Penting! Lakukan Hal ini Agar Bisnis Parsel Dilirik Pelanggan

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Momentum sekali setahun ini dijadikan wadah untuk berkumpul bersama keluarga maupun sahabat dekat.

Tak jarang untuk lebih memeriahkannya, diperlukan pernak-pernik Lebaran yang menjadikan suasana semakin hidup dan menyenangkan. Di antara berbagai perlengkapan yang ada, hampers atau parsel Lebaran menjadi satu yang tak boleh dilupakan.

Paket parsel ini biasanya diberikan sebagai wujud saling berbagai menyambut suka cita Lebaran. Wujudnya pun bermacam-macam, seperti kue kering, sembako, pakaian baru, perlengkapan ibadah, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi para pelaku bisnis hal ini tentu menjadi peluang yang menarik. Tingginya permintaan parsel akan sangat berpengaruh pada omzet penjualan. Apalagi parsel yang ditawarkan menyuguhkan nilai ekonomis dan inovatif, pasti akan sangat diburu banyak orang.

Bagi Anda yang tertarik mencoba bisnis parsel Lebaran, simak beberapa tips dari Cermati.com yang bisa dilakukan agar parselmu dilirik banyak pelanggan berikut ini:

1. Pemilihan Bahan Baku

Tips pertama yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis parsel ekonomis adalah dengan pemilihan bahan baku. Hal ini penting karena bahan baku adalah inti dari produk yang dijual.

Jika bahan yang digunakan bagus dan berkualitas, value dari parsel yang ditawarkan pun akan meningkat. Seperti contoh jika ingin membuat parsel kue kering, pilihlah bahan-bahan kue yang bagus dan berkualitas.

Tak harus premium, bahan berkualitas baik pun tetap bisa didapatkan dengan harga miring. Apalagi untuk bisnis kue, rasa menjadi hal krusial yang harus diperhitungkan agar pembeli puas dengan produk yang ditawarkan.

Jika ingin mendapatkan harga murah, belilah bahan baku dalam jumlah banyak atau grosir. Dapatkan juga bahan baku di pasar tradisional atau supplier tangan pertama agar mendapatkan harga lebih murah. Bila perlu, daftarlah menjadi member agar mendapat banyak keuntungan seperti potongan harga atau promo tertentu.

2. Kemasan yang Unik

Salah satu hal yang menjadi faktor penentu dilirik atau tidaknya sebuah parsel adalah tampilannya. Semakin menarik dan unik, maka semakin banyak pula peminatnya.

Jangan suguhkan parsel yang monoton, seperti menggunakan keranjang atau plastik saja karena sudah terlalu mainstream di pasaran. Sebaliknya, buat inovasi menarik dengan mengubah desain parsel, seperti menggunakan kardus, totebag, atau bahan lain yang jauh lebih ‘kekinian’.

Tenang saja, Anda tetap bisa mendapatkan harga murah untuk kemasan parsel jenis ini dengan melibatkan pihak ketiga yang menyediakan produk kemasan yang dibutuhkan.

3. Dekorasi yang Menarik

Jika kemasan sudah ditentukan, lengkapi pula parsel dengan dekorasi yang menarik seperti pita, tali, bunga palsu, atau pernak-pernik lainnya. Bisa juga dengan menambahkan free gift card berisi ucapan selamat atau kata-kata tertentu.

Ini bisa menjadi nilai plus tersendiri untuk parsel agar semakin menarik hati calon pembeli. Ada banyak jenis pernak-pernik di pasaran. Usahakan untuk memilih yang terbaik dengan harga yang relatif murah karena sifatnya hanya untuk ‘pemanis’ tampilan.

Anda mungkin bisa meminta rekomendasi keluarga atau sahabat, atau bisa juga mencari informasi di internet.

Baca juga: Cuan Berkah Jelang Idulfitri, Begini Tips Sukses Memulai Bisnis Hampers Lebaran Kekinian

4. Varian Parsel

Selanjutnya, untuk menciptakan parsel yang ekonomis, perlu juga memperhatikan varian yang ditawarkan. Maksudnya, lebih baik menyediakan varian yang terbatas namun kualitasnya tetap maksimal.

Jangan hanya karena mengejar untung, Anda justru terjebak pada berbagai varian parsel yang berpotensi menimbulkan kerugian besar ketika tidak laku. Bukan berarti menjual parsel dengan berbagai pilihan adalah hal yang salah.

Lebih dari itu, semakin banyak varian yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula risikonya. Apalagi jika baru merintis usaha ini, tentu sangat disarankan untuk membatasi varian parsel yang ditawarkan. Jika ingin lebih variatif, bisa dilakukan dengan menyuguhkan beberapa pilihan paket bundling atau varian rasa.

Namun, bahan utama yang ditawarkan tetaplah sama. Dengan begitu, Anda tetap bisa memberikan banyak pilihan tanpa harus berisiko mengeluarkan kocek yang lebih dalam.

5. Pelayanan yang Maksimal

Saat menawarkan produk, ada baiknya pelaku bisnis memberikan pelayanan yang maksimal. Cara ini penting agar pelanggan tak kesulitan mendapatkan informasi mengenai produk dan cara membelinya.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memasarkan produk parsel dan mendapatkan pembeli. Anda bisa menyediakan layanan customer service, baik melalui telepon atau website agar semakin memudahkan pelanggan.

Berikan layanan dan jawaban yang ramah, sopan, serta informatif agar pelanggan semakin terkesan. Lebih khusus lagi, Anda bisa menambahkan layanan pesan antar untuk pesanan parselmu.

Berikan harga yang lebih ekonomis sesuai dengan banyaknya jumlah parsel dan jarak yang dituju. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dilayani dengan maksimal.

Saat berhasil menjual produk parsel yang berkualitas, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan pelanggan tetap yang akan rutin membeli parsel. Belum lagi jika pelanggan merasa puas dan memberikan review yang bagus, tentu jumlah pembeli akan semakin bertambah setiap harinya.

Untuk itu, perlu diingat untuk tetap menjaga kualitas parsel di tengah maraknya bisnis parsel di pasaran. Hal ini penting agar bisnis parsel bisa tetap berjalan dan berkelanjutan ke depannya.