Pegadaian, Solusi Anda Mendapatkan Dana Cepat

Pernah mendengar jargon “Menyelesaikan masalah tanpa masalah”? Ya, jargon tersebut memang telah tersebar luas di masyarakat dan dengan mudah masyarakat akan langsung mengetahui siapa pemilik jargon tersebut yang tidak lain adalah Pegadaian. Perusahaan gadai milik negara yang telah ada sejak tahun 1901 ini memang menjadikan jargon tersebut sebagai salah satu andalannya untuk mengena di hati masyarakat.

Tujuan Didirikannya Pegadaian

Jargon Pegadaian

Pegadaian Mengatasi Masalah Tanpa Masalah via nocookie.net

 

Masalah memang selalu bisa menerpa kehidupan siapa saja. Salah satu contoh masalah yang tidak henti menjerat masyarakat adalah perihal keuangan. Pada sekali waktu, Anda mungkin saja membutuhkan dana untuk keperluan pembayaran sekolah atau tagihan lainnya, namun tidak ada dana di tangan ketika itu. Contoh lainnya, Anda melihat peluang usaha yang bagus, namun tidak memiliki modal untuk mengeksekusinya. Itu semua merupakan masalah keuangan yang wajar terjadi pada kehidupan siapa saja.

Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meminjam dana dari perseorangan atau pun lembaga. Pada tahun-tahun sebelum terbentuknya Pegadaian, banyak masyarakat Nusantara yang akhirnya terlilit dalam utang karena meminjam dana pada para rentenir. Bunga yang tinggi dan terus bertumbuh membuat peminjam akhirnya hanya dapat mengembalikan bunga pinjaman, sedangkan pokok pinjaman terus berbunga ke angka yang lebih besar.

Menyadari tidak sehatnya peminjaman yang demikian, hadirlah lembaga Pegadaian yang mengakomodasi kebutuhan warga yang membutuhkan dana mendesak. Warga tersebut dapat melakukan pinjaman dengan memberikan jaminan bpkb mobil atau sertifikat rumah/tanah, bisa juga berupa emas atau pun yang lainnya. Dana yang dipinjamkan juga tidak bisa sesuka hati karena mesti berdasarkan nilai dari benda yang menjadi penjaminnya.

Warga baru dapat mengambil kembali jaminan bendanya setelah menyetorkan uang yang sempat dipinjamnya dalam jangka waktu tertentu. Ada bunga dalam pengembalian tersebut, namun tertentu persentasenya jauh lebih kecil dibandingkan saat meminjam kepada rentenir. Jika tidak dapat juga mengembalikan dana pinjaman, pihak Pegadaian akan menganggap barang yang dijadikan sebagai jaminan telah berpindah tangan menjadi milik lembaga tersebut.

Inilah yang dimaksudnya dengan “mengatasi masalah tanpa masalah”. Dengan memberikan jaminan berupa benda berharga lainnya, uang yang Anda dapat dalam proses gadai sebenarnya adalah nilai dari benda tersebut. Kalaupun Anda tidak dapat menebusnya kembali akibat tidak ada dana untuk pengembalian pinjaman, Anda tidak akan terlilit utang. Itu karena pihak Pegadaian hanya akan menganggap barang jaminan Anda sebagai miliknya, yang nilainya sudah dibayarkan kepada Anda dalam bentuk mula pinjaman.

Tujuan utama dari Pegadaian adalah memberikan solusi pendanaan yang cepat untuk pengembangan usaha atau keperluan yang tidak terduga melalui kredit berbasis gadai dan fidusia. Tidak hanya peminjaman kredit, Pegadaian pun menyediakan kegiatan keuangan lainnya untuk memudahkan masyarakat, seperti pelayanan jasa titipan barang berharga dan jasa transfer atau pun pembayaran.

Baca Juga: Gadai BPKB Motor: Penjelasan Dan Cara Memilihnya

Karakteristik Pegadaian

Ciri Khas Pegadaian

Produk Khas Pegadaian via panoramio.com

 

Anda mungkin berpikir bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pegadaian sebenarnya juga dapat dilakukan di bank. Sebagai contoh ada kredit tanpa agunan di bank yang juga menghadirkan jasa pinjaman dengan bunga kecil. Bank juga memiliki layanan penyediaan safe deposit box bagi warga yang mau menitipkan barang berharganya.

Hal tersebut memang benar. Namun yang harus Anda ketahui, target utama Pegadaian memang lebih kepada masyarakat yang belum tersentuh akses perbankan. Selain itu, menekankan kepada nama lembaganya sendiri, Pegadaian lebih berorientasi kepada peminjaman gadai yang berarti pasarnya adalah masyarakat yang masih memiliki barang berharga, namun membutuhkan dana cair untuk suatu keperluan.

Dengan menggadaikan barang berharganya, Pegadaian ingin memastikan bahwa peminjam kredit tidak akan menemui masalah baru jika pada akhirnya tidak dapat melunasi utangnya. Karena alasan inilah, Pegadaian tetap hidup sampai sekarang, bahkan senantiasa berkembang.

Sama seperti lembaga lainnya yang memiliki ciri khas, Pegadaian pun mempunya karakteristik yang membedakannya dengan bank atau lembaga keuangan lainnya sebagai berikut.

1. Pinjam-meminjam
Kegiatan di Pegadaian yang paling dominan adalah utang-piutang. Aktivitas pinjam-meminjam menjadi hal utama yang menjalankan roda lembaga ini. Dalam kegiatan pinjam-meminjamnya, Pegadaian juga memiliki syarat dan ketentuan yang mesti dipenuhi sesuai perjanjian.

