Perjalanan Karir Si Cantik Brisia Jodie, dari Ganti Nama Hingga Pernah Jadi Korban Bully

Nama Bianca Jodie tentu sudah tak asing lagi bagi para penikmat musik Tanah Air. Bianca Jodie Maurinne yang kini telah berganti nama menjadi Brisia Jodie Maurinne populer sebagai salah satu penyanyi dan pencipta lagu. Kemunculan perdananya dimulai ketika ia menjadi finalis Indonesian Idol Season 9 tahun 2017.

Penyanyi asal Yogyakarta ini memulai karirnya di industri hiburan sejak tahun 2015. Lahir tanggal 30 Maret 1996 dan berusia 23 tahun, sosoknya kian menginspirasi anak muda Indonesia. Kendati langkahnya di Indonesian Idol harus terhenti di posisi Top 7 Indonesian Idol 2018, namun karir Jodie di industri musik tetap terus berlanjut secara profesional.

Bahkan, ia belakangan mengeluarkan sejumlah single miliknya yang kini hits di pasaran dan disukai banyak orang. Single pertamanya dirilis Jodie dengan judul Dengan Caraku, yang dibawakan duet Bersama Arsy Widianto, putra dari musisi dan pianis senior Yovie Widianto (Kahitna).

Mendapat sambutan antusias dari penikmat blantika musik Indonesia, single kedua dari Jodie kembali hadir dengan judul Seandainya. Kedua single milik Jodie ternyata mendapat tempat di hati masyarakat dan langsung meraih penghargaan. Menariknya lagi, lagu Seandainya merupakan ciptaan Jodie sendiri bersama kakaknya beberapa tahun lalu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sudah Menyanyi sejak Berusia Tiga Tahun

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Sejak kecil, Jodie sudah memperlihatkan talentanya dalam bernyanyi. Kelahiran Yogyakarta, Jodie merupakan putri bungsu dari Bertha Cahyani Hastari Aji dan Benedictus Indriartanto. Sedangkan kakak-kakaknya ialah Michael Juan dan Sonia Jasmine.

Di bangku Sekolah Dasar, bakat Jodie dalam bernyanyi semakin tampak. Ia pun mulai mengasahnya dengan cara mengikuti berbagai lomba dan kompetisi tarik suara di kota kelahirannya. Dan benar saja, Jodie lantas menjuarai dua lomba menyanyi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jodie yang penyuka makanan pedas ini kemudian mulai menulis lagunya sendiri ketika beranjak remaja, yakni di umur 15 tahun. Ia juga memenangkan juara tiga kontes band yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Yogyakarta sewaktu dirinya duduk di bangku SMA.

Dari Cover Lagu hingga Ikut Indonesian Idol

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Mencintai dunia musik dan gemar menyanyi, Jodie pun mulai sering melakukan cover lagu-lagu terkenal dengan suaranya yang khas dan merdu. Ia memanfaatkan keberadaan platform media sosial untuk mendukung eksistensinya tersebut.

Barulah di tahun 2017, Jodie mengikuti ajang pencarian bakat yang cukup bergengsi di Tanah Air, yakni Indonesian Idol musim ke-9. Waktu itu, Jodie menjadi salah satu kontestan yang paling menarik perhatian pemirsa serta para juri.

Jodie memang tak berhasil memenangkan kontes tersebut. Ia harus puas berada di posisi Top Seven yang ia raih. Namun rupanya, ada kemenangan lain dari kehidupan yang tengah menanti Jodie.

Baca Juga: Pernah Tidur di Garasi 3 Bulan, Begini Kisah Soimah Meniti Karirnya dari Bawah Hingga jadi Selebritis Papan Atas

Rilis Single Pertama dan Raih Penghargaan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Terhenti di Indonesian Idol bukan berarti Jodie berhenti untuk meraih mimpi. Terus melangkah, akhirnya tibalah momentum kemenangan bagi Jodie. Berkolaborasi bersama Arsy Widianto, single bertajuk Dengan Caraku berhasil dirilisnya ke pasaran. 

Hasilnya, tak hanya disukai publik, lagu tersebut bahkan telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Jodie mendapat penghargaan Lagu Tersilet dari Silet Awards 2018. Selain itu, duet Jodie dan Arsy juga mendapat apresiasi Kolaborasi Paling Ngetop dari SCTV Music Awards 2019.

Tak hanya itu saja. Tak tanggung-tanggung, Jodie kemudian meraih tiga piala penghargaan berikutnya dan semua itu ia kantongi hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Lagu Dengan Caraku kembali mendapat apresiasi Lagu Galau Terdahsyat dari Dahsyatnya Award 2019.

Selain itu, Dahsyatnya Award juga mengapresiasi kolaborasi Jodie dan Arsy melalui penghargaan Outstanding Duet/ Collaboration 2019. Lagu Dengan Caraku ini juga berhasil memboyong penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award for Best Pop Duo/Group 2018. Dan yang terbaru, single itu kini masuk nominasi Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Rilis Sejumlah Karya dan Siapkan Mini Album

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Kesuksesan single pertama Jodie kemudian disusul dengan langkah berikutnya, yakni merilis single kedua berjudul Seandainya. Setelah itu, Jodie kembali merilis single ketiganya yang bertajuk Kisahku di tahun 2019. Musisi dan gitaris kawakan, Tohpati ikut berperan sebagai arranger dalam lagu tersebut.

