Pilihan Pinjaman Ini Bisa Membantumu dalam Mengembangkan Bisnis Menjadi Besar

Bisnis tidak langsung dibangun dalam skala yang besar, sebagian pebisnis sukses bahkan berangkat dari bisnis yang kecil saja. Selain rencana yang matang, modal bisnis yang memadai tentu akan menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. 

Ketersediaan modal akan membantumu menjalankan berbagai rencana bisnis dengan lancar, termasuk mengembangkan bisnis itu sendiri menjadi jauh lebih besar ke depannya.

Namun pada kenyataannya, tidak semua pebisnis memiliki modal awal yang memadai untuk membangun bisnis mereka. Jika kamu termasuk salah satu diantaranya, maka tidak ada salahnya mengajukan pinjaman sebagai solusi dalam masalah ini. 

Kamu bisa menemukan banyak pilihan pinjaman dengan mudah, bahkan yang bisa diakses secara online. Meski begitu, pastikan kamu memahami dan memilih pinjaman yang paling tepat, agar bisa memberikan manfaat maksimal di dalam bisnis yang kamu jalankan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pahami Jenis Pinjaman, Cara dan Syarat mendapatkannya

loader
Pinjaman

Saat kamu membutuhkan pinjaman, ada banyak lembaga pinjaman yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan, mulai dari bank, fintech dan lainnya. Meski tampak berbeda, setiap lembaga penyedia pinjaman ini pada umumnya sudah menyediakan akses yang mudah bagi para calon nasabah sepertimu. 

Ada beberapa jenis pinjaman yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan, antara lain:

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 

KUR menjadi pilihan sumber modal yang bisa kamu jadikan pilihan. Pinjaman yang satu ini memang secara khusus ditujukan untuk para pelaku bisnis mikro, sehingga bunga yang diterapkan juga terbilang kecil. 

KUR merupakan program pinjaman yang dibuat oleh pemerintah dan disalurkan melalui beberapa bank di tanah air. Tujuan dari pengadaan pinjaman ini untuk mendukung perkembangan UMKM di tanah air. 

Untuk mendapatkan KUR, kamu tentu harus memenuhi semua ketentuan yang sudah ditetapkan sejak awal. Bisnis yang kamu jalankan harus berkontribusi meningkatkan kreativitas di lingkungan sekitar tempat tinggal kamu dan dalam bidang yang sesuai, seperti: peternakan, usaha kerajinan tangan, pembibitan, dan yang lainnya. 

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memenuhi semua syarat pengajuan yang ditetapkan lembaga tempat kamu mengajukan pinjaman. Berikut ini beberapa pilihan bank penyedia KUR yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan:

- BRI

BRI menjadi salah satu bank pemerintah yang menyediakan produk KUR di dalam layanan mereka. Syarat yang mudah dan besaran cicilan yang cukup terjangkau menjadi alasan banyak orang untuk memilih bank yang satu ini. 

Bukan hanya 1 jenis saja, BRI menyediakan 3 pilihan KUR sekaligus yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah 3 pilihan jenis KUR yang disediakan oleh BRI beserta syarat pengajuannya:

- KUR Mikro

Pinjaman ini memiliki plafon maksimal hingga Rp 25 juta. Bunga pinjaman yang diterapkan cukup ringan, yakni sekitar 7% saja per tahunnya. Selain itu, masa pinjaman yang diberikan juga terbilang panjang, yakni: 3 tahun untuk jenis kredit modal kerja dan 5 tahun untuk jenis kredit investasi.

Syarat pengajuan: 

  • Usia bisnis minimal sudah 6 bulan.
  • Tidak sedang menggunakan/ menerima pinjaman lain dari lembaga keuangan manapun, kecuali untuk hal yang bersifat konsumtif.
  • Harus melampirkan SIUP, KTP dan juga KK.

- KUR Ritel

Pinjaman yang satu ini ditujukan untuk bisnis yang sudah dalam skala cukup besar. Modal yang dikucurkan maksimal hingga Rp500 juta dan diimbangi dengan besaran bunga sebesar 7% per tahunnya. Masa pinjaman KUR Ritel adalah 4 tahun untuk jenis kredit mikro dan 5 tahun untuk jenis kredit investasi.

Syarat pengajuan: 

  • Usia bisnis minimal sudah berjalan 6 bulan.
  • Tidak sedang mengakses pinjaman dari lembaga keuangan lainnya, kecuali untuk jenis pinjaman yang bertujuan konsumtif.
  • Sudah memiliki surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).
  • Melampirkan SIUP, KTP dan juga KK.

- KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Pinjaman yang satu ini merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh pemerintah bagi para TKI yang bekerja di luar negeri. Pinjaman ini dapat digunakan sebagai modal awal keberangkatan yang bersangkutan. 

