Cuan Berkah Jelang Idul Fitri, Begini Tips Sukses Memulai Bisnis Hampers Lebaran Kekinian

Pengen mulai bisnis takjil tapi waktunya udah mepet?

Tenang, masih ada lagi ide bisnis lain yang dijamin bisa kasih kucuran keuntungan yang lumayan oke, yaitu bisnis bikin hampers Lebaran kekinian.

Nah, biar tidak salah langkah berikut cara sukses mulai bisnis hampers Lebaran kekinian.

Tips Memulai Bisnis Hampers Lebaran

  1. Siapkan Modal

    loader

    Langkah paling awal menentukan berapa besar modal yang harus disiapkan. Untuk satu hampers Lebaran setidaknya kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp50.000 – Rp200.000 yang di dalamnya sudah termasuk snack-snack Lebaran (homemade agar lebih hemat), kotak untuk kemasannya, bubble wrap, kartu ucapan, dan ongkos pengiriman (bisa mengantar pesanan sendiri untuk mengurangi biaya).

    Dengan modal hampers di atas, kamu bisa menjual dengan harga Rp100.000 hingga Rp400.000 tergantung dari tingkat kesulitan pengemasan, banyaknya isi dari hampers, dan jarak pengiriman. Keuntungan yang bisa diperoleh bisa 2x lipat dari modal awal, lumayan kan?

  2. Siapkan Katalognya

    loader

    Katalog yang dimaksud adalah kamu bisa memberikan beberapa pilihan tema default yang bisa dipilih untuk calon pembeli yang tidak mau repot-repot meng-custom hampersnya.

    Jenis hampers tersebut bisa merupakan hampers dengan beberapa konsep mulai dari yang paling umum sampai yang paling unik. Berikut contohnya.

    • Hampers perlengkapan ibadah.
    • Hampers kue Lebaran.
    • Hampers minuman, seperti coffee powder atau teh favorit.
    • Hampers alat makan dan minum ramah lingkungan.
    • Hampers produk kesehatan dari hand sanitizer, disinfektan, tisu basah dan masker.
    • Hampers skin care mulai dari sheet mask, clay mask, toner, cream, dan pembersih wajah.
    • Hampers kosmetik dan alat make up.
    • Hampers produk kecantikan, seperti hand and body lotion, shampoo, dan sabun mandi cair.
    • Hampers berbagai snack dengan rasa tertentu (vanila, cokelat, atau stroberi).
    • Hampers makanan kaleng.
    • Hampers wadah makanan cantik seperti toples kaca atau kotak makan dari kaca yang bermotif cantik.
    • Hampers perlengkapan minum teh mulai dari cangkir, tatakan cangkir, teko kecil, dan sendok tehnya.
  3. Berikan Paket Promo Menarik

    loader

    Untuk menarik pembeli, kamu bisa memberikan promo menarik seperti potongan harga spesial untuk pembeli hampers dengan minimal pembelian tertentu. Kamu juga bisa memberikan kuis give away berhadiah 1 paket hampers gratis dengan minimal pembelian 1 paket hampers.

    Kamu juga bisa memberikan bonus tambahan untuk isi hampers seperti, penambahan 1 jenis kue Lebaran gratis untuk khusus untuk hampers kue Lebaran bagi 50 pembeli pertama. Jadi yang tadinya hampers hanya berisi 3 jenis kue, pembeli bisa mendapatkan 1 bonus kue Lebaran gratis jika termasuk dari 50 pembeli utama yang dimaksud.

  4. Tawarkan ke Orang-Orang Terdekat Terlebih Dahulu

    loader

    Sebelum memasarkannya di e-commerce atau media sosial cobalah menawarkannya ke orang atau teman terdekat, seperti tetangga dan teman kantor. Bisa juga tawarkan ke saudara.

    Minta pendapat mereka mengenai pengemasan dari hampers kamu, pemilihan warna, isi hampers dan tema-tema hampers yang sudah direncanakan.

    Feedback yang baik bisa mendorong semangat berbisnis menjadi lebih baik.

  5. Jangan Melakukan Pengirimin ke Banyak Daerah Terlebih Dahulu

    loader

    Daripada bersaing dengan banyak pebisnis hampers yang sudah lebih dulu berbisnis lebih baik fokus dalam membangun bisnismu secara perlahan dengan fokus terhadap kualitas dari hampersmu terlebih dahulu.

    Karena pada awal berbisnis, kamu pasti mengalami trial and error. Jadi, untuk memperkecil risiko trial and error tersebut, lebih baik fokus menawarkan hampersmu untuk jangkauan daerah yang lebih kecil dulu. Misalnya, hanya untuk sekitaran Jabodetabek saja.

    Ini guna memantau dan menjamin kualitas pengemasan apakah pengemasan yang dilakukan bisa cukup kuat untuk melindungi isi hampers dari kerusakan dan guncangan.

  6. Menerima Pesanan Custom

    loader

    Pesanan custom artinya pembeli bisa menentukan konsep seperti apa yang diinginkan untuk hampersnya selain di luar dari jenis-jenis hampers yang ada pada katalog.

    Kamu bisa ikut membantu mereka menemukan konsep custom hampers yang diinginkan, seperti memberikan saran warna dan isi hampers agar terlihat unik, lucu, atau estetik.

Buruan Siapkan Modal Bisnis Hampers dari Sekarang!

Jangan menunda-nunda, lebih cepat lebih baik, lho. Apalagi untuk urusan bisnis dadakan seperti ini. Kalau kamu beralasan untuk menunda terus tidak terasa Lebaran pun sudah selesai dan akhirnya kamu gagal memanfaatkan momentum tersebut.

Jika butuh modal dengan cepat cobalah mengajukan dana dari pinjaman online atau memanfaatkan kartu kredit. Jangan lupa kalau bisnis sudah makin besar, lakukan ekspansi dan inovasi yang lebih hebat lagi ya.

Selamat mencoba!