Nikah Yuk! Ini 11 Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan Milenial

Ngomong-ngomong soal nikah, apa kamu berencana menikah tahun ini? Atau menikah menjadi salah satu resolusi yang ingin kalian wujudkan tahun ini?

Pertama-tama, pahami dulu kalau menikah itu tidak cukup hanya modal niat saja. Perlu usaha nyata untuk mewujudkannya. Misalnya, menyakinkan pasangan untuk menikah, menyiapkan dana menikah, mendapatkan restu dari kedua orang tua hingga merancang konsep resepsi pernikahan.

Menyoal biaya nikah, tahu,‘kan? menikah dengan resepsi kekinian di zaman now tidaklah murah. Jadi, kalian perlu mempersiapkannya dengan matang agar impian menikah bisa terealisasi dengan lancar.

Lantas, apa saja biaya-biaya nikah yang perlu disiapkan? Simak 11 rincian daftar biaya nikah, estimasi biaya dan solusi lengkapnya versi cermati.com berikut ini:

lamaran

1. Biaya Hantaran

Hantaran atau seserahan menjadi salah satu tradisi turun-temurun yang kerap dilakukan saat prosesi acara pernikahan atau lamaran. Umumnya, isi seserahan antara lain perlengkapan sholat/ibadah,  perlengkapan wanita (pakaian pesta/kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make-up, peralatan mandi), hingga makanan dan buah-buahan. 

Estimasi Biaya: biaya hantaran bervariasi, semuanya tergantung pada jumlah barang dan merk yang ingin diberikan. Versi sederhana, biaya hantaran lengkap mulai dari Rp5 juta.

2. Biaya Mahar atau Mas Kawin

Mahar atau Mas Kawin menjadi aspek penting dalam sebuah pernikahan. Pengertian mahar ialah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada sang mempelai wanita. Lazimnya, mahar berupa seperangkat alat sholat/ibadah, sejumlah uang tunai hingga perhiasan atau emas (logam mulia).

Estimasi Biaya: Misalnya, mahar berupa logam mulia 10 gram, maka uang yang perlu kamu siapkan sebesar Rp7,5 juta.

3. Biaya KUA

Menikah di kantor urusan agama (KUA) itu gratis asalkan menikah pada hari dan jam kerja (Senin – Jumat). Menikah di KUA dikenai biaya apabila calon pengantin menikah bukan di kantor KUA atau diluar hari dan jam kerja KUA (hari libur atau weekend).

Estimasi Biaya: Biaya KUA sebesar Rp600.000. Sebagai catatan, biaya ini belum termasuk biaya penghulu. Umumnya, calon penggantin memberikan sejumlah uang (se-ikhlasnya) sebagai bentuk ucapan terima kasih.    

4. Biaya Cincin Kawin

cincin kawin

Menemukan cincin kawin yang sesuai dengan keinginan itu tidak mudah. Banyak calon pengantin dilanda kegalauan karena persoalan cincin nikah. Sebaiknya, kamu dan pasangan berdiskusi tentang hal ini karena harga cincin kawin bergantung pada model, berat, bahan dan brand.

Estimasi Biaya: Sebagai gambaran, harga cincin kawin sepasang dengan model simple, bahan dari emas putih dan silver dijual mulai dari Rp6 juta.  

5. Biaya Wedding Organizer

Jasa wedding organizer (WO) menjadi pilihan tepat bagi calon pengantin yang sibuk sehingga tidak bisa mengurus keperluan resepsi pernikahan mereka sendiri. WO menawarkan jasa mulai dari konsep, gedung, dekorasi hingga katering. Keuntungan menggunakan jasa WO ialah calon pengantin tak perlu stres karena semua tetek-bengek persiapan pesta pernikahan diurus dengan baik oleh WO.

Estimasi Biaya: Biaya WO di wilayah Jabodetabek yang paling murah berkisar mulai dari Rp8 juta. Kini, ada banyak WO yang menawarkan paket bundling. Catatan, pastikan kamu mencari informasi selengkap-lengkapnya agar tidak tertipu jasa WO abal-abal ya!

6. Biaya Gedung

Gedung pernikahan

Menggelar pesta pernikahan di sebuah gedung menjadi favorit calon pengantin, khususnya generasi milenial. Mencari gedung pernikahan yang cocok berdasarkan lokasi, waktu dan sesuai bujet membutuhkan effort tersendiri. Idealnya, calon pengantin wajib booking venue atau gedung nikah jauh-jauh hari sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sebelum hari-H pernikahan.  

Estimasi Biaya: Sewa gedung kantoran di Jabodetabek sudah pasti tidak murah. Harga sewa tergantung dari lokasi, kapasitas gedung dan waktu hajatan. Harga sewa gedung paling murah, misalnya aula Mesjid dibuka mulai dari Rp5 juta dengan daya tampung hingga 500 orang. Sedangkan, harga gedung kantoran dipatok mulai dari Rp30 juta dengan kapasitas hingga 1.000 orang. 

