Mumpung Lagi Banyak Promo, Ini Rahasianya Belanja Online Hemat

Masih di rumah aja? Daripada bete, mending belanja online. Lebih mudah, praktis, hemat waktu dan tenaga.

Tidak perlu keluar rumah, barang atau makanan yang dipesan, langsung diantar kurir dengan cepat. Cocok banget buat kamu yang mager alias malas gerak.

Demi memikat pembeli dan mendongkrak transaksi, sejumlah ­e-commerce menawarkan ragam promo menarik. Mulai dari gratis ongkir, cashback, harga spesial, diskon, hingga belanja dengan harga Rp 1.

Contohnya seperti promo 9.9 super shopping day dari Shopee. Lalu ada promo Lazada 9.9 Big Sale 2020 yang memberi diskon hingga 99%, dan lainnya.

Kalau sudah banjir promo, bisa khilaf belanja deh. Beli ini itu, sehingga secara tak sadar uang yang kamu habiskan cukup besar. Jadi malah boros.

Tapi tenang saja. Kamu masih bisa belanja online dengan menerapkan tips belanja hemat berikut ini.

Baca Juga: Meski Sepele, 8 Kegiatan Ini Bisa Bikin Keuangan Jadi Boros

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  • Bedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Belanja Online
Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Saat memiliki uang, sebagian besar orang tentu ingin membelanjakannya untuk berbagai hal, bahkan yang tidak perlu sekalipun. Kondisi seperti ini menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, apalagi ketika sedang belanja online

Hindari pola belanja tersebut mulai saat ini karena hanya membuat pengeluaran menjadi boros. Biasakan untuk membedakan mana barang yang benar-benar kamu butuhkan untuk sekarang ini dan barang keinginan yang pembeliannya bisa ditunda di lain waktu. 

Rencanakan belanja dengan baik dan siapkan dana yang tepat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat daftar belanja terlebih dahulu, lalu mempertimbangkan kembali daftar belanjaan tersebut sebelum membelinya.

Tujuannya untuk memastikan bahwa kamu benar-benar membutuhkannya. Dengan begitu, kamu akan menghindari belanja yang tidak penting. Dan uangmu ‘selamat’ dari pemborosan.

  • Bandingkan Harga dan Beli di Toko yang Tepat

Belanja Online
Bandingkan harga dan beli di toko yang tepat

Toko “A” mungkin saja menjual berbagai produk kosmetik dengan harga yang menarik, namun toko ini menjual produk fashion dengan harga yang cukup mahal. Sebaliknya, di toko “B” produk fashion terbilang murah, sementara harga produk yang lainnya cukup mahal. 

Kamu perlu memahami dengan baik bahwa tidak semua produk yang dijual dalam satu toko merupakan produk dengan harga terbaik di pasaran. Jangan membeli dengan gegabah, pastikan kamu melakukan perbandingan harga terlebih dahulu di beberapa toko online

Kalau perlu di toko online e-commerce lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memilih toko online yang tepat dan harga paling hemat, sehingga aktivitas belanja online tetap menguntungkan.

Baca Juga: Para Suami Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasi Istri yang Boros

  • Manfaatkan Promo Situs Belanja Online

Promo
Manfaatkan promo e-commerce via Shopee.co.id

Sepanjang tahun, setiap situs belanja online pasti punya program promo. Apalagi di masa pandemi ini. Harus tahu bagaimana caranya menarik minat orang berbelanja. Memanfaatkan situasi di rumah aja.

Seperti menjelang akhir tahun ini, ada promo belanja tahunan seperti 9.9 dari Shopee maupun Lazada. Kemudian akan diikuti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diperingati setiap tanggal 12 Desember atau dikenal 12.12, maupun program promo rutin lainnya yang pasti bikin mupeng alias muka pengen.

Di sinilah saat tepat buat belanja online. Kamu bisa membeli barang yang dibutuhkan dengan harga murah, gratis ongkir. Jadi dobel untungnya. Belanja online bisa jauh lebih hemat.

  • Gunakan Metode Pembayaran yang Bekerja Sama

Belanja Online

Mau makin hemat? Pakai metode pembayaran yang bekerja sama atau yang memberikan promo juga. Seperti mengunakan dompet digital, kartu debit, maupun kartu kredit.

Misalnya belanja online di Shopee, gunakan Shopeepay agar dapat voucher gratis ongkir dengan minimal belanja Rp 0. Atau membeli pulsa HP di e-commerce lain pakai kartu kredit yang bekerja sama, agar dapat cashback.

  • Pakai Jasa Pengiriman yang Terpercaya dan Murah

Belanja Online
Belanja online pakai jasa pengiriman yang murah tapi terpercaya

Jika sedang tidak ada promo gratis ongkir, tapi mau berhemat, triknya adalah pilih layanan pengiriman termurah. Murah belum tentu kualitasnya jelek loh. Saat ini, banyak jasa pengiriman yang berlomba-lomba menawarkan tarif kompetitif.

Kalau memilih harga yang murah, biasanya memakan waktu lebih lama sampai di tempatmu dibanding pengiriman kilat. Jika ingin agak cepat, solusinya cari toko online yang jaraknya tidak jauh dari daerah tempat tinggalmu.

Misalnya kamu tinggal di Jakarta Barat, pilih belanja di toko online di kawasan tersebut. Pilih layanan pengiriman termurah. Maka barang sampai maksimal 2 hari. Jika tidak terburu-buru, buat apa bayar jasa kurir mahal.

Jadilah Pembeli yang Cerdas

Menjadi pembeli yang cerdas tentunya memberikan banyak keuntungan. Selain mendapatkan barang yang bagus, pengeluaran belanja akan menjadi lebih hemat. Oleh karena itu, biasakan untuk merencanakan belanja ini dengan baik.

Baca Juga: Freelancer Juga Bisa Punya Kartu Kredit, Begini Caranya!