Tidak Ada Tawar Menawar, Ini Pengertian Pasar Modern, Karakteristik, Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa pasar sekadar tempat berkumpulnya pedagang dan pembeli untuk bertransaksi berbagai macam barang kebutuhan apa pun. Sebenarnya, ada beragam jenis pasar yang memiliki sistem transaksi dan keuntungan berbeda-beda bagi para konsumennya sehingga penting untuk dipahami. Salah satu contohnya adalah pasar modern.

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan pasar modern adalah jenis pasar dengan produk yang dijual memiliki harga pas dan tidak bisa ditawar oleh pembeli. Walaupun begitu, jumlah peminat pada jenis pasar ini tetap cukup banyak karena produk yang diperjualbelikan biasanya memiliki kualitas yang telah teruji dan harga bersaing. 

Lalu, apa sebenarnya pengertian pasar modern ini? Juga apa saja karakteristik pasar modern, kelebihan, kekurangan, hingga contohnya? Bagi kamu yang penasaran, simak penjelasan tentang apa itu pasar modern dan segala hal seputar jenis pasar tersebut berikut ini.

Baca juga: Kenali Ciri Pasar Persaingan Sempurna, Jenis Pasar yang Mustahil bagi Pelapak Memonopoli Harga

Pengertian Pasar Modern

loader

Pasar Modern

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, pengertian pasar modern adalah jenis pasar dengan produk yang dijual memiliki harga pas. Artinya, pihak pembeli dan penjual tidak bisa melakukan tawar menawar terhadap harga barang tersebut dan harus dibeli dengan harga yang tertera. 

Beragam produk yang tersedia pada jenis pasar ini umumnya merupakan produk yang telah teruji kualitasnya serta harganya telah dipasang secara tetap. Biasanya, jenis pasar ini berlokasi di area perkotaan maupun pinggiran kota yang memiliki kondisi lingkungan aman, nyaman, dan bersih. 

Karakteristik Pasar Modern

Sebagai masyarakat, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk mengenali jenis pasar modern ini. Pasalnya, karakteristik pasar modern sangat jelas dan bisa dicermati dengan mudah, antara lain:

  • Tak ada aktivitas tawar menawar harga ketika membeli barang.
  • Harga dari setiap produk telah tertera dan diberi barcode pada transaksinya.
  • Ada banyak jenis barang yang ditawarkan dengan kualitas terjamin.
  • Berlokasi di tempat atau bangunan yang memiliki cara pelayanan mandiri.
  • Kondisi pasar nyaman, bersih, dan terkesan modern dengan perlengkapan AC serta petugas kebersihan.
  • Ada campur tangan dari pihak pemerintah terhadap aktivitas ekonomi pada jenis pasar tersebut.
  • Proses transaksi dilakukan melalui kasir khusus.
  • Pelayanan yang tersedia mampu memberi kepuasan terhadap konsumen. 

Kelebihan Pasar Modern

Sebagai jenis pasar yang terpadu, pasar modern tentu memiliki banyak kelebihan ketimbang jenis pasar lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

  • Menawarkan Produk Berkualitas

Hampir semua produk yang diperjualbelikan di pasar ini dipastikan telah melalui seleksi sesuai standar kualitas khusus. Hal ini membuat konsumen mampu mendapatkan produk dengan kualitas yang terjamin. Selain itu, tidak jarang pedagang akan menawarkan diskon pada jenis barang tertentu agar bisa selalu habis terjual sebelum kualitasnya menurun. 

  • Kondisi Pasar yang Nyaman dan Bersih

Hal lainnya yang membuat banyak orang lebih memilih berbelanja di jenis pasar ini adalah karena kondisinya yang bersih serta nyaman. Hal ini penting pada pasar modern karena berhubungan erat dengan tingkat kepuasan konsumen saat berbelanja. Karena itu, agar kondisi pasar yang nyaman dan bersih bisa tercipta, pasti ada petugas kebersihan yang selalu aktif membersihkan dan tersedia pendingin udara di setiap ruangannya. 

  • Menyediakan Lapangan Kerja bagi Masyarakat

Agar bisa berlangsung dengan lancar dan mampu secara optimal melayani setiap konsumen, pasar modern membutuhkan karyawan dalam jumlah yang banyak. Beberapa contoh karyawan yang wajib ada pada jenis pasar ini adalah security, petugas kebersihan, customer service, kasir, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja mampu menyediakan banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran.

  • Mendorong PDB

PDB atau Produk Domestik Bruto adalah nilai keseluruhan dari total produksi jasa maupun barang di sebuah negara dalam jangka waktu tertentu. Kehadiran pasar modern tersebut tentu saja akan mampu meningkatkan nilai dari PDB dan turut membantu mengangkat tingkat perekonomian sebuah negara. 

Kelemahan Pasar Modern

Selain kelebihan di atas, pasar modern juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kelemahan pasar modern.

