Ini Pengertian Merchandise, Jenis, dan Fungsinya untuk Promosi Bisnis

Semua masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan yang namanya merchandise. Alasannya karena barang ini sering kali dijadikan sebagai pernak-pernik di berbagai acara, perhelatan, atau event khusus dan dibagikan secara gratis kepada pengunjung. Karena alasan itulah mengapa tak sedikit masyarakat yang merasa senang dan tertarik untuk mendapatkannya. 

Mengetahui hal tersebut, tak sedikit brand memanfaatkan merchandise sebagai salah satu media untuk beriklan dan melakukan promosi. Caranya dengan menempatkan logo atau nama brand pada merchandise tersebut, lalu memberikannya kepada masyarakat secara cuma-cuma, atau menjadikannya sebagai hadiah. 

Menjadikan merchandise sebagai media beriklan juga bisa dibilang membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar. Namun, jika dieksekusi dengan cara dan pada kalangan yang tepat, hal ini bisa memberi dampak marketing yang masif. Nah, agar lebih memahami apa itu merchandise, fungsi, dan berbagai bentuknya, simak penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Marketing Communication: Pengertian, Strategi, serta Langkah Tepat untuk Melakukannya

Apa Itu Merchandise?

Merchandise adalah jenis pernak-pernik yang tentu tidak jarang ditemui oleh masyarakat. Salah satu bentuk hadiah tersebut sering kali digunakan oleh sejumlah pihak saat sedang menghelat sebuah acara maupun event untuk menarik minat pengunjung dan memeriahkannya. 

Tidak hanya itu, hal ini juga sering kali dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai pengingat bagi pelanggan maupun konsumen terhadap merek bisnisnya. Hal ini disebabkan merchandise umumnya dibuat dengan menempatkan logo ataupun nama sebuah merek atau brand perusahaan dengan jelas dan mudah dilihat. 

Dengan adanya logo tersebut, sebuah perusahaan atau bisnis jadi bisa memanfaatkan merchandise sebagai sarana atau media untuk mengiklankan atau mempromosikan mereknya. Di sisi lain, kebanyakan merchandise dibuat dengan bentuk berupa barang sehari-hari yang biasanya rutin dipakai oleh pemiliknya. 

Beberapa Jenis Merchandise

loader

Jenis-jenis Merchandise

  1. Kaos atau T-Shirt

    Kaos adalah jenis pakaian yang umumnya digunakan oleh banyak orang dan tidak terbatas pada jenis kelamin. Semua kalangan masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, pasti bisa menggunakan jenis pakaian ini saat sedang menjalani aktivitas sehari-hari baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

    Karena fungsinya tersebut, kaos bisa menjadi bentuk merchandise sempurna yang bisa dipilih oleh perusahaan atau brand. Selain itu, menjadikan kaos sebagai media promosi juga tergolong sangat simpel, yaitu dengan cara menambahkan gambar atau tulisan di bagian depan atau belakangnya. Jenis kaos yang dipilih bisa berupa kaos oblong maupun kaos polo dengan ukuran all size.

    Usahakan untuk memberikan desain unik dan bagus agar logo atau tulisan tersebut bisa menarik perhatian orang untuk melihatnya. Dengan desain yang menarik, penerima merchandise ini juga pasti tidak akan segan untuk menggunakannya kala beraktivitas ataupun melakukan kegiatan hariannya. 

  2. Tas, Goodie Bag, Paper Bag, atau Tote Bag

    Sama halnya dengan kaos, tas juga termasuk sebagai barang yang umumnya digunakan di keseharian masyarakat. Sebagai contoh, tote bag termasuk sebagai salah satu produk fashion yang cukup populer di kalangan anak muda masa kini. 

    Karena potensi digunakannya terbilang tinggi, jenis produk tersebut tentu dapat dijadikan sebagai merchandise sekaligus media promosi. Beberapa jenis tas lain yang cocok dijadikan sebagai hadiah kepada pelanggan atau konsumen dan juga media periklanan adalah goodie bag, paper bag, maupun tas belanja. 

  3. Jam Dinding atau Jam Meja

    Fungsinya sebagai penunjuk waktu yang bisa dilihat oleh banyak orang, jam dinding atau jam meja tentu mampu menjadi merchandise yang juga bisa mengenalkan sebuah brand atau perusahaan. 

  4. Stiker

    Murah, bisa ditempel di mana saja, dan mudah didesain, stiker juga menjadi salah satu jenis merchandise yang cukup sering dipilih oleh perusahaan maupun instansi. Hal ini membuat barang tersebut sempurna dijadikan sebagai ajang untuk membangun brand, dan bisa digunakan oleh bisnis dari bidang apa pun.

    Terlebih, tidak sedikit orang yang memiliki hobi untuk menempelkan stiker di berbagai barang ataupun untuk menghias ruangan. Jadi, secara tidak langsung, produk ini mampu mengingatkan pemiliknya akan keberadaan sebuah brand, atau mengenalkannya ke setiap orang yang melihatnya. 

