Modal Ventura : Solusi Berbisnis Bagi Calon Pengusaha

Pernah mendengar istilah modal ventura? Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi namun memberikan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura. Dana ventura ini mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor) yang tujuan utamanya untuk melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan.Investasi modal ventura ini dapat juga mencakup pemberian bantuan manajerial dan teknikal.

Kebanyakan dana ventura ini adalah berasal dari sekelompok investor yang mapan keuangannya, bank investasi, dan institusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut. Penyertaan modal yang dilakukan oleh modal ventura ini kebanyakan dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan baru berdiri sehingga belum memilki suatu riwayat operasional yang dapat menjadi catatan, guna memperoleh suatu pinjaman. Sebagai bentuk kewirausahaan, pemilik modal ventura biasanya memiliki hak suara sebagai penentu arah kebijakan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Manfaat Modal Ventura Bagi Calon Pengusaha 

loader  

Manfaat Modal Ventura Bagi Pengusaha via bisnisnesia.files.wordpress.com

 

Di Indonesia, mengacu kepada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 1251/1988, perusahaan modal ventura dapat membantu permodalan maupun bantuan teknis yang diperlukan calon pengusaha maupun usaha yang sudah berjalan guna:

  1. Pengembangan suatu penemuan baru
  2. Pengembangan perusahaan yang pada tahap awal usahanya mengalami kesulitan dana
  3. Membantu perusahaan yang berada pada tahap pengembangan
  4. Membantu perusahaan yang berada dalam tahap kemunduran usaha
  5. Pengembangan projek penelitian dan rekayasa
  6. Pengembangan berbagai penggunaan teknologi baru dan alih teknologi baik dari dalam maupun luar negeri
  7. Membantu pengalihan pemilikan perusahaan

Selain itu, jenis pembiayaan untuk modal ventura pun juga terdiri dari berbagai macam hal. Antara lain adalah:

  • Equity Financing adalah jenis pembiayaan langsung dalam hal ini perusahaan modal ventura melakukan penyertaan secara langsung pada perusahaan pasangan usaha dengan cara mengambil bagian dari jumlah saham milik perusahaan pasangan usaha.
  • Semi Equity Financial merupakan jenis pembiayaan dengan cara membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan pasangan usaha.
  • Bagi Hasil, merupakan jenis pembiayaan yang ditujukan kepada usaha kecil yang belum memiliki bentuk badan hukum PT. Namun tidak tertutup kemungkinan dengan yang berbadan hukum PT, apabila kedua pihak saling menginginkannya.

Baca Juga : Mau Bisnis Tanpa Modal? Ini Dia Caranya!

Tujuan Pembiayaan Modal Ventura

loader

Modal Ventura via bisnisnesia.files.wordpress.com

  

Pembiayaan modal ventura, di samping berorientasi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dengan risiko yang tinggi pula, juga bertujuan antara lain untuk:

  1.  Memungkinkan dan mempermudah pendirian suatu perusahaan baru.
  2.  Membantu pembiayaan perusahaan yang sedang mengalami kesulitan dana dalam pengem­bangan usahanya, terutama pada tahap-tahap awal
  3.  Membantu perusahaan baik pada tahap pengembangan suatu produk maupun pada tahap mengalami kemunduran.
  4.  Membantu terwujudnya dari hanya suatu gagasan menjadi produk jadi yang siap dipasarkan.
  5.  Memperlancar mekanisme investasi di dalam dan luar negeri.
  6.  Mendorong pengembangan proyek research and development.
  7.  Membantu pengembangan teknologi baru dan memperlancar terjadinya alih teknologi.
  8.  Membantu dan memperlancar pengalihan kepemilikan suatu perusahaan.

Ciri-ciri Perusahaan Modal Ventura

loader

Ciri-ciri Modal Ventura via gitasarisanastuti08.blogspot.co.id

 

Sedangkan ciri-ciri perusahaan modal ventura adalah:

