Profil Seo Kang Joon, Member 5urprise dan Aktor Ganteng Pemeran Cheese in the Trap

Satu lagi Hallyu Star ganteng asal Korea Selatan yang sarat prestasi. Penyanyi dan aktor Seo Kang-joon sudah dikenal malang melintang di dunia entertainment sejak 2012. Ia merupakan bagian dari boy band kenamaan, 5urprise.

Namun tak hanya andal bernyanyi dan menari di atas panggung. Pria kelahiran Gunpo, 12 Oktober 1993 ini juga berprestasi sebagai aktor. Kemampuan aktingnya jadi makin diperhitungkan setelah ia membintangi Entourage, Cheese in the Trap, Are You Human Too?, Watcher, dan The Third Charm.

Kang Joon tak hanya meraih Best Icon Award dari 2nd Asia Artist Awards 2017. Ia juga mengantongi Excellence Award dari 11th Korea Drama Awards di tahun yang sama. Dari kariernya yang bersinar, ia dikabarkan telah meraup kekayaan sebesar 1-5 juta Dollar AS (setara Rp14-80 miliar) per tahun 2020 ini.

Baca Juga: Bersinar Sebagai Aktor dan Peragawan, Kontroversi Perceraian Ahn Jae Hyun Berakibat Buruk Terhadap Karirnya

Seo Kang Joon adalah Nama Panggung

Terlahir dengan nama asli Lee Seung Hwan, sang aktor memilih menggunakan nama Seo Kang-joon atas saran manajernya. Bintang yang juga dikenal dengan predikat Sanbon’s Vitamin ini dianjurkan menggunakan nama tersebut agar tidak tertukar dengan selebritas senior dengan nama yang serupa.

Dan benar saja, name stage Seo Kang-joon rupanya membawa hoki yang baik. Pasalnya sang aktor berhasil meraih kesuksesan besar dengan keberuntungan yang luar biasa.

Punya Warna Mata yang Unik

Tak hanya berwajah ganteng dengan kesan cool, Seo Kang Joon juga punya visual yang unik dan istimewa. Selain warna kulitnya yang putih pucat, iris matanya diketahui berwarna hazel brown. Tak pelak, dirinya kerap dikira blasteran Rusia meski kenyataannya keturunan asli Korea.

Berkat warna matanya yang indah dan menawan tersebut, Kang Joon berhasil mendapat peran dalam serial drama yang sempat booming, Cheese in the Trap. Dalam drama yang tayang tahun 2016 lalu, Seo Kang Joon menjadi saudara kembar aktor Lee Sung Kyung. Keduanya diketahui memiliki warna mata yang sama.

Pribadi Introvert dan Pemalu

Selama ini, Seo Kang-joon dikenal sering memerankan tokoh-tokoh yang riang dan mudah membaur. Namun hal itu berbanding kontras dengan pribadi aslinya. Dalam kehidupan sehari-hari, Oppa dengan tinggi badan mencapai 183 cm ini justru seorang introvert yang pemalu.

Pria penyuka kucing ini bahkan mengaku sering kesulitan ketika berbincang dengan orang-orang yang baru dikenalnya. Meski begitu, kemampuan aktingnya yang luar biasa berhasil membuat kariernya melejit dengan prestasi yang dicapainya.

Baca Juga: Ini Dia 10 Idol Terkaya di Korea Tahun Ini, Siapa Biasmu?

Menjadi Leader dari Boy Band 5urprise

Seo Kang Joon tak hanya menguasai seni peran dan akting, ia juga punya bakat yang besar di bidang musik. Sejak masih kecil, ia sudah berlatih bertahun-tahun memainkan piano. Selain itu, ia juga diberkahi dengan suara yang merdu.

Alhasil, dibentuklah 5urprise di tahun 2013 dengan konsep yang lain daripada yang lain. Mereka adalah boyband pertama Negeri Ginseng yang kelima personilnya berprofesi sebagai aktor. Di bawah naungan Fantagio Entertainment,  Seo Kang Joon bersama Lee Tae Hwan, Yoo Il, Kang Tae Oh, dan Gong Myung ambil bagian dalam meramaikan belantika musik K-Pop.

