihan tepat, sebab mereka akan bisa menikmati semua proses belajar dengan lebih mudah dan nyaman.

Carilah referensi yang cukup tentang universitas dan juga jurusan yang yang sekiranya sesuai dengan minat anak. Semua ini bisa kamu dapatkan pada situs-situs resmi universitas atau bahkan melalui situs terkait pendidikan yang secara khusus membahas hal tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi dari orang-orang yang sebelumnya pernah kuliah di kampus tersebut.

3. Lakukan Perhitungan Biaya

Jika anak sudah menentukan jurusan dan kampus yang ditujunya, maka kamu sudah bisa mulai menghitung besaran biaya yang dibutuhkan. Lakukan hal ini dengan menghitung besaran biaya kuliah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan biaya akomodasi selama anak kuliah nanti. Buat perhitungan yang rinci dan jangan lupakan kenaikan berbagai biaya tersebut di masa yang akan datang (inflasi). Hal ini penting, agar kelak biaya yang kamu siapkan benar-benar cukup dan bisa mengantarkan anak menyelesaikan kuliahnya tanpa hambatan.

4. Rencanakan Anggaran Pendidikan dengan Baik

Kamu tentu sudah memiliki gambaran tentang besaran biaya kuliah yang dibutuhkan anak. Kamu sudah bisa mulai merencanakan sumber biaya ini di dalam keuanganmu. Jika sudah memiliki sejumlah tabungan, maka kamu perlu mempersiapkan atau menambah jumlahnya agar mencukupi. Namun jika belum mempersiapkan apapun, maka segera mulai rencanakan sumber dananya sekarang.

Kamu bisa mencari penghasilan tambahan yang dapat dialokasikan untuk dana pendidikan ini. Menjalankan bisnis atau mencari pekerjaan sampingan dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun selain itu, kamu juga harus melakukan investasi yang bisa mendukungmu mencapai kebutuhan dana pendidikan tersebut dengan lebih cepat. 

5. Pilih Instrumen Investasi yang Tepat 

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan tabungan saja sebagai persiapan dana pendidikan anak, sebab nilainya akan tergerus inflasi. Alokasikan sejumlah dana untuk memulai investasi dana pendidikan ini. Jika kamu masih memiliki waktu yang lama untuk mempersiapkannya, maka pilih instrumen investasi untuk jangka panjang seperti, emas atau saham.

Lakukan hal sebaliknya, jika ternyata waktunya sudah cukup dekat, pastikan kamu memilih instrumen investasi yang tepat. Di mana kelak kamu bisa mengelolanya dengan baik dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Siapkan Dana Kuliah Anak ke Luar Negeri dengan Tepat dan Bijak

Bagi kamu yang berencana mengirimkan anak kuliah ke luar negeri, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Lakukan riset dan pilih kampus dengan jurusan yang tepat, agar anak bisa menikmati kuliahnya. Hitung dan siapkan dana kuliah ini dengan baik sehingga kelak anakmu bisa kuliah dan lulus tanpa hambatan sama sekali.