  1. Pembiayaan modal ventura merupakan equity. Bentuk pembiayaan oleh perusahaan modal ventura dilakukan dengan penyertaan modal langsung pada perusahaan pasangan usaha.
  2. Modal ventura adalah investasi dengan perspektif jangka panjang. Modal ventura tidak mengharapkan perolehan keuntungan dengan memperdagangkan sahamnya secara jangka pendek akan tetapi mengharapkan capital gain setelah jangka waktu tertentu.
  3. Modal ventura merupakan pembiayaan yang bersifat risk capital. Beresiko tinggi karena pembiayaan modal ventura tidak disertai dengan jaminan seperti halnya dengan kredit perbankan. Resiko tinggi tersebut sebenarnya diimbangi dengan harapan mendapatkan return yang lebih besar.
  4. Modal ventura bersifat sementara. Meskipun pembiayaan modal ventura berupa penyertaan saham, namun ada prinsipnya tetap bersifat sementara yaitu misalnya ketentuan jangka waktu penyertaan modal ventura di Indonesia maksimun 10 tahun
  5. Keuntungan berupa capital gain dan deviden. Keuntungan yang diharapakan diperoleh perusahaan modal ventura terutama capital gain atau apresiasi nilai saham di samping deviden.
  6. Rate Of Return yang tinggi. Bidang usaha yang umunya dibiayai oleh modal ventura adalah yan bersifat terobosan-terobosan baru yang menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Modal Ventura juga memiliki beberapa produk khusus yakni

Penyertaan Saham Langsung

Jenis Pembiayaan ini adalah penyertaan langsung dalam bentuk saham di Perusahaan Pasangan Usaha (PPU).  Syarat dari pembiayaan ini adalah PPU tersebut sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT), atau akan mendirikan PT bersamaan dengan masuknya PMV. Hasil yang diterima yang  diterima oleh PMV berupa dividen yang akan dibagikan setiap tahun dari keuntungan PPU.  Keuntungan yang akan dibagi itu akan ditentukan bersama diantara Pemegang Saham PPU yang terdiri dari PMV dan pengusaha yang menjadi mitra usaha

Obligasi Konversi

Jenis pembiayaan ini adalah dalam bentuk obligasi yang dapat dikonversikan ke dalam saham biasa yang dikeluarkan oleh PPU yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Pola Bagi Hasil / Partisipasi Terbatas

Jenis pembiayaan ini merupakan jenis pembiayaan yang paling banyak digunakan oleh PMV di daerah-daerah, mengingat rata-rata Pengusaha Kecil dan Menengah (PKM) banyak yang tidak berbentuk Perseroan Terbatas (PT).  Pola ini dapat diterapkan untuk PKM-PKM dengan bentuk CV, Koperasi dan Perorangan. Jenis pembiayaan bagi hasil  ini adalah suatu pola pembiayaan dengan menentukan suatu prosentase tertentu dari keuntungan yang diperoleh PPU setiap bulan atau periode tertentu, berdasarkan kesepakatan antara PPU dengan PMV pada saat awal kerjasama pembiayaan. Bagi hasil dapat diambil dari laba kotor, laba operasional atau laba bersih yang semuanya ditentukan atas dasar kesepakatan bersama antara PPU dan PMV. Pada pola ini PPU tidak terbebani akan kewajiban pada PMV karena nilai bagi hasil berbanding lurus dengan peningkatan/penurunan laba perusahaan. Ketentuan yang harus dipenuhi dengan pola bagi hasil ini adalah adanya laporan keuangan (neraca, laba, rugi, dan chasflow) yang dapat diverifikasi.

Baca Juga : Mau Investasi Jangka Panjang? Ini Pilihan Produknya

Cara Pembiayaan Modal Ventura 

loader

Pembiayan Modal Ventura via wp.streetwise.co

 

Sedangkan mengenai cara pembiayaan modal ventura sendiri dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Penyertaan saham secara langsung kepada perusahaan yang menjadi pasangan usaha.
  2. Dengan membeli obligasi konversi yang setelah waktu yang disepakati bersama dapat dikonversi menjadi saham / penyertaan modal pada perseroan.
  3. Dengan pola bagi hasil dimana persentase tertentu dari keuntungan setiap bulan akan diberikan kepada perusahaan modal ventura oleh perusahaan     pasangan usaha. Pola bagi hasil yang mungkin dilakukan adalah:
  4. Bagi hasil berdasarkan pendapatan yang diperoleh (revenue sharing).
  5. Bagi hasil berdasarkan keuntungan bersih (net profit sharing).
  6. Bagi hasil berdasarkan perjanjian.

Solusi Berbisnis Bagi Anda

Melihat dari kegunaan serta tujuannya, modal ventura dapat menjadi solusi berbisnis bagi Anda. Untuk itu tidak ada salahnya bukan, mengambil investasi ini dalam membangun perusahaan Anda. Ingat mencari modal tidak harus dengan cara meminjam uang ke bank dengan Kredit Tanpa Agunan atau Kredit Multiguna saja, masih ada banyak cara lainnya. Berani mencoba?

Baca Juga : 10 Kesalahan Fatal Dalam Pengelolaan Usaha