7. Biaya Katering & Dekorasi

Urusan katering dan dekorasi pernikahan juga menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan calon pengantin dengan baik. Biaya masakan katering nikahan tidaklah murah, apalagi katering sajian prasmanan dengan beragam pilihan menu lokal dan internasional yang lezat. 

Estimasi Biaya: Sebagai gambaran, bujet katering paket murah mulai dari Rp50 ribu per orang x 500 undangan = Rp25 juta. Lalu, untuk bujet dekorasi gedung mulai dari Rp10 juta. 

8. Biaya Undangan & Souvenirs

Undangan & Souvenirs

Nyatanya, undangan nikah versi cetak masih cukup digemari di Tanah Air. Kini ada banyak vendor desain dan cetak undangan nikah online dengan beragam desain dan kreativitas. Sama halnya dengan souvenir, kamu bisa mencari inspirasi sekaligus vendor souvenir secara online. Pastikan, membaca review jasa mereka atau mencari rekomendasi dari teman/kerabat agar puas dengan hasilnya.

Estimasi Biaya: Biaya cetak undangan sekitar Rp5.000 x 500 undangan = Rp2,5 juta. Bila ingin menghemat, sebagian cetak undangan bisa diganti dengan versi digital. Lalu, biaya souvenir, sebagai contoh, dompet serba guna, harga per dompet ialah Rp8.000 x 500 orang = Rp4 juta.   

9. Biaya Rias & Baju Pengantin

Rias dan baju pengantin menjadi hal penting yang tidak boleh dianggap enteng. Orang bilang, ‘ada harga, ada rupa’, tentunya agar di hari-H pernikahan kalian berdua terlihat manglingin dan elegan. Usahakan jauh-jauh hari, mulai cari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai bujet.

Estimasi Biaya: Jasa paket rias dan sewa baju pengantin mulai dari Rp8 juta. Jika kalian ingin membuat baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa MUA (make-up artist) profesional, biaya di pos ini akan jauh lebih tinggi. 

10. Biaya Dokumentasi

Dokumentasi

Jasa dokumentasi pernikahan meliputi foto dan video. Ada banyak paket yang bisa dipilih mulai dari paket lengkap prewedding hingga pernikahan. Lakukan riset dan perbandingan harga untuk mencari jasa fotographer dan videographer terbaik.

Estimasi Biaya: Paket standar untuk dokumentasi pernikahan mulai dari Rp8 juta. Harga ini bisa lebih jika kamu menggunakan jasa foto dan video dengan konsep unik hingga lokasi berbeda-beda.

11. Biaya Tambahan Lainnya

Pos biaya tambahan yang perlu dipersiapkan juga antara lain, biaya seragam keluarga dan bridesmaid/groomsmen, hiburan musik, kue pengantin hingga sewa mobil pengantin. Catat dan diskusikan dengan pasangan, apa saja rincian biaya tambahan yang jadi prioritas. Apakah lebih baik sewa baju atau jahit, mau hiburan musik menggunakan jasa teman atau profesional, dan lain sebagainya.

Estimasi Biaya: Sebagai contoh, biaya beli seragam bisa mulai dari Rp200.000 per baju/kain. Lalu biaya hiburan musik bisa mulai dari Rp3 juta. Kue pengantin mulai dari Rp3 juta, sewa mobil mulai dari Rp 1 juta. Intinya, selalu hitung rincian pos untuk biaya tambahan agar biaya menikah tidak bengkak.

Nikah Yuk! Sudah Siapkah Biayanya?

menikah

Secara total, rata-rata pengeluaran biaya menikah di gedung perkantoran kota-kota besar seperti Jakarta bisa mencapai Rp150 juta-Rp300 juta. Lalu, versi hematnya, yakni menikah di aula masjid atau sekolah, biaya mencapai Rp70 juta – Rp150 juta. Dengan catatan, tinggi-rendahnya biaya ini tergantung pada jumlah tamu, lokasi gedung/aula hingga konsep pernikahan.

Itulah gambaran tentang daftar persiapan dan biaya nikah. Selanjutnya, mulai diskusikan dengan pasanganmu tentang konsep hingga biaya pernikahan ideal versi kalian berdua. Cek juga berapa dana tabungan menikah yang sudah tersedia.

Tapi kalau dana nikah masih kurang atau belum ada sama sekali? Apa yang harus dilakukan?

Opsi jawaban ada dua pilihan yakni menunda waktu menikah atau wujudkan impian menikah tahun ini dengan menggunakan dana pinjaman kredit tanpa agunan (KTA). Salah satu pinjaman KTA yang cocok dijadikan pilihan dana menikah ialah KTA CIMB Niaga Xtra Dana. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp300 juta dengan bunga ringan hingga 0,79% flat/bulan.

Yakin Menikah Tahun Ini

Milenial, alangkah baiknya kamu tak menunda menikah apalagi jika pasanganmu sudah ingin segera di- ‘sah’-kan. Ambil langkah berani dan yakinlah dalam mewujudkan impianmu membangun mahligai rumah tangga dengan bahagia bersama pasanganmu. Percayalah, rejeki akan datang dengan sendirinya selama kamu yakin dan selalu berusaha yang terbaik. Semangat wujudkan mimpi kalian ya!