Pinjaman Tanpa Jaminan: Syarat-Syarat yang Mesti Diketahui

Kondisi perekonomian yang tidak stabil dan kebutuhan yang terus meningkat membuat masyarakat kesulitan memenuhi semua kebutuhannya. Mencari pinjaman untuk menutupi kebutuhan merupakan alternatif pilihan sangat diminati masyarakat. Terutama ketika memiliki kebutuhan yang sangat mendesak, namun masalah muncul ketika tidak punya jaminan atau kartu kredit untuk mengajukan pinjaman ke bank. Apakah bisa mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit?

Tentu bisa. Apabila bisa mendapat pinjaman dana tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, Anda tidak akan mendapat beban dikemudian hari. Seperti yang diketahui, mengajukan pinjaman dengan jaminan atau kepemilikan kartu kredit bisa memberikan beban yang berlipat ganda, bila tidak displin membayar angsuran sampai lunas.

Ada beberapa pilihan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh bank, sesuai kemampuan nasabah. Jika tidak mau berurusan dengan bank, masih banyak lembaga keuangan lainnya yang memberikan penawaran. Biasanya pinjaman yang ditawarkan merupakan pinjaman jangka pendek, dengan jumlah pinjaman yang lumayan, berkisar 3 juta sampai dengan 5 juta.

Walaupun pinjaman ini tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Syarat tersebut bukan bermaksud untuk mempersulit calon nasabah, namun untuk memastikan bahwa Anda sanggup mengangsur dan melunasi pinjaman. Sehingga tidak akan terjerat masalah financial selama mengangsur.

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang? Ini Empat Tempat Untuk Mendapatkannya

Calon nasabah membutuhkan slip gaji dan kartu identitas untuk kelengkapan dokumen administrasi. Keputusan menerima atau menolak pinjaman dapat segera diberikan oleh pihak pemberi pinjaman, karena pengajuan pinjaman diproses dengan teknologi canggih. Biaya administrasi dan besarnya bunga pinjaman yang dibebankan, dihitung berdasarkan lama waktu peminjaman, maksimal 30 hari. Apabila dikemudian hari ada masalah financial, maka ada kebijakan penjadwalan ulang pembayaran.

Pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit ini pengajuannya cukup mudah, bahkan pengajuannya dapat dilakukan secara online. Walaupun pengajuan pinjaman online ini mudah, tetap ada beberapa prosedur dan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya. Berikut beberapa syarat yang harus diketahui dan dipenuhi oleh calon nasabah untuk mendapatkan pinjaman:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Warga Indonesia

Memiliki KTP WNI via new.bogorkab.go.id

 

Pinjaman ini disediakan bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah mempunyai Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia (KTP WNI) dan menetap di wilayah Negara Indonesia.

2. Batas Usia

 Ditolak

Pengajuan Anda Akan Ditolak Bila Melebihi Batas Usia via nowfinance.com.au

 

Batas usia mengajukan pinjaman ini adalah 21 tahun sampai dengan 60 tahun. Walaupun beberapa lembaga penyedia jasa pinjaman memberikan kelonggaran, usia diatas 18 tahun bisa mengajukan pinjaman. Sebaiknya jangan mengajukan pinjaman dahulu, sebelum berusia 21 tahun. Ini berkaitan dengan kematangan pola pikir, usia 21 tahun keatas mempunyai pola pikir yang lebih matang daripada usia 18 tahun. Anda akan lebih memahami prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman, serta yang paling penting mengetahui segala konsekuensi yang akan dihadapi dalam periode mengangsur. Jika umur lebih dari 60 tahun, sebaiknya jangan mengajukan pinjaman. Kemungkinan besar pengajuan Anda ditolak.

