Pernah Gagal Jadi Atlet Renang, Kini Reza Rahadian Jadi Salah Satu Aktor dengan Honor Paling Mahal

Aktor ganteng Reza Rahadian Matulessy paling dikenal karena akting hebatnya dalam memerankan almarhum B.J. Habibie. Sebagai bintang film papan atas, pria bertinggi badan 177 cm ini juga piawai dalam bernyanyi dan modeling.

Lahir di Bogor pada 5 Maret 1987, Reza yang kini telah menginjak usia 33 tahun tak pernah bercita-cita menjadi seorang aktor. Sebelumnya, ia justru ingin menjadi atlet renang.

Tak banyak yang tahu jika pada awalnya, karier Reza pun tak berjalan mulus. Pemenang penghargaan Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik ini harus mengalami jatuh bangun lebih dulu sebelum akhirnya menjadi aktor dengan honor termahal.

Juara Favorit Model Majalah

View this post on Instagram

A post shared by REZA RAHADIAN OFFICIAL FANBASE (@officialpilarez) on

Kilas balik ke tahun 2004, Reza mulai menjajal industri hiburan setelah menjadi juara favorit di ajang kontestasi majalah Aneka Yess!. Kendati tak pernah menjadi model profesional, namun pencapaian ini menjadi batu loncatan baginya untuk menjajal seni peran.

Saat masih duduk di bangku SMA, ia sempat bergabung di teater sekolah. Dari situlah kemampuan aktingnya mulai terasah. Banyak hal mendasar seputar seni peran yang dipelajarinya di sana.

Baca Juga: Punya Kekayaan Rp 10 Miliar, Begini Kisah Perjalanan Karir Film dan Musik Si Cantik BCL 

Merintis dari Nol

Kemudian tibalah saatnya, ia berkesempatan tampil dalam sinetron pertamanya. Pada tahun 2005, ia berhasil membintangi Culunnya Pacarku yang digarap oleh Rapi Films.

Wajah tampan dan akting memukau Reza jadi makin sering disuguhkan di layar kaca. Semakin dikagumi, Reza juga ikut bermain dalam Mutiara Hati, Inikah Rasanya, Aku Hamil, ABG dan Cinta SMU 2. Ia pun semakin konsisten dalam merintis kariernya.

Setelah bermain dalam beberapa judul sinetron dan FTV, ia mulai ditawari untuk melakoni film layar lebar. Tak diduga, kariernya kian meroket setelah sukses melakoni sebuah film yang berjudul Film Horor. Ada lebih dari 30 film Reza Rahadian yang kini sudah sukses di pasaran.

Salah Satu Aktor dengan Bayaran Termahal

Setelah lebih dari satu dekade merintis kariernya sebagai aktor, Reza Rahadian kini makin dikenal dengan penghayatan penuh dalam berakting. Setiap tokoh yang diperankannya selalu dilakoni dengan semaksimal mungkin.

Faktanya, berbagai judul film yang ia bintangi kerap masuk box office dengan jumlah penonton yang membludak. Kariernya pun kian menanjak disertai berbagai penghargaan dan apresiasi dari banyak pihak.

Menjajal dunia peran dari nol, ia juga telah mengambil banyak peran. Mulai dari figuran sampai akhirnya dipercaya memerankan tokoh utama. Berkat kerja keras dan komitmennya yang tinggi, ia pun digadang-gadang sebagai salah satu aktor dengan honor paling tinggi di Tanah Air.

Menjajal Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by REZA RAHADIAN OFFICIAL FANBASE (@officialpilarez) on

Belum puas dengan prestasi yang dicapainya, ia juga ikut menjajal dunia tarik suara. Reza Rahadian tercatat pernah berduet dengan Yura Yunita dalam lagu Pekat. Single tersebut menjadi soundtrack dari film The Gift.

Ia juga ikut membawakan Terang Bulan dan menggandeng Putri Ayudya. Kolaborasi apik tersebut dibawakan untuk soundtrack film layar lebar berjudul Tjokroaminoto.

Belakangan, ia juga ikut menciptakan dan menyanyikan Tak Harus Sempurna untuk menjadi soundtrack dari Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan. Di samping itu, ia juga tercatat membawakan lagu untuk OST Benyamin Biang Kerok.

Ada pun dalam film Kapan Kawin yang bergenre romantic comedy, Reza lagi-lagi ikut bernyanyi dan membawakan lagu Bukan Sandiwara untuk OST film tersebut. Ia juga sempat berduet dengan Acha Septriasa untuk lagu Broken Hearts untuk film Brokenhearts dan masih banyak lagi.

