Pengertian Screening Saham dan Daftar Aplikasi Screening Saham Terbaik

Semakin kesini, teknik dan strategi dalam bermain saham semakin canggih saja. Tidak hanya telah tersedianya banyak aplikasi investasi dan trading saham yang bisa diakses dengan mudah secara online baik di ponsel atau komputer.

Alat/tools dalam mendukung investor dan trader dalam memaksimalkan strategi untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal dalam bermain saham pun semakin beragam.

Dari sekian banyaknya teknik dan strategi yang bisa diterapkan dalam bermain saham. Salah satu yang paling umum dilakukan adalaah screening saham.

Apa itu screening saham?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Screening Saham

loader
Screening Saham

Screening saham adalah sebuah teknik untuk melakukan filter saham berdasarkan kriteria yang sesuai dengan keinginan kita.

Karena untuk melakukan pengecekan secara mendetail untuk semua perusahaan itu membutuhkan waktu yang banyak. Sehingga kita perlu melakukan screening saham agar menghemat waktu.

Untuk melakukan screening saham kita butuh menggunakan aplikasi. Biasanya software saham dari perusahaan sekuritas kalian memiliki fitur untuk melakukan screening saham.

Aplikasi screening saham dapat menjadi salah satu indikasi yang baik untuk para pemain saham. Bisa membantu memantau investasi yang sedang bergulir.

Salah satu manfaat yang akan didapatkan ketika mengetahui cara screening saham adalah mendapatkan keuntungan yang konsisten.

Baca Juga: Apa Itu Free Float Saham, Dampak Hingga Perhitungannya?

Daftar Aplikasi Screening Saham Terbaik untuk Pemula

Untuk kamu yang tertarik untuk mencoba screening saham agar bisa lebih baik dalam memilih saham yang tepat. Berikut beberapa aplikasi online screening saham yang cocok untuk pemula:

1. Platform Online Sekuritas

Platform online sekuritas adalah aplikasi bawaan milik perusahaan sekuritas,

Dengan aplikasi platform trading online selain bsa menjadi aplikasi screening saham, kamu juga dapat terus memantau sejauh mana perkembangan investasinya.

2. RTI Business

Aplikasi RTI membantu untuk mengetahui secara jelas pergerakan indeks, tidak hanya indeks yang berlaku di Indonesia, tetapi juga indeks yang berjalan di:

·       Europe (Jerman, Inggris),

·       Asia (Tokyo, Hongkong, Shanghai, Singapore), dan juga

·       America.

Di aplikasi RTI, Anda juga dapat melihat kurs berbagai mata uang seperti dollar America, Dollar Australia (AUD), Dollar Singapore (SGD), Chinese Yuan (CNY), Japanese Yen (JPY).

Aplikasi ini juga menyediakan informasi yang berkaitan dengan perusahaan atau emiten seperti berita terbaru, laporan keuangan serta jadwal pembagian dividen.

Selain itu, RTI Business juga menyajikan data terbaru seperti fitur market. Melalui fitur ini, para pengguna dapat melihat pergerakan IHSG hari ini, kemarin, atau 10 tahun silam.

3. Data Saham Indonesia (DSI)

Data Saham Indonesia adalah aplikasi berbayar jika ingin mencari informasi yang lebih lanjut mengenai emiten atau indeks saham.

Tapi tenang saja, aplikasi ini tetap memiliki versi gratis yang juga memuat informasi yang cukup lengkap dan bisa dimanfaatkan dalam memilih saham yang tepat.

Hampir sama dengan RTI, DSI (Data Saham Indonesia) juga memiliki fitur News, Currency (Kurs Mata Uang), harga komoditi. Namun ada yang berbeda dari DSI, DSI menyediakan fitur Top Stock serta Bandarmology yang dapat melihat pergerakan Bandar saham.

4. Investing.com

Aplikasi investing.com merupakan aplikasi screening saham yang dapat membantu investor dan trader dalam melihat pergerakan saham dunia.

Dengan Investing.com, maka pengguna dapat memonitor peristiwa ekonomi terbaru yang berisi opini serta analisis seputar saham.

Selain itu, di aplikasi investing.com, kamu juga dapat melihat harga support dan resist suatu saham yang tentunya akan membantu dalam mengestimasi harga penjualan maupun pembelian.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan analisis teknikal sebelum melakukan pembelian saham.

5. IDX Channel

IDX Channel menghadirkan berita yang paling up to date yang berkaitan dengan saham.

Berita ini dapat berbentuk berita perusahaan maupun berita pasar yang sedang ramai diperbincangkan.

IDX sering kali menjadi rujukan para investor dan trader dalam berinvestasi saham, karena berita sekecil apapun dari luar akan sangat berpengaruh pada indeks harga saham.

Biasanya naik-turunnya IHSG juga bergantung pada berita-berita yang ada disini. Jika ada jadwal LIVE, kita juga bisa ikutan streaming tanpa dipungut biaya apapun.

6. Stocks

Di aplikasi Stocks, kamu dapat melihat indeks harga saham amerika seperti saham pada peruhaan Apple, Nike, Starbucks, WaltDisney dan sebagainya. Aplikasi Stocks bekerja sama dengan Yahoo untuk mengambil berita-berita pasar dunia.

Menariknya, Chart pada masing-masing saham tidak hanya terlihat 5 tahun saja namun juga dapat dilihat secara keseluruhan mulai dari saat IPO (Initial Public Offering) hingga sekarang.

Opsi lainnya investor bisa cek infromasi terkini, terlengkap & terpercaya dari sumber langsung di website Bursa efek Indonesia (idx.co.id). Yang juga menampilkan informasi mengenai laporan kinerja semua emiten saham di berbagai sektor.

Baca Juga: Daftar Saham Rumah Sakit dan Tips Memilih Emiten yang Tepat untuk Investasi

Makin Pintar Main Saham, Makin Banyak Untungnya

Jangan bermain saham semata-mata untuk mendapatkan keuntungan. Manfaatkan momen ketika bermain saham dengan belajar teknik, strategi dan alat-alat yang bisa digunakan untuk tidak hanya memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham, tapi juga menjadikan investasi saham menjadi aset jangka panjang yang berpotensi tinggi.

Baca Juga: Belajar Investasi Saham, Bagaimana Caranya?