Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di Apotek

Mata gatal, kering, perih, merah, atau terasa tidak nyaman sering kali membuat orang jadi merasa terganggu. Kondisi ini tidak jarang membuat orang secara refleks mengucek mata. Padahal, tindakan tersebut bukannya membuat mata membaik, tetapi justru bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Alih-alih mengucek mata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata gatal atau perih. Misalnya saja dengan mengompres mata dengan handuk hangat/air dingin atau menggunakan obat tetes mata.

Obat tetes mata banyak dijual bebas di pasaran. Selain tidak membutuhkan resep dokter, harga yang ditawarkan juga tergolong ramah di kantong. Pilihannya juga sangat banyak sehingga kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, jika kamu masih bingung obat tetes mata seperti apa yang sebaiknya digunakan, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Sedia Obat Setiap Waktu, Ketahui Lokasi Apotek Terdekat

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Obat Tetes Mata?

loader

Obat Mata Tetes

Obat tetes mata merupakan sediaan steril berupa suspensi atau larutan yang digunakan dengan cara meneteskannya di sekitar kelopak mata. Obat ini bermanfaat untuk mengurangi berbagai gangguan mata seperti alergi, kering, atau mata merah.

Produk ini bisa dibeli dengan bebas di apotek. Meski begitu, kamu perlu lebih dulu memahami kondisi yang dialami oleh mata. Belilah tetes mata yang memiliki indikasi penggunaan sesuai dengan keluhanmu. Tujuannya adalah supaya produk yang dibeli bisa bekerja secara maksimal dalam mengatasi masalah mata.

Jenis-jenis Obat Tetes Mata

Di pasaran, ada beragam obat tetes mata yang dijual. Karena itu, kamu perlu lebih dahulu mengetahui apa saja jenis-jenis obat mata tetes agar tidak salah saat akan membeli.

  1. Obat Tetes Mata untuk Konjungtivitis serta Infeksi Lain

    Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada mata atau disebut sebagai konjungtivitis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan mata merah, berair, dan belekan.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan air mata buatan dapat menjadi solusi sementara. Produk ini biasanya ampuh untuk mengobati konjungtivitis yang disebabkan karena mata terpapar zat yang mengiritasi konjungtiva, alergi terhadap zat tertentu, atau infeksi virus maupun bakteri.

    Tetapi terkadang konjungtivitis yang diakibatkan oleh bakteri bisa menimbulkan masalah mata yang lebih serius. Mata bisa terasa sakit, merah, serta muncul cairan lengket dan tebal. Jika kondisi ini terjadi, penggunaan tetes mata dengan kandungan antibiotik mungkin diperlukan.

  2. Obat Tetes Mata Gatal Akibat Alergi

    Alergi juga bisa membuat mata jadi terasa gatal. Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai obat yang di dalamnya terkandung antihistamin. Kandungan tersebut akan membantu meredakan gatal pada mata yang disebabkan alergi dengan cara menurunkan histamin pada jaringan mata.

    Jika matamu gatal karena alergi, mengucek mata sangat tidak disarankan. Sebab alih-alih membuat gatal hilang, hal ini justru akan memicu histamin dihasilkan lebih banyak. Efeknya justru akan membuat mata semakin gatal.

  3. Obat Tetes Mata Merah

    Ada banyak hal yang bisa membuat mata menjadi merah. Mulai dari, polusi udara, debu, asap, hingga alergi maupun infeksi. Pada kondisi ini, gejala yang biasanya muncul adalah mata terasa nyeri, berair, serta terbakar atau gatal.

    Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tetes mata dekongestan. Obat ini berfungsi untuk menurunkan bengkak yang terjadi pada pembuluh darah mata. Jika bengkak berkurang, maka warna merah yang muncul di mata akan hilang.

  4. Obat Tetes Mata Kering

    Kondisi ini menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Apalagi, penyebab dari kondisi ini juga sangat banyak, seperti mata terlalu lelah, udara kering, ada di dalam ruang ber-AC dalam waktu lama, terlalu lama menatap layar gawai, hingga efek operasi mata.

    Gejala yang sering muncul di antaranya adalah mata perih, sepet, penglihatan jadi kurang jelas, serta muncul sensasi gatal atau kering pada mata. Jika sudah demikian, penggunaan air mata buatan bisa membantu untuk obati mata kering secara sementara.

