Nikah Yuk! Ini 11 Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan Milenial

Ngomong-ngomong soal nikah, apa kamu berencana menikah tahun ini? Atau menikah menjadi salah satu resolusi yang ingin kalian wujudkan tahun ini?

Pertama-tama, pahami dulu kalau menikah itu tidak cukup hanya modal niat saja. Perlu usaha nyata untuk mewujudkannya. Misalnya, menyakinkan pasangan untuk menikah, menyiapkan dana menikah, mendapatkan restu dari kedua orang tua hingga merancang konsep resepsi pernikahan.

Menikah dengan resepsi kekinian di zaman now tidaklah murah. Jadi, kalian perlu mempersiapkannya dengan matang agar impian menikah bisa terealisasi dengan lancar. Lantas, apa saja biaya-biaya nikah yang perlu disiapkan? Simak rincian daftar biaya nikah, estimasi biaya dan solusi lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Tanpa Ribet Menuju Pelaminan, Ini Pentingnya Siapkan Dana Pernikahan dan Sederet Tips Mengumpulkannya

Rincian Biaya Nikah

  1. Biaya Hantaran

    Hantaran atau seserahan menjadi salah satu tradisi turun-temurun yang kerap dilakukan saat prosesi acara pernikahan atau lamaran. Biasanya seserahan dapat berisi perlengkapan yang dibutuhkan calon suami maupun istri, seperti baju, sepatu, tas, alat rias, dan lainnya. Biaya yang dibutuhkan untuk seserahan dapat berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000 tergantung jenis dan jumlah barang yang dibeli. Sebenarnya, seserahan bukan menjadi hal wajib yang harus diberikan kepada suami maupun istri. Oleh karena itu, kamu bisa menghemat biaya seserahan sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

  2. Biaya Mahar atau Mas Kawin

    Mahar atau Mas Kawin menjadi aspek penting dalam sebuah pernikahan. Pengertian mahar ialah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada sang mempelai wanita. Jenis dan bentuk mahar yang diberikan dapat bermacam-macam, bisa benda ataupun jasa. Contoh beberapa mahar benda yang dapat diberikan berupa uang, emas, properti dan tanah, perlengkapan ibadah, dan lain-lain.

    Tidak ada aturan tetap yang mengikat terkait biaya mahar yang harus dikeluarkan. Hal tersebut menjadi kesepakatan kedua belah pihak serta kesanggupan mempelai pria. Sebagai estimasi biaya mahar, untuk perlengkapan ibadah membutuhkan biaya kurang lebih Rp1.000.000. Adapun bila ingin memberikan mahar berupa emas, membutuhkan biaya Rp900.000 hingga Rp7.000.000 tergantung berat emasnya.

  3. Biaya Tempat Pernikahan

    Terkait tempat pernikahan, ada banyak pilihan yang dapat menjadi pertimbangan untuk mengadakan sebuah pernikahan. Bagi beberapa orang ada yang memilih mengadakan acara pernikahan di gedung, di rumah, di KUA, di aula atau balai-balai pertemuan, serta banyak tempat lainnya. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki serta jumlah tamu undangan untuk menyesuaikan besar kecil tempatnya. Berikut ini adalah rincian beberapa tempat pernikahan yang dapat menjadi referensi dalam memilih tempat pelaksanaan pernikahan.

    Tempat Menikah Biaya yang Dikeluarkan Keterangan
    KUA Rp0-Rp600.000 Jika di hari kerja, biaya pernikahan di KUA gratis. Akan tetapi, jika di luar hari kerja, dikenakan biaya.
    Rumah Rp5.000.000-Rp10.000.000 Biaya sudah termasuk tenda, dekorasi pernikahan, gazebo, standing welcome, dan karpet jalan merah untuk pengantin.
    Gedung Mulai dari Rp15.000.000 Biaya tergantung pada gedung dan ukuran tempat menikah.
  4. Biaya Cincin Kawin

    loader

    Cincin Kawin

    Menemukan cincin kawin yang sesuai dengan keinginan itu tidak mudah. Banyak calon pengantin dilanda kegalauan karena persoalan cincin nikah. Sebaiknya, kamu dan pasangan berdiskusi tentang hal ini karena harga cincin kawin bergantung pada model, berat, bahan dan brand.

    Dalam proses pernikahan, cincin menjadi salah satu benda yang menjadi simbol atas ikatan yang mengikat komitmen sepasang suami-istri. Hal tersebut menjadi tanda bahwa sepasang suami-istri secara sah dan resmi telah menikah. Bahan, jenis, dan modelnya beragam sehingga kamu dapat memilihnya sesuai keinginan kamu dan pasangan.