Sengaja diramu dalam balutan aransemen yang sederhana namun tetap manis menjadikan lagu Kisahku lebih mudah dicerna oleh para pendengarnya. Selain Kisahku, Jodie juga mengeluarkan lagu Sejauh Dua Benua yang kembali dibawakan dalam format duet dengan Arsy Widianto, kemudian Rekah hingga Menunggu Jadi Pacarmu (Menjamu) di tahun 2019 kemarin.

Dan di awal tahun 2020 ini, Jodie dan Arsy kembali mengeluarkan single terbaru mereka yang berjudul Rindu Dalam Hati. Video klip dari lagu terbaru ini telah diunggah di kanal YouTube resmi milik Arsy Widianto sejak tanggal 17 Januari 2020 lalu. Menuai respon positif, kini lagu tersebut menjadi salah satu trending topic ke-31 di YouTube dan telah ditonton oleh lebih dari 827,356 pemirsa.

Menoreh kesuksesan dalam format duet dengan Arsy, keduanya kini tengah mempersiapkan materi mini album untuk segera rilis. Targetnya, tahun 2020 ini mini album mereka akan dirampungkan agar dapat dinikmati oleh para penggemarnya. Disebutkan Jodie dalam salah satu wawancaranya, tangan dingin Yovie Widianto telah menyiapkan sekitar 28 materi lagu yang berpotensi untuk dibawakan oleh duet Jodie dan Arsy.

Ganti Nama karena Sakit-sakitan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Sebelumnya, Jodie memiliki nama lahir Bianca Jodie Maurinne. Namun di saat kuliah, ia dan keluarga memutuskan mengganti nama depannya dengan Brisia. Hal ini tentu dilakukan bukan tanpa alasan.

Pasalnya, Jodie kerap sakit-sakitan, tak begitu rajin dan lebih banyak mengalami kesedihan saat masih menggunakan Bianca sebagai nama depannya. Meski begitu, dengan nama Bianca, dia diketahui jenius dalam akademis. Bahkan ia sudah sanggup duduk di bangku SMP saat umurnya masih 10 tahun (akselerasi).

Kemudian seorang profesor yang merupakan kolega dari ibunda Jodie menyarankan agar Jodie mengganti nama depannya guna lebih selaras dengan nama lengkapnya. Menurutnya, sang profesor tersebut sudah pernah diundang di acara Kick Andy serta pernah memberi saran untuk mengganti beberapa nama selebriti besar seperti Agnez Mo dan lainnya. 

Jodie lantas mengungkapkan lebih lanjut mengenai arti nama Brisia yang telah menjadi identitas barunya. Selain unik dan jarang ditemui, nama Brisia memiliki kesan baik dan lebih pas mencerminkan pribadinya. 

Terlebih, nama Briscia berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "orang yang dicintai oleh semua orang". Sehingga akhirnya dipilihlah nama Brisia untuk menggantikan Bianca sebagai nama depannya. 

Pernah Miris jadi Korban Bully

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh M. Brisia Jodie Maurine (@brisiajodie96) pada

Cantik, pintar, berprestasi dan bersuara merdu, rupanya tak membuat Jodie luput dari bully. Ironisnya, Jodie yang pernah dikabarkan berpacaran dengan putra pedangdut Iis Dahlia, Devano Danendra, ini juga pernah menjadi korban perundungan sejak SD.

Tak hanya disebut berwajah jelek, Jodie juga pernah dijambak dan mendapatkan kekerasan fisik saat kena bully. Hal ini ia ungkapkan saat wawancara bersama Sarah Sechan di salah satu acara televisi Tanah Air. Bahkan meski kini sudah menjadi selebriti pun, masih saja ada orang yang teg.

Kendati begitu, Jodie memilih untuk tidak ambil pusing atas tindakan mereka yang membencinya. Sebaliknya, ia memutuskan untuk berfokus kepada orang-orang yang sayang dan tulus peduli kepadanya saja.

Baca Juga: Alyssa Soebandono, Pesinetron Cantik yang Sukses ini Lulus S2 di Usia Muda

Kiat Sukses ala Brisia Jodie

Meski tak berhasil keluar sebagai pemenang Indonesian Idol, namun nyatanya Jodie tetap bersinar secara profesional di dunia tarik suara. Tak hanya banyak disukai penggemar, lagu-lagunya pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Suara merdunya yang lembut mempunyai keunikan tersendiri sehingga mencuri hati masyarakat.

Dari kisah perjalanan karir Jodie, kita tahu bahwa tidak berhasil di sebuah kompetisi bukanlah akhir dari segalanya. Kekalahan itu hanya akan menjadi akhir dari segalanya jika kita berhenti berjuang. 

Saat menjumpai kegagalan, lanjutkan saja langkahmu. Tetaplah konsisten dan teruskan perjuangan. Seperti Jodie yang terus melangkah dari ketidakberhasilannya di Indonesian Idol, siapa tahu momentum kemenanganmu juga sedang menanti untuk ditemukan.

Baca Juga: Lika Liku Hidup Fanny Ghassani: Main Sinetron Dibayar Rp 600 Ribu hingga Pernah Gagal Nikah