Baca Juga: Kenali 4 Gangguan Retina Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya

Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik

Obat tetes mata sangat mudah ditemukan di apotek dan dijual dengan merek yang cukup banyak. Kamu hanya perlu memilih produk yang paling cocok untuk keluhan yang dialami. Berikut rekomendasi obat tetes mata yang bagus yang bisa kamu temukan di apotek dengan mudah.

  1. Visine Original

    Jika kamu memiliki masalah mata yang diakibatkan oleh terpapar angin terlalu banyak, kurang tidur, berenang, atau polusi, Visine Original bisa dipilih. Obat ini mengandung tetrahydrozoline yang bermanfaat untuk mengatasi mata merah akibat iritasi ringan. Di pasaran obat ini ditawarkan dengan harga belasan ribu rupiah saja.

  2. Alcon Tears Naturale

    Obat ini bisa dipakai untuk mencegah iritasi, mata kering, hingga melindungi mata dari infeksi. Di dalamnya terkandung hydroxy methylcellulose dan dextran yang dapat memicu produksi air mata. Obat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp50 ribuan.

  3. Navitae

    Jika kamu sering menggunakan lensa kontak, Navitae bisa menjadi produk yang cocok untuk digunakan. Di dalamnya terkandung sodium hyaluronate yang dapat mengatasi mata lelah serta melembapkan mata kering yang disebabkan oleh lensa kontak. Obat tetes mata yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp150 ribuan ini juga mengandung vitamin E dan A yang dapat melembapkan dan melindungi mata.

  4. Refresh Contacts

    Di dalam obat tetes mata ini terkandung sodium hydroxide dan hydrochloric acid yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tingkat pH di area mata. Obat ini dapat membuat mata kering jadi lebih lembap serta mengatasi mata gatal. Obat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp60 ribuan.

  5. Cendo Lyteers Eyes Drops

    Obat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala mata kering. Di dalamnya terkandung kalium chloride dan sodium chloride yang berguna untuk melembapkan mata. Dijual dengan harga mulai dari Rp25 ribuan, Cendo Lyteers Eyes Drops cocok jadi pilihan untuk orang yang sering menggunakan lensa kontak.

  6. Insto Dry Eyes Moist

    Di dalam produk ini terkandung benzalkonium chloride dan hydroxypropyl methylcellulose yang bermanfaat untuk melembapkan mata. Selain mengatasi mata kering, obat ini juga bisa dipakai untuk mencegah terjadinya iritasi mata. Insto Dry Eyes Moist bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp15 ribuan saja.

  7. Cendo Cenfresh

    Obat tetes mata ini bermanfaat untuk membantu melembapkan dan mengatasi iritasi pada mata serta melindunginya dari kotoran dan debu. Obat yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp40 ribuan ini memiliki kandungan bahan aktif carboxymethylcellulose sodium.

  8. Blink Contacts

    Obat ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose dan polyhexamethylene biguanide yang berguna untuk melembapkan mata yang kering akibat menggunakan lensa kontak. Obat yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp60 ribuan ini juga bisa digunakan langsung saat mata sedang memakai lensa kontak untuk melembapkan permukaan lensa.

  9. Rohto Eye Flush

    Produk yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp30 ribuan ini mengandung vitamin E, L-Menthol, benzalkonium klorida, dan distilled witch hazel 13 persen. Penggunaannya bermanfaat untuk mengatasi iritasi mata ringan, menyegarkan dan menyejukkan mata lelah, serta membersihkan mata.

  10. Y-rins

    Obat ini memiliki kandungan distilled witch hazel 13 persen yang bermanfaat untuk mengatasi radang mata. Selain itu, obat yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp40 ribuan ini juga bisa meredakan iritasi ringan, menyegarkan dan menyejukkan mata yang lelah, serta membersihkannya.

Pilih Obat Tetes Mata Terbaik yang Sesuai dengan Keluhan

Ada banyak sekali obat tetes mata yang beredar di pasaran. Masing-masing dari produk tersebut juga mengandung bahan aktif yang berbeda-beda dan memiliki manfaat yang juga berbeda. Karena itu, kamu perlu mengetahui lebih dulu apakah indikasi penggunaan dari obat tetes mata yang dibeli sesuai dengan keluhan yang dialami.

Selalu baca petunjuk penggunaan, efek samping, hingga kandungan obat setiap kali akan membeli obat tetes mata. Gunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk penggunaan dan dosis yang tepat. Jika setelah digunakan beberapa waktu keluhan tidak kunjung membaik atau justru memburuk, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga: Ketahui 10 Jenis Operasi Mata dan Biaya Operasi untuk Mata Minus, Silinder, dan Plus