Optik Melawai, Berawal dari Perusahaan Keluarga Hingga Jadi Perusahaan Optik Terbesar di Indonesia

Siapa yang tak mengenal Optik Melawai, brand kacamata terbesar di Indonesia yang dibuka pada tahun 1981 nyatanya memiliki banyak sekali kisah dibelakangnya. Hingga saat ini saja Optik Melawai telah memiliki sekitar 300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Nama Optik Melawai sendiri diambil dari nama gerai pertama mereka yang pertama kali dibuka di kawasan Jalan Melawai, Jakarta Selatan.

Optik Melawai sendiri didirikan oleh Budi Purnomo Hadisurjo dimana kesuksesannya dalam membangun brand Optik Melawai membawa dirinya sebagai salah satu jajaran pengusaha terkaya di Indonesia.

Diprediksi kekayaannya mencapai US$ 250 juta atau setara dengan Rp 3,6 triliun jika di rupiahkan. Angka sebesar itu diperoleh hanya dari bisnis Optik Melawai saja, luar biasa bukan?

Kita kali ini akan membahas mengenai bagaimana Optik Melawai mulai perjalanan bisnisnya dari membuka usaha yang dirintis dengan konsep yang berbeda hingga kini menjadi perusahaan optik terbesar di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya dari cermati.com: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menghadirkan Toko dengan Konsep Menawarkan Kenyamanan

Salah satu toko Optik Melawai di Supermal Karawaci
Salah satu toko Optik Melawai di Supermal Karawaci via supermalkarawaci.com

Hal pertama yang membuat Optik Melawai berbeda dengan toko kacamata lainnya adalah desain dari toko itu sendiri. Pada tahun 80-an rata-rata toko kacamata berkonsep biasa saja, bahkan pendingin ruangan pun belum ada. Optik Melawai menghadirkan konsep toko kacamata yang lebih nyaman dan semenarik mungkin sehingga membuat pembelinya betah berlama-lama di toko.

Kehadiran konsep baru yang diusung oleh Optik Melawai membuat brand satu ini memiliki tampilan yang lebih eksklusif dibandingkan optik-optik lainnya. Hal tersebut diperkuat setelah Optik Melawai memegang lisensi beberapa brand fashion ternama yang mengeluarkan frame optik dan dijual secara eksklusif.

Baca Juga: Mengintip Sejarah Sinarmas, Kerajaan Bisnis Milik Konglomerat Eka Tjipta Widjaja

 

2. Memiliki Diversifikasi Target Market

Salah satu kacamata dengan harga terjangkau di Optik Melawai
Salah satu kacamata dengan harga terjangkau di Optik Melawai via dmalldepok.com

Jika umumnya  bisnis memiliki diversifikasi produk, berbeda dengan Optik Melawai yang justru melakukan strategi yang sedikit berbeda. Secara umum tentunya Optik Melawai menjual produk dalam bentuk kacamata, sekalipun melakukan diversifikasi produk pun hanya sebatas menghadirkan softlens dan sunglasses saja.

Namun cara lain juga dilakukan oleh Optik Melawai dengan cara diversifikasi target market. Diversifikasi target market yang dilakukan oleh Optik Melawai adalah menawarkan banyaknya pilihan harga kacamata sehingga banyak pelanggan yang bisa masuk ke dalam toko Optik Melawai.

Hal tersebut juga mereka lakukan untuk mendobrak stigma eksklusivitas Optik Melawai yang nyatanya hadir untuk semua kalangan mulai dari kalangan atas hingga kelas bawah.  

Di Optik Melawai, Anda tak hanya bisa menemukan berbagai macam merek kacamata ternama dengan harga jutaan rupiah. Di Optik Melawai Anda juga bisa menemukan kacamata dengan harga ratusan ribu saja. Selain itu, pihak Optik Melawai juga seringkali menawarkan promo harga kacamata dengan kualitas terbaik dengan kisaran harga Rp 200an ribu saja.

Diversifikasi target market Optik Melawai pun kian gencar dengan menyasar pasar anak muda dengan menawarkan konsep yang ‘kekinian’. Salah satu caranya yakni dengan menghadirkan merek Bridges Eyewear yang merupakan anak perusahaan dari Optik Melawai dan didirikan oleh generasi ketiga keluarga Hadisurjo yakni James Hadisurjo.

3. Menguasai Pasar Optik dengan Menghadirkan Grosir Optik

Salah satu brand kacamata yang menjadi bagian dari grosir Optik Melawai
Salah satu brand kacamata yang menjadi bagian dari grosir Optik Melawai via Youtube.com

Perkembangan pesat bisnis Optik Melawai nyatanya kian mengukuhkan perusahaan yang ini sebagai ahli di bidang kacamata. Diversifikasi yang dilakukan oleh pihak Optik Melawai pun tak tanggung-tanggung dengan membuka anak perusahaan dengan nama Visculo Optical Supply yang disebut-sebut sebagai pusat kulakan kacamata.

Produk yang ditawarkan oleh Visculo Optical Supply terdiri dari berbagai macam lensa serta frame dengan harga yang variatif. Anak perusahaan Optik Melawai ini sendiri bertindak sebagai distributor lensa ternama dengan brand Rodenstock. Sampai pada titik ini Optik Melawai berhasil meraih perusahaan optik terbesar di Indonesia.

Tak hanya memegang brand Rodenstock saja, Visculo Optical Supply juga menjual beberapa produk kacamata seperti Adidas, Fendi, Fossil, Givenchy, Kate Spade, Moschino, Nike, Porsche Design,Ted Baker dan masih banyak lagi.