3. Batas Penghasilan

Batas Penghasilan

Batas Penghasilan via computing.co.uk

 

Masing-masing lembaga penyedia jasa pinjaman mempunyai kebijakan sendiri-sendiri mengenai batas minimal penghasilan tetap per bulan calon nasabah. Disamping kebijakan internal, kondisi perekonomian daerah setempat turut menentukan batas minimal penghasilan tetap calon nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut. Sehingga Upah Minimum Regional (UMR) menjadi standart. Apabila penghasilan tetap per bulan diatas UMR, kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan disetujui. Sebaliknya jika penghasilan tetap per bulan masih dibawah UMR, pengajuan pinjaman akan sulit disetujui. Dengan asumsi untuk kebutuhan sehari-hari saja masih kurang, bagaimana bisa mengangsur pinjaman.

4. Limit Pinjaman

Limit Pinjaman

Limit Pinjaman via adminblog.pinjam.co.id

 

Pinjaman ini merupakan pinjaman jangka pendek, berkisar antara 15 hari sampai dengan maksimal 30 hari. Jumlah nominal yang ditawarkan cukup lumayan antara 3 juta rupiah sampai dengan 5 juta rupiah. Bunga yang dibebankan sebesar 1% per hari, sehingga total beban bunga mencapai 30% dalam 30 hari. Selain bunga, peminjam juga dibebani biaya keterlambatan pembayaran angsuran. Untuk hari pertama, biaya keterlambatan sebesar 50 ribu dan 10 ribu untuk hari-hari berikutnya.

Bahkan ketika kolektor datang menagih kerumah, nasabah akan dibebani lagi tambahan biaya penagihan sebesar 10% dari uang yang dipinjam. Apabila mengajukan perubahan jadwal tanggal pembayaran dan menambah jumlah pinjaman, nasabah harus membayar biaya perpanjangan sebesar 180 ribu.

Misalkan Anda meminjam dana sebesar 5 juta, maka bunga yang dibebankan dalam sehari adalah: 5 juta x 1% = 50 ribu. Jangka waktu pinjaman dipilih 30 hari, maka bunga yang dibebankan dalam 30 hari adalah: 5 juta X 1% X 30 = 1 juta 500 ribu.

5. Slip Gaji

Slip Gaji

Slip Gaji via blogspot.com

 

Pinjaman ini cocok untuk karyawan yang mempunyai gaji tetap, namun tidak memiliki jaminan dan tidak memiliki kartu kredit. Tidak diperlukannya jaminan (sertifikat dan BPKB) serta kartu kredit memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman. Calon nasabah cukup melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat kerjanya.

Proses pengajuan cukup mudah, karena pengajuan pinjaman diproses dengan teknologi canggih. Anda cukup mengajukan pinjaman secara online. Berikut proses pengajuan pinjaman:

  • Kunjungi website pinjaman,
  • Pilih jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan periode pinjaman, kemudia klik tombol “Ajukan Pinjaman”,
  • Sesudah pengajuan disetujui, peminjam akan dihubungi lewat telepon atau email untuk melengkapi dokumen tambahan yang dibutuhkan,
  • Kemudian peminjam akan dikirimi contoh surat perjanjian melalui email untuk dipelajari sebelum ditandatangani, termasuk syarat-syarat dan ketentuan serta jadwal angsuran,
  • Setelah itu surat perjanjian yang asli akan dikirim melalui pos untuk ditandatangani,
  • Sesudah penyedia pinjaman online memeriksa data peminjam dan menerima kembali perjanjian yang sudah ditanda tangani peminjam, maka uang akan ditransfer ke rekening peminjam,
  • Terakhir mereka akan mengirimkan jadwal jatuh tempo angsuran peminjam.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Slip Gaji Yang Anda Terima ? Ini Dia!

Pahami Prosedur Yang Berlaku

Pinjaman tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, bisa digunakan untuk menutupi kekurangan kebutuhan, jika dimanfaatkan secara bijaksana. Pahami prosedur dan syarat-syarat yang berlaku agar tidak menambah beban dikemudian hari. Ditambah kemajuan di bidang teknologi dan keuangan yang semakin memudahkan proses pengajuan pinjaman. Semua kembali ke tangan Anda sendiri untuk menentukan pilihan. Jangan sampai pilihan Anda justru semakin menambah beban masalah.

Baca Juga : Keuntungan Meminjam Uang pada Teman