  • Masyarakat Mulai Meninggalkan Pasar Konvensional

Karena berbagai keunggulannya, tidak sedikit masyarakat yang mungkin akan lebih tertarik untuk berbelanja di pasar modern ketimbang pasar tradisional. Imbasnya, jumlah konsumen di pasar biasa secara otomatis akan terus berkurang dan memengaruhi pendapatan dari para pedagangnya. Maka, diperlukan kebijakan khusus terkait pembangunan pasar modern ini agar dampaknya pada kondisi perdagangan pasar tradisional tidak terlalu merugikan.

  • Terdapat Kesenjangan Ekonomi

Akibat adanya peralihan konsumen dari pasar konvensional ke jenis pasar modern, pendapatan dari para pedagang di pasar biasa sudah pasti akan menurun. Terlebih, mayoritas pedagang di pasar tradisional berasal dari masyarakat kalangan menengah ke bawah, sementara pengelola pasar modern kebanyakan berasal dari masyarakat kalangan menengah ke atas. Jika makin banyak konsumen yang beralih ke pasar modern ketika berbelanja, kesenjangan antara kalangan masyarakat atas dan bawah akan makin besar. 

  • Berisiko Terjadi Eksploitasi Pemasok

Kelemahan lainnya dari jenis pasar ini adalah berisiko terjadi eksploitasi pada pihak pemasok. Umumnya, pasar modern di sebuah wilayah jumlahnya sangat sedikit. Meski begitu, jumlah pemasok yang masuk ke dalamnya bisa sangat banyak, bahkan melebihi jenis pasar yang lainnya.

Adanya persaingan dari pihak distributor atau pemasok ini sering kali dimanfaatkan dengan cara yang tidak baik atau dieksploitasi. Tujuannya tentu tidak lain agar produk yang ditawarkannya memiliki lebih banyak peminat. 

  • Penurunan Devisa Negara

Akibat potensi sumber daya pada pasar domestik relatif besar, kemungkinan adanya pasar asing yang ikut masuk ke bisnis pasar di Indonesia akan makin tinggi. Aktivitas penanaman modal maupun investasi di Indonesia dari negara lain bisa terjadi secara terus-menerus.

Efek yang muncul dalam jangka panjangnya adalah pihak luar tersebut bisa menurunkan penghasilan dari devisa negara. Sebagai contoh, adanya pasar ini bisa meningkatkan aktivitas impor dari produk-produk tertentu. Di samping itu, keuntungan bunga serta dana yang terdapat di dalam jenis pasar ini juga bisa dikirimkan pada negara lain tersebut. 

Ciri dari Pasar Modern

  • Pemilihan Lokasi

Tempat atau lokasi sangat berkaitan dengan target konsumen dari jenis pasar ini. Karena itu, semua pasar modern perlu hati-hati dalam menentukan lokasinya agar mampu mendapatkan target pasar yang tepat dan sesuai dengan incarannya. 

  • Penempatan Produk dan Desain

Selain pemilihan lokasi, pasar modern juga memiliki desain interior yang secara khusus dirancang untuk memudahkan konsumen memilih produk. Selain itu, penempatan produknya juga dikelompokkan berdasarkan dengan jenis dari masing-masing produk. Konsumen bisa pula mendapatkan keleluasaan dalam memilih barang, mulai dari segi model, ukuran, sampai harganya sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Sarana Layanan Belanja

Pelayanan belanja pada jenis pasar ini juga diawali dengan pramuniaga dan berbagai fasilitas penting lainnya untuk berbelanja. Fasilitas tersebut meliputi mesin kasir, keranjang atau tas belanja, dan lain sebagainya. 

Contoh Pasar Modern

loader

Contoh Pasar Modern

Di Indonesia, perkembangan dari pasar modern bisa dibilang cukup pesat dan sudah tersebar di banyak lokasi seluruh Indonesia. Kini, masyarakat tidak akan kesulitan untuk berbelanja di jenis pasar ini karena sudah pasti setiap kota memiliki setidaknya satu pasar modern. 

Contoh pasar modern populer dan mungkin ada di sekitar rumah kamu adalah Indomaret, Alfamart, Hypermart, Carrefour, Ramayana, Superindo, Robinson, Matahari Department Store, dan banyak lagi yang lainnya. Jadi, jika kamu ingin mencoba berbelanja di jenis pasar tersebut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi contoh pasar modern yang telah disebutkan.

Baca juga: Pasar Perdana: Pengertian, Prosedur dan Perbedaanya dengan Pasar Sekunder

Lebih Mudah dan Nyaman Berbelanja dengan Kehadiran Pasar Modern

Itulah penjelasan lengkap mengenai pasar modern, karakteristik, kelebihan dan keuntungan, hingga contohnya di Indonesia. Sebagai jenis pasar yang dirancang secara maju dan terpadu, pasar modern tentu menyediakan berbagai macam layanan dan fasilitas yang mampu memudahkan konsumen agar bisa berbelanja secara nyaman, mudah, dan berbagai hal yang menguntungkan lainnya. Kendati demikian, kehadiran pasar modern ini juga bisa memberi dampak buruk terhadap beberapa hal, seperti penurunan konsumen pada pasar tradisional, memperdalam kesenjangan sosial, sampai menurunkan tingkat devisa negara.