Belum lagi dengan penampilan epic-nya saat membawakan lagu Selamat Ulang Tahun dalam konser Erwin Gutawa: Salute to 3 Female Songwriters: Melly Goeslaw, Dewiq, dan Dee Lestari yang menjadi sorotan. Banyak pujian terlontar untuk performa suaranya yang mempesona.

Kendati sudah banyak ditawari label rekaman untuk menjadi penyanyi solo, namun Reza masih enggan menekuni profesi di dunia tarik suara. Menurutnya, butuh persiapan lebih baginya untuk menjadi seorang penyanyi andal.

Baca Juga: Kini Jadi Ratu Soundtrack yang Legendaris, Melly Goeslaw Pernah Alami Album Gagal di Pasaran

Raih Penghargaan Gemilang

Dengan totalitasnya dalam berkarier, tak heran jika Reza Rahadian berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan dengan gemilang. Namanya pernah masuk nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung.

Ia juga menyabet Piala Citra 2009 untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Melalui film Emak Ingin Naik Haji, Reza memboyong piala dari Festival Film Bandung 2009 untuk Pemeran Utama Pria Terbaik.

Di tahun 2010, ia kembali memenangkan Piala Citra untuk kategori yang sama. Setelah membintangi Alangkah Lucunya (Negeri Ini), Reza di tahun 2011 berhasil mengantongi penghargaan dari Indonesia Movie Awards (IMA) sebagai Pemeran Utama Terbaik

Kepiawaiannya dalam memerankan B.J. Habibie membuat Reza meraih Pemeran Utama Terbaik dari Festival Film Bandung (FFB) 2013. Berkat akting kerennya dalam My Stupid Boss dan Rudy Habibie, ia kembali masuk nominasi Festival Film Indonesia (FFI) di kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Ia juga berhasil memboyong piala Pemeran Utama Pria Terpuji dari Festival Film Bandung (FFB) 2016.

Hadapi Banyak Tantangan

Dulunya, Reza ingin menjadi atlet renang. Putra pasangan dari Rahim dan Pratiwi Widantini Matulessy ini sudah rajin berlatih sejak kecil. Sayangnya, usaha tersebut tak membuahkan keberhasilan yang sesuai ekspektasi.

Setelah gagal menjadi atlet renang di bangku SMP, Reza pun beralih ke ranah theater di SMA. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk terjun ke dunia akting dan berkiprah di industri hiburan. Meski demikian, lagi-lagi kariernya mengalami banyak hambatan.

Diragukan kemampuan aktingnya, Reza pernah mendapat cercaan yang membuatnya putus asa. Kendati sempat dijatuhkan, namun ia terus bertekad untuk maju dan enggan menghentikan langkahnya. 

Bandingkan kenangan buruk tersebut dengan kesuksesannya sekarang. Kini, namanya telah menjadi salah satu aktor papan atas dengan total kekayaan lebih dari Rp70 miliar. Karena senantiasa belajar dan memberikan usaha yang terbaik di setiap perannya, ia pun berhasil meraih kesuksesan yang tadinya hanya impian.

Kiat Sukses Ala Reza Rahadian

View this post on Instagram

A post shared by REZA RAHADIAN OFFICIAL FANBASE (@officialpilarez) on

Menyinggung rahasia kesuksesannya, Reza berbagi kiat-kiat yang menjadi resep keberhasilannya. Bertentangan dengan opini populer yang beredar, baginya keindahan fisik bukanlah modal utama. Wajah cantik dan ganteng bukanlah segalanya.

Sebaliknya, kekuatan dalam berakting yang sesungguhnya ialah kualitas karakternya sendiri. Penghayatan dan penjiwaan penuh sangat diperlukan dalam setiap upayanya. Sehingga menganalisa dan mempelajari karakter merupakan homework utama yang kerap dijalaninya.

Selain itu, kreativitas dalam improvisasi juga dibutuhkan untuk memoles kinerjanya agar menjadi lebih baik lagi. Tak hanya terus berlatih, pria yang sudah membintangi lebih dari 30 film layar lebar ini menandaskan, kejujuran merupakan modal utamanya dalam bekerja.

Seperti Reza, kita juga bisa terus mengembangkan kualitas kinerja sehari-hari. Caranya dengan konsisten menonjolkan kejujuran, totalitas, kreativitas, dan ketegaran tanpa batas. 

Perlu diingat bahwa semakin tinggi pohon, makin kencang juga angin yang menerpa. Sehingga ada kalanya, lebih baik abaikan saja lontaran kritik dan celetukan negatif yang sekiranya tak bermutu dan hanya bernada menjatuhkan. Teruslah maju, berkarya dan kembangkan kualitas diri demi meraih kemenangan, setuju?

Baca Juga: Filosofi Hidup BJ Habibie Menjadi Inspirasi Sukses buat Millenial