Pernah Tidur di Garasi 3 Bulan, Begini Kisah Soimah Meniti Karirnya dari Bawah Hingga jadi Selebritis Papan Atas

Siapa yang tak mengenal Soimah Pancawati. Karakter dan penampilannya yang kreatif selama ini telah menarik perhatian banyak orang. Sebagai salah satu seniman Tanah Air, Soimah telah menghibur keseharian masyarakat dari layar kaca.

Berprofesi sebagai penyanyi, komedian, pesindhèn, rapper, rocker, serta presenter kenamaan, ia berasal dari Yogyakarta. Selain kerap mengundang gelak tawa, publik mengenalnya sebagai bernyanyi dalam sejumlah genre, meliputi pop Jawa, hip-hop, campursari, dagelan, juga ketoprak.

Kini, Soimah dengan popularitasnya telah menjadi bintang iklan dan brand ambassador yang juga laris manis. Mulai dari berbagai produk makanan, provider telekomunikasi, hingga sprei telah menggunakan jasa Soimah untuk promosi. Dari ranah iklan, Soimah yang dimanageri langsung oleh sang suami bisa langsung meraup fee sebesar jutaan Rupiah.

Namun semua itu berproses. Kenyataannya, di awal karir Soimah pun harus mengalami masa-masa getir gali lubang tutup lubang. Bahkan ia harus berutang untuk memenuhi biaya hidupnya di Jakarta yang saat itu kontrak kerjanya masih berpindah-pindah.

Kepada kanal YouTube Raffi Ahmad, Rans Entertainment, Soimah menuturkan masa-masa sulitnya ketika ia harus rela tidur menumpang selama 3 bulan di garasi posko almarhum Andi Cagur. Hal itu terjadi setelah Soimah sempat dipinjami apartemen Nicholas Saputra selama setahun. Namun kemudian karena apartemen hendak dijual, Soimah terlalu mepet untuk menemukan lokasi tempat tinggal lain sehingga tak menemukan jalan lain.

Meski sempat ditawari untuk ikut tinggal di kediaman almarhum Andi Cagur, namun akhirnya Soimah dan Koko suaminya memutuskan untuk menumpang di garasi poskonya saja.

Wanita kelahiran Pati, 29 September 1980 (umur 39 tahun) ini memang punya perpaduan unik. Dirinya tidak hanya ahli dalam bidang kesenian tradisional Jawa saja. Ia juga sanggup membawakan musik rap dan rock dengan fasihnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Punya Bakat Seni yang Menonjol

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Berasal dari Pati, Jawa Tengah dan berdarah Jawa, Soimah merupakan putri dari pasangan orang tua Hadinarko dan Kasmiyati. Soimah sendiri memang sudah mewarisi bakat seni dari keluarganya. 

Salah seorang tantenya, M. M. Ngatini ialah istri kerabat padepokan tari Bagong Kussudiardjo Yogyakarta. Sosok tersebut kerap mengarahkan Soimah untuk melibatkan diri dalam beragam komunitas seni.

Lulus SMP, Soimah lantas menimba ilmu di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia). Di sana, ia mengambil jurusan karawitan. Karena kepiawaian Soimah dalam tarik suara, ia pun kerap menjuarai berbagai lomba kesenian. Ia menjadi Juara 1 lomba menyanyi Bintang Karaoke Dangdut Jateng-DIY.

Selain itu, Soimah yang merupakan almamater Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini juga menjadi Juara 1 Bintang Televisi serta Juara Dara Ayu.

Tur Keliling Dunia Hingga Debut di ANTV

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Karir Soimah semakin terbuka lebar setelah dia bergabung dengan komunitas seni Jogja Hip Hop Foundation. Pada 14 Mei 2011, Soimah melangsungkan tur dunia untuk yang pertama kalinya sebagai pesinden. Sejak saat itu, karirnya pun kian berkembang.

Memasuki dunia pertelevisian, Soimah mendapat jalan dan tampil sebagai penyanyi latar untuk program acara Seger. Selain karena suaranya yang khas dan berkarakter, Soimah juga dikenal karena pembawaan kocaknya yang menghibur.

Baca Juga:  Lika Liku Hidup Fanny Ghassani: Main Sinetron Dibayar Rp 600 Ribu hingga Pernah Gagal Nikah

Disukai sebagai Komedian dan Punya Acara TV Sendiri

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Lambat laun, Soimah pun melebarkan sayapnya sebagai seorang komedian. Bahkan, keahliannya dalam melawak membuat Soimah mempunyai program talk show pribadinya sendiri yang bertajuk @Show Imah.

Kemunculan Soimah yang kerap mengundang gelak tawa jadi semakin dinanti-nanti dalam berbagai acara. Sebut saja seperti dalam Comedy Project, Indonesia Mencari Bakat hingga Opera Van Java yang jadi bertambah segar karena kehadirannya.

