Punya 4 Hard Skill Ini, Karier Kamu Dijamin Makin Bersinar

Dalam dunia kerja, karyawan dituntut memiliki keahlian (skill). Dengan skill tersebut, karyawan dapat meraih sukses di bidangnya. Tentu saja, dalam hal ini penting untuk meningkatkan atau mengasah skill yang dimiliki.

Keahlian terdiri dari dua macam, yakni hard skill dan soft skill. Membahas hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan teknis, dan teknologi yang berhubungan dengan bidang ilmu tertentu. Skill tersebut biasanya didapat dari membaca buku dan pendidikan formal.

Sedangkan soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain, serta keterampilan mengatur dan mengembangkan diri sendiri. Soft skill dapat diasah, namun tidak dipelajari secara langsung dalam buku maupun pendidikan formal. 

Contoh dari soft skill di antaranya keterampilan berkomunikasi dengan orang lain, kepemimpinan atau leadership, moral dan profesionalisme, etika, dan keterampilan lainnya.

Faktanya dalam dunia kerja, kamu harus memperhatikan kedua skill ini, terutama hard skill. Contohnya, programming, mendesain website, menulis, matematika, akuntansi, manajemen bisnis, dan keterampilan lain terkait pekerjaan.

Saat evaluasi atau penilaian kinerja, atasan akan melihat hard skill kamu, dan realisasinya untuk kemajuan perusahaan. Jadi penting sekali kamu menguasai hard skill agar sukses dalam pekerjaan.

Berikut beberapa hard skill yang perlu kamu miliki supaya karier makin oke di kantor. Naik jabatan, naik gaji, dan promosi lain yang akan mendongkrak kariermu.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Keterampilan manajemen data

Manajemen
Keterampilan manajemen data

Bagi sebuah perusahaan, data merupakan aset penting di era teknologi sekarang ini. Segala aktivitas operasional perusahaan tak lepas dari mengolah data. Setiap hari berkutat dengan data yang berhubungan dengan pekerjaan.

Saking banyaknya data yang harus diurus, tentu saja perusahaan akan merekrut pegawai yang memiliki keterampilan manajemen data dengan baik, termasuk mengolahnya. Data ini bernilai tinggi dan dapat menjadi ‘cuan’ bila dikelola dengan tepat dan benar.

Keterampilan manajemen data yang harus dimiliki, mulai dari memantau segala informasi, perbaikan data, menganalisa dan mengolah data untuk dilaporkan ke bos.

2. Menguasai komputer atau ilmu komputer

Manajemen
Menguasai komputer atau ilmu komputer

Zaman sudah modern, penguasaan ilmu komputer atau memiliki kemampuan mengoperasikan komputer sangat penting sekali. Pasalnya setiap pekerjaan saat ini dikerjakan melalui perangkat tersebut, misalnya dengan PC, laptop, netbook, notebook.

Komputer memiliki sistem yang dapat mempermudah pekerjaan Anda, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Kemampuan mengoperasikan komputer yang paling dasar adalah menguasai Microsoft Office, mengetik dengan cepat, tahu rumus-rumus perhitungan di Ms. Excel, dan lainnya.

Jika yang dasar sudah kamu kuasai, tahap selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan mengoperasikan komputer ke level lebih tinggi. Di antaranya pemrograman komputer, mendesai website, hingga menggunakan komputer untuk mempromosikan produk barang atau jasa melalui digital atau online, serta yang berkaitan dengan hardware dan software.

Baca Juga: Kuasai 5 Hal Ini agar Karier Cemerlang di Usia 30 Tahun

3. Keterampilan riset atau penelitian

Riset
Keterampilan riset atau penelitian

Kamu bakal punya nilai tambah bila memiliki keterampilan atau kemampuan melakukan riset atau penelitian. Kemampuan mengumpulkan informasi, menciptakan dan mengembangkan produk atau inovasi baru, dan lainnya.

Riset atau penelitian ini bisa kamu dapatkan dengan pendidikan formal. Mempelajari dan mempraktikkannya, karena kemampuan ini butuh pengalaman agar semakin banyak yang dikuasai.

4. Keterampilan mengelola keuangan

Manajemen
Keterampilan mengelola atau manajemen keuangan

Mengelola keuangan sangat terkait mulai dari perencanaan keuangan atau anggaran, pencatatan keuangan, membuat laporan arus kas setiap bulan, dan keterampilan lain yang berhubungan dengan keuangan.

Asah Terus Skill Kamu

Hard skill merupakan modal utama bagi kamu yang ingin sukses dalam bidang pekerjaan yang dipilih. Teruslah belajar dan asah hard skill-mu. Bisa dengan melanjutkan pendidikan formal, maupun lewat pendidikan non-formal, seperti kursus, pelatihan, seminar, dan cara lainnya.

Berbekal hard skill yang mumpuni, kamu bisa menjadi karyawan yang bisa diandalkan bos atau perusahaan. Kemampuan hard skill yang dibarengi dengan soft skill, akan membuatmu dipercaya menjadi pemimpin perusahaan di masa depan. Begitu naik jabatan, fasilitas dan gaji pun otomatis akan mengikutinya.

Baca Juga: Berencana Melamar Kerja? Ini yang akan Dilihat Rekruiter dari Media Sosialmu