2. Jaminan
Mengajukan pinjaman di Pegadaian tidak bisa tanpa jaminan. Anda harus menyerahkan barang berharga yang bernilai jual untuk ditukarkan dengan dana cair dari lembaga ini. Jaminan tersebut mesti berupa barang bergerak, seperti emas, televisi, atau pun ponsel. Nilai pinjaman yang akan Anda peroleh bergantung taksiran dari harga benda jaminan yang Anda bawa.

3. Benda Gadai Dikuasai Pegadaian
Selama Anda belum mengembalikan dana hasil penggadaian barang berharga, Anda belum bisa mendapatkan kembali jaminan Anda. Hak penguasaan benda jaminan tersebut sepenuhnya dipegang oleh Pegadaian dan baru kembali ke Anda setelah Anda melunasi utang. Namun jika dalam jangka waktu perjanjian Anda tidak dapat pula mengembalikan uang yang Anda pinjam, benda jaminan tersebut akan menjadi milik Pegadaian.

Baca Juga: Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya

Mudahnya Mendapatkan Dana Pegadaian

Mendapat Dana dari Pegadaian Sangat Mudah

Mendapat Dana dari Pegadaian Sangat Mudah via terbitsport.com

 

Ketika masalah keuangan datang kepada Anda dan menuntut adanya dana cair dengan segera, Anda bisa langsung ke Pegadaian melakukan pinjaman. Prosedurnya yang tidak rumit dan syaratnya yang sederhana membuat meminjam di Pegadaian terasa begitu mudah.

Secara sederhana, Anda hanya perlu datang ke cabang Pegadaian terdekat dengan membawa barang yang hendak dijaminkan. Di sana akan ada petugas yang melayani Anda. Salah satu petugasnya adalah penaksir yang akan memperkirakan nilai dari barang jaminan yang Anda bawa.

Dari taksiran petugas, Anda bahkan masih dapat melakukan penawaran secara logis. Baru ketika diperoleh kesepakatan mengenai harga barang, Anda akan memperoleh sejumlah dana dari Pegadaian saat itu juga. Cepatnya pencairan dana pinjaman ini menjadi dewa penolong bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan mendesak.

Benda jaminan yang Anda bawa akan ditahan sementara sampai Anda melunasi pinjaman sesuai waktu yang diharuskan. Jika di tempat lain menerapkan biaya administrasi besar dan beberapa potongan lain dalam pinjaman, Pegadaian menerapkan tarif administrasi yang dipukul rata, yakni Rp25.000.

Waktu pengembalian pinjaman di Pegadaian juga tidak bersifat kaku. Anda dapat menebus barang jaminan Anda dalam 15 hari kerja maupun tiga hari kerja. Semakin cepat Anda mengembalikan dana pinjaman, bunga yang mesti Anda bayar kepada Pegadaian juga akan semakin kecil.

Selain berbagai kemudahan di atas, masih banyak nilai lebih dari melakukan pinjaman di Pegadaian. Berikut berbagai kemudahan lainnya yang akan Anda rasakan saat menjatuhkan pilihan kepada Pegadaian untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.

1. Fleksibel
Tidak seperti mengajukan pinjaman di bank atau pun lembaga keuangan lain, menggadaikan barang di Pegadaian untuk memperoleh uang sangat fleksibel. Anda hanya perlu membawa barang ke cabang Pegadaian kapan saja dibutuhkan, hari itu juga Anda dapat membawa pula uang yang dibutuhkan.

2. Dapat Diperpanjang Setiap Saat
Ada saat Anda mendadak bingung karena dana untuk pengembalian pinjaman belum ada di tangan, padahal jatuh tempo pengembalian sudah dekat. Jika meminjam di Pegadaian, Anda tidak akan terlalu memusingkan masalah tersebut. Pegadaian menyediakan layanan perpanjang pinjaman yang bisa dilakukan setiap saat. Tentu Anda jadi harus membayar tagihan yang lebih tinggi daripada saat membayar tepat waktu, namun nilainya sangat kecil sehingga Anda tidak akan terbebani.

3. Menentukan Besaran Cicilan
Jika Anda tidak dapat melakukan pembayaran langsung terhadap pinjaman dengan jaminan di Pegadaian, tersedia pula pilihan untuk mencicilnya. Hal yang lebih menyenangkan lagi, sebagai peminjam, Anda dapat mengatur sendiri besaran cicilan sesuai kesanggupan Anda.

4. Biaya Administrasi Terjangkau
Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Anda tidak takut dana pinjaman Anda akan dikenai berbagai potongan dan biaya administrasi yang besar. Pegadaian biasa menerapkan nilai administrasi rata di tiap transaksi peminjamannya, yakni Rp25.000

5. Bebas Penalti
Di lembaga keuangan lainnya, Anda harus mengikuti ketentuan pembayaran sesuai jatuh temponya. Pembayaran sebelum jatuh tempo hanya menempatkan diri Anda ke sanksi berupa penalti. Di Pegadaian, Anda bisa melakukan pelunasan pinjaman kapan saja. Tidak ada penalti yang menunggu. Justru dengan melunasi lebih cepat, bunga yang akan dikenai kepada Anda lebih kecil dan pembayaran menjadi lebih ringan.

Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah

Segala kemudahan peminjaman di Pegadaian membuat Anda tidak perlu ragu menyelesaikan masalah Anda di lembaga keuangan yang satu ini. Seperti jargonnya yang “Menyelesaikan masalah tanpa masalah”, Anda justru akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat dari transaksi gadai Anda. Tentunya juga masalah keuangan Anda dapat segera teratasi dengan dana cair hasil pinjaman dari Pegadaian.

Baca Juga: Cari Pinjaman Uang? Ini Empat Tempat Untuk Mendapatkannya