Besaran bunga pinjaman ini 7% per tahun, dengan plafon maksimal Rp 25 juta dan masa cicilan hingga 3 tahun atau sesuai dengan kontrak yang bersangkutan.

- Mandiri

Bank Mandiri juga menyediakan pinjaman modal yang bisa kamu akses untuk mengembangkan bisnis. Bunga pinjaman yang diterapkan juga terbilang ringan, sehingga tidak akan membebani keuangan bisnis tersebut. 

Ada 4 jenis KUR modal yang disediakan oleh Bank Mandiri, yakni: KUR Ritel, KUR Mikro, KUR TKI, dan KUR Khusus yang ditujukan bagi kelompok mitra usaha Bank Mandiri. Bunga pinjaman yang diterapkan sebesar 7%, dengan plafon 5 hingga 200 juta dan masa cicilan hingga mencapai 4 tahun.

Syarat pengajuan: 

  • WNI berusia 21 hingga 55 tahun, atau sudah menikah.
  • Memiliki usaha yang sudah produktif dan layak dengan usia minimal 6 bulan. 
  • Tidak sedang menggunakan fasilitas kredit dari lembaga keuangan lainnya, kecuali untuk tujuan yang konsumtif. 
  • Melampirkan SIUP, NPWP, KTP dan KK, akta nikah (bagi yang sudah menikah).

Baca Juga: Salah Pilih Bikin Rugi, Ini Tips Cerdas Memilih Pinjaman UMKM untuk Modal Bisnis

2. Pinjaman Kilat Tanpa Agunan

loader
Pinjaman kilat tanpa agunan

Selain mengajukan pinjaman ke bank, kamu juga bisa menemukan pinjaman usaha ini melalui lembaga keuangan lainnya, yaitu pinjaman tanpa agunan. Pinjaman ini terbilang praktis dan bisa diakses dengan lebih mudah hingga dana yang dibutuhkan cepat cair. 

Syarat yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia pinjaman juga tidak terlalu ribet, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengajukannya. Namun meski begitu, bunga pinjaman yang diterapkan biasanya terbilang tinggi dan ini wajib menjadi pertimbangan untukmu. 

Berikut ini beberapa pinjaman tanpa jaminan yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan: 

  • Koinworks

Koinwork merupakan perusahaan financial technology (fintech) P2P lending yang menyediakan pinjaman modal bisnis bagi usaha kecil dan juga menengah. Suku bunga yang diterapkan sekitar 0,75-1,67 persen perbulannya. 

Selain itu, pinjaman ini juga menerapkan sejumlah biaya tambahan, administrasi dan juga biaya asuransi. Koinworks menyediakan plafon dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar, dengan masa cicilan antara 6 bulan hingga 24 bulan saja.

Syarat pengajuan: 

- WNI dengan usia minimal 21 tahun.

- Usia bisnis minimal 1 tahun.

- Melampirkan KTP, NPWP, SIUP, TDP, dan juga rekening tabungan/ koran 3 bulan terakhir. 

Baca Juga: Mau Bisnis UMKM? Jangan Lupakan Pentingnya Siapkan SIUP

  • Modalku

Modalku juga menjadi lembaga keuangan yang memberikan pinjaman untuk modal bisnis hingga Rp2 miliar. Namun, dalam modalku memberikan penawaran pinjaman yang dibagi menjadi 3 produk, antara lain:

- Modalku Virtual Credit, pinjaman hingga Rp500 juta dan tenor pinjaman 15 - 30 hari

- Modal Kawan Mikro, pinjaman hingga Rp250 juta dan tenor pinjaman 3 - 12 bulan

- Invoice Financing, pinjaman hingga Rp2 miliar dan tenor pinjaman 15 - 90 hari

  • Amarta

Amartha menawarkan pembiayaan mikro bagi penerima pinjaman berkelompok (group lending) dengan masa pinjaman atau jangka pelunasan 3, 6 dan 12 bulan dengan plafon mulai dari Rp 3.000.000.

  • Indodana

Bagi kamu yang memiliki pendapatan saat ini Rp3 juta dan ingin mengembangkan bisnis sampingan ke lebih besar, kamu bisa mengandalkan indodana. Plafon pinjaman hingga Rp8 jutadan tenor pinjaman 3 hingga 6 bulan.

Kembangkan Bisnis dengan Modal yang Memadai

Mengajukan pinjaman modal bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama jika kamu masih dalam tahap awal proses membangun bisnis. Ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman modal seperti ini, tentunya dengan sejumlah syarat yang diterapkan. Pilih sumber pinjaman modal yang paling tepat, agar kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Kembangkan Bisnis UMKM dengan Pinjaman Modal dari Fintech