Pentingnya Kesetaraan di Dunia Kerja Beserta Manfaatnya

Di dalam dunia kerja tentu antara pagawai dan atasan memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda – beda. Perbedaan ini bisa berdasarkan latar belakang pendidikan, kemampuan, dan juga gender.

Namun perbedaan ini harusnya tidak menjadi halangan dalam dunia kerja karena harus sadar akan kesetaraan di dunia kerja, terutama dalam kesetaraan gender.

Isu kesetaraan gender dalam dunia kerja sangatlah penting. Hal ini karena berkaitan dengan isu perempuan dan manusia. Kesetaraan harus ada baik dari satu golongan ke golongan lainnya agar terjadi keseimbangan dan budaya sosial yang baik.

Isu kesetaraan dalam dunia kerja begitu penting adanya karena dapat menjadikan orang agar lebih mengerti mengenai apa itu kesetaraan di dunia kerja dan prakteknya.

Kesetaraan juga bukan hanya soal gender saja, namun juga setiap orang apapun latar belakangnya harus bisa memiliki kesetaraan. Maka dari itu setiap orang harus tahu betapa pentingnya kesetaraan di dunia kerja beserta manfaatnya bagi setiap orang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manfaat Kesetaraan di Dunia Kerja

kesetaraan dalam dunia kerja

Dari riset Accenture yang berfokus pada dunia kerja menyatakan betapa pentingnya kesetaraan kerja.  Hal ini karena di era digital saat ini kesetaraan harus ada agar bisa membuat kinerja dan produktivitas karyawan meningkat.

Selain itu, ada beberapa hal yang membuat kesetaraan kerja begitu penting dan bermanfaat antara lain sebagai berikut:

1. Bagi Perempuan, Kesetaraan Penting untuk Mengeksplorasi Kemampuannya

Kesetaraan memang biasanya lekat dengan urusan gender khususnya bagaimana perempuan memiliki hak dalam dunia kerja. Dari riset lembaga Accenture  bertujuan untuk membuat sebuah lingkungan kerja yang setara dan lebih baik kepada para wanita pekerja.

Accenture juga menggandeng beberapa perempuan penting dalam dunia kerja seperti Petty S. Fatimah pimred Redaksi Femina dan Prana Group, dan Maya Juwita seorang Executive Director Indonesia Business Coallition for Women (IBCWE) pada acara focus group discussion. Dari hasil diskusi yang ada menunjukkan bahwa perempuan juga perlu dan seharusnya memiliki kesetaraan. 

Jika seorang perempuan memiliki kesetaraan dan bagian yang sama dalam sebuah perusahaan, tentu dia akan lebih mudah dalam mengeksplorasi kemampuannya. Sehingga perusahaan juga akan berkembang semakin besar karena sumbangan dari para perempuan yang ada di perusahaannya.

Baca Juga: Punya Rekan Kerja Fresh Graduate? Ini 4 Cara Bimbingan yang Tepat di Tempat Kerja

2. Membentuk Lingkungan Kerja yang Lebih Menghargai

Kesetaraan tidak melulu soal gender saja, namun juga bisa diartikan lebih luas. Setiap orang dalam dunia kerja harus diberi hak yang sama dalam megembangkan kemampuan dan ide yang dimiliki.  Jika ini dilakukan bisa membuat perusahaan memiliki lingkungan kerja yang baik.

Jika setiap karyawan juga diberi kesempatan belajar yang sama dalam rangka meningkatkan skill dalam kerjanya, tentu akan menjadi salah satu bentuk kesetaraan. Hal ini akan memunculkan nilai positif dalam perusahaan tersebut.

Selain itu jika hal tersebut coba dibudayakan dalam sebuah perusahaan maka lingkungan kerja perusahaan akan menjadi bersifat lebih menghargai lingkungan atau apresiatif. Lingkungan kerja yang apresiatif akan membuat setiap karyawan semangat dan senang untuk bekerja dan meningkatkan kemampuannya.

3. Membuat Fleksibel sebuah Lingkungan Kerja 

Selain lingkungan kerja apresiatif bisa dibentuk dari kesetaraan, lingkungan kerja fleksibel juga bisa didapat apabila hal tersebut teracapi. Hal ini karena fleksibilitas lingkungan bisa tercipta dari keberagaman dari setaip karyawan yang ada.

Jika tidak ada kesetaraan tentu lingkungan kerja yang kaku akan tercipta dan perkembangan perusahaan bisa menjadi stagnan.

Perusahaan harus bisa menerapkan kesetaran  dan terus konsisten melakukannya agar bisa membuat fleksibel lingkungan kerjanya. Perusahaan perlu menghargai berbagai keberagaman dari para karyawan, potensi, dan cara kerja karyawan.

4. Kesetaraan Bermanfaat untuk Mendukung Inovasi

Kesetaraan itu penting bukan hanya menyangkut hak karyawan saja, namun juga bisa mendorong seseorang untuk lebih bepikir inovatif dan memunculkan inovasi. Dari kesetaraan pola pikir yang kreatif akan tercipta pada tiap karyawan sehingga menghasilkan sesuatu yang baik. 

Kesetaraan yang berupa apresiasi kepada karywan membuat mereka memiliki pikiran dan ide yang bebas yang bisa diterapkan kemajuan perusahaan. Jadi menerapkan kesetaraan di dunia kerja sangat penting agar setiap karyawan bisa berinovasi dalam perusahaan.

Pentingnya kesetaraan juga berarti  memberi kepercayaan pada karyawan untuk menunjukkan potensinya bagi perusahaan.

Baca Juga: Usir Rasa Bosan Saat Kerja di Rumah dengan 7 Tips ini!

5. Dapat Meminimalisir Jarak (Gap) dalam Perusahaan

Biasanya budaya ketimuran termasuk Indonesia membuat potensi gap antar seseorang bisa ada dan besar karena beberapa faktor. Jarak atau gap ini memang tidak bisa dihindari karena sudah mengakar. Kalau di perusahaan biasanya gap terjadi antara tingkatan jabatan, usia, dan termasuk gender.

Karena masih kental adat ketimuran terkadang membuat kita susah untuk mengurangi adanya jarak antar karyawan. Namun dengan adanya prinsip kesetaraan bisa mengurangi jarak yang ada sehingga tercipta lingkungan kerja sifatnya lebih kekeluargaan.

Pentingnya Kesetaraan dalam Dunia Kerja

Manfaat kesetaraan dalam dunia kerja begitu penting karena memiliki banyak manfaat di dalamnya. Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan hal ini? Jika iya maka Anda patut senang karena banyak hal positif bisa tercipta dari lingkungan kerja yang setara.

Baca Juga: 7 Tips Menghadapi Turnover Mendadak di Tempat Kerja