    Harga cincin berbeda-beda pula tergantung berat gram dan jenis karatnya. Biasanya, kebanyakan cincin nikah memiliki berat sebesar lima gram. Biaya cincin emas seberat lima gram tersebut berkisar dari harga Rp4.000.000 sampai dengan Rp5.000.000 untuk sepasang, sedangkan yang berbahan perak memiliki harga Rp2.000.000 untuk sepasang. Kamu dan pasanganmu bebas memilih cincin mana yang akan kalian gunakan sesuai dengan budget dan kebutuhan.

  5. Biaya Wedding Organizer

    Jasa wedding organizer (WO) menjadi pilihan tepat bagi calon pengantin yang sibuk sehingga tidak bisa mengurus keperluan resepsi pernikahan mereka sendiri. WO menawarkan jasa mulai dari konsep, gedung, dekorasi hingga katering. Keuntungan menggunakan jasa WO ialah calon pengantin tak perlu stres karena semua tetek-bengek persiapan pesta pernikahan diurus dengan baik oleh WO.

    Biaya WO di wilayah Jabodetabek yang paling murah berkisar mulai dari Rp8 juta. Kini, ada banyak WO yang menawarkan paket bundling. Catatan, pastikan kamu mencari informasi selengkap-lengkapnya agar tidak tertipu jasa WO abal-abal ya!

  6. Biaya Katering

    Urusan katering juga menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan calon pengantin dengan baik. Biaya masakan katering nikahan tidaklah murah, apalagi katering sajian prasmanan dengan beragam pilihan menu lokal dan internasional yang lezat.

    Biaya katering biasanya disesuaikan dengan banyaknya tamu yang diundang. Jika makin banyak tamu dan sanak saudara yang diundang, berarti akan makin besar biaya yang harus dikeluarkan untuk katering. Biasanya, para penyedia katering sudah membanderol harga paket katering dengan estimasi biaya Rp50.000 per pax-nya yang biasanya sudah termasuk nasi, lauk-pauk, sayur, kerupuk, buah-buahan, dan lainnya. Bila kamu dan pasangan mengundang 300 tamu, maka biaya yang dibutuhkan adalah Rp15.000.000.

    Akan tetapi, bila dirasa harga tersebut di luar budget yang kalian miliki, maka pada kebutuhan katering dapat disiasati dengan mencari paket yang biasanya disediakan oleh wedding organizer atau tempat penyewaan gedung. Biasanya, jika harga paket kita akan mendapatkan biaya yang lebih murah atau bahkan akan mendapatkan banyak penawaran diskon. Selain itu, kebutuhan katering dapat diperketat biayanya dengan memasak sendiri. Bagi yang mengadakan pernikahan di rumah, memasak katering sendiri dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk menghemat biaya.

  7. Biaya Undangan & Jumlah Tamu

    loader

    Undangan Kawin

    Salah satu cara yang paling sering dipakai dalam menghemat biaya pernikahan adalah membatasi jumlah tamu undangan. Hal ini akan berhubungan dengan jumlah undangan yang harus dipersiapkan dan dicetak untuk kemudian disebarkan.

    Nyatanya, undangan nikah versi cetak masih cukup digemari di Tanah Air. Kini, ada banyak vendor desain dan cetak undangan nikah online dengan beragam desain dan kreativitas. Biasanya, biaya cetak undangan membutuhkan biaya sebesar Rp500.000 hingga Rp2.000.000 tergantung jenis kertas dan desain undangan serta banyaknya undangan yang dicetak.

    Akan tetapi, masa yang sudah canggih saat ini telah banyak menggunakan undangan digital sebagai alternatif dalam menghemat biaya. Undangan digital tidak memerlukan biaya apapun bila membuat mandiri desain undangan tersebut. Ada juga yang membutuhkan biaya sebesar Rp200.000 atau lebih untuk membuat undangan digital berbentuk website yang dapat diakses oleh tamu undangan.

  8. Biaya Suvernir

    Ada banyak sekali ide suvenir yang dapat dijadikan buah tangan saat acara pernikahan. Suvenir tersebut dapat berupa gantungan kunci, gelas, tatakan lilin, seperangkat alat makan (sendok dan garpu), tumblr minum, sedotan stainless, centong nasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan pada suvenir berbeda-beda sesuai keinginan kedua mempelai.

    Umumnya, biaya untuk suvenir dapat dialokasikan dengan biaya sebesar Rp5.000 per barangnya. Contohnya, pada barang sedotan stainless atau gantungan kunci. Kedua barang tersebut dapat menjadi ide suvenir yang terjangkau untuk tamu undangan. Bila tamu undangan berjumlah 300 orang, biaya yang dikeluarkan untuk suvenir adalah Rp1.500.000 dengan satu barangnya seharga Rp5.000.