Sejak debut tahun 2013, pria yang lulusan Fakultas Seni Pertunjukan dari Universitas Dong Seoul ini kemudian dipercaya untuk menjadi leader dari 5urprise. Bersama 5urprise, Kang Joon membintangi film After School: Lucky or Not (2013), Taste of Others (2015) dan Netflix’s Busted! Season 1 (2018).

Selain merilis single Hey U Come On (2013), 5urprise meluncurkan From My Heart (2014), 5urprise Flight (2015) dan Shake It Up (2016).

Memulai Akting dari Nol

Berproses, perjalanan karier sang aktor dimulai dari nol sejak tahun 2012. Awalnya, muncul dengan peran kecil di berbagai serial drama. Seperti kemunculannya dalam To the Beautiful You sebagai cameo.

Kemudian di tahun 2013, ia muncul dalam The Suspicious Housekeeper, sebuah drama keluarga bergenre dark comedy yang tayang di SBS. Ia juga pernah terlibat dalam Good Doctor, After School: Lucky Or Not, dan Haneuljae’s Murder di tahun yang sama.

Karier akting Kang Joon kian meroket di tahun berikutnya, ketika ia melakoni Cunning Single Lady (2014). Berkat kepiawaiannya berakting dalam drama tersebut, ia meraih Best New Actor dari 7th Korea Drama Awards.

Bintangi Berbagai TV Series

Perjalanan kariernya terus berlanjut dan ia turut bermain dalam The Best Future dan What Happens to My Family? di tahun 2014. Memasuki tahun 2015, ia melakoni To Be Continued dan Splendid Politics. 

Kesuksesannya makin menanjak seiring dengan tayangnya Cheese in the Trap, Entourage dan Entertainer (2016). Kemudian di tahun 2017, ia bermain dalam Idol Fever yang disusul dengan The Third Charm serta Are You Human Too? (2018).

Tak diragukan lagi, kemampuan aktingnya kian terasah dengan berbagai peran serta genre drama yang dijajalnya. Hal itu tampak ketika ia melakoni Watcher (2019) dan When the Weather Is Fine (2020).

Raih Predikat Aktor Terbaik

Sukses di dunia drama pertelevisian, pria yang namanya masuk dalam daftar Pria Korea Terseksi 2018 ini juga merambah layar lebar dan melakoni My Love, My Bride (2014), The Beauty Inside dan Summer Snow (2015).

Di tahun 2014, nama Seo Kang Joon menjadi nominator Best New Actor dalam MBC Drama Awards, 16th Seoul International Youth Film Festival dan KBS Drama Awards. Demikian juga dalam SBS Entertainment Awards, namanya masuk nominasi Best Male Newcomer.

Dengan popularitas yang semakin tinggi, Kang Joon berhasil memenangkan Hot Star Award dalam 8th Korea Drama Awards 2015. Di tahun 2016, ia membawa pulang penghargaan Best Entertainer Award dari 1st Asia Artist Awards. Kemudian di tahun 2017, ia meraih Best Icon Award dari 2nd Asia Artist Awards.

Ada pun pada tahun berikutnya, ia membawa pulang penghargaan Excellence Actor in a Mid-length Drama dari KBS Drama Awards. Bersama Gong Seung Yeon, ia menyabet Best Couple dari ajang yang sama di tahun 2018.

Keluar dari Zona Nyaman dan Berkompromi

Seringkali kesuksesan akan menuntut banyak pengorbanan, seperti yang dialami oleh Seo Kang Joon. Agar dapat sukses berkarier sebagai performer dan entertainer, ia harus bersedia keluar dari zona nyaman dan mengembangkan pribadinya yang introvert lagi pemalu.

Selain itu, ia juga harus bersedia melakukan sejumlah kompromi. Di antaranya seperti tak bisa menggunakan nama asli dan memakai nama panggung yang berbeda. Meski begitu, hal tersebut berhasil dilakoni pria penggemar alam dan olahraga ini dengan baik.

Anda juga bisa mengambil teladan positif dari Kang Joon. Dengan terus bertumbuh, berkembang dan berani keluar dari zona nyaman, bukan mustahil jika kelak Anda pun dapat meraih impian menjadi kenyataan.

Baca Juga: Deretan Drama Korea yang Bisa Dijadikan Inspirasi Temukan Karir Impian