Profil Kenang Mirdad, Putra Lydia Kandou yang Digugat Cerai Tyna Kanna

Tak hanya dikenal sebagai model dan aktor, nama Kenang Mirdad juga tercatat sebagai pengusaha tampan Tanah Air. Putra pasangan seleb Jamal Mirdad dan Lydia Kandou ini sudah malang melintang di panggung hiburan sejak tahun 2010 silam.

Kerap membintangi sinetron, Kenang tampil dengan aktingnya yang memukau di layar kaca. Selain bermain dalam Karunia (2012), ia juga melakoni sinetron Jakarta Love Story (2015) dan Jawara (2016).

Namun belakangan ini, kabar perceraian Kenang dan Tyna mengejutkan publik. Pasalnya, selama ini pasangan tersebut tak pernah diterpa isu tak sedap.

Baca Juga: Profil Tyna Kanna Mirdad, Istri Kenang Mirdad yang Kini Tengah Ajukan Gugatan Cerai

Profil Kenang Mirdad

Kenang Kanna Mirdad lahir di Jakarta, pada 05 Februari 1987. Ia adalah putra kedua dari empat bersaudara. Setelah Nana dan Kenang lahir, keluarga Mirdad kemudian mempunyai dua anak lagi, yakni Naysila serta Nathana Ghaza.

Sebagaimana diketahui, Kenang Kanna Mirdad berasal dari keluarga yang berbeda keyakinan. Ibunya ialah seorang Nasrani sedangkan ayahnya, Jamal Mirdad, diketahui memeluk agama Islam. 

Kendati kini kedua orangtuanya telah bercerai setelah puluhan tahun berumah tangga, namun hubungan keluarga Mirdad senantiasa rukun dan sejahtera. Tak jarang, keharmonisan keluarga Mirdad dijadikan contoh yang baik bagi khalayak banyak.

Berdarah Blasteran Arab-Eropa

Kenang mewarisi darah blasteran Arab-Jawa Tengah dari garis keturunan ayahnya. Adapun dari sang ibu, Lydia Ruth Elizabeth Kandou, ia mendapatkan darah blasteran Minahasa, Belanda, dan Filipina.

Dengan demikian, tak heran jika Kenang diberkahi dengan ketampanan yang unik dan memikat para penggemarnya. Tak hanya gagah dan ganteng paripurna seperti sang ayah. Pesona dari ibunya pun ikut terpancar di raut wajahnya.

Pernikahan Kenang Mirdad

Kenang menikah dengan Dwi Jayanti alias Tyna Kanna Mirdad pada tahun 2009 lalu. Ketika menikah, Tyna yang berdarah India-Jawa Barat ini masih berumur 19 tahun. 

Tyna sendiri diketahui berprofesi sebagai beauty influencer, selebgram, dan juga pengusaha kuliner. Tak hanya itu, ia pun merupakan adik dari Cynthia Riza, istri Giring Ganesha (ex band Nidji) yang kini banting setir jadi politisi PSI. 

Sama-sama seleb, alhasil kehidupan rumah tangga Kenang dan Tyna pun kerap menjadi sorotan publik dan para penggemar yang loyal. Dari 12 tahun rumah tangga mereka, Kenang dan Tyna dianugerahi dua orang putri yang lucu nan cantik. Mereka adalah Alaia Lavmintikana serta Aluna Laila Mirdad. 

Tak pelak, keharmonisan keluarga kecil ini kerap menginspirasi banyak orang. Tak heran jika para fans pun menjuluki mereka sebagai panutan positif dan family goals. Itulah sebabnya banyak orang terkejut sewaktu Tyna menggugat cerai suaminya.

Berakting di Layar Kaca

Ayah dari Kenang Mirdad, Jamal, dikenal sebagai aktor, penyanyi dan politikus kawakan. Jamal pernah meraih Pemeran Utama Pria Terbaik dari Festival Film Indonesia tahun 1992. Demikian juga dengan Lydia Kandou yang pernah dua kali berturut-turut meraih Piala Citra Festival Film Indonesia 1991-1992 dengan predikat Aktris Terbaik.

Rupanya, Kenang pun terinspirasi untuk mengikuti jejak karier kedua orang tuanya. Ia lantas membintangi sejumlah sinetron dan berkarier di panggung akting. 

Di tahun 2012, Kenang bermain sebagai Mirza dalam Karunia. Dalam sinetron tersebut, ia beradu akting dengan Mischa Chandrawinata serta Marshanda.

Kemudian ia melakoni sinetron Cinta Ilahi (2013) dan memerankan tokoh bernama Sigit. Selanjutnya, Kenang kembali hadir di layar kaca melalui sinetron garapan SinemArt yang berjudul Aprilio dan Julie (2014).

Adapun dalam Jakarta Love Story (2015), ia berperan sebagai Aswin. Sementara dalam Jawara (2016), ia hadir dan berakting sebagai Ucok.

Berkiprah Sebagai Pengusaha

Setelah gaung namanya tak terdengar lagi di industri hiburan, rupanya Kenang Kanna Mirdad menggarap rezeki di ladang baru. Cakap di bidang kewirausahaan, sales, dan manajemen, pria lulusan jurusan Business, Management, Marketing and Related Support Services Universitas Prasetiya Mulya ini pun menjajal dunia bisnis. 