Harga-harga yang ditawarkan oleh Visculo Optical Supply pun terbilang lebih terjangkau dibandingkan toko kacamata lainnya. Selain menjual kacamata, Visculo juga menyediakan berbagai macam produk contact lens. Beberapa brand diantaranya adalah Illustro dan New Look.

Baca Juga: Mengenal Cak Nun, Sosok Budayawan yang Berdakwah Lewat Cara yang Berbeda

 

4. Inovasi Layanan Pesan Online

Homepage optikmelawai.com
Homepage optikmelawai.com

Bukan Optik Melawai namanya jika tidak melakukan inovasi utamanya dalam hal marketing. Selain melakukan diversifikasi target pasar serta mendobrak stigma buruk terhadap toko kacamata, Optik Melawai juga melebarkan sayapnya dengan cara melakukan inovasi layanan pesan kacamata via online. Pemesanan dapat dilakukan melalui website resmi Optik Melawai.

Tak mau kalah dengan e-commerce yang belakangan tengah naik daun, Optik Melawai nyatanya juga tak menutup mata terhadap perkembangan teknologi. Hal tersebut semata-mata dilakukan untuk mempermudah customer dalam membeli kacamata yang berkualitas. Melalui layanan pesan online, Anda bisa memilih ratusan hingga ribuan model kacamata yang bisa Anda pesan diman pun dan kapanpun.

Dilansir langsung dari website Optik Melawai, Anda bisa memesan berbagai macam produk kacamata sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Produk-produk yang disediakan online shop Optik Melawai pun terbilang cukup lengkap mulai dari Sunglasses, frame kacamata, paket frame dan lensa, hingga berbagai macam produk lainnya. Anda bisa mengakses layanan online shop langsung melalui website resmi Optik Melawai yakni www.optikmelawai.com.

5. Generasi Ketiga Pemilik Optik Melawai

James Hadisurjo pemilik Optik Melawai saat ini
James Hadisurjo pemilik Optik Melawai saat ini via indonesiatatler.com

Kepemilikan Optik Melawai sebagai bisnis keluarga tentunya diturunkan secara turun temurun. Salah satu pemegang brand Optik Melawai adalah James Hadisurjo yang merupakan cucu dari pendiri Optik Melawai, Budi Purnomo Hadisurjo.

Nama James Hadisurjo belum cukup terkenal lantaran masih terbilang baru dalam memegang bisnis yang dijalankan oleh orangtuanya. Dimana hingga saat ini umur James baru 22 tahun dan baru saja lulus menimba ilmu di Amerika pada tahun 2016.

6. Meluncurkan Bridges Eyewear

Bridge Eyewear brand terbaru inovasi dari Optik Melawai
Bridge Eyewear brand terbaru inovasi dari Optik Melawai via cosmopolitan.co.id

Kehadiran James memberikan warna baru di bisnis Optik Melawai dengan meluncurkan business line baru dengan nama brand Bridges Eyewear. Business line ini adalah pengembangan dari kaca mata lokal yang menyasar pangsa anak muda. Kehadiran brand ini adalah hasil dari survey yang dilakukan oleh James sendiri saat berkeliling Indonesia.

Dirinya menemukan bahwa kacamata dengan desain vintage menawarkan harga yang cukup mahal yakni sekitar Rp5 juta. Hal tersebut membuat banyak anak muda lebih memilih barang palsu dibandingkan barang asli dengan harga yang relatif lebih mahal.

Dengan menghadirkan Bridges Eyewear ini James berniat mengelola pangsa pasar anak muda yang sejauh ini dirasa belum dikelola dengan baik oleh Optik Melawai sebagai pendahulunya.

Berbeda dengan konsep Optik Melawai yang terkesan lebih mature, Bridges Eyewear menghadirkan customer experience yang berbeda lantaran dijual secara eksklusif di toko baik online maupun secara offline. Senada dengan hal tersebut, James menyampaikan bahwa pola engagement dengan konsumen pun turut mempengaruhi cara pendekatan yang berbeda antara Optik Melawai dengan Bridges Eyewear.

Bridges Eyewear menerapkan sistem yang lebih friendly terhadap customer dimana biasanya pada toko kacamata konvensional customer cenderung diambilkan barang oleh pelayan toko. Sebaliknya, di Bridges Eyewear customer bisa mengambil sendiri kacamata yang ditampilkan di etalase dan mencobanya. Hal tersebut bertujuan agar customer memandang kacamata adalah bagian dari fashion alat bantu baca.

Hingga saat ini Bridges Eyewear telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di mall-mall seluruh Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dibandingkan pendahulunya, yakni Optik Melawai. Namun demikian kualitas produk yang dimiliki Bridges Eyewear tetap nomor satu.

Unggul dan Sukses di Indonesia

Sebagai pionir di bidang penjualan kacamata, nyatanya konsep bisnis yang dijalankan oleh Optik Melawai pun terbilang sukses dan ditiru oleh para pesaingnya. Namun demikian, sekalipun konsepnya dicontek oleh para pesaingnya Optik Melawai tetap memiliki tempat tersendiri di hati pelanggannya. Selain itu sisi eksklusivitas Optik Melawai pun tetap terjaga hingga saat ini.

Demikianlah artikel Kita kali ini. Untuk Anda yang hendak membuka bisnis, jangan lupa untuk tetap berinovasi lantaran perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangat berpengaruh terhadap penjualan produk maupun cara pendekatan terhadap calon customer. Semoga berguna!

Baca Juga: Kisah Transformasi Ammar Zoni, Dari Anak Nakal Jadi Artis Terkenal