  5. Mug atau Gelas

    Mug atau gelas juga populer dijadikan sebagai merchandise oleh banyak perusahaan dan brand usaha. Baik itu dari bahan keramik atau stainless steel, mug atau gelas tentu akan menjadi barang yang selalu digunakan setiap harinya.

  6. Flashdisk

    Zaman sekarang, hampir semua orang membutuhkan flashdisk agar bisa menyimpan data atau file dan membawanya ke mana pun. Karena dicari oleh banyak orang, barang ini juga cocok dijadikan sebagai salah satu opsi pembuatan merchandise untuk diberikan kepada para pelanggan. 

  7. Helm atau Jaket

    Walaupun mungkin tidak umum dijadikan sebagai merchandise, helm atau jaket bisa menjadi opsi hadiah yang menarik dan dibutuhkan oleh penerimanya. Selain itu, karena sering kali digunakan saat beraktivitas di luar ruang dan mudah dilihat, barang ini sudah pasti bisa menjadi media promosi yang efektif. 

  8. Payung

    Payung yang biasanya digunakan di luar ruang juga dapat menjadi pilihan bentuk merchandise bagi sebuah brand sebagai media promosi. Tergantung ukurannya, payung yang memiliki logo atau nama sebuah brand bakal bisa dilihat dan dikenali oleh banyak orang. 

  9. Power Bank

    Dapat digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone di mana saja, power bank juga menjadi barang yang wajib dimiliki oleh banyak orang. Karena itu, jika dijadikan sebagai merchandise atau hadiah dari sebuah brand, tentu hampir semua orang tertarik untuk mendapatkannya. Tidak harus yang mahal, ada banyak power bank yang dibanderol dengan harga terjangkau, atau memiliki kapasitas kecil dan ukuran mini agar budgetnya tidak membengkak.

  10. Ballpoint atau Pensil

    Alat tulis seperti pensil atau pulpen juga bisa dijadikan sebagai merchandise, khususnya pada acara workshop atau seminar. Agar semakin lengkap, tidak ada salahnya untuk melengkapinya dengan notebook atau map agar memberi kesan lebih positif terhadap penerimanya. 

  11. Gantungan Kunci

    Selain produk di atas, gantungan kunci termasuk juga sebagai jenis merchandise yang biasanya dibagikan secara gratis oleh sebuah brand di acara atau event tertentu. Karena harganya yang murah dan bisa dipesan dalam jumlah banyak sekaligus, gantungan kunci dapat menjadi pilihan saat bingung memilih jenis merchandise. 

  12. Pin

    Tidak jauh berbeda dengan gantungan kunci, pin juga dapat dijadikan sebagai pilihan aksesoris. Walaupun bentuknya kecil, pin bisa dipasang di baju atau tas sebagai tanda bahwa pemiliknya telah mengikuti acara atau kegiatan tertentu. Pin bisa juga dibuat dalam bentuk gantungan kunci agar lebih praktis digunakan oleh penerimanya. 

  13. Kipas Tangan atau Kipas Lipat

    Kipas tangan mungkin identik dijadikan sebagai hadiah di acara pernikahan. Namun, jenis hadiah tersebut juga bisa ditiru oleh brand dan menjadikannya sebagai merchandise bagi para pelanggannya. Mudah dibawa ke mana saja, kipas lipat dapat dibuat dengan berbagai model, ukuran, serta desain yang bisa menggambarkan identitas sebuah brand.

  14. Botol Minuman

    Terakhir, rekomendasi barang untuk dijadikan sebagai merchandise adalah botol minuman. Jenis barang ini cocok dipilih oleh bisnis minuman agar bisa mengenalkan brand mereka ke masyarakat. Contohnya, bisnis minuman energi dapat membagikan botol minuman saat mengikuti sebuah event olahraga atau semacamnya. 

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

Fungsi Merchandise bagi Perusahaan

  • Menggaet minat konsumen, dan memancingnya agar mengunjungi stand sebuah brand di event tertentu.
  • Menjadi media branding oleh perusahaan.
  • Sebagai media untuk promosi dari konsumen yang menggunakannya ke konsumen lain.
  • Sebagai salah satu bentuk atau tanda terima kasih.
  • Menjadi bentuk pembeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.

Bukan Sekadar Hadiah, Merchandise Dapat Berguna Sebagai Sarana Promosi

loader

Proses Pembuatan Merchandise

Banyak orang memahami merchandise sebagai hadiah yang diberikan secara gratis di beragam acara tertentu. Barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah ini pun ada banyak jenisnya, dan bisa disesuaikan agar memaksimalkan strategi promosi sebuah brand atau bisnis. Selain itu, pebisnis juga dapat lebih mudah menyesuaikan jenis barang untuk dijadikan merchandise ini dengan anggaran, tanpa mengurangi manfaat pemasarannya. 

Baca Juga: Inilah Strategi Marketing Kekinian yang Wajib Dilakukan Setiap Pebisnis Agar Bisnis Semakin Melejit