  9. Biaya Tata Rias & Baju Pengantin

    Rias dan baju pengantin menjadi hal penting yang tidak boleh dianggap enteng. Orang bilang, ‘ada harga, ada rupa’, tentunya agar di hari-H pernikahan kalian berdua terlihat manglingin dan elegan. Usahakan jauh-jauh hari, mulai cari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai bujet.

    Busana untuk pengantin dapat diakali dengan menyewa baju dan gaun sehingga biaya nikah yang dikeluarkan jauh lebih murah daripada harus membelinya. Hal tersebut menjadi pertimbangan, selain karena harganya yang jauh lebih murah, baju dan gaun pengantin hanya akan dipakai satu kali saja.

    Maka, kamu tidak memerlukan biaya mahal untuk membuat busana pengantin melalui jasa desainer. Umumnya, estimasi yang dibutuhkan untuk penyewaan busana pengantin adalah sebesar Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 yang sudah meliputi baju dan gaun untuk kedua mempelai, empat seragam untuk orang tua, seragam pagar ayu atau sanak saudara.

    Untuk biaya tata rias, ada banyak tempat penyewaan baju yang sudah menyiapkan paket bersamaan dengan busana dan tata rias pengantin. Oleh karena itu, kamu dan pasangan tidak perlu lagi repot-repot mencari penata rias. Biasanya, harga untuk tata rias pengantin ini berkisar antara Rp800.000 hingga Rp1.500.000 tergantung banyaknya orang yang dirias.

  10. Biaya Dokumentasi dan Hiburan

    loader

    Dokumentasi Pernikahan

    Tidak lengkap rasanya bila suatu momen berharga tidak didokumentasikan dalam bidik kamera. Oleh karena itu, dokumentasi menjadi salah satu hal yang penting dipertimbangkan kebutuhannya di dalam pelaksanaan pernikahan. Jasa fotografer berbeda-beda harganya. Mulailah dengan mencari jasa fotografer dengan orang-orang terdekat yang dikenal sehingga bisa mendapatkan harga diskon atau rekomendasi jasa fotografer yang berpengalaman dengan harga yang terjangkau terjangkau.

    Oleh karena itu, gencar-gencarlah mencari dan batasi biaya yang dibutuhkan pada kebutuhan dokumentasi ini agar kamu dan pasangan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Estimasi biaya yang diperlukan pada jasa fotografer ini berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000. Biasanya, sudah termasuk paket foto, video, dan album foto.

    Sementara itu, pernikahan juga tidak seru bila tidak diiringi musik. Oleh sebab itu, hiburan musik menjadi salah satu keperluan pada pernikahan yang membutuhkan biaya. Hiburan musik dibanderol dengan kisaran harga Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000 untuk sekali tampil. Selain itu, MC sebagai pembawa acara adalah salah satu hal penting pada pernikahan dalam perannya yang memegang jalannya acara. Biaya untuk MC atau pembawa acara dapat dialokasikan sebesar Rp1.000.000.

  11. Biaya Tidak Terduga

    Pada kenyataannya, ada saja tambahan kebutuhan pernikahan yang sebelumnya tidak disangka-sangka. Oleh karena itu, agar nantinya tidak terlalu kewalahan ketika harus mengeluarkan biaya lagi, penting untuk menyiapkan biaya tidak terduga. Biaya nikah yang tidak terduga dapat meliputi biaya penghulu, biaya konsumsi untuk jamuan sanak saudara dan keluarga besar di rumah, transportasi, dan lain-lain. Untuk itu, biaya nikah yang tidak terduga dapat dialokasikan sebesar Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.

Baca juga: Cara Daftar Nikah Online dan Prosedur Ijab Kabul di KUA saat Darurat Corona

Nikah Yuk! Sudah Siapkah Biayanya?

Secara total, rata-rata pengeluaran biaya menikah di gedung perkantoran kota-kota besar seperti Jakarta bisa mencapai Rp150 juta-Rp300 juta. Lalu, versi hematnya, yakni menikah di aula masjid atau sekolah, biaya mencapai Rp70 juta – Rp150 juta. Dengan catatan, tinggi-rendahnya biaya ini tergantung pada jumlah tamu, lokasi gedung/aula hingga konsep pernikahan.

Itulah gambaran tentang daftar persiapan dan biaya nikah. Selanjutnya, mulai diskusikan dengan pasanganmu tentang konsep hingga biaya pernikahan ideal versi kalian berdua. Cek juga berapa dana tabungan menikah yang sudah tersedia.