Menelurkan Beragam Karya Musik

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Di dunia musik, Soimah dikenal sebagai pelantun lagu Pelet Cinta (2014), Woyo Woyo (2015), Lukisan Kisah (2016), Hooka Hooke (2018), hingga karya terbarunya yang bertajuk Setan Apa (2020). Untuk jenis musiknya sendiri, Soimah cenderung fleksibel dengan berbagai unsur Hip hop, Campursari, Pop Rock,, Keroncong hingga Dangdut Melayu.

Istri dari Herwan Prandoko (Koko) ini merilis karya-karya musiknya di bawah naungan Pelangi Records. Meski kerap tampil kocak dan anti jaga image saat melawak, namun banyak yang terkesima saat mendengar suara merdu Soimah saat bernyanyi. Hingga kini, Soimah masih sering menerima job off air untuk tampil bernyanyi di berbagai acara.

Menjadi Salah Satu Presenter Termahal

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Karir Soimah sebagai presenter pun kian melambung. Pemain film Musik untuk Cinta (2016) ini sudah tampil di segudang acara televisi. Selain @Show Imah yang tayang di Trans TV, ia juga tampil di Comedy Project (Trans TV), Sedap Malam (ANTV) dan Indonesia Mencari Bakat (Trans TV).

Soimah juga menyapa pemirsa televisi melalui acara Yuk Kita Sahur, Yuk Keep Smile, Sahurnya Ramadhan dan Ngabuburit yang tayang di Trans TV. Acara Lenong Rempong (Trans 7), So Sempruuul (SCTV) dan D'T3rong Show (Indosiar) juga diketahui melibatkan Soimah.

Dalam D Academy 2 dan 3 (Indosiar), ia juga muncul sebagai Komentator. Ia juga tampil dalam Bintang Pantura 1 dan 2, Q'Academy, D Academy Asia dan menjadi salah satu Juri untuk Stand Up Comedy Academy sebagai Juri. Seluruh acara tersebut merupakan program TV di Indosiar.

Tak hanya itu saja, Soimah juga tampil di acara The Dance Icon 2 (SCTV), menjadi Juri untuk D'Academy Celebrity (Indosiar), menjadi Komentator dalam Golden Memories (Indosiar), serta Dewan Dangdut untuk Liga Dangdut Indonesia yang juga tayang di Indosiar.

Sedangkan dalam acara Bintang Pantura 5, Soimah menjadi Juragan. Kemudian disusul lagi dengan penampilannya dalam Liga Dangdut Indonesia 2019, Festival Ramadhan 2019 dan acara D' Star yang merupakan program acara stasiun televisi swasta Indosiar.

Kabarnya, untuk acara Liga Dangdut Indonesia, Soimah mendapat honor hingga puluhan juta. Untuk acara lainnya, ia dikabarkan mematok harga sekira Rp 25 jutaan. Sehingga Soimah pun disebut sebagai salah satu presenter dengan honor termahal untuk sekali tampil.

Sepak terjangnya sebagai Host/ Master of Ceremony ini membuat nama Soimah tercatat menjadi nominasi untuk Presenter Talkshow Hiburan Terfavorit dari ajang Panasonic Gobel Awards 2013. Namanya juga menjadi nominasi untuk Pasangan Teromantis dalam ajang YKS Romantic Award 2014 dan Presenter Program Hiburan Terfavorit dalam Panasonic Gobel Awards.

Jalankan Sejumlah Bisnis

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Soimah Pancawati (@showimah) pada

Selain dari dunia hiburan, Soimah dan suaminya menjalankan sejumlah bisnis yang menjadi pabrik uang mereka. Bisnis fashion dengan clothing line bertajuk Shopimah yang dikelolanya menyediakan berbagai produk seperti sweater, kaos dan topi. 

Selain itu, Soimah juga mempunyai bisnis transportasi angkutan umum yang beroperasi di Yogyakarta. Bisnis ini sudah dijalankannya jauh sebelum dirinya menikah dan tenar seperti sekarang. Sementara itu, bisnis ketiga Soimah dan suaminya ialah usaha penggilingan padi.

Baca Juga: Tasya Farasya, Lulusan Kedokteran Gigi yang Kini Sukses Jadi Beauty Influencer

Jadikan Cobaan Sebagai Batu Loncatan

No pain, no gain. Seperti saat masih sekolah, untuk naik kelas, kita harus terlebih dahulu lulus ujian agar dapat lolos ke jenjang berikutnya. Jarang sekali kesuksesan dapat tercapai begitu saja tanpa usaha yang signifikan untuk keluar dari zona nyaman.

Kamu pun bisa memetik pelajaran dari kisah Soimah yang berjuang keras di awal karirnya. Kesempatan belum tentu datang dua kali, jangan sia-siakan peluang. Usahakan untuk keluar dari zona nyaman dan menyambut peluang saat ia datang.

Baca Juga: Flashback Kisah Sukses Kobe Bryant Mulai dari Pebasket NBA hingga Investor