Ia telah mendirikan perusahaan yang bernama Lynkanna Jaya Utama. Di perusahaan start-up konsultan IT yang berbasis di Jakarta Selatan tersebut, Kenang diketahui menjabat selaku CEO (Chief Executive Officer). Lynkanna menawarkan beragam jasa yang bertautan dengan ranah teknologi internet. 

Dari situs resmi perusahaannya, Lynkanna diketahui membantu banyak perusahaan dengan layanan back-end-as-a-service, serta aplikasi web dan seluler yang dikembangkan dengan inovatif. 

Lykanna juga memasang, merancang serta menyediakan solusi keamanan elektronik dengan integrasi penuh yang mencakup kamera CCTV, alarm penyusup, dan lainnya dalam sistem keamanan. Sistem yang tersedia diklaim merupakan gabungan dari teknologi digital paling baru dan ini termasuk biometrik, pemantauan jarak jauh, serta integrasi jaringan.

Tak hanya itu, Lynkanna disebut menyediakan solusi IT yang fleksibel dan terintegrasi di bidang Distribusi, Keuangan, Manufaktur, Akuntansi, BI, CRM, dan lainnya.

Di samping berjaya dengan Lynkanna, Kenang juga mempunyai bisnis kursus online private yang bernama Edulynk. Dengan format satu guru untuk satu murid, Edulynk menyediakan solusi belajar yang tak hanya efektif dan efisien, tapi juga menyenangkan. 

Baca Juga: Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes Sepeda

Hobi Gowes Sepeda

Melalui akun Instagram @kenangmirdad, diketahui bahwa Kenang senang berolahraga. Selain work out di sela kegiatan padatnya, ia pun gemar mengayuh pedal sepeda ke berbagai kawasan. 

Ada banyak potret yang sering ia bagikan sewaktu sedang melintasi sejumlah wilayah dengan bersepeda. Olahraga yang satu ini dijajalnya bersama Tyna. 

Kenang juga kerap membagikan foto mereka berdua sewaktu menghabiskan waktu bersama dengan bersepeda. Beragam caption bernada romantis sering menyertai postingan foto Kenang dan Tyna saat berolahraga bersama.

Kaget Digugat Cerai dan Isu Diselingkuhi Istri

Kenang yang kece badai tak hanya direspek penggemar lantaran profesinya yang aktor dan pengusaha. Banyak fans yang menyebutnya sebagai hot papa yang sangat mencintai keluarganya. Di media sosialnya, Kenang kerap membagikan foto sedang membawa anak istrinya jalan-jalan serta liburan.

Namun sayang, keharmonisan rumah tangganya kini dihantam prahara. Baru-baru ini, Tyna menggugat cerai dirinya. Sidang perceraian pun telah dimulai meski hingga kini keduanya masih tinggal di bawah atap yang sama.

Setelah mengarungi asam garam rumah tangga selama lebih dari satu dekade, Tyna diisukan telah main serong. Kabar ini mencuat ke ranah publik setelah sejumlah akun membagikan rumornya di Twitter dan Instagram. 

Kabarnya, Tyna dirumorkan telah bermain serong dengan pria yang juga berasal dari komunitas sepedanya. Bahkan beberapa akun sempat mengunggah bukti chat yang menyingkap Tyna dipergoki sedang berciuman dengan lelaki lain oleh Kenang.

Di lain pihak, kepada media massa, Kenang mengaku tak menyangka jika Tyna telah menggugat cerai dirinya. Kenang pun bahkan sempat mengatakan jika dirinya berusaha agar perceraian tak menimpa rumah tangganya dengan Tyna. 

Ikhlas Terimakan Kenyataan

Gugatan Tyna kepada Kenang didaftarkan ke PA (Pengadilan Agama) Jakarta Selatan pada akhir Agustus 2021 lalu. Adapun sidang perdana digelar pada pertengahan September dan hanya dihadiri oleh pihak Tyna.

Sementara sidang kedua yang berisi mediasi rujuk telah digelar dengan lancar. Dalam sidang itu, pihak Kenang hadir ditemani Naysila selaku adik kandungnya. 

Ketika ditanya perihal proses perceraiannya tersebut, Kenang mengaku sudah pasrah dan ikhlas menerima kenyataan. Ia menyebutkan dirinya rela berserah menerima keputusan berpisah yang diinginkan sang istri, jika memang itu yang terbaik.

Sebelumnya, isu perselingkuhan yang dilakukan Tyna diperkuat dengan fakta bahwa Nana dan Naysila telah unfollow Tyna dari akun Instagram masing-masing. Belum lagi keduanya sempat mengunggah story yang membahas soal perselingkuhan serta kesetiaan terhadap pasangan.

Sang ibu pun ikut memberikan support kepada putranya. Memberi kata-kata yang menguatkan, Lydia Kandou berujar bahwa Kenang sudah menjadi suami yang baik serta tanggung jawab membangun rumah tangga.

Lydia menambahkan, Kenang juga sudah memaafkan dan menerima meski dirinya sakit karena dikhianati. Sang ibu pun memberikan wejangan agar Kenang berbesar hati meski cinta dan upaya terbaiknya tidak dihargai. Ibunya lantas mendoakan yang terbaik untuk kebahagiaan putranya yang ia kasihi.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengajukan Gugatan Cerai ke Pengadilan